Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan - Cabang olahraga atletik dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah olahraga lari. Lari tersebut merupakan salah satu olahraga dalam cabang atletik dengan berbagai macam jenis di dalamnya. Jenis jenis lari tersebut dibedakan berdasarkan pengertian, teknik dasar yang digunakan sampai lintasan perlombaannya. Salah satunya ialah teknik dasar dalam lari jarak menengah. Apa yang dimaksud lari jarak menengah itu? Pengertian lari jarak menengah ialah salah satu cabang olahraga atletik nomor lari yang membutukan koordinasi tubuh baik, pernapasan benar dan kekuatan kaki handal.

Untuk menjadi pelari profesional tentunya akan dituntut untuk menguasai teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar lari jarak menengah tentunya berbeda dengan teknik dasar lari jarak pendek ataupun teknik dasar lari jarak jauh (marathon). Hal ini dikarenakan jarak yang ditempuh pelari juga berbeda beda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cabang olahraga lari di dunia ini memang cukup populer karena sering diperlombakan dalam lingkup Nasional hingga Internasional. Seorang atlet lari tentunya dituntut untuk pandai dalam mengatur kecepatan, pernapasan, energi dan harus berlari dengan cepat.
Teknik Lari Jarak Menengah
Biasanya para atlet lari akan menggunakan tenaga di awal pelarian dengan tidak penuh. Untuk itulah para atlet akan mempertahankan kecepatannya dalam jarak tertentu. Untuk itu kecepatan dari atlet tersebut akan lebih maksimal. Menurut sejarah lari terdapat penjelasan mengenai jenis jenis lari yang diperolmbakan. Jenis perlombaan lari ini dapat berupa lari cepat dengan jarak 185 m pada lintasan lurus (stade), lari jarak medium dengan lintasan dua kali lipat lintasan stade (diaulos), dan lari jarak jauh dengan lintasan 7 - 24 kali stade (dolicos). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lari jarak menengah beserta cara melakukan lari jarak menengah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan

Sebelum menjelaskan tentang teknik dasar dan cara melakukan lari jarak menengah, saya akan membahas tentang sejarah lari jarak menengah singkat. Di masa lalu penyelenggaraan perlombaan lari berada di dalam stadion. Kemudian masyarakat sekitar mulai memperhatikan olahraga atletik ini seiring perkembangan zaman. Setelah itu terdapat pengadaan olimpiade modern resmi sampai tahun 1896 yang berada di Panathinaiko, Athena. Lalu terbentuklah organisasi resmi dalam atletik dunia pada tahun 1912 yang diberi nama IAAF atau International Association Athletics Federations. Dari sinilah akan terbentuk cabang olahraga lainnya seperti lari, voli dan sebagainya.
Baca juga : Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap
Menurut perkembangannya, lari tidak hanya digunakan sebagai olahraga saja tetapi juga menjadi salah satu materi pembelajaran di sekolah. Dalam pembelajaran tersebut terdapat materi mengenai teknik dasar lari jarak menengah dan cara melakukan lari jarak menengah. Para siswa dituntut untuk mengetahui dan memahami apa saja yang termasuk dalam teknik dasar lari tersebut. Untuk itulah di bawah ini terdapat pembahasan mengenai teknik dasar dan cara melakukan lari jarak medium yaitu sebagai berikut:

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah

Dalam cabang olahraga lari jarak menengah biasanta menggunakan teknik dasar yang terdiri dari teknik awalan, teknik berlari, teknik berlari ketika di tikungan dan teknik memasuki garis finish. Kemudian untuk nomor lari jarak menengah sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti 800 meter dan 1500 meter. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan lari jarak menengah sejauh 800 meter dan 1500 meter yaitu sebagai berikut:

Teknik Awalan
Teknik dasar lari jarak menengah yang pertama ialah teknik awalan. Nomor lari 800 meter pada olahraga ini memiliki teknik awalan yang berbeda dengan nomor lari 1500 meter. Untuk lari jarak menengah 800 meter menggunakan teknik awalan berupa start jongkok. Sedangkan untuk lari jarak menengah 1500 meter menggunakan teknik awalan berupa start berdiri. Adapun cara melakukan teknik awalan nomor lari 800 m dengan start jongkok bunch yaitu sebagai berikut:
  • Kaki terkuat atau kaki kanan diposisikan di depan dan tekuk.
  • Kemudian lutut kanan diletakkan di samping kaki kiri bagian belakang.
  • Diantara kedua kaki diberikan jarak yang jauhnya satu kepal.
  • Kemudian di belakang garis start diletakkan kedua tangan dan jari jari tangan dirapatkan namun terpisah dengan ibu jari.
Pada umumnya teknik awalan lari jarak menengah tidak jauh berbeda dengan lari jarak pendek. Namun untuk lari jarak menengah nomor 800 meter memang menggunakan start jongkok jenis bunch atau awalan pendek. Kecepatan yang dihasilkan dalam teknik awalan ini memang cukup tinggi, tetapi pelaksanaannya cukup sulit. Biasanya pelaksanaan dapat sempurna jika atletnya memiliki jam terbang sangat tinggi. Di bawah ini terdapat cara melakukan lari jarak menengah pada teknik awalan nomor 1500 meter yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap
  • Kaki dibuka selebar bahu.
  • Kemudian salah satu kaki diposisikan bergeser sejauh 2 - 4 kepal ke belakang.
  • Kemudian kaki depan ditekuk untuk membuat tubuh menjadi lebih rendah posisinya.
  • Badang dicondongkan sedikit ke arah depan.
  • Tangan dirilekskan dan posisinya dalam keadaan mengepal.
  • Kepala diangkat sedikit ke arah depan
  • Konsentrasi pada aba aba larinya.
Cabang olahraga ini tidak hanya memiliki teknik dasar lari jarak menengah saja, tetapi juga mempunyai aba aba yang berupa aba aba "bersiap" maupun aba aba dengan bunyi pistol atau "ya". Adapun penjelasan mengenai jenis jenis aba aba lari jarak menengah yaitu sebagai berikut:
  • Aba aba "bersiap". Dalam aba aba ini pelari telah diposisikan di belakang garis start dimana badan dan kaki menggunakan teknik awalan seperti di atas. Usahakan kondisi badan tetap rileks ketika melakukan teknik awalan, baik teknik berdiri ataupun jongkok.
  • Aba aba dengan bunyi pistol atau "ya". Para atlet dapat berlari setelah mendengar aba aba ini hingga sampai ke garis finish.

Teknik Berlari
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lari jarak menengah pada tahap teknik berlari. Adapun cara melakukan teknik berlari yang benar yaitu sebagai berikut:
  • Segera berlari setelah mendengar aba aba.
  • Kemudian badan diposisikan rileks dan tegak lurus agar tidak lelah dengan cepat.
  • Hadapkan kepala ke depan lurus sehingga posisinya tidak menunduk.
  • Lengan tangan diayunkan dengan rileks mengikuti irama pada kaki.
  • Posisi lengan saat mengayun ke arah depan pastikan tidak melebihi bahu dan tidak melebihi pinggul ketika mengayun ke belakang.
  • Lutut diayunkan sampai tidak melebihi pinggul dan posisi kaki ketika mendarat menggunakan tumpuan tumit.
Usahakan tidak menggunakan kecepatan penuh saat berlari di awal. Anda hanya cukup mengolah pernapasan dan menggunakan kecepatan konstan sehingga tidak mudah lelah.

Teknik Berlari di Tikungan
Teknik dasar lari jarak menengah selanjutnya ialah teknik berlari di tikungan. Teknik berlari ketika melewati tikungan digunakan untuk menstabilkan kecepatan lari dan dengan cepat dapat melewatinya. Di bawah ini terdapat cara melakukan lari jarak menengah pada teknik berlari di tikungan yaitu sebagai berikut:
  • Ambil lintasan di sebelah kiri ketika mendekati tikungan lari.
  • Badan dan kepala diposisikan miring sedikit ke arah kiri.
  • Kemudian lengan tangan diayun dan diatur untuk mengikuti gerak irama pada tubuh sehingga ketika berada di tikungan tetap stabil.
  • Fokuskan mata ke arah depan dan pastikan kepala jangan ditundukkan sehingga keseimbangan tubuh tidak hilang.
Baca juga : Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap
Teknik Memasuki Garis Finish
Teknik dasar lari jarak menengah selanjutnya ialah teknik memasuki garis finish. Teknik memasuki garis finish yang benar akan memberikan peluang besar dalam memenangkan perlombaan. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  • Ketika akan memasuki garis finish usahakan anda menggunakan kecepatan yang maksimal.
  • Arahkan pandangan ke depan dengan fokus dan pastikan kecepatan tidak dikurangi sedikitpun.
  • Kedua bahu dicondongkan ke depan ketika garis finish akan disentuh sehingga badan terlebih dahulu akan menyentuh pita atau garis finishnya.
Pada umumnya teknik memasuki garis finish di atas perlu memperhatikan hal hal penting seperti di bawah ini:
  • Mempercepat frekuensi kaki dan memperlebar langkah.
  • Ketika memasuki garis finish usahakan jangan melakukan gerakan melompat.
  • Pusatkan perhatian anda pada garis finish.
  • Usahakan tidak meraih pita (jika ada) dengan tangan.
  • Jangan mendadak berhenti setelah garis finish dilewati.
Sekian penjelasan mengenai teknik dasar lari jarak menengah beserta cara melakukan lari jarak menengah. Dalam olahraga lari jarak menengah terdapat teknik dasar yang berupa teknik awalan, teknik berlari, teknik berlari ketika di tikungan dan teknik memasuki garis finish. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel