16 Bentuk Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani

16 Bentuk Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani - Mampu menjaga tubuh agar tetap seimbang merupakan salah satu aspek penting dalam kebugaran jasmani. Kemampuan tersebut tak serta merta didapatkan secara instan begitu saja. Kita harus menjalani serangkaian latihan secara rutin dan teratur untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

Ada banyak sekali cara melatih keseimbangan tubuh yang dapat dilakukan di waktu senggang. Tanpa disadari setiap gerakan yang kalian lakukan saat pemanasan pun juga termasuk bentuk latihan kebugaran jasmani. Misalnya berdiri mengangkat kaki ke belakang yang notabenya berfungsi untuk merenggangkan otot dan meningkatkan keseimbangan.

Latihan keseimbangan

Bentuk latihan keseimbangan kebugaran jasmani biasanya diajarkan pada mapel penjas. Cakupan pembahasan terkait contoh gerakan serta manfaatnya pun bisa kalian baca sendiri di buku LKS. Meski demikian tak sedikit siswa kesulitan saat ditanya materi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya frekuensi pertanyaan ketika ujian berlangsung.

16 Bentuk Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani

Secara garis besar melatih keseimbangan memang memberi banyak dampak positif untuk tubuh. Aspek kebugaran jasmani satu ini juga terintegrasi dengan berbagai aspek lainnya. Contohnya kelenturan, kekuatan, stamina, bahkan akurasi sekalipun. Maka dari itu sejak masih muda lebih baik melatih keseimbangan tubuh agar tetap fit saat sudah tua nantinya.

Seluruh otot tubuh harus dilatih sejak usia masih muda. Manfaatnya akan terasa jika usia sudah lanjut nantinya. Masalahnya, apakah kalian tau apa saja cara melatih kebugaran jasmani khususnya dalam hal keseimbangan? Dalam konteks pendidikan materi satu ini sering muncul sebagai soal yang menyulitkan. Banyak siswa gagal ketika diminta menjelaskan contoh latihan keseimbangan kebugaran jasmani.

Oleh karenanya dalam artikel ini saya ingin membahasnya secara lebih mendalam. Sedikit banyak saya akan membagikan bentuk latihan keseimbangan beserta gerakannya. Maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Berdiri dengan Satu Kaki

Berdiri menggunakan satu kaki sedangkan kaki lainya diangkat merupakan bentuk latihan keseimbangan paling sederhana. Walau begitu tak sedikit orang yang gagal melakukanya karena berbagai alasan. Mulai dari kaki yang tak kuat menopang beban tubuh sampai kurangnya konsentrasi saat menjaga keseimbangan.

Pada dasarnya latihan satu ini masuk dalam gerakan yoga yang cukup terkenal. Jika sudah terlatih maka kalian akan bisa berdiri satu kaki untuk waktu lama. Di lain sisi, meski terlihat simpel tapi bentuk latihan kebugaran jasmani tersebut tak mudah untuk dilakukan. Kalian dapat menyediakan satu kursi sebagai alat bantuan jika anda tidak kuat lagi menjaga keseimbangan tubuh sehingga kursi tadi dapat digunakan untuk pegangan. Lakukan gerakan latihan berdiri satu kaki ini selama beberapa menit dengan posisi kaki yang bergantian.
Baca juga : Pengertian Sikap Kayang Lengkap Dengan Cara Melakukannya

Berdiri Satu Kaki dan Mengangkat Satu Tangan

Bentuk latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan satu kaki dan mengangkat satu tangan. Gerakan kedua ini dilakukan setelah anda mahir dalam gerakan pertama tadi. Gerakan ini disertai dengan mengangkat salah satu tangan sebagai pengontrol keseimbangan tubuh. Cara melakukannya yaitu kedua tangan diangkat setinggi bahu dan berdiri dengan satu kaki. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat. Lakukan gerakan tersebut secara berulang ulang secara bergantian.

Berdiri dengan Satu Kaki dan Menutup Mata

Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan satu kaki dan menutup mata. Gerakan ini mengkombinasikan gerakan berdiri satu kaki dengan penggunaan fungsi mata. Seseorang akan lebih sensitif dalam hal keseimbangan jika berhubungan dengan fungsi mata. Cara melakukannya cukup mudah yaitu menutup mata sambil mengangkat salah satu kaki. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat.

Berdiri Mengkangkat Satu Kaki ke Belakang

Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan mengangkat satu kaki ke belakang. Gerakan keseimbangan dalam berdiri satu kaki tersebut memang dapat dimodifikasi menjadi beberapa latihan keseimbangan. Yang membedakannya dengan latihan keseimbangan lainnya ialah posisi kaki yang diangkat ke arah belakang. Latihan tersebut berguna untuk membentuk otot otot kaki yang terlatih dan kuat hingga nanti berusia senja.

Dalam konteks pendidikan, mengangkat kaki ke belakang cukup populer menjadi salah satu gerakan pemanasan. Gerakan yang fleksibel membuatnya sangat efektif dipakai untuk merenggangkan otot. Sehingga siswa bisa terhindar dari cidera sebelum mulai melaksanakan kegiatan olahraga.

Berdiri Mengkangkat Satu Kaki ke Depan

Bentuk latihan keseimbangan tubuh lainya adalah bediri dengan mengangkat satu kaki ke depan. Gerakan ini memposisikan kaki diangkat ke arah depan dan sebisa mungkin kita menahan badan agar tak jatuh. Ada banyak sekali mafaat yang bisa kita dapatkan ketika berhasil melewati gerakan sederhana tersebut. Mulai dari akurasi serta ketahanan otot yang meningkat sampai tujuan utama yakni menyehatkan badan. 
Baca juga : 12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar

Latihan kebuaran jasmani satu ini tergolong sulit untuk dilakukan meski memiliki konsep yang sama seperti sebelumnya. Pasalnya tak semua orang mampu mengangkat kaki horizontl ke depan secara maksimal. Semakin tinggi kalian mengangkat kaki maka semakin sulit pula menjaga keseimbangan tubuh. 

Duduk dan Menarik Badan ke Belakang

Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan duduk dan menarik badan ke belakang. Anda dapat melatih keseimbangan tubuh dalam posisi duduk. Cara melakukannya yaitu siapkan kursi duduk tanpa sandaran. Selanjutnya tubuh ditarik ke belakang secara perlahan sampai titik keseimbangan maksimal. Anda dapat menggunakan otot tangan sebagai tumpuan awal. Setelah beberapa waktu kemudian gunakan otot untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh.

Duduk Lalu Berdiri

Cara melatih keseimbangan pada kebugaran jasmani selanjutnya adalah dengan gerakan duduk lalu berdiri. Tapi pertama, kalian harus mempersiapkan kursi terlebih dulu sebagai medianya. Setelah itu posisikan tubuh duduk pertama kali setelah itu berdirikan tubuh tanpa menggunakan pegangan. Lakukan gerakan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Secara garis besar gerakan ini memanfaatkan kinerja jantung dan otak di waktu bersamaan. Ketika kalian berdiri setelah duduk maka jantung akan memompa darah lebih cepat. Selanjutnya otak serta otot yang pada awalnya rileks dipaksa harus menyelaraskan denyut jantung tersebut. Inilah alasan mengapa sebagian orang merasa pusing dan seperti akan terjatuh ketika baru saja berdiri.

Latihan Berjalan dengan Beban di Atas Kepala

Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan berjalan dengan beban di atas kepala. Latihan ini sering digunakan ketika ingin mengenakan sepatu hak tinggi. Biasaya latihan tersebut ditujukan untuk orang yang berprovesi sebagai model. Cara melakukannya cukup mudah yaitu meletakkan beban seperti buku, bakul dan lain sebagainya di atas kepala. Setelah itu berjalalanlah tanpa memegang beban tersebut.

Selain latihan diatas, masih banyak macam macam latihan keseimbangan tubuh lainnya dalam kebugaran jasmani. Berikut beberapa bentuk latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani yaitu:
  • Latihan berjalan dengan lurus.
  • Latihan menganyunkan kaki.
  • Latihan memutar tangan searah jarum jam.
  • Latiha memutar kaki searah jarum jam.
  • Latihan berdiri diatas permukaan tidak rata.
  • Latihan squat menggunakan satu kaki.
  • Latihan squat yang ditambah dengan beban.
Sekian penjelasan mengenai macam macam latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani. Manfaat melatih keseimbangan tubuh ini dapat anda rasakan ketika sudah berusia lanjut nantinya. Maka dari itu jagalah kesehatan dengan macam macam olahraga yang berguna untuk melatih otot kaki. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "16 Bentuk Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel