3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders - Olahraga menyimpan segudang materi menarik yang harus siswa kuasai. Selain menyehatkan, setiap aktivitasnya pun dianggap menyenangkan terlebih jika dilakukan secara berkelompok. Salah satunya adalah rounders yang notabenya adalah permainan berbasis kompetisi antar tim.

Secara garis besar, materi rounders mulai diajarkan kepada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Karena kurangnya pemahaman akhirnya membuat permainan ini menjadi kurang familiar di mata masyarakat. Padahal secara aspek, bentuk lapangan, peraturan, dan teknik dasar rounders hampir sama seperti layaknya permainan kasti.

Taukah kalian apa saja peraturan rounders? seperti halnya olahraga berbasis permainan lain, rounders memiliki aturan serta teknik dasar. Semua informasi tersebut terangkum secara rapi pada buku pedoman penjas serta LKS hampir semua jenjang. Sementara itu, kita bisa mencari tau seperti apa gambar dan luas lapangan rounders dari internet.

Teknik dasar permainan rounders sama seperti permainan kasti yaitu teknik melempar bola, teknik menangkap bola dan teknik memukul bola. Setiap teknik memiliki caranya masing masing sehingga kita tidak boleh sembarangan melakukannya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan teknik dasar permainan rounders secara lengkap dan rinci. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders

Permainan rounders merupakan sebuah permainan yang memanfaatkan bola kecil dan dilakukan secara tim. Tim tersebut memiliki anggota 12 orang pemain inti dan 6 anggota cadangan. Permainan ini memadukan teknik memukul, melempar dan menangkap bola. Untuk memenangkan pertandingan rounders memerlukan kerjasama dan penguasaan teknik yang baik. Maka dari itu setiap pemain diwajibkan menguasai teknik dasar permainan rounders ini.

Permainan rounders telah ada pada tahun 1887. Pada jaman itu George Hanchock telah menciptakan permainan ini di Chicago Amerika Serikat. Permainan tersebut kemudian dibawa ke Indonesia karena pengaruh dari Belanda. Seiring berkembangnya jaman telah banyak klub klub rounders yang bermunculan disetiap wilayah Indonesia. Petandingan rounders pertama kali dilakukan di Jakarta pada tahun 1967. Kemudian pada tahun 1969 pertandingan rounders ini diadakan lagi oleh PON atau Pekan Olahraga Naisonal di Surabaya.

Pertandingan rounders tersebut tidak akan berjalan dengan baik apabila setiap pemain tidak menguasai setiap teknik yang ada. Teknik dasar permainan rounders ini hampir sama dengan permainan kasti karena terdapat teknik menangkap bola, teknik memukul bola dan teknik melempar bola. Dibawah ini telah saya jelaskan masing-masing teknik dasar rounders secara lengkap dan rinci.

Teknik Dasar Melempar Bola Rounders

Teknik dasar rounders pertama yang harus kalian kuasai adalah bagaimana cara melempar bola dengan benar. Pasalnya, teknik lemparan yang kita ciptakan sedikit banyak akan memberikan dampak pada hasil permainan. Tak sedikit pula siswa yang kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar melempar bola dalam permainan rounders karena kurang memahami materi.

Padahal hanya ada tiga jenis lemparan yakni melambung, menyusur tanah, dan mendatar. Masing-masing tentu memiliki kelebihan, kelemahan, serta gerakan berbeda. Maka dari itu, kita akan membahasnya satu persatu secara lengkap pada sesi di bawah.

Lemparan Melambung

Melakukan lemparan lambung merupakan teknik dasar permainan rounders yang wajib kalian kuasai. Ada banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan ketika berhasil mempelajari jenis lemparan satu ini. Gerakannya cukup sederhana yakni melempar bola menggunakan ayunan ke belakang kepala atas untuk menciptakan bola lambung.
Teknik melempar bola melambung

Teknik lemparan melambung dalam permainan rounders berguna untuk melakukan operan dengan jarak yang jauh. Tingkat akurasinya pun juga menjadi yang paling tinggi daripada dua jenis lemparan lain. Meski terkesan mudah, tapi faktanya beberapa siswa masih belum menguasai gerakan tersebut. Oleh karenanya simaklah cara melakukan lemparan melambung dalam permainan rounders:
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah satu kaki berada didepan. 
  2. Pegang bola dengan tangan kanan kemudian tarik tangan kebelakang kepala atas. 
  3. Letakkan tangan kiri didepan dada dan dalam keadaan rileks.
  4. Condongkan badan sedikit kebelakang.
  5. Lemparkan bola sekuat tenaga dengan arah depan atas sehingga arah bola seperti parabola.

Lemparan Mendatar

Selanjutnya terdapat teknik melempar bola rounders secara datar yang tentunya memberi banyak manfaat. Lewat lemparan datar pemain bisa meningkatkan kecepatan bola dan mencegah pihak lawan mencetak poin. Walau disertai kelebihan yang menguntungkan tapi jenis lemparan ini tak luput dari kekuranga. Akurasi lemparan mendatar biasanya menjadi yang paling buruk diantara ketiga teknik lemparan.

Cara melempar mendatar

Di lain sisi, rekan satu tim pun pasti akan kesulitan untuk menangkap bola datar jika belum menguasai teknik dasar permainan rounder. Posisi bola horizontal setinggi dada sangatlah tidak fleksibel. Oleh karenanya, saat kegiatan praktikum kalian perlu berhati-hati ketika menggunakan jenis lemparan di atas. Tapi dalam konteks teori siswa tetap harus mempelajari cara melempar bola mendatar dalam permainan rounders. Simaklah langkah-langkah di bawah secara runtut:
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah satu kaki berada didepan. 
  2. Pegang bola dengan tangan kanan setinggi dada kemudian tarik tangan kesamping badan. 
  3. Letakkan tangan kiri didepan dada dan dalam keadaan rileks.
  4. Lemparkan bola sekuat tenaga dengan arah lurus kedepan sehingga membentuk arah lemparan horizontal.
  5. Lakukan gerakan lanjutan dengan melangkahkah kaki belakang kedepan.

Lemparan Menyusur Tanah

Teknik melempar bola rounders yang terakhir adalah menciptakan lemparan bawah menyusuri tanah. Umumnya, pemain profesional sering menggunakan teknik dasar permainan rounders ini untuk mengecoh lawan. Tapi kelemahannya cukup fatal yakni bola akan lama sampai ke tempat tujuan. Dengan kata lain kita harus memakai porsi tenaga yang cukup agar bola dapat sampai tapi tetap menjaga unsur akurasi.

Cara melempar bola menyusur tanah

Masalahnya, apakah kalian tau langkah-langkah untuk menciptakan lemparan tersebut? jika belum maka simaklah tutorial di bawah:
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah satu kaki berada didepan. 
  2. Pegang bola dengan tangan kanan setinggi dada kemudian tarik tangan kesamping badan. 
  3. Letakkan tangan kiri didepan dada dan dalam keadaan rileks.
  4. Lemparkan bola sekuat tenaga dengan arah kebawah sehingga bola menyusuri tanah atau menggelinding.

Teknik Dasar Menangkap Bola Rounders

Hal yang tak kalah penting dan wajib kalian pelajari adalah cara menangkap bola. Teknik dasar rounders satu ini memerlukan tingkat fokus dan konsentrasi tinggi. Kita harus menjaga jangan sampai lemparan yang tercipta terbuang percuma begitu saja.

Teknik dasar melempar bola dalam permainan rounders dapat dibagi menjadi tiga yaitu teknik dasar menangkap bola secara melambung, teknik dasar menangkap bola secara menyusur ketanah dan teknik dasar menangkap bola secara mendatar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan masing masing teknik dasar menangkap bola.

Teknik Menangkap Bola Melambung

Teknik dasar permainan rounders juga terdapat teknik melempar bola secara melambung. Teknik menangkap bola melambung merupakan teknik dasar menangkap bola yang datangnya dari arah atas. Berikut langkah langkah menangkap bola melambung dalam permainan rounders:
  1. Posisikan kaki anda berada salah satu didepan dan satunya lagi dibelakang. 
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. 
  3. Bentuk telapak tangan anda menyerupai sebuah corong. 
  4. Kemudian bergeraklah menuju arah datangnya bola.
  5. Tangkap bola dengan telapak tangan yang membentuk corong tadi.
  6. Tutup kedua telapak tangan ketika bola sudah tertangkap.
  7. Lakukan gerakan lanjutan dengan menarik tangan menuju dada agar bola dengan tangan tidak terjadi benturan keras.

Teknik Menangkap Bola Mendatar

Teknik menangkap bola rounders selanjutnya ialah teknik menangkap dengan bola yang mendatar. Teknik menangkap ini merupakan teknik dasar permainan rounders dengan cara menangkap bola secara lurus kearah dada. Berikut langkah langkah menangkap bola mendatar dalam permainan rounders:
  1. Posisikan kaki anda berada salah satu didepan dan satunya lagi dibelakang. 
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola. 
  3. Posisikan telapak tangan anda agar menghadap kedepan.
  4. Kemudian bergeraklah menuju arah datangnya bola.
  5. Tangkap bola dengan telapak tangan yang menghadap kedepan tadi.
  6. Tutup kedua telapak tangan ketika bola sudah tertangkap.
  7. Lakukan gerakan lanjutan dengan menarik tangan menuju dada agar bola dengan tangan tidak terjadi benturan keras.

Teknik Menangkap Bola Menyusur Tanah

Teknik Menangkap Bola Rounders Menyusur Tanah
Teknik menangkap bola dalam permainan rounders yang terakhir ialah teknik menagkap dengan menyusur ketanah. Teknik menangkap bola dengan menyusur ketanah merupakan sebuah teknik dasar permainan rounders dengan cara menangkap bola yang arahnya menggelinding ditanah. Langkah langkah melakukan tekni dasar menangkap bola yang menyusur ketanah:
  1. Posisikan badan anda jongkok dengan salah satu kaki berada didepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Posisikan telapak tangan terbuka dan berada diatas tanah.
  4. Tutup telapak tangan ketika bola sudah tertangkap.

Teknik Dasar Memukul Bola Rounders

Teknik dasar permainan rouders yang terakhir ialah teknik dasar memukul bola. Teknik dasar memukul bola merupakan sebuah teknik pemukulan bola agar permainan rounders dapat dikuasai. Teknik dasar memukul bola dalam permainan rounders dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan teknik pukulan menggunakan ayunan maupun pukulan tanpa menggunakan ayunan.

Teknik Dasar Rounders
Cara memukul bola rounders

Teknik memukul bola rounders dengan ayunan menjadi hal terakhir yang harus kita kuasai sebagai siswa. Konsep teknik dasar permainan rounders ini adalah mengayun alat pemukul ke belakang saat memukul bola. Jika kalian pernah bermain kasti maka seperti itulah bentuk pukulan yang harusnya tercipta.

Sedangkan teknik memukul tanpa ayunan merupakan teknik memukul tanpa adanya gerakan mengayun. Tapi ada pula pemain yang memang sengaja menciptakan pukulan pendek untuk suatu alasan. Caranya adalah dengan tidak mengayunkan tongkat sehingga bola memantul dan jatuh dekat dengan pemukul. Teknik dasar rounders ini biasanya banyak dipakai untuk mengecoh tim lawan yang hendak menangkap bola jauh. 

Berikut langkah langkah melakukan teknik dasar memukul bola:
  1. Posisikan badan menyamping dari arah datangnya bola.
  2. Buka kedua kaki selebar bahu.
  3. Tekuk sedikit lutut dengan posisi telapak kaki sejajar.
  4. Condongkan badan kedepan sedikit.
  5. Pegang pemukul dengan kedua tangan secara erat.
  6. Letakkan pemukul disamping telinga.
  7. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.

Luas Lapangan Permainan Rounders

Setiap olahraga berbasis permainan memiliki lapangan sebagai tempatnya. Nah, apakah kalian tau seperti apa gambar lapangan rounders? Secara garis besar bentuknya menyerupai bangun datar pentagon atau bentuk segi lima. masing-masing sudut merupakan pos check point yang memiliki jarak 15 meter.

Sebenarnya kalian bisa membaca berapa luas lapangan rounders langsung dari buku LKS. Tak hanya itu, banyak informasi lain yang mencakup peraturan permainan serta aspek lain yang akan lain temukan. Tapi tak ada salahnya jika saya membagikan informasinya pada artikel kali ini.
Simaklah ilustrasi gambar lapangan rounders di bawah:

Gambar dan Ukuran Lapangan Rounders
Gambar Lapangan Rounders

Selain memahami teknik dasar permainan rounders, anda juga harus mengetahui ukuran lapangan permainan rounders. Lapangan rounders memiliki bentuk segi lima dengan ukuran setiap sisinya 15 meter. Setiap sudut lapangan terdapat base yang memiliki bentuk persegi. Base tersebut berfungi untuk tempat hinggap pemain pemukul.

Peraturan Permainan Rounders

Tidak hanya teknik dasar permainan rounders saja yang harus anda perhatikan melainkan peraturan peraturan permainan juga harus anda perhatikan. Peraturan tersebut harus dipatuhi oleh setiap pemain rounders. Peraturan tersebut dibuat agar permainan rounders dapat berjalan dengan sportif dan baik. Berikut peraturan peraturan permainan rounders:
  1. Dalam permainan rounders terdapat dua regu yang terdiri dari 12 orang pemain inti dan 6 orang pemain cadangan.
  2. Permainan dimulai dengan cara undian. Tim yang memenangkan undian berhak memilih menjadi pemukul atau penjaga.
  3. Setiap pemain pemukul diberikan kesempatan 3 kali memukul. Jika pada pukulan pertama atau kedua dapat berjalan dengan baik maka pemukul tersebut harus langsung berlari menuju base.
  4. Urutan pemain untuk memukul sesuai dengan undian yang telah berlaku.
  5. Pemukul yang memiliki urutan dibelakang tidak boleh mendahului urutan pemukul yang berada didepannya.
  6. Base dalam permainan rounders hanya boleh diisi oleh satu pemain saja. 
  7. Pemain pemukul melakukan pukulan bola secara bergantian dan berpindah base secara urut, namun pemukul dapat dimatikan oleh pemain penjaga dengan cara membakar base atau mengetik base.
  8. Permainan rounders berjalan selama satu inning, namun apabila pertandingan secara resmi maka rounders berjalan selama 7 inning. Inning merupakan pergantian regu penjaga menjadi regu pemukul atau sebaliknya selama satu kali.
  9. Pertukaran tempat dalam permainan rounders terjadi apabila tim penjaga berhasil menangkap bola dari tim pemukul sebanyak 5 kali dan tim penjaga dapat mematikan tim pemukul sebanyak 6 kali.
  10. Tim yang mendapatkan poin yang paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.
  11. Teknik dasar permainan rounders harus dikuasai dengan baik agar permainan berjalan dengan baik.
  12. Penentuan nilai rounders apabila setiap base dilewati oleh pemain maka tim tersebut memperoleh satu angka, apabila pemukul berhasil kembali ke posisi awal dengan satu pukulan maka memperoleh 6 poin, dan jika pemukul berhasil dibakar tim penjaga maka tidak memperoleh poin.
Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar permainan rounders. Dalam permainan ini pemain memang diwajibkan untuk menguasai setiap teknik yang ada. Hal tersebut dilakukan agar permainan berjalan dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel