Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap

Advertisement

Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap - Lari estafet merupakan salah satu jenis olahraga atletik nomor lempar. Dalam lari estafet tersebut terdapat empat orang pelari yang melakukan gerakan berlari sambung menyambung. Untuk itulah lari estafet dapat disebut sebagai lari sambung. Lari estafet menggunakan tongkat yang dipegang dan dioper menuju ke pelari selanjutnya, mulai dari garis start hingga garis finish. Jika pergantian tongkat estafet berjalan dengan lancar maka lari estafet dapat dilakukan dengan baik. Lantas bagaimana cara memegang tongkat dalam lari estafet itu? Teknik memegang tongkat dalam lari estafet penting untuk dipelajari oleh masing masing pelari. Untuk itu teknik memegang tongkat estafet termasuk dalam salah satu teknik dasarnya.

Teknik Memegang Tongkat Estafet Pada Saat Start
Nomor perlombaan lari estafet pada umumnya ialah 4 x 400 meter dan 4 x 100 meter. Di masing masing nomor lari estafet terdapat satu orang pelari. Dalam olahraga ini terdapat hal penting yang perlu diperhatikan yakni kerjasama dalam menerima dan memberikan tongkat estafetnya. Maka dari itu setiap pelari diharuskan untuk menguasai teknik memegang tongkat dalam lari estafet, baik saat menerima atau memberikan tongkatnya. Jika tongkat estafet yang diterima atau diberikan dalam kondisi jatuh, maka regu pelari tersebut akan didiskualifikasi. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memegang tongkat dalam lari estafet lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap

Pada dasarnya teknik memegang tongkat dalam lari estafet merupakan salah satu teknik dasar lari estafet yang perlu dipelajari dan dikuasai. Teknik memegang tongkat estafet tersebut digunakan untuk melakukan perpindahan tongkat dari satu pelari ke pelari lain. Maka dari itu penerimaan dan pemberikan tongkat estafet memerlukan cara khusus agar dapat dilakukan dengan baik serta tidak merugikan tim sendiri.
Baca juga : Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap
Posisi Tangan Ketika Memberikan Tongkat
Pada umumnya cara memegang tongkat dalam lari estafet dilakukan ketika posisinya berada distart maupun ketika tongkat diberikan ke pelari lain. Adapun cara melakukannya secara umum ialah menggunakan tangan kanan atau kiri untuk memegang ujung tongkat. Setelah itu ketika diberikan ke pelari selanjutnya, maka pelari tersebut akan memegang ujung lainnya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik memegang tongkat dalam lari estafet ketika posisinya distart maupun ketika diberikan ke pelari selanjutnya yaitu:

Teknik Memegang Tongkat Estafet Ketika di Start
Teknik memegang tongkat dalam lari estafet yang pertama akan saya jelaskan ialah ketika posisi pelarinya berada di garis start. Teknik ini digunakan agar saat pemberian tongkat ke pelari selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Adapun cara memegang tongkat dalam lari estafetnya yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Estafet
  • Gunakan jari tengah, jari manis dan jari kelingking untuk memegang tongkat ketika posisinya berada di start. Kemudian gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menumpu berat badan di atas garis start.
  • Maka dari itu posisi ujung tongkat akan mengarah lurus ke depan.

Teknik Memegang Tongkat Estafet Ketika di Berikan ke Pelari Selanjutnya
Teknik memegang tongkat dalam lari estafet selanjutnya ialah ketika tongkat akan diberikan kepada pelari selanjutnya. Teknik ini digunakan agar pemberian tongkat ke pelari selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Adapun cara memegang tongkat dalam lari estafetnya yaitu pegang tongkat sedikit di ujung belakangnya sehingga terdapat ruang pada tongkat. Dengan begitu tangan pelari selanjutnya dapat lebih leluasa dalam memegangnya. Lakukan teknik pemegangan tongkat tersebut sampai ke pelari terakhir.

Sekian penjelasan mengenai cara memegang tongkat dalam lari estafet lengkap. Teknik memegang tongkat dalam lari estafet dapat digunakan ketika posisinya di awal garis start maupun ketika tongkat diberikan ke pelari selanjutnya. Semoga artikel ini dapat bermanfat dan terima kasih telah membaca materi teknik memegang tongkat estafet di atas.

    Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

    0 komentar:

    Posting Komentar