Teknik Pernapasan Renang Gaya Dada Beserta Latihannya

Teknik Pernapasan Dalam Renang Gaya Dada Beserta Latihannya - Renang gaya dada atau Chest Stroke sering dinamakan dengan gaya katak. Penyebabnya tak lain karena gaya renang satu ini menyerupai gerakan katak ketika berenang di dalam air. Faktanya, kalian akan menyadari bahwa teknik dasar renang gaya dada memiliki perbedaan signifikan dengan gaya lainnya.

Teknik Pengambilan Napas dalam Renang Gaya Dada

Contohnya bagaimana cara mengambil nafas, teknik meluncur, sikap badan di permukaan air, sampai gerakan tangan dan kaki. Semua materi tersebut sebenarnya sudah diajarkan pada kita saat berada di bangku SMP. Meski tak diberikan penjelasan praktek, tapi kalian bisa membaca seluruh rangkuman teknik pernapasan renang gaya dada langsung di buku LKS.

Teknik pernapasan renang gaya dada berpengaruh terhadap koordinasi gerakan kaki dan lengan. Untuk itu teknik pengambilan napas dalam renang gaya dada sangat penting untuk dipahami dan dikuasai. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik pernapasan dalam renang gaya dada beserta latihan teknik dasar pernapasan renang gaya dada. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Pernapasan Renang Gaya Dada Beserta Latihannya

Bagaimana cara mengambil nafas renang gaya dada? pertanyaan ini sering muncul sebagai butir soal ujian. Pada kenyataanya masih banyak siswa kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar pernapasan tersebut. Padahal, materi renang ini sudah terangkum secara rapi dalam buku pedoman penjas serta LKS.

Teknik pernapasan renang gaya dada dapat dikuasai dengan baik dengan cara melakukan beberapa latihan teknik dasar pernapasan renang gaya dada. Pengambilan napas dalam renang gaya dada sendiri dilakukan setiap pertengahan kayuhan. Kepala akan terangkat keluar dari air dengan sendirinya ketika lengan ditarik ke samping pada akhir gerakan. Saat saat seperti inilah waktu yang pas dalam melakukan teknik pengambilan napas renang gaya dada.

Cara Mengambil Nafas Renang Gaya Dada

Pada sesi pertama saya ingin membahas terlebih dulu bagaimana cara mengambil napas renang gaya dada. Baru setelahnya kita akan mempelajari variasi latihan agar bisa lancar melakukan teknik pernapasan ini di dalam air. Secara garis besar gerakan mengambil nafas cukup mudah untuk dilakukan. Simaklah beberapa poin di bawah:
  1. Angkat bahu dan leher ketika kedua siku diapit kedua tangan di depan dada sehingga dapat mengambil napas.
  2. Luruskan kedua tangan sambil bahu didorong.
  3. Masukkan kepala ke dalam air sehingga dapat mengeluarkan napas.
Baca juga : Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap
Pelaksanaan teknik pernapasan renang gaya dada bersamaan dengan gerakan lengannya. Teknik pengambilan napas dalam renang gaya dada dilakukan ketika kepala terangkat keluar dari permukaan air, sedangkan ketika kepala dimasukkan ke dalam air akan terjadi proses pengeluaran napas.

Maka dari itu pengangkatan kepala sampai mulut di atas permukaan air dilakukan ketika gerakan akhir penarikan kedua tangan sehingga pengambilan napas dapat segera dilakukan. Tetapi ketika kedua tangan kembali diluruskan, proses pengeluaran napas dilakukan saat kepala kembali masuk ke dalam air.

Latihan Pernapasan dalam Renang Gaya Dada

Apakah latihan pernapasan itu penting? tentu saja. Karena dengan berlatih akan membuat praktek yang kita jalani lebih baik. Latihan teknik dasar pernapasan renang gaya dada dapat dilakukan dengan berpegangan pada dinding kolam. Adapun cara melakukan latihannya yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri di pinggir kolam. Kemudian  pegang dinding kolam menggunakan kedua tangan.
  2. Ketika di atas permukaan air segera hirup udara. Setelah itu lutut direndahkan sampai kepala masuk ke dalam permukaan air. Kemudian ketika di dalam air keluarkan udara melalui mulut.
  3. Lalu lutut dinaikkan dan kepala kembali diangkat sampai ke atas permukaan air sehingga dapat menghirup udara.
Baca juga : Teknik Renang Gaya Punggung yang Benar Beserta Penjelasan


Teknik Dasar Pernapasan

Latihan teknik pernapasan renang gaya dada selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan papan pelampung. Adapun cara melakukan latihannya yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh telungkup di permukaan air dengan terapung. Setelah itu pegang papan pelampung menggunakan kedua lengan di depan badan.
  2. Setelah itu angkat leher ke atas permukaan air saat menarik kedua kaki mendekati pinggul sehingga dapat menghirup udara.
  3. Masukkan kepala kembali ke dalam air ketika mendorong kedua kaki ke arah belakang. Lalu lakukan teknik membuang napas melalui mulut.
Sekian penjelasan mengenai teknik pernapasan dalam renang gaya dada beserta latihan teknik dasar pernapasan renang gaya dada. Renang gaya dada memiliki beberapa teknik dasar seperti teknik dasar meluncur, teknik dasar pernapasan, sikap badan dipermukaan air, teknik dasar gerakan tangan dan teknik dasar gerakan kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi teknik pernapasan renang gaya dada di atas.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Pernapasan Renang Gaya Dada Beserta Latihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel