Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket Beserta Keterangannya

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket Beserta Keterangannya - Bola basket adalah salah satu olahraga yang cukup populer di tengah masyarakat. Permainan berbasis kompetisi ini mengharuskan tiap tim memasukan bola ke ring dan mengumpulkan poin untuk meraih kemenangan. Sampai sekarang kita bisa menyaksikan berbagai kejuaraan basket di berbagai tingkat.

Meski jarang di mainkan, tapi faktanya olahraga satu ini tak pernah sepi peminat. Ketika di sekolah pun bola basket menjelma menjadi materi yang disukai oleh siswa. Selain diajarkan secara praktek, guru juga membakali kita dengan beragam teori-teorinya pula. Kalian pun dapat membaca pembahasan materi lengkapnya secara mandiri dari buku pedoman penjas maupun LKS.

Sebagai siswa, kita dituntut harus mampu menjelaskan gambar lapangan bola basket beserta ukurannya. Karena sedikit banyak materi tersebut akan muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan. Tak sedikit yang akhirnya gagal dan salah ketika menyebutkan berapa panjang dan lebar secara presisi.

Setiap pemain basket dituntut harus menguasai teknik dasar yang terdiri dari passing, dribbling, sampai shooting. Membekali diri dengan berbagai pengetahuan terkait peraturan pertandingan pun juga tak kalah penting. Salah satunya adalah pemahaman terkait ukuran lapangan basket serta setiap unsur di dalamnya.

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket Beserta Keterangannya

Materi bola basket sebenarnya sudah mulai disampaikan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SMP. Cakupan pembahasanya pun menurut saya tak terlalu rumit. Meski demikian banyak siswa yang kurang mendalami materi sehingga saat mendapat pertanyaan sulit menjawabnya. Seperti contoh ketika diminta menyebutkan berapa ukuran lapangan basket.

Gambarkan lapangan bola basket beserta ukurannya! inilah perintah yang kadang ditakuti siswa. Walaupun hafal teknik dasar permainan tapi tak serta merta membuat kita mampu menyebutkan ukuran panjang lebar dengan benar. Dari segi bentuk sebenarnya gambar lapangan basket hampir sama seperti olahraga bola besar lainya yakni berbentuk persegi panjang. Perbedaanya terletak pada panjang lebar serta komponen yang ada di dalamnya.

Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk membuat rangkuman atau gambar lapangan basket? jika iya maka tak perlu risau. Meski jarang ditemukan di masyarakat, tapi lapangan bola bola basket bisa kita cari di internet. Oleh karenanya saya ingin membahas lebih dalam materi satu ini. Kita juga akan mempelajari setiap aspek dan komponen beserta keterangan yang ada pada lapangan tersebut.
 

Gambar Lapangan Basket

Lapangan merupakan salah satu aspek penting yang ada dalam suatu olahraga. Tanpa ukuran standar yang jelas maka pertandingan tidak akan dianggap sah. Pemahaman terkait peta konsep serta semua area yang ada di lapangan juga berperan penting untuk pemain. Tanpanya, kalian bisa melakukan pelanggaran bahkan mengalami cidera.

Apakah ukuran lapangan bola basket standar internasional dan nasional memiliki panjang lebar sama? secara garis besar memang sama. Sebelum menjelaskanya, alangkah baiknya kalian memperhatikan terlebih dulu seperti apa bentuknya. Simaklah ilustrasi pada gambar di bawah ini:
Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket
Gambar Lapangan Basket

Setidaknya, kalian bisa memperhatikan gambar lapangan basket standar internasional (NBA) pada ilustrasi di atas. Dimana tak hanya memuat area permainan saja tapi juga mencakup area khusus untuk masing-masing tim. Dari penjabaran tersebut kita bahkan mengetaui jarak antar area pemain yakni 10 meter.

Setelah memperhatikan tiap aspek dan komponen tersebut saya harap kalian mampu menjawab ketika ditanya oleh guru. Terlebih saat guru meminta gambarkan lapangan bola basket beserta ukurannya secara presisi. Bahkan, kalian harusnya sekarang sudah memiliki bekal lebih dan mampu menyebutkan zona yang ada di dalamnya.

Ketika membicarakan ukuran lapangan bola basket kita tak hanya berfokus pada panjang dan lebarnya saja. Seperti yang kalian lihat ada beberapa zona berbentuk tiga setengah lingkaran pada masing-masing kubu. Apa fungsinya? untuk mengetahuinya maka simaklah penjelasan di bawah.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Berapa ukuran lapangan basket sesuai standar permainan? inilah yang sering kali ditanyakan siswa. Padahal jawaban pertanyaan tersebut sudah tercetak rapi dalam LKS penjasorkes hampir di semua jenjang. Sayangnya, kita terkesan acuh dan abai karena hanya berfokus mempelajari teknik dasarnya saja.

Ketika mendapat soal demikian barulah muncul kesadaran pentingnya menghafal gambar lapangan bola basket beserta ukurannya. Untungnya internet kini mampu menjadi sumber belajar valid yang memuat berbagai pembahasan lengkap. Kalian bisa memanfaatkanya untuk mencari penjelasan lebih terkait suatu topik.
Baca juga : 6 Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Basket
Mengacu pada gambar sebelumnya, ukuran lapangan bola basket standar internasional memiliki panjang 28,5 m dan lebar15 meter. Lain halnya dengan standar NBA yang menetapkan ukuran lebih kecil dari ketetapan federasi bola basket. Yakni panjang 26 meter sedangkan lebarnya 14 meter. Ketika mendapati soal demikian maka kalian harus bisa mengerti perbedaanya.
 
Rincian Ukuran Lapangan Basket

Lantas apa fungsi ketiga lingkaran di tengah lapangan? lingkaran tersebut merupakan area pertahanan dari masing-masing kubu. Pada area itulah kalian akan mendapati apa yang disebut three point, two point, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki jari-jari sekitar 1,8 meter. Kemudian lebar garisnya sekitar 0.05 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman 3,60 meter dan panjang garis lingkaran akhir pada daerah serang yakni 6 meter.

Ukuran Ring Basket

Ketika diminta gambarkan lapangan bola basket beserta ukurannya kita juga harus menyertakan ring. Ring menjadi salah satu unsur yang tak boleh kita abaikan pada lapangan permainan. Tak sedikit siswa salah ketika ditanya berapa ukuran ring yang mencakup tinggi ataupun diameter lingkaran. Bukan perkara mudah untuk menghafalnya karena banyaknya komponen di dalam ring itu sendiri.

Secara garis besar, pembahasan ring basket harusnya dapat kalian jumpai di buku LKS bersama dengan ukuran lapangan. Tapi, pada sesi ini saya ingin membahasnya kembali sebagai bahan referensi. Simaklah ilustri berikut:

Gambar dan Ukuran Ring Basket

Berdasarkan gambar di atas dapat kita peroleh ukuran ring bola basket yaitu jarak tiang penyangga dengan garis akhir 1 meter dan panjang ring basket 0,40 meter. Selain itu adapula lebar papan pantul luar 1,2 meter dan panjang papan pantul luar 1,8 meter. Kemudian untuk lebar papan pantul dalam 0,45 meter dan panjang papan pantul dalam 0,59 meter.  Jarak lantai dengan papan pantul bagian bawah 2,75 dan jarak papan pantul bawah ke ring basket 0,30 meter.

Peraturan Bola Basket

Selain mampu gambarkan lapangan bola basket beserta ukurannya siswa pun juga wajib mengetahui peraturan permainan. Lewat pemahaman tersebut kalian akan terhindar dari kemungkinan cidera ataupun pelanggaran. Karena memang ada beberapa aturan khusus ketika pemain memasuki area tertentu seperti zona tembakan, zona pertahanan musuh, lingkaran tengah dan lain sebagainya.

Permainan bola basket terdiri dari 5 pemain utama dan 5 pemain cadangan dalam setiap tim. Pertandingan dipimpin oleh 2 orang wasit (1 watit Umpire dan 1 wasit Referee). Berat bola basket yang digunakan yaitu bermassa 600 - 650 gram dan keliling bola 74 - 78 cm. Kemudian penjatuhan bola harus memenuhi kriteria ketinggian 1,8 meter diatas papan lantai dan harus dikembalikan dengan ketinggian 1,20 sampai 1,40 meter.

Demikianlah penjelasan mengenai gambar lapangan basket dan ukuran lapangan basket beserta keterangannya. Lapangan basket berkaitan dengan ukuran lapangannya, ukuran ring, serta ukuran bola yang digunakan. Semoga artikel ini dapat bemanfaat untuk anda dan terimakasih sudah membaca.

Belum ada Komentar untuk "Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket Beserta Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel