Teknik dan Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas

Teknik dan Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas - Renang adalah jenis olahraga air yang memerlukan stamina, konsentrasi, dan teknik yang akurat. Mulai dari posisi awalan, pemilihan gaya, dan kecepatan berenang menjadi kunci penilaian pada suatu perlombaan. Tapi kalian tak boleh melupakan salah satu teknik penting yakni cara mengambil nafas pada masing-masing gaya renang.

Pasalnya, teknik dasar tersebut akan memberikan dampak signifikan untuk stamina, ketahanan, dan kecepatan ketika meluncur di air. Di jenjang sekolah menengah guru biasanya sangat jarang menyampaikan materi satu ini secara praktikum. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan karena lahan, infrastruktur, serta waktu yang kurang memadahi. Sehingga siswa hanya memperoleh pembelajaran secara teoritis saja.

Teknik pengambilan nafas renang gaya bebas sebenarnya sudah banyak di bahas dalam berbagai kesempatan. Dengan menguasai teknik ini kita bisa menjaga posisi tubuh serta kecepatan agar tetap konstan berada di dalam air. Meski tau teknisnya, tapi apakah kalian bisa menjelaskan teknik mengambil nafas renang gaya bebas dengan benar?

Renang gaya bebas merupakan jenis renang yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Meski begitu masih banyak yang belum mengetahui teknik pernafasan dalam renang gaya bebas ini. Lalu bagaimana cara melakukan teknik pernafasan yang benar? Nah kali ini saya akan membahas tentang teknik pengambilan nafas dalam renang gaya bebas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik dan Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas

Teknik pengambilan nafas dalam renang gaya bebas yang benar ialah menolehkan wajah ketika lengan bergerak keluar dari air. Pada dasarnya posisi wajah dalam renang gaya bebas yaitu menghadap permukaan air. Maka dari itu saat posisi tubuh miring diserta pergerakan tangan keluar dari air, kemudian kepala ditolehkan kesamping dengan tujuan untuk pengambilan nafas. Pengambilan nafas oleh atlet renang gaya bebas dapat dilakukan dari sisi manapun, baik sisi kiri maupun kanan tergantung kenyamanan altet tersebut dalam mengambil nafas. Perhatikan gambar dibawah ini.
Baca juga : 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas
Teknik Pengambilan Nafas Renang Gaya Bebas

Cara mengambil nafas renang gaya bebas terjadi saat posisi kepala di atas permukaan air. Saat menghirup udara, usahakan mulut dibuka lebar karena pengambilan nafasnya dilakukan melalui bagian mulut dan bukan melalui hidung. Selain itu adapula yang perlu diperhatikan dalam pernafasan renang gaya bebas yaitu mengangkat dan menolehkan kepala untuk bernafas ketika tangan kanan atau kiri titarik ke bawah. Kemudian setelah tangan lurus kedepan, wajah kembali dimasukkan ke dalam air untuk proses pengeluaran nafas. 
Baca juga : 3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya
Pemilihan sisi dalam teknik pernapasan renang gaya bebas harus sesuai agar kecepatan ketika meluncur di air tetap stabil dan pengeluaran tenaga tetap efisien. Sayangnya hanya beberapa siswa saja yang menyadari trik tersebut pada saat kegiatan praktikum. Nah, apakah kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum bagaimana teknik dasar tersebut? Berikut cara melakukan teknik pengambilan nafas dalam renang gaya bebas:
  1. Gerakkan salah satu tangan yang berada disisi berlawanan dengan pengambilan nafas. Selanjutnya diikuti dengan pengayuhan tangan disisi lainnya.
  2. Ketika gerakan tangan mencapai pertengahan atau lebih tepatnya pada saat kayuhan terakhir pada tangan, segera ambil nafas dengan cara mengangkat dan menolehkan kepala ke arah samping sampai mulut berada di atas permukaan air.
  3. Lakukan pengambilan nafas menggunakan mulut agar pernafasan dapat dilakukan lebih cepat.
  4. Usahakan saat kepala diangkat ke atas, posisinya tidak terlalu naik secara berlebihan karena dapat mengganggu kecepatan saat berenang.
Cara mengambil napas renang gaya bebas tidaklah semudah kedengarannya. Banyak yang gagal paham karena kurang mendalami teori dan akhirnya malah membuatnya ketinggalan dalam perlombaan. Sekian penjelasan mengenai teknik pengambilan nafas dalam renang gaya bebas. Teknik pernafasan merupakan kunci tubuh seorang perenang agar dapat bertahan lama didalam air. Semoga artikel yang membahas cara mengambil nafas renang gaya bebas di atas dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Teknik dan Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Bebas"