Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan

Advertisement

Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan - Olahraga softball adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola bola kecil. Asal dari olahraga softball ialah di Benua Amerika atau lebih tepatnya di negara Amerika Serikat. Seperti halnya permainan olahraga lainnya, softball memiliki beberapa posisi penting yang harus dipahami oleh setiap pemainnya. Posisi posisi permainan softball tersebut berguna untuk membuat taktik serangan dan sebagainya. Untuk itu setiap pemain diharuskan untuk mengetahui dan memahami masing masing posisi yang ada.

Posisi Dalam Permainan Softball
Salah satu syarat penting dalam memperdalam atau melakukan permainan softball ialah mengetahui posisi setiap pemainnya. Hal ini karena dapat menentukan tingkat kemenangan tim dalam permainan softball itu sendiri. Untuk itu posisi dalam permainan softball dapat dibagi menjadi dua posisi bertahan, yakni daerah Outfield dan Infield. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang posisi posisi permainan softball lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan

Sebelum membahas tentang posisi posisi permainan softball, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai tugas pokok setiap pemain. Adapun beberapa tugas pokok setiap pemain softball yaitu meliputi:
  • Diharuskan untuk mengetahui posisi base.
  • Diharuskan untuk mengetahui posisi pemain.
  • Diharuskan untuk mengetahui catcher dan pitcher.
Dengan mempelajari tentang posisi posisi permainan softball diharapkan strategi bertahan dapat disusun dengan baik oleh pemain sehingga daerah tanggung jawab masing masing dapat dikuasai. Untuk posisi bertahan memiliki beberapa nama seperti Catcher (posisi bertahan yang tanggung jawabnya tidak sama dengan yang lainnya), First Baseman, Third Baseman, dan Second Baseman. Berikut penjelasan selengkapnya :
Posisi Dalam Permainan Softball

Penjagaan Dalam Lapangan (Infield)

Untuk posisi posisi permainan softball yang pertama bertugas untuk menjaga di daerah dalam lapangan (infield). Adapun beberapa posisi penting untuk kategori penjagaan dalam lapangan yaitu sebagai berikut:

First Baseman
Posisi permainan softball yang pertama ialah first baseman. Posisi dari first baseman tergolong tidak terlalu luas karena letaknya diantara base pertama dengan home plate dan diantara base kedua dengan base kedua. Adapun beberapa tugas first baseman dalam permainan softball yaitu meliputi:
  • Menangkap dan menjaga bola yang menuju arah base pertama setelah di pukul.
  • Meleparkan atau menyentuhkan bola ke pemain penjaga base pertama (mematikan pemain dengan paksa).
  • Mematikan dengan paksa agar memperoleh force out yaitu dengan melempar bola menuju base kedua.
  • Memotong pemain yang berada di home plate.
  • Meneruskan lemparan yang asalnya dari sebelah kanan lapangan.
  • Memberikan bantuan dalam penjagaan base kedua.

Second Baseman
Posisi permainan softball selanjutnya ialah second baseman. Posisi penjagaan ini terletak diantara tengah tengah base kedua dengan base pertama. Dengan kata lain letak second baseman berada diluar sehingga dapat melakukan penjagaan base kedua. Maka dari itu lemparan yang dilakukan oleh pemain second baseman tidak perlu terlalu jauh. Adapun beberapa tugas second baseman dalam permainan softball yaitu meliputi:
  • Menjaga bola jatuh hasil pukulan dalam daerah tersebut.
  • Melakukan force out (mati terpaksa) dengan elempar bola menuju base pertama atau base kedua.
  • Mematikan pemain pelari dengan bola (mengetik) yang awalnya dari base pertama, kemudian bergerak menuju base kedua.
Baca juga : Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan
  • Mengetik pemain yang berlari/bergerak menuju base kedua dan membuatnya mati terpaksa.
  • Melakukan penjagaan pada base pertama ketika first baseman memungut/menjaga bola hasil pukulan bunt.
  • Meneruskan lemparan yang asalnya dari Outfield menuju Infield.
  • Membantu shortstop ketika melakukan penjagaan base kedua yaitu dengan cara menjaga pertahanan base kedua di daerah belakang.

Shortstop
Posisi permainan softball selanjutnya ialah shortstop. Daerah kekuasaan pada posisi shortstop ini cukup luas. Letaknya disekitar daerah base pertama sampai base kedua serta berada di sekitar daerah depan outfield. Selain itu posisi shortstop juga memiliki daerah ideal yaitu diantara base kedua dengan base ketiga. Adapun beberapa tugas posisi shortstop dalam permainan softball yaitu meliputi:
  • Menjaga daerah kekuasaannya dari jatuhnya bola hasil pukulan.
  • Membuat pelari mati terpaksa dengan melakukan lemparan bola menuju base kedua atau base pertama.
  • Meneruskan atau memotong lemparan yang asalnya dari outfield.
  • Melakukan penjagaan base kedua ketika second baseman menjaga bola hasil pukulan bunt.
  • Melakukan bantuan penjagaan base kedua, ketika base kedua dijaga oleh second baseman.

Third Baseman
Posisi permainan softball selanjutnya ialah third baseman. Posisi third baseman bertugas melakukan penjagaan di daerah infield. Letak third baseman yaitu berapa di tegah garis batas base tiga hingga posisi belakang shortstop serta terletak di left fielder bagian dalam. Third baseman memiliki daerah kekuasaan yang tidak terlalu luas sehingga membutuhkan pemain yang mempunyai lemparan baik dan kuat. Hal ini dikarenakan daerah kekuasaannya terlalu jauh dari base kedua dan base pertama. Selain itu banyak pula hasil pukulan bola yang mengarah ke daerah base ketiga dan shortstop karena pemukulannya menggunakan tangan kanan. Adapun beberapa tugas third baseman dalam permainan softball yaitu meliputi:
  • Melakukan mati terpaksa (force out) dengan melemparkan bola menuju base pertama.
  • Melakukan penjagaan pada base ketiga.
  • Memotong atau meneruskan lemparan bola yang berasal dari outfielder.
  • Melakukan penguasaan pukulan bola yang menuju base ketiga di infield bagian samping.
  • Memberikan bantuan penjagaan belakang di shortstop.

Pitcher
Posisi permainan softball selanjutnya ialah pitcher. Tugas utama dari pitcher ialah melakukan lemparan menuju Batter (pemukul). Selain itu masih ada tugas tugas lain dari pitcher yang perlu diketahui. Pitcher memiliki daerah kekuasaan di sekitar home plate. Adapun beberapa tugas posisi pitcher dalam permainan softball yaitu meliputi:
  • Menghasilkan nilai dengan mematikan pelari lawan beserta melakukan penjagaan home plate.
  • Menjaga sekitar daerah home plate dari bukulan dekat (pukulan bunt).
  • Melakukan force out (mati terpaksa) dengan melempar bola menuju base satu, base ketiga atau base kedua.
  • Memberikan bantuan penjagaan pada base pertama bagian belakang.

Penjagaan Luar Lapangan (Outfield)

Posisi permainan softball yang paling penting berada di tangan pemain bertahan di daerah outfield. Pemain ini memiliki posisi penjagaan di daerah batas yang mendekati garis lapangan untuk lapangan yang daerahnya luas. Pemain yang bertugas menjaga daerah luar lapangan atau outfield memiliki tanggung jawab dan kemampuan dasar seperti di bawah ini:

Posisi Pemain pada Daerah Outfield
Pemain outfield memiliki beberapa posisi permainan softball seperti berikut:
  • Left Fielder yakni pemain yang menguasai daerah di sekitar garis batas base ketiga hingga dekat dengan base kedua (posisi yang berada di lapangan sebelah kiri).
  • Center Fielder yakni pemain yang menguasai daerah tengah garis batas Outfield bagian tengah (posisi yang berada di lapangan bagian tengah).
  • Right Fielder yakni pemain yang menguasai daerah garis batas base pertama hingga base kedua (posisi yang berada di lapangan sebelah kanan).

Posisi Siap Outfield
Pemain yang memiliki posisi permainan softball harus menempati dan mengetahui daerahnya masing masing. Dengan begitu proses penjagaan bola hasil pukulan lawan yang menuju daerah outfield dapat diketahui. Posisi siap outfield sama seperti pemain siap infield. Yang membedakan diantara posisi pemain ini yaitu pembengkokan kaki pada posisi outfield menjadi infielder.

Menangkap Bola Lambung
Posisi permainan softball kategori posisi outfield bertugas untuk menangkan bola lambung hasil dari pukulan batter. Penangkapan bola tersebut menggunakan kedua tangan sehingga tangkapan dapat dilakukan dan dikuasai dengan sempurna. Selain itu dengan menggunakan kedua tangan, bola dapat diambil dengan cepat dari glove dan dapat dilemparkan lagi menuju posisi lainnya. Untuk menangkap bola lambung dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:
  • Menuju arah datangnya bola dengan berlari. Diwaktu bersamaan kedua tangan diletakkan di depan sehingga bentuknya menyerupai keranjang.
  • Letakkan posisi glove menghadap ke atas dan berada lebih tinggi dari pergelangan tangan.
  • Menarik kedua tangan menuju arah badan sehingga bola dapat tepat menuju glove.

Posisi Outfield Untuk Menjaga Bola Bergulir
Posisi permainan softball untuk kategori posisi outfield mempunyai daerah kekuasaan yang cukup luas, Hal ini dikarenakan hasil pukulan bola tidak hanya melambung, tetapi juga bergulir. Pemain pada posisi outfield ini dapat mematikan beberapa base serta melakukan lemparan bola dengan tepat dan cepat menuju posisi infield. Adapun beberapa cara dalam memblok posisi yaitu meliputi:
  • Melakukan latihan gerakan menuju arah datangnya bola.
  • Meletakkan glove di kaki bagian samping dan lutut dilipatkan.
  • Glove diletakkan di antara kedua kaki.

Melempar Bola Menuju Infield
Posisi permainan softball untuk kategori posisi outfield dapat melakukan lemparan bola lambung ke atas menuju infield. Hal ini dikarenakan jika bola dilemparkan ke arah samping maka hasil lemparannya akan melengkung dan penangkapan bola akan susah dilakukan karena berubahnya arah bola. Berbeda lagi jika dilakukan lemparan atas maka bola akan berjalan lurus dan penangkapan bola akan cenderung tepat sasaran. Dengan begitu penerusan bola menuju infield dapat dilakukan dengan cepat.

Hubungan Antar Pemain Outfield
Posisi permainan softball untuk kategori posisi outfield harus aktif dalam berkomunikasi, baik melalui isyarat ataupun kata kata. Dengan begitu miss komunikasi antar pemain tidak akan terjadi dan point tidak akan direbut oleh lawan.

Posisi Pembantu Penjaga Belakang
Setiap pemain dalam posisi permainan softball diharuskan untuk memahami setiap posisi pemain yang bertugas menjaga bagian belakang. Maka dari itu dengan jarak 6 - 7 meter dibelakang garis, pemain lain dapat membantu menjaga daerah dari bola datang. Pemain outfield yang membantu menjaga belakang pemain infield memiliki beberapa tugas yaitu diantaranya:
  • Tanggung jawab Right Fielder ialah memberikan bantuan untuk menjaga daerah second base atau lebih tepatnya di belakang first baseman.
  • Tanggung jawab Center Fielder ialah melakukan penjagaan di belakang daerah shortstop dan second baseman.
  • Tanggung jawab Left Fielder ialah memberikan bantuan untuk menjaga daerah second base dan first baseman.
Sekian penjelasan mengenai posisi posisi permainan softball lengkap. Kunci utama kemenangan permainan softball ialah pengetahuan setiap pemain dalam posisi softball yang benar beserta tugas tugasnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Posisi Posisi Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar