Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan

Advertisement

Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan - Baseball ialah jenis olahraga yang menggunakan lapangan khusus menggunakan waktu periode tertentu dan dimainkan oleh dua regu. Setiap regu/tim memiliki jumlah pemain sebanyak 9 orang. Dalam permainan baseball terdapat 4 wasit atau bahkan 6 wasit didalamnya. Pada umumnya teknik dasar baseball berhubungan dengan cara memukul, menangkap dan melempar bola. Di lapangan bisbol (baseball) terdapat base sebanyak 4 base/marka. Pemberian nomor base pada lapangan berlawanan dengan arah jarum jam. Lalu bagaimana cara melakukan olahraga baseball yang benar?

Teknik Dasar Dalam Olahraga Baseball
Setiap pemain baseball pada dasarnya harus menguasai teknik dasar yang ada. Dengan penguasaan teknik dasar baseball tersebut, maka permainan dapat dimenangkan dengan skor atau poin yang maksimal. Apabila penguasaan teknik tidak benar benar dilakukan, maka tim lawan akan dengan mudah mencetak run. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar olahraga baseball beserta cara melakukannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan

Baseball merupakan olahraga dari benua barat yang sangat digemari oleh kalangan muda. Dalam proses persebarannya olahraga baseball terus mengalami penyesuaian baik dari peraturan, teknik dasar dan cara melakukan olahraga itu sendiri. Di indonesia olahraga baseball tumbuh dan berkembang menjadi olahraga kasti. kasti sendiri masuk dalam pembelajaran penjasorkes dan menjadi salah satu materi yang diujikan dalam ujian kenaikan kelas ataupu tengah semester.
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja
Dalam pembahasan kali ini terdapat beberapa teknik dasar dalam olahraga baseball. Adapun teknik dasar baseball yang perlu dikuasai yaitu teknik melempar bola baseball, teknik menangkap bola baseball, dan teknik memukul bola baseball, Berikut penjelasan selengkapnya: 

Teknik Melempar Bola Baseball

Teknik dasar olahraga baseball yang pertama ialah teknik melempar bola. Dalam permainan baseball terdapat pemain yang bertugas untuk melempar bola yaitu pelempar atau Pitcher. Letak pemain pitcher ialah di sekitar lingkaran pada daerah pitcher hingga daerah yang dekat dengan home plate. Pitcher bertugas untuk melemparkan bola dengan baik menuju Batter (pemukul), memberikan bantuan kepada pemain belakang home plate, dan menjaga base pertama saat pemungutan bola dilakukan oleh pemain first baseman.
Teknik Melempar Bola Baseball
Teknik lemparan dalam olahraga baseball harus dikuasai oleh seorang pitcher meskipun caranya berbeda beda. Hal ini dikarenakan efek yang dimiliki oleh setiap lemparan juga berbeda beda. Maka dari itulah teknik dasar baseball ini cukup penting untuk dipelajari dan dikuasai. Adapun beberapa teknik lemparan baseballnya yaitu lemparan melintir, lemparan bola meleset cepat, dan lemparan bawah lambat. Adapun cara melakukan teknik melempar bola dalam olahraga baseball yaitu sebagai berikut:
  • Badan diposisikan berdiri menuju arah penangkap (Catcher). Bola dipegang dibalik paha dan usahakan disembunyikan dari pandangan batter (pemukul atau penyerangnya).
  • Lengan diayunkan ke belakang dan ayunkan dengan stabil ke arah depan.
  • Kaki kanan diputar dengan posisi badan sedang pivot sampai menuju ke arah base tiga.
  • Kaki kiri disepakkan ke atas ketika lengan di bawa ke belakang. Lalu kaki kiri dilangkahkan lurus ke depan.
  • Lengan diayunkan dan bola dilemparkan ke depan menggunakan tenaga penuh. Lalu kaki kanan di ayunkan ke belakang di waktu yang bersamaan.

Teknik Memukul Bola Baseball

Teknik dasar olahraga baseball selanjutnya ialah teknik memukul bola. Dalam permainan baseball terdapat pemain yang bertugas untuk memukul bola yaitu pemukul atau Batter. Tugas Batter ialah memukul bola agar run (mencetak angka). Setelah memukul bola, kemudian batter lari menuju ke base runner dan menyentuh atau menginjak semua base dengan berurutan sampai dapat ke home plate kembali. 
Teknik Memukul Bola Baseball
Baca juga : 4 Macam Teknik Menyundul Bola (Heading) Dalam Sepak Bola
Pemukul bola baseball harus dapat membuat perkiraan arah datangnya bola dengan baik. Dengan begitu bola dapat dipukul sesuai dengan arah dekat jauhnya pemukulan bola. Jika pemain pemukul kurang mahir memperkirakan bola datang dari arah mana, maka akan mencetak home run karena pukulannya big swing. Maka dari itulah teknik dasar baseball ini cukup penting untuk dipelajari dan dikuasai. Adapun cara melakukan teknik memukul bola dalam olahraga baseball yaitu sebagai berikut:
  • Badan diposisikan berdiri tegak, buka kaki selebar bahu dan tekuk sedikit.
  • Bat dipegang di belakang bahu. Kemudian ujung bat diposisikan lebih tinggi daripada bahu. Lalu siku diposisikan sedikit jauh dari badan.
  • Mata diarahkan menuju ke gerakan pitchernya.
  • Kaki dilangkahkan ke arah pitcher ketika bola dilemparkan oleh pitcher. Bat (tongkat) diayunkan menggunakan kekuatan lengan dengan cepat sampai mengenai bola.
  • Gerakan ayunan lengan diselesaikan sampai bola melambung ke arah udara.
Selain teknik memukul bola baseball di atas. adapula teknik memegang tongkat baseball yang benar. Tongkat dipegang sampai batas pegangan menggunakan kedua tangan. Pastikan batas pemukulnya dilingkari dengan rapat oleh jari jari tangan. Hal tersebut digunakan agar kekuatan yang diperoleh ketika memukul lebih banyak atau penuh. Ketika mengayun, usahakan pegangan tangan benar dan kuat sehingga tongkat pemukul tidak terlepas. Adapun cara memegang tongkat baseballnya yaitu sebagai berikut:
  • Badan diposisikan berdiri tegak, buka kaki selebar bahu dan tekuk sedikit sembari menunggu lemparan dari Pitcher.
  • Pandangan difokuskan ke arah datangnya bola.
  • Condongkan sedikit badan ke arah depan agar keseimbangannya terjaga.
  • Tongkat sedikit dipegang ke arah belakang, bengkokkan siku, sejajarkan bahu dan agak ke bawah sedikit.
  • Badan diposisikan tegak lurus ketika memukul bola di depan bahu kanan.

Teknik Menangkap Bola Baseball (Base Running)

Teknik Menangkap Bola Baseball
Teknik dasar olahraga baseball selanjutnya ialah teknik menangkap bola atau base running. Penangkapan bola dapat dilakukan dengan tepat, jika penempatan tubuh juga tepat di depan bolanya. Base runner tidak hanya memiliki keefektifan dalam kecepatan yang digunakan. Hal ini dikarenakan tujuan base runners ialah membuat belokan tajam ke atah dasar selanjutnya dan menyentuhkan sudut di dalam basisnya. Dengan begitu pengambilan jarak terpendek diantara dasar dapat dijamin. Base running memiliki kemampuan dari kondisi permainan yang dipahami seperti letak tim di belakang atau di depan, kekuatan lengan outfielders lawan dan tingkat keterampilan dari batternya.

Teknik Menangkap Bola oleh Pemain Catcher

Teknik Menangkap Bola oleh Catcher
Baca juga : Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap
Seorang Catcher juga memiliki teknik dasar baseball yang berupa teknik menangkap bola. Daerah kekuasaan yang dimiliki pemain catcher ialah berada di antara home plate dengan back stop. Catcher bertugas untuk menangkap bola yang dilemparkan oleh pelempar, mematikan lawan dengan melemparkan bola ke base satu, base dua dan base tiga serta mematikan pelari dengan menjaga home plate sehingga angka dapat dicetak. Penangkapan bola yang dilakukan oleh catechet dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti penangkapan bola lurus, bola tinggi dan bola redah. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  • Jongkokkan badan sedikit, letakkan kedua tangan di bawah dan arahkan pandangan ke depan lurus (Teknik Menangkap Bola Rendah)
  • Angkat badan sedikit lebih tinggi, luruskan kedua tangan dan pandangan ke arah depan (Teknik Menangkap Bola Lurus).
  • Angkat badan sedikit lebih tinggi lagi dan angkat kedua tangan ke atas (Teknik Menangkap Bola Tinggi).
Sekian penjelasan mengenai teknik dasar olahraga baseball beserta cara melakukanya. Olahraga baseball memiliki beberapa teknik dasar yang berupa teknik melempar bola, teknik memukul bola dan teknik menangkap bola. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Teknik Dasar Olahraga Baseball Beserta Cara Melakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar