Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya

Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya - Senam lantai memiliki berbagai teknik kombinasi yang dipadukan menjadi satu sehingga menciptakan gerakan dasar baru nan indah. Nah, handstand dan kopstand merupakan dua gerakan yang termasuk dalam kategori senam lantai. Lantas bagaimana teknik dasar handsand dan cara melakukan kopstand yang benar? Kalian tidak perlu terburu-buru. Pertama kalian harus mengerti konsep apa itu handstand serta pengertian kopstand.

Secara garis besar kopsep kedua gerakan ini adalah sama yakni berdiri dengan posisi kaki berada di atas dengan beralaskan kepala maupun telapak tangan. yang membedakan adalah gerakan serta teknik dasar yang dipakai. Teknik dasar handstand mengharuskan kalian berdiri memakai kedua tangan yang tegak lurus. Sedangkan teknik dasar kopstrand menuntut kita berdiri serta menahan beban tubuh menggunakan bagian kepala.

Gerakan Handstand dan Kopstand

Pada ilustrasi diatas kita bisa melihat sendiri perbedaan handstand dan kopstand secara jelas. Nah, menariknya, kopstand memiliki nama lain yakni headstand yang artinya berdiri dengan kepala. Oleh karenanya kalian tidak boleh bingung ketika diminta menyebutkan pengertian ketiga gerakan tersebut.

Meski sudah banyak dibahas dalam berbagai kesempatan sayangnya beberapa siswa masih merasa kebingungan bagaimana cara melakukannya. Di lain sisi, guru pun pasti sudah memberikan penjelasan baik secara teori maupun praktikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu handstand dan pengertian kopstand beserta cara melakukan gerakannya.

Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya

Materi senam lantai sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. Prakteknya pun kita diminta melakukan berbagai gerakan kompleks mulai dari meroda sampai sikap lilin. Nah, teknik dasar handstand dan teknik dasar kopstand memiliki level berbeda karena memerlukan konsentrasi serta keseimbangan tinggi.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas lebih dalam materi handstand juga kopstand. Adapun penjelasan yang akan saya sampaikan mencakup pengertian dan juga cara melakukan gerakannya. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian handstand dan pengertian kopstand beserta cara melakukan handstand dan cara melakukan kopstand.
Baca juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Handstand
Pada hakikatnya perbedaan handstand dan kopstand sangatlah mencolok bahkan bisa dilihat secara kasat mata. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni untuk berdiri tanpa menggunakan kaki. Namun teknik dasar handstand dan cara melakukan kopstand sangat jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pengertian handstand dan kopstand dibawah.

Handstand

Pengertian handstand ialah gerakan yang memposisikan kedua tangan terletak di bawah dan kaki di atas lurus agar sikap tubuh dapat berdiri. Teknik dasar handstand memiliki gerakan yang sulit karena memerlukan keseimbangan tingkat tinggi.
Cara Melakukan Gerakan Handstand
Adapun cara melakukan handstand yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri tegak dimana kedua tangan diletakkan di samping badan dengan lurus.
  2. Setelah tu salah satu kaki digerakan lebih maju secara perlahan daripada kaki lainnya.
  3. Badan dibungkukkan dan menumpukan kedua telapak tangan di atas lantai atau matras.
  4. Tungkai kaki diangkat satu persatu secara perlahan.
  5. Lalu bokong di dorong setinggi mungkin sampai terangkat.
  6. Posisi badan akan terbalik secara 180 derajat, kemudian rapatkan dan luruskan kedua tungkai agar seimbang.
Setelah memahami mengenai pengertian handstand dan cara melakukan handstand, tentunya anda sudah mengetahui secara garis besar cara melakukan gerakannya. Namun bagaimana jika gerakan ini dilakukan oleh pemula? Bagi anda yang masih pemula pastinya harus memperoleh pendamping yang profesional sehingga dapat membantu ketika melakukannya.

Selain itu anda juga dapat menggunakan tembok atau dinding sebagai pendukung dalam melakukan gerakan handstand. Tembok atau dinding digunakan sebagai sandaran kedua kaki dalam menumpu atau menyandar tubuh. Di bawah ini terdapat cara memberikan bantuan dalam gerakan handstand kepada seseorang yaitu:
Baca juga : 6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau
  • Memberikan bantuan dalam menopang bagian belakang paha, kedua pergelangan tangan dan panggul.
  • Selain itu juga memberikan bantuan kepada bagian bagian tubuh yang kurang kuat seperti tangan, bahu dan lengan serta untuk mengurangi resiko cedera ketika ingin jatuh maka gerakannya dapat dilanjutkan dengan roll depan.
Cara Memberi Bantuan dalam Handstand

Kopstand

Pengertian kopstand adalah gerakan yang memposisikan kepala terletak di bawah dan kedua tangan dibentuk seperti segitiga untuk menopang agar sikap tubuh dapat berdiri. Secara etimologi kopstand juga bisa disebut headstand karena memiliki gerakan dasar yakni berdiri dengan bertumpu pada kepala. Teknik dasar kopstand sendiri tergolong sulit karena membutuhkan keseimbangan tingkat tinggi.
Cara Melakukan Gerakan Kopstand

Kopstand merupakan gerakan turunan dari handstand sehingga tingkat kesulitannya juga tinggi karena membutuhkan koordinasi dan konsentrasi yang tinggi pula. Adapun cara melakukan kopstand yaitu meliputi:
  1. Langkah pertama ialah badan dibungkukkan dan gunakan kedua tangan serta dahi untuk menumpu di atas lantai.
  2. Usahakan kedua tangan dan dahi menghasilkan pola segitiga sama sisi.
  3. Kemudian kepala diposisikan di depan pas dengan membentuk pola segitiga.
  4. Lalu kaki dijalankan ke depan dengan perlahan.
  5. Kuatkan otot perut saat tulang punggung lurus dan tarik nafas, Seteah itu salah satu kaki di angkat ke atas dengan lurus disusul dengan kaki lainnya.
Baca juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Lompat Harimau
Setelah memahami mengenai pengertian serta cara melakukan kopstand atau teknik dasar headstand. Tentunya kalian sudah mengetahui secara garis besar cara melakukan gerakannya. Namun bagaimana jika gerakan ini dilakukan oleh pemula? Bagi anda yang masih pemula pastinya harus memperoleh pendamping yang profesional sehingga dapat membantu ketika melakukannya. Di bawah ini terdapat cara memberikan bantuan dalam gerakan kopstand kepada seseorang yaitu:
  • Memberikan bantuan dalam menarik dan mengangkat panggul.
  • Menahan serta memegang kedua kaki, belakang panggul, belakang paha atau ujung pergelangan kaki.
Cara Memberi Bantuan dalam Kopstand

Selain pengertian kopstand dan cara melakukan kopstand. Selanjutnya adapula beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerakan headstand. Berikut beberapa kesalahannya yaitu:
  • Kepala dan kedua tangan tidak ditempatkan dalam posisi yang membentuk segitiga sama sisi.
  • Perut, leher, paha, pinggang dan sendi bahu terlalu kaku.
  • Kurang kuatnya otot perut, paha, leher dan pinggang.
  • Salah memposisikan tangan dimana arah jari tangan tidak menuku ke depan.
Sekian penjelasan mengenai pengertian handstand dan pengertian kopstand beserta cara melakukan handstand dan cara melakukan kopstand. Handstand adalah sikap berdiri yang menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan sedangkan kopstand adalah sikap berdiri menggunakan kepala yang ditopang dengan kedua tangan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel