5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya

5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya - Cara mengoper bola basket menjadi salah satu pengetahuan dasar yang wajib dikuasai oleh pemain. Lewat operan inilah kita bisa mengecoh lawan dan melakukan strategi penyerangan dengan tujuan mencetak angka.

Dalam dunia pendidikan kita bisa mempelajari teknik dasar passing bola basket langsung dari LKS. Guru pun tak henti memberikan penjelasan bagaimana cara mengoper bola ketika kegiatan praktikum. Meski sudah mendapat pembahasan begitu intens tapi faktanya masih banyak siswa merasa kesulitan jika diminta menyebutkan 5 macam teknik dasar passing dalam permainan basket.

Sebagian siswa khususnya laki-laki pasti sudah familiar dengan beberapa gerakan operan. Contohnya chest pass, bounce pass overhead pass, behind the back, dan baseball pass. Meski kelima cara mengoper tersebut memiliki tujuan sama namun tak serta merta bisa kita pakai di waktu yang bersamaan. Sebagai pemain, kalian harus pandai menganalisa dan memilih teknik passing bola basket sesuai keadaan.

Contohnya untuk menciptakan operan cepat kepada tim kita harus melakukan chest pass. Lain halnya jika sedang dikepung musuh dan mengharuskan kita mengecoh mereka menggunakan teknik behind the back pass. Pada intinya, setiap teknik dasar passing bola basket memiliki gerakan serta fungsi berbeda satu sama lain. Inilah yang ingin saya bahas dalam artikel singkat kali ini.

5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya

Olahraga basket termasuk salah satu permainan bola besar yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Basket sendiri dimainkan secara beregu dimana tim saling menyerang dan bertahan. Nah, dalam melancarkan strategi tersebut pemain harus menguasai beberapa teknik dasar bola basket yang meliputi passing (mengoper), shooting, dan dribbling.

Mari kita fokuskan pembahasan pada cara mengoper bola terlebih dahulu karena teknik satu ini cukup penting mengingat basket adalah olahraga tim. Walaupun sudah dibahas dalam berbagai kesepatan sayangnya beberapa siswa masih kesulitan menyebutkan macam teknik dasar passing bola basket. Apakah kalain sedang mendapat tugas untuk membuat rangkuman materi tersebu? jika iya maka simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Pada dasarnya cara mengoper bola basket sangat mudah untuk dilakukan selama kita tau konsepnya. Setiap jenis operan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalian akan mempelajari beberapa gerakan mulai dari chest pass, behind the back, overhead pass, sampai bounce pass. Setiap macam teknik passing tersebut memiliki fungsi tersendiri yang dapat dimanfaatkan oleh pemain. Oleh karenanya pemilihan cara mengoper sangat penting dilakukan ketika hendak menyerang maupun bertahan.

Teknik Dasar Chest Pass

Chest pass menjadi cara mengoper bola basket paling banyak dipakai oleh pemain bukan tanpa alasan. Selain gerakan dasar yang mudah dikuasai, ternyata chest pass memiliki beberapa kelebihan daripada teknik operan lain. Contohnya dari segi kecepatan dan tingkat akurasi tinggi yang dihasilkan sehingga bisa dipakai untuk menembus pertahanan lawan.

Meski demikian, cara melakukan chest pass bola basket pun tak boleh sembarangan. Pemain harus menguasai beberapa gerakan serta berlatih secara terus menerus agar operan bisa sesuai harapan. Alih-alih bisa melakukan passing cepat justru teknik chest pass yang tak sesuai justru bisa menjadi blunder bagi tim.

Secara garis besar chest pass merupakan sebuah teknik dasar passing bola basket yang cukup populer. Konsepnya adalah melempar bola sejajar dada memakai dorongan dengan power serta akurasi yang tepat. Teknik mengoper ini berfungsi untuk mencetak angka dalam permainan bola basket.
Chest Pass
Langkah langkah teknik dasar mengoper chest pass:
  1. Pegang bola basket menggunakan dua tangan kemudian tahan dengan ujung jari kedua tangan dan letakkan bola didepan dada.
  2. Letakkan ibu jari dibelakang bola sedangkan jari lainnya menyebar diseluruh sisi bola.
  3. Letakkan sikut agar dekat dengan tubuh.
  4. Posisikan kaki seperti triple threat dengan penumpuan badan dibebankan kepada kaki belakang.
  5. Saat ingin mengoper bola, pindahkan berat badan kearah depan.
  6. Lakukan tolakan dengan bagian tangan lurus dan ibu jari diputar kebawah, kemudian diakhiri dengan sentakan dari pergelangan tangan.
  7. Arahkan pandangan anda kebola yang akan dilempar agar operan bola lurus kedepan.
Teknik dasar mengoper ini dapat anda kuasai dengan cara rutin berlatih. Anda dapat berlatih chest pass dengan dinding yaitu cukup memantulkannya kearah dinding yang berada didepan anda.

Teknik Dasar Bounce Pass

Bounce pass merupakan gerakan mengoper yang cukup menarik karena mengandalkan pantulan bola ke lantai. Tujuan utama dari teknik dasar passing bola basket satu ini tak lain adalah untuk menciptakan operan yang mampu mengecoh lawan. Meski terdengar simpel tapi faktanya cara melakukan bounce pass tidaklah semudah membalik telapak tangan.

Kalian perlu memperhitungkan arah serta jarak pantulan berbanding dengan power yang kalian pakai. Setidaknya ciptakan pantulan sebanyak 2/3 dari lawan agar bola tidak dapat direbut atau dijangkau oleh lawan.

Teknik dasar bounce pass cocok digunakan dalam pertandingan yang sasarannya melalui backdoor cut. Tidak hanya itu saja melainkan teknik bounce pass juga berguna untuk mengecoh lawan yang menghadang sehingga ketika melakukan passing line bola tidak dapat dijangkau.
Bounce Pass
Dalam dunia pendidikan khususnya mapel penjas kita bisa menjumpai pembahasan teknik dasar passing bola basket satu ini di LKS. Sayangnya, tak semua siswa gemar membaca sehingga kesulitan ketika bertemu soal sedemikian rupa. Oleh karenanya simaklah gerakan bounce pass di bawah:
  1. Posisikan badan berdiri tegak.
  2. Letakkan bola didepan badan dan posisikan sikut disamping badan dengan sedikit ditekuk.
  3. Letakkan salah satu kaki didepan.
  4. Tumpukan berat badan diantara dua kaki dan lutut sedikit ditekuk.
  5. Rilekskan tubuh agar seimbang dengan posisi badan sedikit condong kedepan.
  6. Dorong bola kelantai dengan sasaran seperempat dari sasaran.
  7. Lakukan awalan dengan menarik sedikit bola kearah dada saat melempar kemudian diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan dengan posisi telapak tangan mengarah keluar.
Teknik dasar mengoper bola basket ini dapat anda kuasai dengan cara rutin berlatih. Anda dapat berlatih bounce pass dengan dinding yaitu cukup memantulkan bola kearah dinding kemudian menangkapnya kembali.

Teknik Dasar Overhead Pass

Teknik dasar passing bola basket juga dapat dilakukan dengan menciptakan lemparan di atas kepala. Dalam dunia pendidikan khususnya penjas kita bisa menyebutnya sebagai overhead pass. Berdasarkan namanya, kita bisa simpulkan bahwa gerakan operan satu ini cukup simpel.

Teknik overhead pass memiliki gerakan memegang bola diatas kepala kemudian dilemparkan ke pemain lain. Cara passing tersebut dilakukan ketika pemain sedang dijaga ketat oleh lawan sedangkan bola harus melewati lawan-lawan ini. Teknik mengoper bola basket ini berguna agar kita dapat lolos dari penjagaan lawan dengan mengumpankan bola kearah pemain lain diarea low post.
Overhead Pass
Langkah langkah tenik dasar mengoper overhead pass:
  1. Letakkan bola diatas kepala dengan sedikit kedepan kearah dahi dan pegang menggunakan kedua tangan.
  2. Posisikan siku sedikit ditekuk.
  3. Posisikan pergelangan tangan kearah serong bawah ketika akan melempar bola kemudian akhiri dengan lengan yang lurus.
  4. Lepaskan bola menggunakan jentikan ujung jari tangan.

Teknik Behind The Back Pass

Teknik dasar passing bola basket yang satu ini masuk dalam kategori advance karena memiliki tingkat kesulitan tinggi. Gerakan behind the back pass adalah memantulkan bola maju mundur di sela kolong kaki pemain. Meski sulit, tapi semua akan terbayar tunai ketika kita berhasil mengecoh lawan dan menciptakan angka.

Cara mengoper bola basket pada mulanya merupakan sebuah gerakan angan-angan saja. Namun seiring perkembangan jaman, behind the back pass menjadi sebuah teknik passing berbahaya dalam permainan bola basket. Teknik behind the back pass menggunakan operan yang letaknya dibelakang punggung. Anda harus berlatih keras agar dapat menguasai teknik operan tersebut karena bagi pemula pasti akan kesulitan untuk menguasainya.
Behind The Back Pass

Teknik dasar passing bola basket behind the back banyak dilakukan oleh pemain profesional. Keuntungan menggunakan teknik ini ialah dapat mengecoh lawan. Penggunaan teknik back pass tidak dapat diduga oleh lawan karena teknik operan ini menggunakan sasaran yang tidak tentu dan tidak pasti sehingga pola mengoper pemain dapat diubah sesuai keinginan.

Teknik Dasar Baseball Pass

Teknik dasar mengoper pada basket yang terakhir ialah teknik baseball pass. Dalam permainan bola basket penggunaan baseball ini ketika pemain berada dalam keadaan serangan balik dengan cepat atau fastbreak. Pemain yang menggunakan teknik dasar passing bola basket ini harus memiliki power yang kuat dengan tingkat akurasi tinggi.

Mengapa demikian? karena penggunaannya diarea sendiri kemudian diarahkan kearea lawan. Penggunaan lengan yang kuat saat melempar merupakan teknik yang paling penting dalam teknik operan ini. Teknik dasar operan baseball memang tidak memiliki ketelitian yang tepat namun sangat berguna ketika pemain dalam keadaaan fastbreak.
Baseball Pass
Teknik dasar mengoper bola basket di atas kalian anda kuasai dengan rutin berlatih. Anda dapat berlatih baseball pass dengan teman yaitu melemparkan bola dari ujung lapangan yang satu keujung lapangan lainnya.

Inilah beberapa teknik dasar mengoper atau pass dalam permainan bola basket yang dapat saya bagikan. Untuk menguasai setiap teknik operan harus banyak berlatih dengan rutin. Kuasailah setiap teknik tersebut agar anda dapat mencetak angkat dalam permainan basket.

Belum ada Komentar untuk "5 Teknik Dasar Passing Bola Basket dan Pembahasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel