Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola

Advertisement

Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola - Teknik dasar dalam permainan sepak bola tidak hanya teknik menendang bola maupun teknik menggiring bola, melainkan terdapat teknik lain yang tidak kalah penting yaitu teknik melempar bola. Teknik melempar bola dengan kedua tangan dapat disebut dengan throw ini. Teknik ini biasanya digunakan saat bola keluar lapangan sehingga bola akan dilempar kedalam oleh pemain. Dalam melakukan lemparan bola tidak semudah yang dibayangkan karena terdapat teknik teknik dasar yang harus diperhatikan agar bola dapat diumpankan dengan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik melempar bola dengan kedua tangan atau throw in. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Teknik Melempar Bola (Throw In)
Pada dasarnya throw in juga dapat diartikan sebagai lemparan kedalam setelah bola mengalami out, Teknik melempar bola kedalam setelah out ini dapat dengan mudah kita pelajari mengingat gerakan melempar bola kedalam lapangan juga termasuk kedalam teknik dasar permainan sepakbola.

Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola

Dalam melakukan teknik melempar bola tidak boleh sembarangan karena bisa saja teknik lemparan ini menjadi penentu terjadinya goal. Lemparan dengan kedua tangan ini apabila dimanfaatkan dengan benar akan memberikan keuntungan kepada pemain agar bola dapat masuk kegawang melalui umpan yang diberikan. Teknik throw ini harus dipahami oleh semua pemain karena teknik ini tidak kalah penting dengan jenis teknik lainnya. Para pemain harus memahami bagaimana cara melempar dengan benar, memahami dan mematuhi aturan throw in, serta mengetahui kepada siapa bola akan diumpankan. Teknik melempar bola dengan kedua tangan memang terlihat sederhana namun memiliki kesulitan tersendiri. Dibawah ini terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi saat melakukan teknik throw in:
  • Bola yang akan dilemparkan harus berada dibelakang kepala, namun saat bola akan diumpankan kepemain lain maka posisi pelemparan harus melewati atas kepala.
  • Teknik melempar bola ini harus menggunakan kedua tangan.
  • Saat bola akan dilemparkan, posisi kaki tidak boleh terangkat. Arah pelemparan bola harus sesai dengan posisi badan kita.
Beberapa pemain sangat memanfaatkan teknik melempar bola ini dengan sebaik mungkin agar nantinya dapat mencetak goal. Teknik tersebut merupakan sebuah keuntungan yang sangat dinanti. Berikut cara melakukan lemparan bola dengan kedua tangan:

1. Saat ingin melakukan teknik ini maka terlebih dahulu harus memikirkan kepada siapa bola akan dilemparkan. Proses pelemparan tidak boleh tergesa gesa agar keputusan yang diambil tidak merugikan satu tim tersebut. Usahakan anda tidak gegabah namun tidak lambat dalam menentukan pilihan kepada siapa bola akan diumpankan. Teknik melempar bola ini juga dapat digunakan untuk menghabiskan waktu apabila anda sudah lebih unggul dari pada tim lain. Sebelum melempar, pastikan bola tidak dalam keadaan licin karena bola yang licin akan menghambat kelajuan atau kecepatan bola saat dilempar.

2. Teknik melempar bola harus dilakukan dengan kedua tangan dimana posisi kedua kaki tetap menginjak tanah. Untuk menndapatkan lemparan yang jauh maka anda dapat berlari terlebih dahulu kemudian seret salah satu kaki ketanah sehingga seperti melakukan gerakan persiapan. Dengan melakukan persiapan ini maka kekuatan lemparan bola akan bertambah. Saat melakukan throw in usahakan bola tidak dapat dijangkau oleh pemain heading lawan. Bola tersebut dapat anda lembar dengan gaya menukik yaitu dengan cara menshoot bola seperti dalam permainan bola  basket. Dengan menggunakan teknik ini bola akan sulit direbut oleh lawan. Teknik melempar bola ini hampir sama dengan teknik dasar lainnya, karena yang terpenting dapat menguasai dan mengontrol bola secara penuh. Teknik lemparan jauh dapat dimanfaatkan untuk memberikan umpan dengan gaya lemparan crossing. Teknik crossing dilakukan pada daerah yang dekat dengan gawang namun harus melemparkan bola setinggi mungkin. Bahkan pemain pemain perofesionalpun kesulitan saat melakukan teknik crossing tersebut.

3. Apabila anda ingin mengumpankan bola kepada pemain terdekat maka usahakan saat melempar tidak terlalu keras. Namun juga jangan terlalu pelan. Lemparkan bola kearah kaki, dada maupun bagian paha agar bola dapat dikuasai. Setelah itu sipemain tadi akan mengumpankan kembali kepelempar tadi. Usahakan anda dalam keadaan siap untuk mendapatkan umpan lanjutan. Setelah melakukan teknik melempar bola, usahakan langsung masuk kedalam lapangan lagi agar proses pengumpanan bola dapat berjalan dengan baik.

4. Teknik melempar bola dengan kedua tangan (throw ini) hampir sama dengan teknik passing dalam permainan bola voli. Teknik ini menggunakan ketepatan dalam melempar bola. Throw in juga dapat digunakan untuk melakukan umpan trobosan kearah daerah kosong pada lawan namun usahakan umpan bola tersebut dapat dijangkau oleh pemain dengan cara berlari. Peraturan dalam throw in tidak mengenal kata offside. Maka dari itu anda dapat melemparkan bola dengan bebas kesegala arah tanpa mengkhawatirkan adanya offside nantinya. Yang terpenting dalam melakukan terobosan ialah bola dapat dijangkau oleh pemain tersebur.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik melempar bola dengan kedua tangan (throw in). Usahakan segera melakukan teknik ini sebelum lawan dapat membaca teknik yang akan anda lakukan. Pastikan memiliki keputusan yang matang tanpa tergesa gesa kepada siapa bola akan diumpankan. Manfaatkan setiap kesempatan dalam permainan sepak bola ini sehingga dapat mencetak angka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Melempar Bola Dengan Kedua Tangan (Throw In) Dalam Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar