10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya

Kesalahan Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda Lengkap - Meroda merupakan salah satu jenis senam lantai yang cukup mudah untuk dilakukan. Gerakan simpel dengan cara ke samping, dimana kedua tangan digunakan untuk tumpuan serta kaki terbuka. Kemudian badan diputar sampai 90 derajat dan kembali ke posisi semula. Siswa bisa memilih apakah ingin meroda ke samping kanan maupun kiri.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Tapi setiap gerakan yang dibuat membutuhkan ketepatan dan koordinasi yang baik. Kesalahan pada saat melakukan gerakan meroda bisa mengakibatkan resiko cidera serius. Contohnya jatuh ataupun tergelincir karena tangan yang dipakai menumpu tidak kuat. Lantas apa saja kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan meroda? Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang siswa gagal melakukan gerakan senam lantai tersebut.

Sebenarnya teknik dasar meroda sudah mulai diajarkan pada kita bahkan semenjak masih berada di bangku SD. Baik pembahasan secara teori maupun praktek pun telah diberikan oleh guru. Mempelajari berbagai kesalahan dalam gerakan meroda berfungsi sebagai bentuk pencegahan agar kita tak cidera nantinya. Pasalnya, meroda sendiri adalah salah satu jenis senam lantai yang bisa masuk kategori berbahaya jika kalian tak tau teknik dasarnya.

10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya

Sebelum menjelaskan tentang beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan meroda. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai teknik dasar meroda terlebih dahulu. Gerakan meroda merupakan salah satu jenis senam lantai yang tidak menggunakan alat. Teknik dasarnya adalah posisi tubuh diputar ke arah samping menyerupai roda dengan rotasi penuh. Selain itu adapula yang mengatakan meroda sebagai bentuk gerakan lanjutan dari handstand dan jungkir balik. Untuk itu dalam pelaksanaannya membutuhkan teknik yang baik dan benar.
Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Lantai
Gerakan meroda bermanfaat untuk membuat refleksi dan kelenturan tubuh menjadi meningkat terhadap suatu gerakan. Selain itu gerakan senam meroda juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di otak dan dalam tubuh serta melatih keseimbangan dari tubuh itu sendiri. Gerakan senam ini memang terlihat mudah dan sederhana, namun pada kenyataannya sulit dilakukan jika teknik dasar yang dilakukan tidak benar.

Gerakan senam tersebut cenderung merupakan kombinasi dari beberapa gerakan tubuh dengan kemampuan gerak atau motorik yang baik seperti kecepatan, kelentukan, ketepatan, kekuatan, keseimbangan dan kelincahan. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam melakukan gerakan meroda yaitu sebagai berikut:
  • Kurang kuat saat kaki dilemparkan.
  • Busuran kaki saat dilemparkan malah ke arah depan karena seharusnya menuju ke atas.
  • Tangan pertama ditempatkan di lantai namun terlalu dekat dengan kaki tolaknya.
  • Pembengkokan kedua siku.
  • Kurang melenting sikap badannya.
  • Tidak atau kurang menengadah sikap kepalanya ketika tumpuan kedua tangan berada di atas lantai.
  • Kaki terakhir ditempatkan terlalu dekat dengan kaki pertama saat melakukan pendaratan di lantai.
Baca juga : Pengertian Lompat Kangkang (Straddle Vault) Beserta Cara Melakukannya
Kesalahan kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan meroda di atas dapat diberikan beberapa pertolongan yang ada. Adapun beberapa cara memberikan pertolongan pada kesalahan dalam gerakan meroda yaitu meliputi:
  • Satu orang berdiri di belakang orang yang akan melaksanakan gerakan meroda untuk memberikan bantuan. Usahakan jarak orang yang membantu tersebut tidak jauh dari orang yang meroda tadi.
  • Salah satu teman memegang kedua sisi pinggul teman yang melakukan gerakan meroda dengan segera ketika kedua kaki dan badannya terangkat ke atas.
  • Salah satu teman memegang kedua sisi pinggul teman yang melakukan gerakan meroda ketika gerakannya ke arah samping hingga tumpuan badan di lantai berada pada kedua kaki.
Demikianlah penjelasan mengenai kesalahan kesalahan dalam melakukan gerakan meroda lengkap. Gerakan meroda ialah salah satu jenis senam lantai yang dilakukan dengan cara bergerak ke samping, dimana kedua tangan digunakan untuk tumpuan serta kaki terbuka, kemudian badan diputar sampai 90 derajat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "10 Kesalahan Dalam Melakukan Gerakan Meroda dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel