Teknik Dasar Throw In Sepak Bola (Lemparan ke Dalam)

Teknik Dasar Throw In Sepak Bola (Lemparan ke Dalam) - Cara melempar bola masuk lapangan akibat out memang memerlukan teknik khusus. Meski terlihat mudah tapi faktanya banyak pemain yang gagal melakukan throw in sepak bola karena berbagai alasan. Akibatnya, lemparan ke dalam yang harusnya menjadi momentum pun bisa dipatahkan oleh lawan. Lebih parahnya lagi, pemain yang sembarangan memasukan bola akan dianggap tidak sah oleh wasit.

Gerakan melempar ke dalam lapangan harus dilakukan menggunakan dua tangan di atas kepala. Selain itu, kalian butuh konsentrasi dan kemampuan untuk mengecoh lawan sebagai bentuk antisipasi. Bola masuk lapangan yang tak berhasil diterima oleh oleh teman satu tim justru akan menjadi blunder tersendiri.

Teknik Melempar Bola (Throw In)

Dalam melakukan lemparan bola tidak semudah yang dibayangkan karena ada beberapa teknik dasar yang harus diperhatikan agar bola tak direbut lawan. Memperhitungkan posisi kawan, memahami peraturan, serta mampu menciptakan celah menjadi kunci utama suksesnya throw in sepak bola. Sayangnya beberapa siswa masih kesulitan ketika diminta menjelaskan bagaimana cara melempar bola dengan kedua tangan masuk ke lapangan.

Teknik Dasar Throw In Sepak Bola (Lemparan ke Dalam)

Pernahkah kalian bermain sepak bola? jika pernah pasti sudah tak asing lagi dengan beberapa istilah seperti dribbling, tackle, shooting dan lain sebagainya. Istilah tersebut biasanya mengacu pada teknik dasar sepak bola yang notabenya harus dikuasai pemain. Nah, salah satumya adalah cara melempar bola masuk ke dalam lapangan karena out.

Cara Melakukan Throw In sepak bola sebenarnya sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak masih berada di bangku sekolah dasar. Selain belajar teori dari buku LKS, guru pun biasnaya akan memberikan demonstrasi secara praktek. Tuajuannya agar siswa memiliki gambaran nyata seperti apa teknik dasar melempar bola dan tak kesulitan saat mengerjakan soal ujian nantinya.

Lemparan ke dalam lapangan bisa menjadi penentu terciptanya goal jika tim mampu memanfaatkan momentum.Tapi momen tersebut dapat berbalik menjadi blunder bila ternyata perhitungan yang kalian buat meleset. Pasalnya, pemain lawan bisa mengantisipasi dan memotong lemparan tersebut lalu membuat strategi penyerangan balasan.

Apa Itu Throw In Sepak Bola

Apa itu throw in? inilah yang sering kali ditanyakan oleh siswa. Secara garis besar, throw in adalah keadaan dimana pemain harus melakukan lemparan ke dalam akibat bola yang keluar lapangan. Sebagian dari kita mungkin sudah tau seperti apa konsep lemparan masuk tersebut.

Dalam melakukan throw in sepak bola tidak boleh sembarangan karena bisa saja teknik lemparan ini menjadi penentu terjadinya goal. Lemparan dengan kedua tangan ini apabila dimanfaatkan dengan benar akan memberikan keuntungan kepada pemain agar bola dapat masuk kegawang melalui umpan yang diberikan.

Pada intinya, setiap pemain harus mempelajari cara melakukan throw in sepak bola dengan baik dan benar. Kalian perlu memperhatikan beberapa poin penting seperti gerakan dasar dan peraturan melempar. Pasalnya, lemparan masuk lapangan yang salah akan dianggap tidak sah dan pemain lawanlah yang akan melakukan lemparan ke dalam.

Teknik dasar throw in sepak bola sendiri sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak dini bersamaan dengan teknik lainnya. Pada buku pembelajaran penjas pun kalian dapat membacanya secara mandiri bila memang mengalami kesulitan dengan penjealsan guru.

Peraturan Throw In

Melakukan lemparan ke dalam pada permainan sepak bola tidak boleh sembarangan karena ada aturan dasarnya. Secara garis besar kita memang tak akan menjumpai materi yang membahas detail peraturan throw in sepak bola pada buku pedoman penjas. Tapi hal tersebut sudah dirumuskan dalam ketetapan resmi asosiasi internasional (FIFA).

Para pemain harus memahami bagaimana cara melempar dengan benar, memahami dan mematuhi aturan throw in, serta mengetahui kepada siapa bola akan diumpankan. Teknik melempar bola dengan kedua tangan memang terlihat sederhana namun memiliki kesulitan tersendiri. Dibawah ini terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi saat melakukan teknik throw in:
  • Bola yang akan dilemparkan harus berada dibelakang kepala, namun saat bola akan diumpankan kepemain lain maka posisi pelemparan harus melewati atas kepala.
  • Teknik melempar bola ini harus menggunakan kedua tangan.
  • Saat bola akan dilemparkan, posisi kaki tidak boleh terangkat. Arah pelemparan bola harus sesai dengan posisi badan kita.
Beberapa pemain sangat memanfaatkan teknik melempar bola ini dengan sebaik mungkin agar nantinya dapat mencetak goal. Teknik tersebut merupakan sebuah keuntungan yang sangat dinanti. Berikut cara melakukan lemparan bola dengan kedua tangan.

Apa yang terjadi jika kita melanggar peraturan throw in tersebut? hak lemparan bola akan diberikan kepada lawan. Tentunya hal ini merupakan sebuah kerugian besar bagi tim jika ternyata teknik dasar throw in sepak bola kita tidak sah.

Cara Melakukan Throw In Sepak Bola

Saat ingin melakukan teknik ini maka terlebih dahulu harus memikirkan kepada siapa bola akan dilemparkan. Proses pelemparan tidak boleh tergesa gesa agar keputusan yang diambil tidak merugikan satu tim tersebut. Usahakan anda tidak gegabah namun tidak lambat dalam menentukan pilihan kepada siapa bola akan diumpankan.

Teknik melempar bola masuk juga dapat digunakan untuk menghabiskan waktu apabila anda sudah lebih unggul dari tim lawan. Sebelum melempar, pastikan bola tidak dalam keadaan licin karena bola yang licin akan menghambat kelajuan atau kecepatan bola saat dilempar.

Teknik melempar bola harus dilakukan dengan kedua tangan dimana posisi kedua kaki tetap menginjak tanah. Untuk menndapatkan lemparan yang jauh maka anda dapat berlari terlebih dahulu kemudian seret salah satu kaki ketanah sehingga seperti melakukan gerakan persiapan.

Dengan melakukan persiapan ini maka kekuatan lemparan bola akan bertambah. Saat melakukan throw in usahakan bola tidak dapat dijangkau oleh pemain heading lawan. Bola tersebut dapat anda lembar dengan gaya menukik yaitu dengan cara menshoot bola seperti dalam permainan bola  basket.

Dengan menggunakan teknik ini bola akan sulit direbut oleh lawan. Teknik melempar bola ini hampir sama dengan teknik dasar lainnya, karena yang terpenting dapat menguasai dan mengontrol bola secara penuh. Teknik lemparan jauh dapat dimanfaatkan untuk memberikan umpan dengan gaya lemparan crossing. Teknik crossing dilakukan pada daerah yang dekat dengan gawang namun harus melemparkan bola setinggi mungkin. Bahkan pemain pemain perofesionalpun kesulitan saat melakukan teknik crossing tersebut.

Tips Melempar Bola Masuk Setelah Out

Apabila anda ingin mengumpankan bola kepada pemain terdekat maka usahakan saat melempar tidak terlalu keras. Namun juga jangan terlalu pelan. Lemparkan bola kearah kaki, dada maupun bagian paha agar bola dapat dikuasai. Lalu si pemain tadi akan mengumpankan kembali kepelempar tadi. Usahakan anda dalam keadaan siap untuk mendapatkan umpan lanjutan. Setelah melakukan teknik melempar bola, usahakan langsung masuk kedalam lapangan lagi agar proses pengumpanan bola dapat berjalan dengan baik.

Teknik melempar bola dengan kedua tangan (throw ini) hampir sama dengan teknik passing dalam permainan bola voli. Teknik ini menggunakan ketepatan dalam melempar bola. Throw in juga dapat digunakan untuk melakukan umpan trobosan kearah daerah kosong pada lawan namun usahakan umpan bola tersebut dapat dijangkau oleh pemain dengan cara berlari.

Secara garis besar peraturan throw in tidak mengenal kata offside. Maka dari itu anda dapat melemparkan bola dengan bebas kesegala arah tanpa mengkhawatirkan adanya offside nantinya. Yang terpenting dalam melakukan terobosan ialah bola dapat dijangkau oleh pemain tersebur.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar throw in sepak bola dengan kedua tangan. Usahakan segera melakukan teknik ini sebelum lawan dapat membaca teknik yang akan anda lakukan. Pastikan memiliki keputusan yang matang tanpa tergesa gesa kepada siapa bola akan diumpankan. Manfaatkan setiap kesempatan dalam permainan sepak bola ini sehingga dapat mencetak angka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Throw In Sepak Bola (Lemparan ke Dalam)"