Pengertian dan Macam Cabang Atletik

Pengertian dan Macam Macam Cabang Atletik - Apa yang dimaksud atletik? inilah pertanyaan yang sering muncul ketika mengerjakan soal ujian. Faktanya, materi atletik telah menjadi bagian dari pelajaran penjaskes yang harus dikuasai siswa. Tak sedikit yang gagal menjawab soal ujian karena tak tau teknik dasar ataupun jenis-jenis nomor serta cabang pertandingan di dalamnya.

Secara garis besar guru sebenarnya sudah menyampaikan pengertian atletik, cabang olahraga, serta penjelasannya bahkan semenjak berada di bangku SD. Materi tersebut juga tertulis rapi di buku LKS sehingga siswa juga bisa membacanya secara mandiri. 

Materi olahraga cabang atletik

Menurut bahasa Yunani atletik berarti Athlos yang artinya lomba. Namun pada jaman itu olahraga atletik memiliki cabang lain bernama decalthon (dasar lomba) dan pentahlon (panca lomba). Kedua cabang tersebut cukup terkenal dijamannya. Dalam buku Odysus yang dibuat oleh Hemerun memaparkan petualangan Odysus yang disambut melalui upacara khusus oleh suku kepulauan selatan Yunani. Upacara penyambutan tersebut dilakukan oleh kepala suku pulaunya.

Pengertian dan Macam Cabang Atletik

Dalam acara penyambutan tadi terdapat beberapa lomba yang ditandingkan seperti lari, gulat, tinju, lompat dan lempar cakram. Pada tahun 776 SM diadakan Olimpiade yang memenangkan kejuaraan Pentahlon. Perlombaan tersebut diselenggarakan oleh bangsa Yunani. Itulah yang mengawali cabang olahraga atletik. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian atletik dan macam macam atletik. Berikut ulasan selengkapnya.

Pada dasarnya atletik merupakan salah satu cabang olahraga tertua yang masih bertahan sampai sekarang. Eksistensinya telah ada bahkan semenjak jaman yunani kuno 776 SM silam.

Berbagai olimpiade pun terus digelar untuk melestarikan olahraga atletik. Dengan peraturan yang telah tersusun rapi membuat setiap peserta harus berkompetisi dengan menjunjung tinggi asas sportivitas. Kini olahraga tersebut secara resmi berdiri di bawah naungan IAAF (international amateur athletic federation).
Baca juga : Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap
Meski terdengar familiar tapi apakah kalian tau pengertian atletik? tak semua siswa mengetahuinya. Beberapa bahkan kesulitan untuk mengategorikan macam cabang atletik karena saking banyak jenisnya. Inilah alasan mengapa saya ingin membahas materi cabang atletik lebih dalam.

Pengertian Atletik

Apa yang dimaksud atletik dalam pelajaran penjasorkes? mari kita fokus ke pertanyaan itu lebih dulu. Beberapa orang memiliki pandangan berbeda tentang apa itu atletik. Ada yang mengartikannya sebagai bentuk olahraga berat yang memerlukan latihan khusus. Ada pula yang mendeskripsikannya sebagai jenis olahraga tertentu yang diperlombakan secara resmi di pagelaran olimpiade.

Munculnya perbedaan pendapat menurut para ahli tersebut bukanlah suatu hal baru. Sebagai siswa kita hanya perlu mengacu pada penjelasan yang tercantum dalam buku pedoman penjas. Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang dilebur menjadi satu. Meski demikian kita tetap bisa mengelompokannya menjadi beberapa kategori yakni lempar, lari, dan lompat.

Pembahasan terkait cabang atletik nomor lari, lempar, dan lompat bisa kita jumpai di buku LKS. Di lain sisi, guru biasanya juga akan memberikan penjelasan baik secara teori maupun praktikum. Semua itu dilakukan sebagai pembekalan untuk siswa agar mampu menjawab soal ujian lebih mudah.

Untuk membantu kalian mempelajari pengertian atletik lebih dalam saya telah merangkumnya menjadi satu. Simaklah berbagai jenis cabang atletik beserta penjelasannya pada sesi di bawah.

Cabang Lari

Macam cabang atletik pertama yang akan saya bahas adalah lari yang notabenya telah diajarkan sejak dini. Bentuk olahraga paling dasar satu ini bisa kita jumpai bahkan sedari duduk di jenjang sekolah dasar. Meski terkesan mudah tapi banyak siswa yang gagal memahami teknik dasar lari.

Padahal jika diuraikan maka kalian akan menemukan cakupan pembahasan yang lebih luas. Misalnya teknik dasar start jongkok berdiri, cara memasuki garis finish, serta peraturan yang berkenaan dengan perlombaan.

Ada beberapa nomor lari yang dilombakan pada suatu kejuaraan atau olimpiade. Umumnya, macam cabang atletik satu ini dibedakan berdasarkan jarak tempuh yang harus dicapai oleh sang atlet. Jika kalian rajin membaca maka akan menemukan penjelasan tentang cabang olahraga atletik nomor lari. tapi, untuk mempersingkat waktu saya akan menjabarkannya.

Lari Sprint (100 meter)

Sprint menjadi lari terpendek yang diperlombakan dalam cabang atletik. Materinya pun telah diajarkan pada kita bahkan semenjak berada di bangku SD. Kalian juga dapat membacanya secara mandiri melalui buku pedoman penjas serta LKS.

Untuk menjadi sprinter yang handal diperlukan berbagia latihan fisik yang berat. Pasalnya tubuh kalian akan dipaksa untuk terus bergerak secara konstan dan tanpa henti pada jarak 100 meter. Meningkatkan stamina pun juga tak kalah penting agar saat berlari tubuh tak kelelahan.

Sprint termasuk macam macam atletik cabang olahraga lari. Lari sprint lebih populer dengan nama lari jarak 100 meter. Jenis lari ini memiliki kesamaan dengan lari jarak pendek. Atlet yang pernah memegang rekor dunia dalam lari sprint tercepat bernama Usain Bolt.

Teknik dasar sprint hampir sama seperti lari pada umumnya. Yakni atlet melakukan start secara jongkok dan berlari menuju garis finish dengan memperhatika peraturan yang berlaku. Pada saat memasuki garis finish pun tak boleh dilakukan secara sembarangan karena ada tekniknya.

Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek termasuk macam cabang atletik yang cukup populer diperlombakan. Jenis lari ini memiliki jarak 50 sampai 400 m. Dia yang dapat memasuki garis finish lebih dulu akan dinyatakan sebagai pemenang. Lari jarak pendek bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan yang bersifat horizontal. Faktor utama dalam jenis lari ini terletak pada frekuensi langkah dan langahnya sendiri.

Lari jarak pendek memiliki beberapa tahapan seperti fase transisi, fase reaksi dan fase drive. Untuk fase reaksi dan drive termasuk tahap percepatan. Sedangkan fase transisi termasuk tahap memelihara kecepatan fase hingga akhir dan tahap memaksimalkan kecepatan.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah termasuk macam macam cabang atletik cabang olahraga lari. Lari ini memiliki jarak 800 m hingga 1500 m. Peserta diharapkan untuk menempelkan telapak tangan ke tanah sebelum berlari. Selain itu arahkan pandangan mata kedepan, lengan diayunkan sesuai kebutuhan dan badan sedikit dicondongkan ke depan.

Paha juga diayunkan ke depan tergantung panjang tungkai serta lutut diangkat lebih tinggi. Pada lari jarak menengah ujung kaki bertugas untuk menolak bagian tumit dan ujung kaki. Pada aba aba ketiga, pelari dalam posisi berdiri. Perlombaan ini bertujuan untuk berlari secara seadanya dan tidak terlalu memaksa. Percepatlah kecepatan lari ketika akan memasuki garis finish.

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh termasuk macam macam atletik cabang olahraga lari. Lari jarak jauh atau Marathon memiliki jarak sekitar 3000 m atau lebih. Perlombaan marathon banyak diselenggarakan diluar negeri dengan jalur lari yaitu jalanan umum.

Lari Estafet

Lari estafet termasuk macam macam atletik cabang olahraga lari. Lari estafet ialah jenis olahraga lari yang dilakukan secara beregu dan saling sambung menyambung. Perlombaan lari ini dilakukan dengan cara memeberikan tongkat estafet dari satu pemain ke pemain lain. Jenis lari tersebut beranggota 4 orang. Ketika tongkat akan diberikan kepemain lain maka pemberiannya harus pada jarak tertentu sehingga pelaksanaannya tidak sembarangan.

Lari estafet dalam macam macam atletik ini juga populer dengan nama lari sambung. Kunci utama dalam lari sambung ialah kekompakan setiap regunya. Pelari pertama memberikan tongkat ke pelari kedua dalam putaran pertama, begitu pula pemain kedua dan seterusnya. Dalam pemberian tongkatnya memiliki aturan tersendiri. Lari estafet memiliki jarak 4 x 400 m dan 4 x 100 m.

Lari Gawang atau Lari Halang Rintang

Lari gawang termasuk macam cabang atletik nomor lari gawang. Lari Gawang memiliki jarak 100, 110, dan 400 m. Olahraga lari ini memiliki rintangan atau halangan disetiap jalurnya. Rintangan tersebut berupa rintangan water jump maupun rintangan gawang. Pemain diharapkan memiliki kemampuan berlari yang cepat dan mampu bertahan dalam jarak tertentu untuk melalui rintangan yang telah disiapkan oleh panitia lomba.

Cabang Lempar

Macam cabang atletik kedua yang taka populer adalah nomor lempar. Berikut macam macam atletik cabang lempar beserta penjelasan.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat

Lempar Cakram

Lempar cakram termasuk macam macam atletik cabang olahraga lempar. Menurut bahasa Inggris, olahraga lempar cakram memiliki nama lain Discus Throw. Cakram tersebut memiliki ukuran diameter 220 mm serta beratnya 2 kg (laki laki) dan 1 kg (perempuan). Pada tahun 1896 diselenggarakan Olimpiade I lempar cakram di negara Athena, Yunani.

Lempar cakram diawali dengan cara dua kali putaran. Untuk memegang cakram dengan benar dapat dilakukan dengan 3 cara. Untuk langkah langkah lempar cakram yang benar yaitu posisikan badan berdiri dengan arah membelakangi lemparan. Setelah itu pegang cakram dan ayunkan ke arah kanan disertai gerakan badan.

Tekuk kaki kanan dan tumpukan berat badan anda dikaki sebelah kanan. Ayunkan cakram ke arah kiri dengan mengendorkan kaki kanan dan angkat tumit. Arahkan lemparan anda sampai sudut 30 derajat. Dalam mengayun cakram usahakan tidak mendahului putaran badan. Pelepasan cakram diikuti dengan mencondongkan badan ke arah depan.

Tolak Peluru

Tolak peluru termasuk macam macam atletik cabang olahraga lempar. Tolak peluru ialah salah satu olahraga yang gerakannya menolak atau mendorong peluru (alat bundar) dengan berat tertentu. Peluru tadi berasal dari logam. Alat tadi dipegang dengan satu tangan dan diletakkan dibagian bahu kemudian ditolakkan sejauh mungkin.

Lempar Lembing

Lempar lembing adalah olahraga yang diajarkan pada siswa ketika beranjak ke sekolah menengah. Cabang atletik satu ini mengharuskan kita untuk melempar alat bernama lembing pada lintasan yang telah ditentukan. Atlet lempar lembing harus menyeimbangkan beberapa hal seperti teknik, kekuatan dan kecepatan agar mendapatkan jarak yang maksimum.

Dalam penentuan pusat gravitasi lembing, ukuran, berat minimum dan bentuk lembing ditentukan oleh IAAF atau International Association of Athletics Federations. Untuk kejuaraan Internasional, atlet laki laki memiliki panjang lembing 2,6-2,7 meter dengan berat minimal 800 gram. Sedangkan untuk atlet putri memiliki panjang lembing 2,2-2,3 meter dengan berat minimal 600 gram. Namun adapula pusat gravitasi yang harus diperhatikan yaitu untuk putra 0,9-1,06 meter dan putri  0,8-0,92 meter.

Cabang Lompat

Macam macam atletik yang terakhir termasuk kedalam cabang lompat. Berikut macam macam atletik cabang lompat beserta penjelasan.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi termasuk macam macam atletik cabang olahraga lompat. Lompat tinggi ialah jenis olahraga yang mengukur keterampilan dengan cara melompati tiang mistar. Lompat tinggi bertujuan untuk mendapatkan hasil lompatan setinggi mungkin. Tiang mistar yang harus dilewati memiliki tinggi 2,5 m dengan panjang mistar 3.15 m. Lompat tinggi ini dilakukan dalam lapangan atletik dan tanpa membutuhkan alat bantuan apapun.
Baca juga : Penjelasan dan Teknik Olahraga Atletik Jalan Cepat

Lompat Jauh

Lompat jauh termasuk macam macam atletik cabang olahraga lompat. Lompat jauh ialah jenis olahraga yang melompat ke arah depan dengan membawa badan sampai melayang diudara. Pelaksanaannya dilakukan dengan cepat dan menolak menggunakan kaki terkuat. Tujuannya untuk mendapatkan hasil lompatan sejauh mungkin. Untuk jarak lompatannya diukur berdasarkan pendaratan terakhir dari bak lompat. 

Lompat Galah

Lompat galah termasuk macam macam atletik cabang olahraga lompat. Lompat galah ialah olahraga lompat tinggi yang pelaksanaannya menggunakan bantuan alat galah agar dapat melewati mistar. Lompat galah ini bertujuan untuk mendapatkan hasil lompatan setinggi mungkin.

Lompat Jangkit

Lompat jangkit termasuk macam macam atletik cabang olahraga lompat. Lompat jangkit dapat disebut lompat jingkat, lompat tiga atau triple jump. Untuk nama resmi lompat jangkit tertulis dalam buku Peraturan Perlombaan yang dibuat oleh PB PASI. Untuk nama resminya ialah lompat jangkit atau Hop Step Jump.

Olahraga ini tersusun oleh tiga gerakan yaitu jingkat atau hop, langkah atau step, dan lompat atau jump. Gerakan tersebut harus dilakukan dengan urut dan terpadu. Berikut langkah langkah gerakannya ialah awalan, jingkat, melangkah dan terakhir melakukan gerakan melompat.

Inilah penjelasan mengenai pengertian atletik dan macam macam atletik. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Macam Cabang Atletik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel