Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja

Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja - Seperti yang kita tahu bahwa dalam olahraga tenis meja terdapat beberapa jenis teknik dasar di dalamnya. Salah satunya adalah teknik pukulan. Teknik pukulan secara umum dapat diartikan sebagai upaya untuk membuat bola melewati net dan dapat menyebrang sampai area lawan. Teknik pukulan sendiri masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam. Misalnya saja teknik pukulan chop. 

Secara sekilas permainan tenis meja memang terlihat mudah dilakukan. Tetapi jika tingkat permainan tenis meja tersebut lebih tinggi, maka banyak sekali jenis teknik pukulan yang perlu anda pahami dan kuasai. Seperti halnya teknik pukulan chop ini. Pukulan chop adalah jenis pukulan yang dapat dilakukan dengan memposisikan bet seperti kapak yang menebang pohon. Maka dari itulah pukulan chop ini dapat disebut juga dengan pukulan membacok.

Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja
Gambar Pukulan Chop

Chop pada dasarnya merupakan teknik pukulan bertahan atau defensif. Hal ini dikarenakan posisi bet ketika melakukan teknik pukulan ini adalah horizontal ke arah sedikit. Pukulan chop berfungsi untuk menangkis serangan dari lawan yang cukup sulit dihalau oleh pemain. Pelaksanaan teknik ini harus tepat dan benar dalam permainan tenis meja tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan pukulan chop dalam tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja

Pukulan chop yang normal memiliki kemiringan atau sudut rata rata bet sekitar 45 derajat. Bet ini diposisikan terbuka dengan gerakan miring yang berasal dari atas menuju bawah. Anda dapat menggunakan pukulan chop tersebut untuk mengembalikan bola dengan berbagai jenis putaran seperti topspin, sidespin, dan backspin. Pelaksanaan teknik pukulan chop ini berada di atas atau diluar meja.

Pukulan chop yang dilakukan di atas meja hampir sama dengan pukulan push. Letak perbedaannya disini adalah gerakan horizontalnya saja. Sedangkan gerakan chop yang berasal dari diagonal atas ke bawah akan membentuk sudut normal sekitar 45 derajat. Kemudian adapula pukulan chop yang dilakukan di luar meja atau dinamakan dengan pukulan bertahan (defensive stroke). Jenis pukulan ini berguna untuk menerima bola bola spin yang berasal dari lawan.

Baca juga : Cara Memegang Bet Teknik Shakehand Grip Dalam Tenis Meja

Apa saja jenis jenis pukulan chop dalam tenis meja? Pukulan chop dalam permainan tenis meja dapat dibagi menjadi dua macam yaitu pukulan forehand chop dan backhand chop. Setiap jenis pukulan memiliki cara melakukannya sendiri. Adapun cara melakukan pukulan chop dalam tenis meja, baik forehand ataupun backhand yaitu sebagai berikut:

Forehand Chop

Forehand chop adalah teknik pukulan chop yang memposisikan bet sedikit terbuka. Berikut cara melakukan pukulan forehand chop yaitu sebagai berikut:

  • Pegang bet setinggi bahu dan letakkan bahu kiri di depan.
  • Fokuskan berat badan pada kaki belakang.
  • Gerakkan bet memotong ke bawah seperti gerakan membacok, bola dikenakan ketika pantulan late. Sedangkan ketika perkenaan terbuka mengenai sudut bet.
  • Pegang bet dengan lurus dan rendah, bersamaan dengan itu pindahkan berat badan pada kaki depan.

Backhand Chop

Jenis pukulan chop selanjutnya adalah pukulan backhand chop. Jenis chop ini digunakan pada bagian sisi belakang bet. Adapun cara melakukan pukulan chop dalam tenis meja tersebut adalah sebagai berikut:
  • Mulai gerakan backhand chop dengan sikap bet terbuka, dimana ketinggiannya diantara pinggang dan bahu. Pukulan ini memiliki posisi berat badan yang sama dengan forehand chop yakni berada di bagian kaki belakang.
  • Bola dikenakan dengan bet ketika pantulan late, bengkokkan lutut sambil berat badan dipindahkan ke kaki depan.
  • Berat badan sudah harus pindah ke depan sambil lengan pemegang bet diluruskan.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan pukulan chop dalam tenis meja. Teknik pukulan tenis meja ini memang tidak mudah untuk dikuasai. Tetapi dengan kita melakukan latihan secara rutin dan berulang ulang secara konsisten, maka kita dapat menerapkan teknik ini dengan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Pukulan Chop Dalam Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel