Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya

Advertisement

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya - Offside merupakan salah satu peraturan dalam sepak bola. Apa yang dimaksud offside itu? Apa saja penyebab offside? Offside dalam sepak bola dapat diartikan sebagai terjadinya sebuah keadaan dimana posisi pemain ketika memberikan bola berada dekat dengan garis gawang lawan daripada posisi dari pemain lawannya. Bagi para penyuka sepak bola atau pemain sepak bola tersebut harus mengetahui peraturan pertandingan ini karena mempengaruhi permainan di dalamnya. Jika peraturan tersebut diketahui dan dipahami maka pertandingan akan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Pengertian offside dalam sepak bola secara sederhana ialah kejadian yang terjadi apabila pemberian bola kepada seorang pemain berada di dekat garis gawang lawan daripada posisi dari pemain lawan itu sendiri. Pada umumnya pemain yang menerima bola tadi hanya berhadapan dengan penjaga gawang lawan saja sehingga letak pemain lawan dibelakangnya. Inilah yang membuat terjadinya pelanggaran offside. Jenis pelanggaran ini sudah tertera dalam peraturan dalam pertandingan sepak bola. Seorang pemain dianggap melakukan pelanggaran offside berdasarkan peraturan baru FIFA yaitu apabila pemain penerima bola terletak di dekat garis dekat dibandingkan pemain lawan kedua yang paling dekat.

Sejak tahun 1800 dalam pertandingan rugby terdapat pengadopsian peraturan yang menghasilkan peraturan offside tersebut. Kemudian pada tahun 1985 terdapat penerapan peraturan offside pertama kali di dalam pertandingan sepak bola. Di kala itu berdirinya seorang penyerang tidak boleh berdekatan dengan gawang lawan sesuai dengan aturan yang diusulkan oleh Seffield FC. Dengan kata lain ia akan dalam posisi offside apabila temannya memberikan umpan kepada penyerang tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian offside dalam sepak bola beserta penyebab offside sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya

Sepak bola merupakan salah satu permainan olahraga yang banyak diminati oleh banyak orang, mulai dari anak anak hingga dewasa. Pertandingan ini membuat semangat bagi para penontonnya ketika terjadi gol yang dibuat oleh tim kesukaannya. Namun terkadang juga membuat kecewa para penonton sepak bola apabila dalam pertandingan tersebut terjadi pelanggaran offside. Apa sebenarnya definisi offside itu? Apa saja penyebab offside? Offside dalam sepak bola merupakan istilah penting yang perlu diketahui oleh setiap pemain sepak bola tersebut. Dengan begitu terjadinya pelanggaran offside dapat diminimalisir.
Baca juga : Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap
Pengertian offside dalam sepak bola secara umum ialah sebuah keadaan dimana bola diumpankan kepada salah satu pemain namun letaknya berdekatan dengan garis gawang lawan apabila dibandingkan dengan posisi dari pemain lawan itu sendiri. Dengan kata lain ketika kawan memberikan umpan kepada pemain lainnya, letak posisinya berada di daerah lawan. Jika bola masuk ke gawang lawan karena dihasilkan dari sepakan atau tendangan kawan dengan tidak sengaja maka pemain tersebut akan dianggap dalam posisi offside. Agar anda lebih paham mengenai peraturan offside tersebut, maka dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:
Ilustrasi Offside dalam Pertandingan Sepak Bola
Berdasarkan gambar di atas terdapat salah satu pemain (warna biru) yang berada dekat dengan garis gawang pemain, sedangkan pemain lawan (warna merah) berada di belakangnya. Pemain (warna biru) tersebut akan dikenakan pelanggaran offside, karena letaknya lebih dekat dengan garis gawang lawan dibandingkan pemain dari lawan itu sendiri. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa penyebab offside dalam sepak bola ialah letak pemain yang menerima bola berada dekat dengan gawang lawan, sedangkan pemain lawannya sendiri terletak di belakangnya jauh. Menurut sejarah, peraturan offside mengalami perubahan sebanyak beberapa kali karena aturan tersebut dianggap kurang begitu jelas. Adapun beberapa perubahannya yaitu sebagai berikut:

  • Aturan tiga pemain di belakang. Peraturan ini berisi pernyataan offside bagi seorang penyerang, walaupun masih terdapat tiga pemain belakang dari lawan yang berada di depannya, pemain kiper lawan juga termasuk dalam hitungan. Karena hal inilah di lapangan pertandingan di kala itu banyak sekali pelanggaran offside yang terjadi.
Baca juga : Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola
  • Aturan dua pemain di belakang. Pada tahun 1904, teknik ini diusulkan oleh asosiasi sepak bola Skotlandia pertama kali saat mulai berdirinya FIFA. Jika seorang pemain berhadapan dengan gawang musuh dan diantaranya terdapat dua pemain belakang lawan saja maka dapat dinyatakan sebagai offside. Pemain lawan yang dimaksud tersebut terdiri dari kiper (penjaga gawang) dan satu pemain bek.
  • Aturan satu pemain di belakang. Jika umpan diterima oleh pemain penyerang dan di depannya hanya terdapat pemain belakang lawan maka akan dianggap sebagai posisi offside. Pemain lawan yang dimaksud adalah kiper (penjaga gawang) lawan. 
Sekian penjelasan mengenai pengertian offside dalam sepak bola beserta penyebab offside sepak bola. Offside merupakan sebuah keadaan dimana bola diumpankan kepada salah satu pemain namun letaknya berdekatan dengan garis gawang lawan apabila dibandingkan dengan posisi dari pemain lawan itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfatat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar