Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan - Lari adalah salah satu materi dasar yang diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Cakupan pembahasan luas serta banyaknya kategori kadang membuat siswa kesulitan menghafal materi tersebut. Terlebih ketika sudah masuk ke ranah cabang atletik dimana kita dituntut harus memahami peraturan, teknik, serta seluruh aspek komponen di dalamnya.

Ketika berada di bangku sekolah menengah kita akan bertemu dengan materi lari yang notabenya bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Pembagian tersebut ditentukan berdasarkan jarak tempuh, peserta, dan peraturan yang berlaku. Nah kita akan memfokuskan pembahasan pada salah satu diantaranya saja yang memiliki jarak 800 meter dan 1500 meter.

Teknik Lari Jarak Menengah

Apa saja teknik dasar lari jarak menengah berdasarkan buku LKS? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Tak semua orang mengetahui setiap aspek, skill, dan komponen dari cabang olahraga atletik satu ini. Akhirnya banyak yang gagal serta kesulitan ketika diminta menjelaskan seperti apa teknik awalan, cara memasuki garis finish, cara berlari di tikungan, maupun sikap lari.

Biasanya para atlet lari akan menggunakan tenaga di awal pelarian dengan tidak penuh. Oleh karenanya atlet akan mempertahankan kecepatannya dalam jarak tertentu agar mendapat hasil maksimal Menurut sejarah lari terdapat penjelasan mengenai jenis jenis lari yang diperolmbakan. Jenis perlombaan lari ini dapat berupa lari cepat dengan jarak 185 m pada lintasan lurus (stade), lari jarak medium dengan lintasan dua kali lipat lintasan stade (diaulos), dan lari jarak jauh dengan lintasan 7 - 24 kali stade (dolicos). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lari jarak menengah beserta cara melakukan lari jarak menengah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan

Di masa lalu penyelenggaraan perlombaan lari berada di dalam stadion atau koloseum. Seiring berjalanya waktu tata cara serta peraturan lomba pun terus berkembang mengikuti jaman. Hingga akhirnya munculah olimpiade resmi pada tahun 1896 yang berada di Panathinaiko, Athena. Di waktu bersamaan berdirilah asosiasi bernama IAAF yang menaungi cabang olahraga atletik. Dari organisasi inilah terbentuk olahraga volly, lari, dan lain sebagainya.

Cabang olahraga lari sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jarak tempuhnya. Mulai dari jarak pendek, menengah, dan tentu saja marathon. Kalian juga akan menjumpai pula bentuk perlombaan lari sambung (estafet) yang dilakukan secara berkelompok. Sebagai siswa kita pasti sudah pernah mendengar seperti apa teknik lari jarak menengah. Dalam beberapa kesempatan, materi ini pun sering muncul sebagai butir soal ujian yang sering menyulitkan siswa.
Baca juga : Perbedaan Antara Lari Estafet 4 x 100 Dengan 4 x 400 Lengkap

Pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam apa saja teknik dasar lari jarak menengah yang baik dan benar. Mengutip dari LKS serta buku pedoman penjas maka kita akan menemukan 4 teknik yakni awalan, sikap lari, cara berlari di tikungan, dan cara memasuki garis finish. masing-masing tentu saja memiliki gerakan serta tujuan yang berbeda.

Teknik Awalan

Teknik dasar lari jarak menengah yang pertama ialah teknik awalan. Nomor lari 800 meter pada olahraga ini memiliki teknik awalan yang berbeda dengan nomor lari 1500 meter. Untuk lari jarak menengah 800 meter menggunakan teknik awalan berupa start jongkok. Sedangkan untuk lari jarak menengah 1500 meter menggunakan teknik awalan berupa start berdiri. Adapun cara melakukan teknik awalan nomor lari 800 m dengan start jongkok bunch yaitu sebagai berikut:
  1. Kaki terkuat atau kaki kanan diposisikan di depan dan tekuk.
  2. Kemudian lutut kanan diletakkan di samping kaki kiri bagian belakang.
  3. Diantara kedua kaki diberikan jarak yang jauhnya satu kepal.
  4. Kemudian di belakang garis start diletakkan kedua tangan dan jari jari tangan dirapatkan namun terpisah dengan ibu jari.
Pada umumnya teknik awalan lari jarak menengah tidak jauh berbeda dengan lari jarak pendek. Namun untuk lari jarak menengah nomor 800 meter memang menggunakan start jongkok jenis bunch atau awalan pendek. Kecepatan yang dihasilkan dalam teknik awalan ini memang cukup tinggi, tetapi pelaksanaannya cukup sulit. Biasanya pelaksanaan dapat sempurna jika atletnya memiliki jam terbang sangat tinggi. Di bawah ini terdapat cara melakukan lari jarak menengah pada teknik awalan nomor 1500 meter yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap
  1. Kaki dibuka selebar bahu.
  2. Kemudian salah satu kaki diposisikan bergeser sejauh 2 - 4 kepal ke belakang.
  3. Kemudian kaki depan ditekuk untuk membuat tubuh menjadi lebih rendah posisinya.
  4. Badang dicondongkan sedikit ke arah depan.
  5. Tangan dirilekskan dan posisinya dalam keadaan mengepal.
  6. Kepala diangkat sedikit ke arah depan
  7. Konsentrasi pada aba aba larinya.
Cabang olahraga ini tidak hanya memiliki teknik dasar lari jarak menengah saja, tetapi juga mempunyai aba aba yang berupa aba aba "bersiap" maupun aba aba dengan bunyi pistol atau "ya". Adapun penjelasan mengenai jenis jenis aba aba lari jarak menengah yaitu sebagai berikut:
  1. Aba aba "bersiap". Dalam aba aba ini pelari telah diposisikan di belakang garis start dimana badan dan kaki menggunakan teknik awalan seperti di atas. Usahakan kondisi badan tetap rileks ketika melakukan teknik awalan, baik teknik berdiri ataupun jongkok.
  2. Aba aba dengan bunyi pistol atau "ya". Para atlet dapat berlari setelah mendengar aba aba ini hingga sampai ke garis finish.

Teknik Berlari

Seorang atlet profesional bisa dilihati dari bagaimana sikap serta caranya berlari. Menguasai teknik dasar lari jarak menengah merupakan salah satu kunci utama jika kalian ingin meraih kemenangan. Meski mendapat awalan sempurna belum tentu pada tahap selanjutnya juga akan bagus. Inilah alasanya mengapa kita harus melatih dan mengembangkan sikap lari yang baik dan benar.

Teknik dasar lari jarak menengah baik nomor lomba 800 maupun 1500 meter pada dasarnya sama saja. Jika dilihat secara kasat mata maka peserta hanya perlu memacu kaki secepat mungkin mendahului lawan. Tapi, jika melihatnya dari sudut pandang profesional maka kita akan mampu menganalisa apa saja yang harus dilakukan seorang atlet.

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara melakukan lari jarak menengah pada tahap teknik berlari. Adapun cara melakukan teknik berlari yang benar yaitu sebagai berikut:
  1. Segera berlari setelah mendengar aba aba.
  2. Kemudian badan diposisikan rileks dan tegak lurus agar tidak lelah dengan cepat.
  3. Hadapkan kepala ke depan lurus sehingga posisinya tidak menunduk.
  4. Lengan tangan diayunkan dengan rileks mengikuti irama pada kaki.
  5. Posisi lengan saat mengayun ke arah depan pastikan tidak melebihi bahu dan tidak melebihi pinggul ketika mengayun ke belakang.
  6. Lutut diayunkan sampai tidak melebihi pinggul dan posisi kaki ketika mendarat menggunakan tumpuan tumit.
Usahakan tidak menggunakan kecepatan penuh saat berlari di awal. Anda hanya cukup mengolah pernapasan dan menggunakan kecepatan konstan sehingga tidak mudah lelah.

Teknik dasar lari jarak menengah pada tahapan ini sebenarnya sangat erat kaitanya dengan cara mengatur nafas. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknik pernapasan tersebut mampu memberi dampak besar pada hasil yang didapatkan. Maka dari itu sebisa mungkin aturlah tempo pernapasan agar tidak tersengal-sengal ketika sedang berlari.

Teknik Berlari di Tikungan

Dalam setiap perlombaan cabang olahraga satu ini selalu dilaksanakan pada lintasan berbentuk oval menyerupai lapangan bola dengan sudut lengkung. Setiap peserta diharuskan untuk berbelok mengikuti lintasan yang telah disediakan oleh panitia. Ini artinya kalian wajib mempelajari cara berlari di tikungan pada lari jarak menengah.

Teknik dasar satu ini menurut saya memberikan dampak besar pada hasil pertandingan. Meski terpaut satu detik saja tapi akan sangat berarti jika kita sedang menghadapi perlombaan. Teknik berlari ketika melewati tikungan digunakan untuk menstabilkan kecepatan lari dan dengan cepat dapat melewatinya. Di bawah ini terdapat cara melakukan lari jarak menengah pada teknik berlari di tikungan yaitu sebagai berikut:
  1. Ambil lintasan di sebelah kiri ketika mendekati tikungan lari.
  2. Badan dan kepala diposisikan miring sedikit ke arah kiri.
  3. Kemudian lengan tangan diayun dan diatur untuk mengikuti gerak irama pada tubuh sehingga ketika berada di tikungan tetap stabil.
  4. Fokuskan mata ke arah depan dan pastikan kepala jangan ditundukkan sehingga keseimbangan tubuh tidak hilang.
Baca juga : Cara Memegang Tongkat Dalam Lari Estafet Lengkap

Teknik Memasuki Garis Finish

Untuk menyempurnakan teknik dasar lari jarak menengah kalian perlu mempelajari cara memasuki garis finish. Tentunya cara finish yang baik dan benar akan memberikan nilai lebih di mata juri sehingga perlombaan bisa dinyatakan sah dari awal sampai akhir.

Dalam koteks pendidikan, teknik finish lari jarak menengah bisa kita jumpai pembahasanya ketika menginjak kelas 8 SMP. Penjelasan serta berbagai teori pun sudah tersaji secara lengkap di buku LKS. Ketika kalian menguasai teknik tersebut maka peluang untuk menjadi pemenang akan semakin terbuka lebar. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  1. Ketika akan memasuki garis finish usahakan anda menggunakan kecepatan yang maksimal.
  2. Arahkan pandangan ke depan dengan fokus dan pastikan kecepatan tidak dikurangi sedikitpun.
  3. Kedua bahu dicondongkan ke depan ketika garis finish akan disentuh sehingga badan terlebih dahulu akan menyentuh pita atau garis finishnya.
Pada umumnya teknik memasuki garis finish di atas perlu memperhatikan hal hal penting seperti di bawah ini:
  1. Mempercepat frekuensi kaki dan memperlebar langkah.
  2. Ketika memasuki garis finish usahakan jangan melakukan gerakan melompat.
  3. Pusatkan perhatian anda pada garis finish.
  4. Usahakan tidak meraih pita (jika ada) dengan tangan.
  5. Jangan mendadak berhenti setelah garis finish dilewati.
Sekian penjelasan mengenai teknik dasar lari jarak menengah beserta cara melakukan lari jarak menengah. Dalam olahraga lari jarak menengah terdapat teknik dasar yang berupa teknik awalan, teknik berlari, teknik berlari ketika di tikungan dan teknik memasuki garis finish. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lari Jarak Menengah Beserta Cara Melakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel