Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap

Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap - Renang merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di tengah masyarakat. Bahkan hampir semua orang menyukainya karena memberikan banyak dampak positif untuk tubuh. Selain menyehatkan, berenang juga dianggap sangat menyenangkan terlebih jika dilakukan secara berkelompok. Secara garis besar teknik dasar renang terletak pada gerakan tangan dan kaki ketika berada di air.

Gerakan Lengan Dalam Renang Gaya Bebas

Dalam konteks pedidikan olahraga air satu ini mulai intens diajarkan ketika menginjak jenjang SMP. Cakupan materi gaya renang mulai dari kupu-kupu, gaya dada, punggung, dan gaya bebas pun tentu sudah familiar untuk kita. Di dalamnya kita pun akan menjumpai beberapa pembahasan seperti gerakan tangan renang gaya bebas dan lain sebagainya.

Memposisikan tubuh serta melakukan gerakan ayunan tangan merupakan salah satu teknik dasar renang gaya bebas yang wajib kita ketahui. Tanpa kordinasi gerakan yang benar maka tubuh tak akan melajut ke depan dan hanya mengambang tak tentu arah. Selain sebagai tenaga pendorong, gerakan ayunan tangan renang gaya bebas juga menjadi kemudi agar atlet bisa berenang secara lurus.

Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap

Apa itu renang gaya bebas? Pengertian gaya bebas dalam renang ialah gaya tubuh seseorang ketika berenang dengan terus melaju cepat ke depan. Pelaksanaanya pun berbeda dari jenis gaya lainya jika ditinjau dari cara atlet meluncur di atas permukaan air. Contohnya teknik gerakan ayunan tangan serta kaki layaknya mendayung. Seperti apa cara melakukan gerakan tangan renang gaya bebas?

Olahraga yang berdiri di bawah naungan FINA (Federation Internationale de Natation Amateur) ini memang memiliki teknik dasar yang terkesan simpel. Seseorang dapat meluncur di air dengan cepat menggunakan gaya bebas ini, jika terdapat koordinasi gerangan tangan, pengambilan napas dann gerakan kaki yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pada dasarnya teknik dasar renang gaya bebas terdiri dari gerakan tangan, kakim pengambilan napas, dan tentu saja kordinasi semuanya. Namun hal yang akan saya bahas ialah teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas. Dibawah ini terdapat cara melakukan gerakan ayunan tangan dalam renang gaya bebas yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas

Gerakan Tangan ke Atas

Menguasai teknik dasar renang gaya bebas adalah hal yang cukup mudah menurut pengamatan saya. Kalian bisa menguasainya secara cepat selama rutin berlatih dan memahami konsep secara teori. Nah, langkah pertama yang dapat siswa lakukan adalah mempelajari gerakan tangan ke atas layaknya sedang mengayunkan dayung.

Gerakan ayunan tangan renang gaya bebas dilakukan dengan menggerakkan tangan menuju posisi semula sebagai gerakan pemulihan yang melalui permukaan atas air, dan bukan mendorong airnya. Ayunan tangan atas pada renang gaya bebas dapat dilatih dengan cara meletakkan pelampung kaki bertali yang diletakkan pada pergelangan kaki. Adapun cara melakukan gerakan ayunan tangan renang gaya bebas yang ke atas yaitu meliputi:
  1. Langkah pertama ialah mengambil napas dan hadapkan telapak tangan yang di belakang menuju ke atas.
  2. Setelah itu sikut diangkat dan bebaskan telapak tangan agar mengikuti gerakan.
  3. Tekuk siku dengan sudut 90 derajat ketika gerakan telapak tangan melalui wajah.
  4. Tangan memiliki jangkauan ke depan sampai atas tabung imajinasi.
  5. Sentuhkan ujung jari ke air terlebih dahulu dibandingkan sikut.
  6. Kemudian wajah di putar ke bawang dan tubuh lurus serta meluncur, dimana posisi kedua tangan menjulur ke depan.
  7. Lakukan gerakan mengayuh dimana pada tangan sebelah sisi tubuh dalam keadaan masuk ke posisi meluncur miring. Usahakan wajah tetap menghadap ke arah bawah dan lakukan teknik pengambilan napas.
  8. Untuk gerakan tangan yang lainnya dapat dilakukan dengan gerakan yang sama.
Pada dasarnya gerakan ayunan tangan renang gaya bebas dapat dibagi menjadi dua jenis. Adapun jenis jens gerakan lengan dalam renang gaya bebas yaitu meliputi:
  • Gerakan Recovery yakni gerakan lengan ketika berada diluar permukaan air. Gerakan ini dilakukan dengan menggerakkan tangan ke depan dimana telapak tangan dipindahkan keluar dari air dan masuk kembali ke air.
  • Gerakan Mendayung yakni gerakan lengan yang tersusun oleh gerakan mendorong. Adapun cara melakukannya ialah dengan menyentuhkan ujung tengah ke air hingga melakukan gerakan ayunan keluar air sampai selesai.
Baca juga : Teknik Renang Gaya Punggung yang Benar Beserta Penjelasan
Setelah membahas tentang teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas. Saya akan menjelaskan beberapa tahapan yang digunakan dalam cara melakukan gerakan ayunan dalam renang gaya bebas. Dalam renang gaya bebas terdapat gerakan lengan satu per satu yang menuju ke arah bawah dengan beberapa fase di bawah ini:

Tahap Menarik atau Pull

Salah satu teknik dasar renang gaya bebas paling krusial terjadi pada saat atlet menarik tangan untuk menciptakan gaya tarik yang kuat. Lewat gerakan tangan inilah badan bisa meluncur secara konstan di atas permukaan air hingga akhirnya sampai di garis finish.

Gerakan ayunan tangan renang gaya bebas diawali dengan tahap menarik atau dalam bahasa inggris disebut pull. Tahap ini bukan berarti kita menarik air tapi memposisikan lengan agar siap mendayung. Adapun beberapa gerakan yang dilakukan dalam fase pull yaitu sebagai berikut:
  1. Menarik lengan dengan kuat menuju ke arah silang yang terletak di bawah dada.
  2. Memposisikan siku tetap dalam keadaan ditekuk.
  3. Usahakan letak siku tidak terlalu jauh keluar dari garis vertikal yang terdapat pada bahu.
Tahap penarikan tangan tersebut harus dimulai dengan gerakan pelan menuju cepat. Dengan begitu akan lebih efektif dalam melakukan dorongan. Sedikit saran alangkah baiknya kalian menarik lengan dari bawah permukaan air dengan pola tarikan S.

Tahap Mendorong atau Push

Tanpa kita sadari ternyata gerakan renang gaya bebas juga mengikutsertakan dorongan saat mendayung. Meski pembahasnya tak dimuat dalam buku pedoman penjas maupun LKS tapi kita bisa bertanya langsung pada guru. Seperti apa tahap mendorong pada gerakan tangan renang gaya bebas?

Pada fase ini kita dituntut harus melakukan teknik sederhana yakni menggerakan ujung jari tangan terlebih dahulu. Tujuanya agar dapat tersentuh air sampai gerakan lengan saat mendayung selesai dan keluar dari permukaan air.

Gerakan mendorong pada teknik ayunan tangan renang gaya bebas memang terkesan mudah. Tapi jangan salah, karena faktanya masih banyak orang yang tak mampu memaksimalkannya. Padahal memberi gaya dorong pada saat mendayung bisa meningkatkan kecepatan serta stabilitas pada saat melakukan renang gaya bebas.

Tahap Istirahat atau Recovery

Tahap gerakan ayunan tangan renang gaya bebas selanjutnya ialah fase istirahat atau recovery. Tahap ini dilakukan ketika lengan melakukan gerakan di luar permukaan air. Adapun cara melakukan gerakan lengan dalam Tahap recovery yaitu telapak tangan yang awalnya berada diluar air dipindahkan ke dalam air dan diposisikan ke arah depan kepala.

Sekian penjelasan mengenai teknik gerakan ayunan tangan renang gaya bebas lengkap. Dalam renang gaya bebas terdapat 3 gerakan penting seperti gerakan tangan, gerakan kaki, dan gerakan ketika pengambilan napas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi gerakan tangan dalam renang gaya bebas di atas.

Posting Komentar untuk "Teknik Gerakan Ayunan Tangan Renang Gaya Bebas Lengkap"