Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani

Advertisement

Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani - Dalam kebugaran jasmani terdapat macam macam latihan keseimbangan yang dapat membuat tubuh lebih kuat dan sehat. Terlebih lagi jika aktivitas yang anda lakukan terlalu padat, tentunya keseimbangan tubuh anda patut diperhatikan. Keseimbangan sendiri memiliki pengertian yaitu kemampuan kaki seseorang untuk menjaga tubuh tetap seimbang, terutama ketika sedang berolahraga. Latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani ini dapat meningkatkan stamina tubuh anda agar tetap fit meskipun sudah lanjut usia atau semakin tua.

Latihan keseimbangan tubuh ini sangat berguna ketika kita sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan ketika sudah tua masalah kesehatan nantinya akan bermunculan terus. Masalah kesehatan inilah yang akan berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Maka dari itu sejak masih muda lebih baik melatih keseimbangan tubuh agar tetap fit saat sudah tua nantinya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa macam latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani

Otot otot tubuh harus dilatih sejak usia masih muda. Manfaatnya akan terasa jika usia sudah lanjut nantinya. Dibawah ini terdapat macam macam latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani beserta penjelasannya. Berikut ulasan selengkapnya:

Latihan Berdiri dengan Satu Kaki
Macam latihan keseimbangan tubuh yang pertama ialah latihan bediri dengan satu kaki. Gerakan latihan ini termasuk dalam gerakan yoga dan gerakan senam ketangkasan tubuh. Meski begitu, latihan ini berguna dalam melatih keseimbangan tubuh dan melatih otot tubuh. Anda dapat menyediakan satu kursi sebagai alat bantuan jika anda tidak kuat lagi menjaga keseimbangan tubuh sehingga kursi tadi dapat digunakan untuk pegangan. Lakukan gerakan latihan berdiri satu kaki ini selama beberapa menit dengan posisi kaki yang bergantian.
Baca juga : Pengertian Sikap Kayang Lengkap Dengan Cara Melakukannya
Latihan Berdiri dengan Satu Kaki dan Mengangkat Satu Tangan
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan satu kaki dan mengangkat satu tangan. Gerakan kedua ini dilakukan setelah anda mahir dalam gerakan pertama tadi. Gerakan ini disertai dengan mengangkat salah satu tangan sebagai pengontrol keseimbangan tubuh. Cara melakukannya yaitu kedua tangan diangkat setinggi bahu dan berdiri dengan satu kaki. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat. Lakukan gerakan tersebut secara berulang ulang secara bergantian.

Latihan Berdiri dengan Satu Kaki dan Menutup Mata
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan satu kaki dan menutup mata. Gerakan ini mengkombinasikan gerakan berdiri satu kaki dengan penggunaan fungsi mata. Seseorang akan lebih sensitif dalam hal keseimbangan jika berhubungan dengan fungsi mata. Cara melakukannya cukup mudah yaitu menutup mata sambil mengangkat salah satu kaki. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat.

Latihan Berdiri dengan Mengkangkat Satu Kaki ke Belakang
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan mengangkat satu kaki ke belakang. Gerakan keseimbangan dalam berdiri satu kaki tersebut memang dapat dimodifikasi menjadi beberapa latihan keseimbangan. Yang membedakannya dengan latihan keseimbangan lainnya ialah posisi kaki yang diangkat ke arah belakang. Latihan tersebut berguna untuk membentuk otot otot kaki yang terlatih dan kuat hingga nanti berusia senja.

Latihan Berdiri dengan Mengkangkat Satu Kaki ke Depan
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan bediri dengan mengangkat satu kaki ke depan. Gerakan ini memposisikan kaki diangkat ke arah depan. Meskipun gerakannya lebih sulit daripada gerakan sebelumnya tetapi manfaat yang diberikan lebih banyak. 
Baca juga : 12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar
Latihan Duduk dan Menarik Badan ke Belakang
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan duduk dan menarik badan ke belakang. Anda dapat melatih keseimbangan tubuh dalam posisi duduk. Cara melakukannya yaitu siapkan kursi duduk tanpa sandaran. Selanjutnya tubuh ditarik ke belakang secara perlahan sampai titik keseimbangan maksimal. Anda dapat menggunakan otot tangan sebagai tumbuan awal. Setelah beberapa waktu kemudian gunakan otot untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh.

Latihan Duduk Lalu Berdiri
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan duduk lalu berdiri. Cara melakukannya yaitu siapkan kursi terlebih dahulu. Setelah itu posisikan tubuh duduk pertama kali setelah itu berdirikan tubuh tanpa menggunakan pegangan. Lakukan gerakan ini secara rutin. Latihan tersebut berguna untuk melatih otot perut dan otot kaki.

Latihan Berjalan dengan Beban di Atas Kepala
Macam latihan keseimbangan tubuh selanjutnya ialah latihan berjalan dengan beban di atas kepala. Latihan ini sering digunakan ketika ingin mengenakan sepatu hak tinggi. Biasaya latihan tersebut ditujukan untuk orang yang berprovesi sebagai model. Cara melakukannya cukup mudah yaitu meletakkan beban seperti buku, bakul dan lain sebagainya di atas kepala. Setelah itu berjalalanlah tanpa memegang beban tersebut.

Selain latihan diatas, masih banyak macam macam latihan keseimbangan tubuh lainnya dalam kebugaran jasmani. Berikut beberapa bentuk latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani yaitu:
  • Latihan berjalan dengan lurus.
  • Latihan menganyunkan kaki.
  • Latihan memutar tangan searah jarum jam.
  • Latiha memutar kaki searah jarum jam.
  • Latihan berdiri diatas permukaan tidak rata.
  • Latihan squat menggunakan satu kaki.
  • Latihan squat yang ditambah dengan beban.
Sekian penjelasan mengenai macam macam latihan keseimbangan pada kebugaran jasmani. Manfaat melatih keseimbangan tubuh ini dapat anda rasakan ketika sudah berusia lanjut nantinya. Maka dari itu jagalah kesehatan dengan macam macam olahraga yang berguna untuk melatih otot kaki. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar