Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Keterangan Lengkap

Advertisement

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Keterangan Lengkap - Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar yang memungkinkan pemainnya untuk melempar suatu bola besi menuju titik lempar pendaratan yang sejauh jauhnya. Olahraga tolak peluru tersebut memiliki peraturannya sendiri, dimana salah satunya ialah menggunakan teknik dasar tolak peluru yang telah ada. Pelaksanaan olahraga tolak peluru dapat berada di lapangan outdoor maupun indoor. Apakah anda tahu gambar lapangan tolak peluru itu? Tolak peluru merupakan salah satu jenis olahraga nomor lempar yang dapat dilakukan dalam lapangan indoor. Hal ini dikarenakan jarak penolakan peluru dalam olahraga ini belum pernah mencapai 25 meter lebih.

Gerakan Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya O'Brien
Olahraga tolak peluru memang terlihat sepele, namun pelaksanaannya tidak boleh sembarangan karena termasuk dalam olahraga berat. Meskipun gerakan yang dilakukan hanya berupa tolakan bola besi sampai menuju gerakan akhir, tetapi tidak semua orang dapat melakukannya. Atlet tolak peluru kebanyakna mempunyai energi yang kuat dan postur tubuh besar, baik juara dunia kelas perempuan maupun laki laki. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa atlet tolak peluru juga ada yang memiliki postur tubuh sedang. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan gambar lapangan tolak peluru beserta keterangan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Keterangan Lengkap

Secara umum faktor penentu tolak peluru terdiri dari teknik dasar tolak peluru dan postur tubuh dari atletnya. Postur tubuh atlet yang besar cenderung mempunyai energi yang kuat dan besar serta cocok melakukan jenis olahraga ini. Namun atlet yang berpostur kecil atau sedang juga dapat melakukan olahraga tolak peluru ini, asalkan mempunyai energi yang besar dan menguasasi teknik dasar dalam tolak peluru tersebut. Maka dari itu akan menghasilkan tolakan sejauh mungkin. Seorang atlet juga harus mengetahui gambar dan ukuran lapangan tolak pelurunya sesuai dengan peraturan.
Baca juga : Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui
Olahraga tolak peluru bertujuan untuk melakukan tolakan sejauh mungkin. Seperti halnya namanya, bola besi yang dipegang oleh atlet harus ditolak dan bukan dilempar. Adapun cara mendorong atau menolak peluru tersebut ialah dengan mendorongnya ke depan menggunakan satu tangan yang awalnya dari pangkal bahu. Lapangan olahraga tolak peluru pada dasarnya hampir sama dengan lapangan olahraga nomor lempar lainnya. Tetapi yang membedakannya ialah ukuran lapangannya saja. Di bawah ini terdapat ukuran lapangan tolak peluru beserta gambarnya yaitu sebagai berikut:
Gambar Lapangan Tolak Peluru
Baca juga : Pengertian, Gaya, dan Jenis Tolak Peluru
Keterangan :
  • Garis tengah Lapangan sekitar 2,135 meter.
  • Ukuran lapangan tolak peluru yang berupa lanjutan garis tengah sekitar 0,75 meter.
  • Balok lempar memiliki panjang 1,22 meter.
  • Tebal balok sekitar 11,4 cm.
  • Tinggi balok sekitar 10 cm.
  • Sektor lemparannya memiliki sudut 45⁰.
  • Lebar garis ialah 5 cm.
  • Lingkaran lempar berasal dari besi yang tebalnya 66 mm dan tinggi 2 cm.
Selain mengetahui ukuran lapangan tolak peluru beserta gambarnya di atas. Seorang atlet tolak peluru juga harus mengetahui ukuran berat peluru yang digunakan. Berikut ukuran berat peluru dalam olahraga ini yaitu diantaranya:
  1. Peluru untuk Putra memiliki berat sekitar 6,25 kg - 7,25 kg.
  2. Peluru untuk Putri memiliki berat sekitar 3 kg - 4 kg.
  3. Peluru untuk anak anak sekolah memiliki berat sekitar 6,25 kg (putra) dan 3 kg (putri).
  4. Peluru untuk ukuran Internasional memiliki berat sekitar 7,25 kg (putra) dan 4 kg (putri).
Inilah gambar lapangan tolak peluru beserta keterangan lengkap yang dapat saya bagikan. Olahraga tolak peluru pada umumnya bertujuan untuk menolak besi berat (peluru) dengan jarak yang sejauh mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Keterangan Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar