10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya

Kesalahan Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda Lengkap - Meroda merupakan salah satu jenis senam lantai yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan simpel dengan cara ke samping, dimana kedua tangan berfungsi sebagai tumpuan dengan posisi kaki terbuka. Kemudian badan diputar sampai 90 derajat dan kembali ke posisi semula. Siswa bisa memilih apakah ingin meroda ke samping kanan maupun kiri.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Tapi setiap gerakan yang dibuat membutuhkan ketepatan dan koordinasi yang baik. Kesalahan pada saat melakukan gerakan meroda bisa mengakibatkan resiko cidera serius. Contohnya jatuh ataupun tergelincir karena tangan yang dipakai menumpu tidak kuat. Lantas apa saja kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan meroda? Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang siswa gagal melakukan gerakan senam lantai tersebut.

Sebenarnya teknik dasar meroda sudah mulai diajarkan pada kita bahkan semenjak masih berada di bangku SD. Baik pembahasan secara teori maupun praktek pun telah diberikan oleh guru. Mempelajari berbagai kesalahan dalam gerakan meroda berfungsi sebagai bentuk pencegahan agar kita tak cidera nantinya. Pasalnya, meroda sendiri adalah salah satu jenis senam lantai yang bisa masuk kategori berbahaya jika kalian tak tau teknik dasarnya.

10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya

Seperti yang kita tahu bahwa senam lantai pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis senam lantai memiliki pengertian dan langkah langkah pelaksanaan yang berbeda beda. Misalnya saja gerakan meroda tersebut. Apa yang dimaksud gerakan meroda itu? Bagaimana cara melakukan gerakan meroda?

Gerakan meroda termasuk salah satu jenis senam lantai tanpa alat yang biasanya mulai diajarkan pada siswa semenjak berada di bangku SD. Pengetahuan seputar teknik dasar meroda begitu penting sehingga dirumuskan pula dalam buku pedoman penjas. Kalian bisa menjumpai pengertian, langkah-langkah cara melakukan, serta beberapa kesalahan meroda di dalamnya.

Teknik dasarnya adalah posisi tubuh diputar ke arah samping menyerupai roda dengan rotasi penuh. Selain itu adapula yang mengatakan meroda sebagai bentuk gerakan lanjutan dari handstand dan jungkir balik. Untuk itu dalam pelaksanaannya membutuhkan teknik yang baik dan benar.
Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Lantai
Gerakan meroda bermanfaat untuk membuat refleksi dan kelenturan tubuh menjadi meningkat terhadap suatu gerakan. Selain itu gerakan senam meroda juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di otak dan dalam tubuh serta melatih keseimbangan dari tubuh itu sendiri. Gerakan senam ini memang terlihat mudah dan sederhana, namun pada kenyataannya sulit dilakukan jika teknik dasar yang dilakukan tidak benar.

Teknik meroda cenderung berbentuk kombinasi dari beberapa gerakan tubuh dengan kemampuan gerak atau motorik yang baik seperti kecepatan, kelentukan, ketepatan, kekuatan, keseimbangan dan kelincahan. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam melakukan gerakan meroda yaitu sebagai berikut:
  1. Kurang kuat saat kaki dilemparkan.
  2. Busuran kaki saat dilemparkan malah ke arah depan karena seharusnya menuju ke atas.
  3. Tangan pertama ditempatkan di lantai namun terlalu dekat dengan kaki tolaknya.
  4. Pembengkokan kedua siku.
  5. Kurang melenting sikap badannya.
  6. Tidak atau kurang menengadah sikap kepalanya ketika tumpuan kedua tangan berada di atas lantai.
  7. Kaki terakhir ditempatkan terlalu dekat dengan kaki pertama saat melakukan pendaratan di lantai.
Baca juga : Pengertian Lompat Kangkang (Straddle Vault) Beserta Cara Melakukannya
Teknik dasar meroda sebenarnya termasuk gerakan yang sulit untuk dilakukan khususnya pemula. Tak jarang siswa gagal menjalani prosesnya lalu jatuh terguling hingga cidera sekalipun. Ketika mengalami kesalahan saat melakukan gerakan meroda di atas maka kita bisa meminta sedikit pertolongan. Adapun beberapa cara memberikan pertolongan pada kesalahan dalam gerakan meroda yaitu meliputi:
  • Satu orang berdiri di belakang orang yang akan melaksanakan gerakan meroda untuk memberikan bantuan. Usahakan jarak orang yang membantu tersebut tidak jauh dari orang yang meroda tadi.
  • Salah satu teman memegang kedua sisi pinggul teman yang melakukan gerakan meroda dengan segera ketika kedua kaki dan badannya terangkat ke atas.
  • Salah satu teman memegang kedua sisi pinggul teman yang melakukan gerakan meroda ketika gerakannya ke arah samping hingga tumpuan badan di lantai berada pada kedua kaki.
Demikianlah penjelasan mengenai kesalahan kesalahan dalam melakukan gerakan meroda lengkap. Gerakan meroda ialah salah satu jenis senam lantai yang dilakukan dengan cara bergerak ke samping, dimana kedua tangan digunakan untuk tumpuan serta kaki terbuka, kemudian badan diputar sampai 90 derajat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya"