Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan

Advertisement

Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan - Cabang olahraga atletik dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah olahraga bola basket. Permainan basket memang menjadi perhatian baru baru ini. Bahkan liga kompetisi basket digelar diberbagai negara. Namun para pemain basket sebelumnya telah dibekali dengan teknik yang baik dan pemahaman yang bagus terkait ukuran lapangan basket. Bahkan untuk memberikan pemahaman lebih tersebut, pembekalannya disertai gambar lapangan basket dan keterangan lapangan basket yang serinci dan sedetail mungkin.

Ketika dibangku sekolah, kita juga pernah diajarkan mengenai olahraga basket beserta hal hal yang terkait didalamnya seperti ukuran lapangan, teknik dan sebagainya. Hal hal tersebut tentunya sesuai dengan standar internasional yang baik dan benar. Apakah anda telah memahami bagaimana gambar dan ukuran dari lapangan basket? Jika belum maka anda dapat menyimaknya pada artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan gambar lapangan basket dan ukuran lapangan basket beserta keterangannya. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan

Lapangan basket standar internasional memiliki ukurannya sendiri. Ukuran lapangan basket tersebut harus sesuai standar untuk mencegah agar para atlet tidak mengalami cidera yang berarti. Dibawah ini terdapat gambar lapangan basket sesuai standar internasional.
Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket
Gambar Lapangan Basket
Keterangan Lapangan Basket:
Gambar lapangan basket di atas memiliki standar internasional. Berdasarkan gambar tersebut dapat kita peroleh ukuran lapangan basket standar internasional yang meliputi panjang lapangan 28,5 m dan lebar lapangannya 15 meter (menurut standar Federasi Bola Basket). Selain itu adapula ukuran lapangan basket berdasarkan standar NBA dengan panjang lapangan 26 meter dan lebar lapangan 14 meter.

Berdasarkan gambar lapangan basket diatas, terdapat tiga lingkaran yang panjang jari jarinya sekitar 1,8 meter. Kemudian lebar garisnya sekitar 0.05 meter. Adapula ukuran lapangan basket lainnya yaitu panjang garis tembakan hukuman 3,60 meter dan panjang garis lingkaran akhir pada daerah serang yakni 6 meter.
Baca juga : 6 Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Basket
Selain gambar lapangan basket dan ukuran lapangan basket. Adapula aturan permainan basket yang perlu anda ketahui. Permainan bola basket terdiri dari 5 pemain utama dan 5 pemain cadangan dalam setiap tim. Permainan tersebut dipimpin oleh 2 orang wasit (1 watit Umpire dan 1 wasit Referee). Ukuran bola basket yang digunakan yaitu bermassa 600 - 650 gram dan keliling bola 74 - 78 cm. Kemudian penjatuhan bola harus memenuhi kriteria ketinggian 1,8 meter diatas papan lantai dan harus dikembalikan dengan ketinggian 1,20 sampai 1,40 meter.
Rincian Ukuran Lapangan Basket
Gambar lapangan basket diatas merupakan rincian ukuran lapangan basket. Lapangan tersebut mencakup beberapa komponen penting seperti ring basket. Dibawah ini terdapat gambar dan ukuran ring basket lengkap dengan keterangannya:
Gambar dan Ukuran Ring Basket
Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh ukuran ring basket yaitu jarak tiang penyangga dengan garis akhir 1 meter dan panjang ring basket 0,40 meter. Selain itu adapula lebar papan pantul luar 1,2 meter dan panjang papan pantul luar 1,8 meter. Kemudian untuk lebar papan pantul dalam 0,45 meter dan panjang papan pantul dalam 0,59 meter.  Jarak lantai dengan papan pantul bagian bawah 2,75 dan jarak papan pantul bawah ke ring basket 0,30 meter.

Demikianlah penjelasan mengenai gambar lapangan basket dan ukuran lapangan basket beserta keterangannya. Lapangan basket berkaitan dengan ukuran lapangannya, ukuran ring, serta ukuran bola yang digunakan. Semoga artikel ini dapat bemanfaat untuk anda. Terima kasih.

Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar