Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah

Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah - Munculnya lari jarak pendek berdasarkan catatan sejarah terjadi pada zaman Yunani Kuno atau abad ke 7 SM. Jenis lari ini pertama kali dilakukan oleh seorang prajurit Yunani Kuno. Dikala itu prajurit tersebut berlari sambil membawa pesan kepada sang Raja untuk mengumumkan kemenangan Yunani dari Persia. Setelah itu prajurit tersebut meninggal dunia setelah menyampaikan pesan kemenangan ini kepada Raja.

Zaman terus mengalami perkembangan hingga masyarakat di dunia mulai mengenal lari jarak pendek. Kemudian berdirilah organisasi yang menaungi lari jarak pendek pada tahun 1912 yang bernama International Association of Athletics Federation atau IAAF. IAAF sendiri memiliki anggota yang berjumlah sekitar 212 negara sampai sekarang ini. Lalu start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah apa? 

Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah
Start Lari Jarak Pendek

Apa itu lari jarak pendek? Pengertian lari jarak pendek adalah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan kecepatan dan kekuatan penuh mulai dari start sampai finish atau disepanjang garis lintasan. Untuk menentukan pemenang perlombaan lari jarak pendek tersebut dapat dilakukan dengan berdasarkan catatan waktu tersingkat. Bagaimana cara memasuki garis finish pada lari jarak pendek?  Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah

Pengertian dan teknik lari jarak pendek tersebut tentunya telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Sama seperti jenis lari lainnya, lari jarak pendek ini juga memiliki teknik dasarnya sendiri. Sejak ribuan tahun lalu, bangsa Yunani telah memperlombakan jenis lari jarak pendek ini. Jenis lari ini memiliki beberapa kategori di dalamnya. Macam macam lari jarak pendek tersebut disesuaikan dengan jarak tempuhnya.

Seperti yang kita tahu bahwa nomor lari jarak pendek yang digunakan tersebut dapat berupa 100 meter, 200 meter, sampai 400 meter. Lalu start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah apa? Lari jarak pendek ini memang dilakukan dengan jarak tempuh yang terbilang pendek. Tetapi kita juga harus tetap memperhatikan teknik berlari yang digunakan. Teknik dasar lari jarak pendek ini menjadi salah satu pertimbangan untuk meraih kemenangan, selain kecepatan yang dimiliki. 

Pada dasarnya penggunaan teknik yang benar akan memberikan manfaat yang banyak untuk para pelari. Maka dari itulah teknik dasar tersebut sangat penting untuk dipahami dan dikuasai. Apabila kita membahas lebih dalam mengenai lari jarak pendek ini, tentunya kita pernah menjumpai salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah . . .
A. Start jongkok
B. Start melayang
C. Start berdiri
D. Start duduk

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Start Jongkok.

Lari jarak pendek dapat disebut juga dengan lari cepat atau lari sprint. Lari jarak pendek adalah jenis lari yang dilakukan dengan cara berlari secepat mungkin dalam lintasan lari. Pelarinya dinamakan dengan sprinter. Dalam lari jarak pendek ini kita membutuhkan teknik yang benar dan ketahanan tubuh yang baik. 

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah start jongkok. Jenis start ini menggunakan posisi aba aba bersedia, siap, yak. Berbeda dengan lari jarak pendek, lari jarak menengah menggunakan start melayang dan lari jarak jauh menggunakan start berdiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Start yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel