Posisi Dagu Saat Melakukan Guling Depan Adalah

Posisi Dagu Saat Melakukan Guling Depan Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa senam lantai memiliki berbagai jenis gerak yang dapat dilaksanakan menurut kategori umum yaitu menggunakan alat dan tanpa alat bantuan. Contoh gerakan senam lantai yang tidak menggunakan alat adalah guling depan atau forward roll. Apa itu guling depan? Pengertian guling depan adalah melingkarkan tubuh ke arah depan dengan awalan gerakan dari tengkuk, punggung, pinggang, sampai panggul bagian belakang.

Cara melakukan guling depan tersebut memang bervariasi jenisnya. Variasi gerakan forward roll atau roll depan tersebut dapat dibedakan berdasarkan posisi awalannya yaitu menekuk kaki, kaki lurus atau berdiri tegak, dan melaksanakan split kanan atau kiri. Lantas posisi dagu saat melakukan guling depan adalah bagaimana?

Posisi Dagu Saat Melakukan Guling Depan Adalah
Gerakan Guling Depan

Forward roll atau guling depan merupakan sebuah gerakan senam lantai yang tidak menggunakan alat. Guling depan tersebut memiliki gerakan tubuh yang dilakukan dengan membulatkan badan sedemikian rupa sehingga dapat berguling menuju arah lain (roll). Dengan begitu badan dapat diposisikan berguling ke depan seperti roda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang posisi dagu saat melakukan guling depan adalah bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Posisi Dagu Saat Melakukan Guling Depan Adalah

Pada umumnya gerakan guling depan bisa dilaksanakan dengan dua cara yaitu jongkok maupun berdiri. Saat melakukan guling depan, posisi dagu harus menempel atau menyentuh dada, baik menggunakan awalan jongkok ataupun berdiri.

Dari penjelasan ini tentunya anda sudah tahu posisi dagu saat melakukan guling depan adalah bagaimana. Guling depan tersebut memang memiliki gerakan menggulingkan badan menuju arah depan, mulai dari bagian belakang tengkuk, punggung, pinggang, sampai panggul. Guling depan ini termasuk salah satu jenis senam lantai yang tidak menggunakan alas. Tetapi pelaksanaan guling depan harus berada di atas matras sehingga dapat terhindar dari cedera. Apakah anda tahu bagaimana sikap awal dan akhir guling depan itu?

Setelah memahami posisi dagu saat melakukan guling depan adalah bagaimana. Selanjutnya saya akan membagikan cara melakukan guling depan dengan benar yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan posisi awal dengan berdiri tegak di atas matras, dimana kedua tangan diangkat ke atas dan kedua kaki rapat.
  2. Setelah itu badan dibungkukkan ke depan sampai kedua telapak tangan menyentuh matras.
  3. Lalu kepala ditundukkan diantara kedua tangan sampai dagu menempel dada.
  4. Kemudian kedua siku ditekuk dan tengkuk diletakkan di atas mastras.
  5. Badan didorong ke depan agar dapat berguling ke depan. Lakukan tolakan menggunakan kedua telapak tangan saat punggung menyentuh matras dan kedua kaki ditekuk di depan dada.
  6. Lalu tangan melakukan tolakan, kedua kaki dirangkul menggunakan kedua tangan.
  7. Untuk gerakan akhirnya dilaksanakan dengan posisi badan jongkok dan luruskan kedua tangan ke depan agar keseimbangan tubuh dapat dijaga.
Setelah memahami apa itu gerakan guling depan tersebut, kemudian coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Posisi dagu saat melakukan guling depan adalah . . .

Jawaban.
Posisi dagu saat melakukan guling depan adalah menempel atau menyentuh dada. Hal ini dikarenakan membuat gerakan berguling lebih mudah dan menghindari terjadinya cidera.

Posting Komentar untuk "Posisi Dagu Saat Melakukan Guling Depan Adalah"