Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukuran dan Keterangannya

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukuran dan Keterangannya - Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar yang banyak dilombakan. Gerakan tolak peluru mengharuskan atlet untuk melempar suatu bola besi menuju titik lempar pendaratan sejauh mungkin. Dalam melakukan tiap gerakan tak boleh sembarangan karena ada teknik dan peraturan yang harus dipahuti.

Gerakan Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya O'Brien

Ukuran lapangan tolak peluru yang sesuai ketentuan menjadi salah satunya. Secara garis besar ada banyak sekali ilustrasi gambar lapangan tolak peluru yang bisa kalian jumpai pada pembelajaran penjas. Secara garis besar olahraga satu ini bisa dilakukan baik secara indoor maupun di lapangan outdoor. Dengan catatan selama ukuran lapangan masih cukup untuk melakukan gerakan lemparang sepanjang 20-30 meter.

Lantas sebenarnya berapa ukuran lapangan tolak peluru standar perlombaan? tak perlu buru-buru. Sebelum membahas panjang dan lebarnya lebih baik kita melihat ilustrasi gambar lapangan tolak peluru terlebih dahulu. Tujuannya tak lain agar kalian memiliki pengetahuan serta konsep dasar seperti apa bentuk lapangan tersebut.

Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukuran dan Keterangannya

Teknik tolak peluru memang terlihat mudah, namun pelaksanaannya tidak boleh sembarangan karena termasuk dalam olahraga berat. Meskipun gerakan yang dilakukan hanya berupa tolakan, tapi tidak semua orang dapat melakukannya. Mayoritas atlet mempunyai energi yang kuat dan postur tubuh besar, baik juara dunia kelas perempuan maupun laki laki.

Mempelajari peraturan serta gambar lapangan tolak peluru beserta ukuran dan keterangannya pun juga penting untuk dilakukan. Karena sedikit banyak informasi tersebut akan membantu kalian sebagai bentuk persiapan sejak dini. Nah, semua pengetahuan dasar tersebut sudah terangkum secara lengkap dalam buku pembelajaran LKS penjas.
Baca juga : Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui
Masalahnya, apakah kalian sering membacanya? misal kalian jarang membaca tak perlu cemas. Karena sekarang semua informasi dapat kalian temukan di internet. Jika ingin mahir melakukan tolakan pun kamu juga perlu melakukan latihan secara rutin tak hanya membaca teorinya saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan gambar dan ukuran lapangan tolak peluru beserta keterangannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.
 

Gambar Lapangan Tolak Peluru 

Olahraga tolak peluru bertujuan untuk melakukan tolakan sejauh mungkin. Seperti halnya namanya, bola besi yang dipegang oleh atlet harus ditolak dan bukan dilempar. Adapun cara mendorong atau menolak peluru tersebut ialah dengan mendorongnya ke depan menggunakan satu tangan yang awalnya dari pangkal bahu. Lapangan olahraga tolak peluru pada dasarnya hampir sama denga olahraga nomor lempar lainnya. Simaklah ukuran panjang dan lebar dalam ilustrasi gambar lapangan tolak peluru di bawah:
Gambar Lapangan Tolak Peluru
Baca juga : Pengertian, Gaya, dan Jenis Tolak Peluru

Berdasarkan gambar di atas kita bisa menyimpulkan bahwa tolak peluru dilaksanakan pada lapangan utama berbentuk lingkaran. Pemain harus berdiri di tengah menghadap lintasan tolakan dengan jarak tak terbatas. Meski demikian sejarah mencatat belum ada atlet yang berhasil melakukan tolakan sepanjang lebih dari 25 meter.

Sedangkan bentuk kerucut pada gambar lapangan tolak peluru di atas berfungsi sebagai area tolakan yang dianggap sah oleh penyelenggara. Jadi, bola harus jatuh di dalam area tersebut dan selanjutya dilakukan pengukuran jarak dari lapangan tengah.

Ukuran Lapangan Tolak Peluru

Pada dasarnya baik panjang dan lebar lapangan tolak peluru sebenarnya sudah di bahas dalam buku pedoman penjas. Dalam prakteknya, guru pun pasti sudah memberikan gambaran dasar seperti apa bentuk lapangan tersebut. Sayangnya beberapa siswa masih merasa kesulitas ketika diminta membuat gambar lapangan tolak peluru beserta keterangannya.

Tapi dengan perkembangan teknologi sekarang kalian bisa mencari berrbagai info seputar pelajaran di internet. Bahkan kita pun bisa melakukan diskusi tanya jawab seputar pelajaran penjas secara spesifik. Jika kalian kebetulan mendapat tugas untuk menjelaskan gambar dan ukuran lapangan tolak peluru maka simaklah penjelasan berikut:
Keterangan:
  • Garis tengah Lapangan sekitar 2,135 meter.
  • Ukuran lapangan tolak peluru yang berupa lanjutan garis tengah sekitar 0,75 meter.
  • Balok lempar memiliki panjang 1,22 meter.
  • Tebal balok sekitar 11,4 cm.
  • Tinggi balok sekitar 10 cm.
  • Sektor lemparannya memiliki sudut 45⁰.
  • Lebar garis ialah 5 cm.
  • Lingkaran lempar berasal dari besi yang tebalnya 66 mm dan tinggi 2 cm.

Berat Bola Tolak Peluru

Selain mengetahui ukuran lapangan tolak peluru beserta gambarnya di atas. Seorang atlet juga harus mengetahui ukuran berat peluru yang digunakan. Berdasarkan kesepakatan forum internasional, berat peluru dibedakan menjadi beberapa jenis. Kategori tersebut meliputi senior, junior, putra, putri, dan berdasar kategori umur. Berikut ukuran berat peluru dalam olahraga ini yaitu diantaranya:
  1. Peluru untuk Putra memiliki berat sekitar 6,25 kg - 7,25 kg.
  2. Peluru untuk Putri memiliki berat sekitar 3 kg - 4 kg.
  3. Peluru untuk anak anak sekolah memiliki berat sekitar 6,25 kg (putra) dan 3 kg (putri).
  4. Peluru untuk ukuran Internasional memiliki berat sekitar 7,25 kg (putra) dan 4 kg (putri).
Inilah gambar lapangan tolak peluru beserta keterangan lengkap yang dapat saya bagikan. Olahraga tolak peluru pada umumnya bertujuan untuk menolak besi berat (peluru) dengan jarak yang sejauh mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Ukuran dan Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel