Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Berguling Adalah

Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Berguling Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa senam lantai merupakan salah satu bentuk gerakan olahraga. Gerakan senam lantai ini beraneka ragam seperti senam lantai tanpa menggunakan alat maupun senam lantai menggunakan alat. Salah satu contoh gerakan senam lantai tanpa alat adalah guling depan (forward roll). Apa itu guling depan? Pengertian guling depan atau forward roll adalah posisi tubuh yang dilingkarkan ke depan, mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, sampai panggul belakang.

Cara melakukan guling depan tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Pelaksanaan guling depan tersebut memang lebih bervariasi. Cariasi pelaksanaan gerakan roll depan tersebut disesuaikan dengan posisi awalannya seperti melakukan split ke kanan dan kiri, menekuk kaki, serta berdiri tegak atau kaki lurus. Lantas sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah bagaimana?

Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Berguling Adalah
Gerakan Roll Depan

Guling depan atau roll depan atau forward roll merupakan salah satu jenis senam lantai yang tidak menggunakan alat. Guling depan tersebut memiliki gerakan tubuh yang harus dibulatkan. Maka dari itu guling depan dikenal sebagai kegiatan tubuh yang membulatkan badan untuk berguling menuju sisi lain. Badan tersebut digelindingkan atau digulingkan ke arah depan menyerupai bola. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Berguling Adalah

Biasanya dalam melakukan gerakan guling depan terdapat salah satu kesalahan yang terjadi yaitu tumpuan tangan tidak tepat. Jika hal ini terjadi maka pergelangan tangan kemungkinan akan mengalami cidera. Maka dari itu sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah sikap kepala.

Selain sikap kepala, adapula beberapa sikap lainnya yang harus diperhatikan ketika berguling yaitu:

  • Keseimbangan badan.
  • Tengkuk yang harus ditempelkan ke matras.
  • Posisi tubuh yang tetap membulat saat berguling.
  • Kepala ditundukkan sampai dagu menyentuh bagian dada.

Lantas sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah bagaimana? Seperti yang kitatahu bahwa guling depan adalah gerakan berfuling ke arah depan mengunakan badan bagiann atas belakang seperti tengkuk, punggung, p[inggang, hingga panggul belakang. Guling dep[an dapat dilatih menggunakan dua cara seperti menggunakan awalan jongkok maupun menggunakan awalan sikap berdiri.

Secara umum guling depan serumpun dengan senam lantai, dimana senam lantai ini termasuk salah satu rumpun senam. Senam lantai tersebut dapat dilakukan di lantai dan biasanya menggunakan matras. Maka dari itu untuk pelaksanaan guling depan atau roll depan berada di atas matras sehinggatubuh tidak akan terasa sakit ketika berguling. Setelah memahami materi tentang roll depan tersebut, coba anda kerjakan soal di bawah ini:

Sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah . . .
A. Sikap leher
B. Sikap tangan
C. Sikap kepala
D. Sikap kaki

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Sikap kepala.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa sikap yang harus diperhatikan pada saat berguling adalah sikap kepala. Roll depan atau guling depan memiliki gerakan yang bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan melatih otot punggung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Sikap yang Harus Diperhatikan Pada Saat Berguling Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel