Teknik Dasar Lempar Cakram dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lempar Cakram Lengkap - Lempar cakram masuk dalam cabang olahraga atletik kategori nomor lempar.  Olahraga satu ini menggunakan media berupa plat berbahan kayu dan besi melingkar berbentuk bulat. Gerakan lempar cakram selalu diawali dengan memposisikan badan secara memutar bersamaan tangan memegang cakram.

Dalam dunia pendidikan khususnya penjas materi lempar cakram diajarkan bahkan semenjak siswa berada di bangku SMP. Cakupan pembahasan kompleks meliputi peraturan, gambar dan ukuran lapangan, serta teknik dasar lempar cakram pun sering menghantui siswa. Meski sudah tertulis rapi dalam buku pedoman tapi faktanya banyak siswa kesulitan menghafalkannya.

Inilah alasan mengapa dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam penjelasan dari setiap gerakan lempar cakram. Apakah anda mengetahui apa saja gerakan dalam olahraga lempar cakram? Apakah jenis gerakannya sama dengan tolak peluru? Kali ini saya akan menjelaskan mengenai teknik dasar lempar cakram secara lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Teknik Dasar Lempar Cakram dan Penjelasannya

Lempar cakram adalah salah satu jenis olahraga cabang atletik nomor lempar. Pada tahun 708M, lempar cakram masuk kedalam kategori pancalomba atau pentatlon. Lomba lempar cakram dulu menggunakan alat dari bahan batu terupam yang halus, namun sekarang telah diganti menggunakan perunggu yang dicor serta ditempa.

Jenis gerakan dalam lempar cakram menirukan gerakan nelayan yang sedang melempar jaring untuk mendapatkan ikan. Kemudian ditemukan teknik dasar lempar cakram dengan posisi tubuh yang menyiku yang disandarkan ke arah depan. Gerakan teknik dasar tersebut dapat dibagi menjadi 4 yaitu teknik memegang cakram dengan benar, teknik awalan, teknik melempar, dan sikap akhir. Berikut penjelasan teknik dasar lempar cakram :

Teknik Memegang Cakram

Cara memegang cakram menjadi salah satu teknik dasar yang wajib kalian kuasai. Karena posisi tangan yang salah dapat menyebabkan kegagalan di tahap selanjutnya. Selain itu, atlet pun berpotensi mengalami cidera jika tidak tau teknik memegang lempar cakram yang benar.
Teknik dasar lempar cakram yang pertama diawali dengan teknik memegang cakram dengan benar. Berikut cara melakukannya :
  1. Letakkan cakram di telapak tangan kiri agar lebih mudah untuk memegangnya. Pemegangan dengan tangan kiri ini berguna untuk pelempar kanan.
  2. Letakkan tangan kanan di atas cakram bagian tengah. Buka keempat jari dengan sedikit jarang. Hal ini berguna untuk menutup bagian pinggir cakram.
  3. Kemudian untuk peletakkan ibu jari bebas dimana saja.

Teknik Awalan Lempar Cakram

Ada beberapa gerakan wajib yang harus kalian lakukan sebelum mulai melempar cakram ke arah lintasan atau lapangan. Teknik awalan lempar cakram secara garis besar memiliki gerakan yang cukup mudah dan sederhana. Sekilas kita hanya perlu memposisikan tubuh dan kaki secara memutar (membelakangi). Asalkan cara memegang cakram sudah benar pasti kalian tak akan menemui kesulitan berarti pada tahap ini.
Teknik dasar lempar cakram satu ini dianjurkan untuk semua atlet untuk mengawali sebuah lemparan. Dengan awalan sempurna kita mampu menghasilkan jarak yang maksimal. Lempar cakram diawali dengan posisi badan memutar.

Putaran tersebut dapat dilakukan dengan 1, 1¼ maupun 1¾ putaran. Teknik awalan ini memang berpengaruh ke dalam hasil lemparannya. Berikut cara melakukan teknik awalan lempar cakram :
  1. Posisikan badan berdiri ke arah samping atas lemparan. Kemudian kedua kaki dibuka selebar bahu. Usahakan kaki rileks dan tekuk sedikit.
  2. Fokuskan gerakan awalan berjalan dengan baik kemudian ayunkan cakram ke arah samping kanan, belakang dan kiri secara berulang ulang. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali. 
  3. Selanjutnya putar badan. Dalam teknik awalan ini sering terjadi kegagalan yang disebabkan oleh pegangan cakram yang kurang kuat, tidak melakukan ayunan dengan benar maupun tidak disertai dengan gerakan lanjutan.
  4. Putaran badan dilakukan dengan cepat. Putaran pada bagian bawah tubuh mendahului bagian atas tubuh.

Teknik Melempar Cakram

Pentingnya mempelajari cara melempar cakram yang baik dan benar menjadi salah satu materi dasar penjas. Dalam beberapa kasus materi tersebut bahkan sering muncul sebagai butir soal dalam ujian. Oleh karenanya kalian wajib menguasai setiap gerakan secara seksama.
Teknik dasar lempar cakram selanjutnya tak lain adalah gerakan saat melempar piringan. Jika kalian benar-benar paham cara memegang serta memposisikan awalan maka fase ini menjadi terusannya. Berikut cara melakukan teknik melempar cakram :
  1. Tolakkan kaki kanan agar panggul dapat diangkat keatas. Setelah itu dorong kaki kanan ke arah depan atas.
  2. Condongkan badan ke arah kanan dan putar ke arah kiri disertai putaran gerakan panggul ke arah kiri juga.
  3. Tumpukan badan pada kaki kiri. Posisikan badan ke arah lemparan penuh kemudian lempar cakram ke arah depan atas.
  4. Cakram dilemparkan setinggi dagu dengan sudut 90 derajat. Lemparan tersebut dilepaskan dengan putaran kearah jarum jam. Lepaskan cakram ketika berada dimuka bahu dan dorong menggunakan jari telunjuk. 
  5. Apabila cakram sudah dilempar sebelum mencapai muka bahu maka dapat mengakibatkan lemparan gagal dan akan menghasilkan lemparan jarak dekat serta tidak keluar didaerah yang telah ditentukan. Namun jika pelepasan cakram terlambat maka hasil leparannya akan keluar dari daerah lemparan dan hasil tidak memuaskan.
  6. Cakram dilepaskan dengan posisi badan condong ke arah depan. Arahkan pandangan menuju arah lemparan.

Sikap Akhir Lempar Cakram
Teknik dasar lempar cakram yang terakhir ialah sikap akhir lempar cakram. Berikut cara melakukannya:
  1. Pindahkan kaki kanan ke depan dan sedikit ditekuk. Hal ini untuk mencegah agar badan tidak keluar daerah lingkaran. Arahkan pandangan menuju jatuhnya cakram dan letakkan kaki kiri dibelakang. 
  2. Posisikan badan berdiri seperti semula dan keluar dari lingkaran melewati bagian belakang. Usahakan tidak keluar lingkaran dengan cara lari ataupun melompat.
Inilah beberapa teknik dasar lempar cakram beserta cara melakukannya. Semoga arikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lempar Cakram dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel