Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap

Advertisement

Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap - Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer dikalangan masyarakat. Bahkan jenis olahraga ini masuk dalah salah satu cabang olahraga tingkat Nasional dan Internasional. Olahraga renang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa gaya. Misalnya saja renang gaya bebas. Apa itu renang gaya bebas? Pengertian gaya bebas dalam renang ialah gaya tubuh seseorang ketika berenang dengan terus melaju ke depan dengan cepat. Dalam gaya renang tersebut terdapat teknik gerakan ayunan tangan. Bagaimana cara melakukan gerakan tangan renang gaya bebas?

Gerakan Lengan Dalam Renang Gaya Bebas
Pada umumnya olahraga renang memiliki organisasi induk dalam tingkat Internasional bernama FINA atau Federation Internationale de Natation Amateur. Namun teknik dalam renang gaya bebas tidak diatur oleh FINA. Seseorang dapat meluncur di air dengan cepat menggunakan gaya bebas ini, jika terdapat koordinasi gerangan tangan, pengambilan napas dann gerakan kaki yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap

Pada dasarnya teknik dasar renang gaya bebas terdiri dari teknik gerakan tangan, teknik gerakan kaki, dan teknik pengambilan napas yang benar. Namun hal yang akan saya bahas ialah teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas. Dibawah ini terdapat cara melakukan gerakan ayunan tangan dalam renang gaya bebas yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas

Teknik Gerakan Tangan ke Atas

Gerakan ayunan tangan renang gaya bebas dilakukan dengan menggerakkan tangan menuju posisi semula sebagai gerakan pemulihan yang melalui permukaan atas air, dan bukan mendorong airnya. Ayunan tangan atas pada renang gaya bebas dapat dilatih dengan cara meletakkan pelampung kaki bertali yang diletakkan pada pergelangan kaki. Adapun cara melakukan gerakan ayunan tangan renang gaya bebas yang ke atas yaitu meliputi:
  • Langkah pertama ialah mengambil napas dan hadapkan telapak tangan yang di belakang menuju ke atas.
  • Setelah itu sikut diangkat dan bebaskan telapak tangan agar mengikuti gerakan.
  • Tekuk siku dengan sudut 90 derajat ketika gerakan telapak tangan melalui wajah.
  • Tangan memiliki jangkauan ke depan sampai atas tabung imajinasi.
  • Sentuhkan ujung jari ke air terlebih dahulu dibandingkan sikut.
  • Kemudian wajah di putar ke bawang dan tubuh lurus serta meluncur, dimana posisi kedua tangan menjulur ke depan.
  • Lakukan gerakan mengayuh dimana pada tangan sebelah sisi tubuh dalam keadaan masuk ke posisi meluncur miring. Usahakan wajah tetap menghadap ke arah bawah dan lakukan teknik pengambilan napas.
  • Untuk gerakan tangan yang lainnya dapat dilakukan dengan gerakan yang sama.
Pada dasarnya gerakan ayunan tangan renang gaya bebas dapat dibagi menjadi dua jenis. Adapun jenis jens gerakan lengan dalam renang gaya bebas yaitu meliputi:
  1. Gerakan Recovery yakni gerakan lengan ketika berada diluar permukaan air. Gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan tangan ke depan dimana telapak tangan dipindahkan keluar dari air dan masuk kembali ke air.
  2. Gerakan Mendayung yakni gerakan lengan yang tersusun oleh gerakan mendorong. Adapun cara melakukannya ialah dengan menyentuhkan ujung tengah ke air hingga melakukan gerakan ayunan keluar air sampai selesai.
Baca juga : Teknik Renang Gaya Punggung yang Benar Beserta Penjelasan
Setelah membahas tentang teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas. Saya akan menjelaskan beberapa fase yang digunakan dalam cara melakukan gerakan ayunan dalam renang gaya bebas. Dalam renang gaya bebas terdapat gerakan lengan satu per satu yang menuju ke arah bawah dengan beberapa fase di bawah ini:

Fase Menarik atau Pull
Fase gerakan ayunan tangan renang gaya bebas yang pertama ialah fase menarik atau pull. Adapun beberapa gerakan yang dilakukan dalam fase pull yaitu sebagai berikut:
  • Menarik lengan dengan kuat menuju ke arah silang yang terletak di bawah dada.
  • Memposisikan siku tetap dalam keadaan ditekuk.
  • Usahakan letak siku tidak terlalu jauh keluar dari garis vertikal yang terdapat pada bahu.
Fase penarikan tangan tersebut harus dimulai dengan gerakan pelan menuju cepat. Dengan begitu akan lebih efektif dalam melakukan dorongan. Lengan tersebut ditarik dari bawah permukaan air dengan pola tarikan S.

Fase Mendorong atau Push
Fase gerakan ayunan tangan renang gaya bebas selanjutnya ialah fase mendorong atau push. Adapun cara melakukan gerakan lengan dalam fase push yaitu dengan menggerakan ujung jari tangan terlebih dahulu agar dapat tersentuh air sampai gerakan dayungan lengan selesai dan keluar dari permukaan air. 

Fase Istirahat atau Recovery
Fase gerakan ayunan tangan renang gaya bebas selanjutnya ialah fase istirahat atau recovery. Fase ini dilakukan ketika lengan melakukan gerakan di luar permukaan air. Adapun cara melakukan gerakan lengan dalam fase recovery yaitu telapak tangan yang awalnya berada diluar air dipindahkan ke dalam air dan diposisikan ke arah depan kepala.

Sekian penjelasan mengenai teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas lengkap. Dalam renang gaya bebas terdapat 3 gerakan penting seperti gerakan tangan, gerakan kaki, dan gerakan ketika pengambilan napas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi gerakan tangan dalam renang gaya bebas di atas.

Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar