Teknik Dasar Menangkap Bola Basket yang Baik dan Benar

Teknik Dasar Menangkap Bola Basket yang Baik dan Benar - Basket merupakan olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Permainan beregu satu ini memerlukan kerjasama yang solid antar pemain. Selain itu, kalian juga harus menguasai berbagai gerakan mulai dari mengumpan, menembak, dribbling, dan lain sebagainya. Semua unsur tersebut diperlukan agar tim bisa menguasai jalannya pertandingan.

Teknik menangkap bola basket yang benar menjadi salah satu kunci yang mendasari setiap strategi. Lewat pengusaan yang matang kita bisa mengembangkany menjadi gerakan merebut bola sampai menerima operan.


Teknik Dasar dalam Menangkap Bola Basket

Jelaskan cara menangkap bola basket ketika terjadi operan maupun rebound. Perintah ini sering kita jumpai sebagai butir soal ketika ujian berlangsung. Sayangnya banyak siswa kesulitan ketika mendapat pertanyaan demikian karena memang tak mengetahui jawabannya.

Permainan basket sangat populer di negara Amerika. Terlebih lagi terdapat kompetisi bola basket tingkat dunia yang bernama National Basketball Assosiation (NBA). Selain itu permainan basket juga populer di negara Indonesia. Dimana induk olahraga basket Indonesia yaitu Perbasi dan National Basketball League (NBL) untuk kompetensi bergensi. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar menangkap bola basket yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Menangkap Bola Basket yang Baik dan Benar

Sebelum membahas tentang teknik dasar menangkap bola basket, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa posisi utama dalam permainan basket. Masing masing posisi juga harus memahami dan menguasai teknik menangkap bola basket yang baik dan benar. Adapun beberapa posisi penting dalam permainan bola basket yaitu:
Baca juga : Gambar dan Ukuran Lapangan Basket Beserta Keterangan
  • Forward yaitu posisi pemain basket yang tugasnya memasukkan bola ke ring lawan sebanyak mungkin sehingga dapat mencetak poin untuk tim sendiri.
  • Defense yaitu posisi pemain basket yang tugasnya untuk menjaga pemain lawan. Dengan begitu bola tidak dapat masuk ke keranjang tim sendiri.
  • Playmaker yaitu posisi pemain basket yang tugasnya untuk mengatur alur permainan bola dan mengatur strategi permainan. Dalam permainan bola basket, posisi playmaker tergolong posisi sentral.
Pertandingan bola basket pada umumnya diselenggarakan di lapangan yang tidak terlalu besar ataupun di dalam gedung tertutup. Sarana utama untuk bermain basket ialah menggunakan tangan. Maka dari itu untuk berlatih teknik menangkap bola basket yang baik dan benar diperlukan koordinasi tangan yang baik pula.

Teknik dasar menangkap bola basket dapat kita latih dengan memegang bola basket yang benar terlebih dahulu. Maka dari itu tangan harus dibiasakan memegang bola basket yang ukurannya cukup besar. Berlatih memegang bola basket tersebut dapat disertai dengan aktifitas rebounding. Hal ini dikarenakan permainan basket cenderung memantulkan bola ke lantai.

Teknik Menangkap Bola Basket

Bagiamana cara menangkap bola operan dari teman satu tim? pertanyaan ini sering diajukan oleh siswa. Faktanya, kita bisa menjumpai model sedemikian rupa ketika ujian berlangsung. Namun tak semua siswa tau seperti apa cara menangkap bola datang secara benar. 

Pada dasarnya teknik menangkap bola masuk dalam kategori gerakan passing yang bersifat pasif. Maksudnya pemain tak melakukan lemparan melainkan menerima bola yang datang.Setelah membiasakan tangan memegang bola basket, kemudian dilanjurkan untuk berlatih beberapa teknik dasar bola basket seperti teknik menggiring bola, teknik melempar bola, teknik menangkap bola basket dan teknik shooting.
Pelaksanaan teknik tersebut cukup mudah namun didalamnya terdapat beberapa langkah penting yang perlu dilakukan. Dengan begitu dapat menangkap bola dengan baik, benar, dan bola tidak terlepas dari tangan. Jika bola terlepas dari tangan maka bola tersebut dapat dikuasai oleh pemain lawan. Di bawah ini terdapat beberapa cara menangkap bola basket yang baik dan benar yaitu sebagai berikut:

Persiapan Awal

Teknik dasar menangkap bola basket yang pertama adalah persiapan awal. Teknik menangkap bola basket tergolong lebih mudah dibandingkan teknik merebut bola dari hasil rebound (hasil pantulan shooting yang gagal). Di bawah ini terdapat langkah langkah persiapan awal dalam menangkap bola basket yaitu:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan kaki dilangkahkan menjemput bola datang. 
  2. Kedua tangan diposisikan ke depan untuk menyongsong bola hasil lemparan teman.
  3. Telapak tangan dipersiapkan ke arah datangnya bola.
  4. Pastikan berat badan ditumpukan pada kaki bagian depan ketika sedang menangkap bola.

Gerakan Inti

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan inti. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan inti yaitu tarik kaki depan ke belakang setelah bola menyentuh tangan. Setelah itu bola sedikit ditekan agar tidak terlepas. Tangan ditarik sampai bola terletak dihadapan anda.

Gerakan Akhir

Teknik dasar menangkap bola basket selanjutnya adalah gerakan akhir. Teknik menangkap bola basket tersebut memiliki gerakan akhir yaitu badan dicondongkan sedikit ke arah depan ketika bola telah ada di tangan. Usahakan tumpuan berat badan ditujukan ke kaki bagian belakang. Selain itu bola diletakkan didepan badan dan lakukan langkah selanjutnya dengan mendrible bola. Anda juga dapat mengoper bola tersebut ke teman satu tim. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan peraturan bola basket yaitu memegang bola harus dalam batas waktu tertentu.

Cara Menangkap Bola Basket

Selain teknik dasar menangkap bola kalian perlu memperhatikan beberapa peraturan penting. Cara menangkap bola basket tersebut berlaku ketika bola sudah berada di tangan. Ketentuan yang mengaturnya sebenarnya bisa kita jumpai pada buku LK. Simaklah beberapa cara di bawah:
  • Ketika menerima bola, bola harus diamati dari mana arah datangnya sehingga persiapan awal dapat dilakukan dengan tepat melalui prediksi waktu dan arah yang pas. Setelah bola ditangkap, pastikan bola dalam penguasaan anda.
  • Ketika menangkap bola, bola hasil rebounding atau hasil umpan lawan usahakan dijemput dengan baik. Pastikan gerakan tangan dan jari lentur serta rileks dalam menyongsong bola datang.
  • Pengumpanan bola biasanya memiliki beberapa variasi kecepatan. Maka dati itu jangan melawan arah gerakan bola ketika kecepatannya tinggi. Hal ini akan membuat bola mudah terlepas dari tangan
Jadi usahakan anda mengikuti gerakan arah bolanya saat telapak tangan menangkap bola. Kemudian kecepatan bola dapat diredam dengan cara menarik tangan ke arah belakang.
Baca juga : 6 Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Basket

Pola Latihan Menangkap Bola Basket

Teknik dasar menangkap bola basket memang tidak sulit seperti gerakan lainya. Tetapi anda juga harus tetap berlatih agar cara menangkap bola basket yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik dan benar. Latihan ini tidak dapat anda abaikan karena menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar permainan basket yang perlu dikuasai.

Dengan berbagai metode latihan menangkap bola yang dilakukan, diharapkan anda dapat melakukannya dengan fasih. Selain latihan menangkap bola, anda juga perlu berlatih kekuatan otot kaki, pinggang dan tangan dengan cara latihan fisik. Dengan begitu tubuh akan lebih kuat dan sehat. Adapun beberapa metode latihan menangkap bola basket yaitu sebagai berikut:
  • Latihan menangkap bola dengan media tembok.
  • Hadapkan tubuh di depan dinding dengan jarak 3 meter. Kemudian lempar dan pantulkan bola ke dinding.
  • Lihat arah bola yang memantul dari dinding tersebut. Kemudian lakukan gerakan yang sesuai untuk teknik menangkap bola basket di atas. Setelah bola tertangkap kemudian tangan dikencangkan dan ritarik ke arah dada, dimana siku sedikit ditarik.
  • Lempar beberapa kali ke dinding pemantul tanpa meraba raba dan menangkapnya lima kali berturut turut
  • Tambahkan variasi melempar dengan cara menambah variasi tenaga lemparan, arah yang lebih rendah maupun arah yang lebih tinggi. Maka dari itu hasil pantulan bola juga lebih bervariasi.
  • Setelah itu lemparan juga dapat dikombinasikan dengan beberapa sudut yang berbeda. Anda juga dapat memvariasikannya dengan gerakan sedikit berlari ataupun melangkah.
  • Anda dapat memperpendek jarak latihan menjadi 2,5 meter setelah mahir menangkap bola dengan jarak 3 meter.
  • Lakukan latihan menangkap bola basket tersebut berulang kali agar kemampuan anda terus berkembang. Untuk hasil kemampuan yang lebih baik, anda dapat menambahkan beberapa kombinasi latihan lainnya.
Teknik menangkap bola basket ini merupakan salah satu teknik yang perlu dikuasai untuk menjadi atlet basket yang profesional. Beberapa bentuk latihan tersebut harus dilakukan dengan benar dan berulang kali untuk hasil yang maksimal. Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar menangkap bola basket yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berlatih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Menangkap Bola Basket yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel