Cara Memegang Tongkat Lari Estafet yang Baik dan Benar

Cara Memegang Tongkat Lari Estafet yang Baik dan Benar - Lari estafet merupakan salah satu jenis olahraga atletik nomor lempar. Dalam lari estafet tersebut terdapat empat orang pelari yang melakukan gerakan berlari sambung menyambung. Medianya tak lain adalah tongkat yang dipegang dan dioper ke pelari selanjutnya secara bergantian dari garis start sampai finish.

Meski terdengar simpel tapi faktanya atlet harus menguasai beberapa teknik dasar terlebih dahulu. Contohnya teknik start, sikap lari, memberikan tongkat, demikian juga cara memasuki garis finish. nah, cara memegang tongkat estafet salah satu faktor krusial yang bisa mempengaruhi hasil akhir perlombaan. Karena dengan grip yang benar maka pergantian tongkat pun akan berjalan lancar.


Teknik Memegang Tongkat Estafet Pada Saat Start

Lantas, bagaimana cara memegang tongkat lari estafet dengan baik dan benar? inilah yang menjadi pokok pembahasan. Materi yang sedikit banyak membahas lari beregu satu ini sebenarnya sudah diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SMP. Penjelasan mencakup ukuran, teknik dasar, dan peraturan lengkapnya bisa dengan mudah kita temukan di buku LKS.


Cara Memegang Tongkat Lari Estafet yang Baik dan Benar


Ketahuilah bahwa sikap memegang tongkat tak hanya dilakukan atlet ketika sedang berlari saja. Bahkan saat posisi start pun pelari pertama harus menggenggam tongkat estafet dengan benar. Posisi grip yang salah bisa berakibat fatal ketika hendak memberikannya ke pelari selajutnya. Selain kerjasama, pemahaman serta penguasaan tentang teknik dasar juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Tak sedikit atlet mengalami kegagala karena tak tau cara memagang tongkat estafet ketika melakukan start. Akhirnya posisi berlari dan pergantian tongkat pun menjadi kurang nyaman karena dari awal sebelumnya sudah salah. Kita pun tak bisa menampik fakta bahwa posisi dan cara pegang sangat mempengaruhi perpindahan tongkat antar pelari sepanjang lintasan.
Baca juga : Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap
Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas beberapa teknik dasar lari estafet yakni cara memegang tongkat ketika start dan memberikannya ke pelari lain. Jika kebetulan kalian sedang mendapatkan tugas untuk merangkum materi tersebut maka simaklah teknik dasar di bawah.

Cara Memegang Tongkat Estafet Ketika Start

Umumnya teknik memegang tongkat lari estafet dilakukan ketika posisi kita sedang berada di garis start maupun ketika tongkat diberikan ke pelari lain. Kalian bisa menggunakan tangan kanan mapun kiri untuk memegang ujung tongkat sesuai kesepakatan antar pelari dalam satu tim. Jika posisi tongkat pelari pertama ada di tangan kanan maka pelari kedua harus menerimanya menggunakan tangan kiri. Begitu juga untuk pelari ke tiga, empat, dan seterusnya.
Cara memegang tongkat estafe ketika start

Mari kita berfokus pada cara memegang tongkat estafet saat sedang berada di garis start sebagai permulaan. Pada dasarnya, teknik ini digunakan agar saat pemberian tongkat ke pelari selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Ketika duduk di bangku sekolah guru pun pasti sudah pernah mengajarkannya baik secara teori maupun praktek.
Meski demikian, masih banyak siswa tidak paham bagaimana cara memegang tongkat estafet ketika start. Setidaknya ada 5 posisi tangan yang sering digunakan oleh atlet profesional. Simaklah ilustrasi pada gambar ataupun teknik di bawah:
  1. Gunakan jari tengah, jari manis dan jari kelingking untuk memegang tongkat ketika posisinya berada di start. Kemudian gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menumpu berat badan di atas garis start.
  2. Maka dari itu posisi ujung tongkat akan mengarah lurus ke depan.

Teknik Memegang Tongkat Estafet Ketika Memberikan ke Pelari Lain

Nomor perlombaan lari estafet pada umumnya ialah 4 x 400 meter dan 4 x 100 meter. Di masing masing nomor lari estafet terdapat satu orang pelari. Dalam olahraga ini terdapat hal penting yang perlu diperhatikan yakni kerjasama dalam menerima dan memberikan tongkat estafet. Jika tongkat estafet yang diterima atau diberikan dalam kondisi jatuh maka regu pelari tersebut akan didiskualifikasi.

Inilah pentingnya mengapa posisi genggaman tongkat sangat penting dan memberi dampak besar pada hasil akhir. Sejujurnya, tak banyak orang memperhatikan seperti apa teknik memegang tongkat lari estafet ketika hendak diberikan pada pelari lain. Namun, dalam beberapa kasus khususnya untuk pelajar materi satu ini biasanya muncul sebagai tugas dari guru.

Posisi Tangan Ketika Memberikan Tongkat

Cara memegang tongkat dalam lari estafet selanjutnya ialah ketika akan diteruskan kepada pelari selanjutnya. Teknik ini digunakan agar pemberian tongkat ke pelari selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Adapun cara memegang tongkat estafet yakni dengan memposisikan tongkat sedikit di ujung belakangnya sehingga ada ruang untuk penerima. Dengan begitu tangan pelari selanjutnya dapat lebih leluasa dalam memegangnya. Lakukan teknik pemegangan tongkat tersebut sampai ke pelari terakhir.

Sekian penjelasan mengenai cara memegang tongkat lari estafet yang baik dan benar. Kalian harus ingat ada 2 poin penting yakni teknik maupun posisi grip ketika start dan hendak melanjutkan tongkat. Sebenarnya selain membahas teknik dasar di atas saya masih ingin melanjutkan pendalaman materi lari estafet lain.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Memegang Tongkat Lari Estafet yang Baik dan Benar"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel