Jenis Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya

Jenis Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya - Sepakbola adalah olahraga yang cukup banyak diminati masyarakat. Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak pun gemar memainkanya di waktu luang. Untuk menciptakan atmosfer pertandingan yang sportif maka diciptakanlah berbagai aturan dasar. Jika kalian melaggar peraturan maka konsekuensinya adalah hukuman seperti tedanga bebas, kartu kuning, bahkan kartu merah.

Bentuk Pelanggaran Dalam Permainan Sepak Bola

Mengenal berbagai jenis pelanggaran menjadi salah satu kewajiban pemain. Pengetahuan tersebut dapat menjaga kita dari terjadinya hukuman yang berakibat buruk untuk tim. Contohnya seperti tendangan penalty, tendangan bebas, corner kick, dan lain sebagainya. Dalam konteks pendidikan materi satu ini dapat kita jumpai di buku pedoman penjas serta LKS pada jenjang SMP sampai SMA. Bahkan terkadang pelanggaran serta jenis hukuman tersebut sering menjelma sebagai butir soal ujian yang menyulitkan.

Jenis pelanggaran sepak bola sendiri dapat dikategorikan menjadi tiga yakni pelanggaran ringan dan berat. Keduanya memiliki konsekuensi serta hukuman berbeda dari seberapa parahnya pemain melanggar aturan permainan. Contohnya tindakan tak sengaja yang dapat mencederai pemain maka masuk kategori ringan. Sedangkan aksi yang dilakukan secara sengaja untu melukai lawan masuk pelanggaran berat. Contohnya memulai kerusuhan, melakukan tindakan tidak sopan, mencelakai lawan, dan lain sebagainya.

Jenis Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya

Dalam pertandingan sepak bola terdapat ketentuan untuk mengeluarkan pemain yang menerima kartu merah, namun pemain tadi tidak dapat diganti dengan pemain lain di tim tersebut. Kartu merah akan diberikan jika pemain melakukan pelanggaran berat seperti membuat lawan cedera parah atau membahayakan pemain lain, melakukan kekerasan, menyetak gol dengan cara menyentuh bola menggunakan tangan, meludah, bergerak atau menggunakan bahasa untuk menantang pemain dan sebagainya. Pelanggaran dalam permainan sepak bola sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung skala pelanggaran yang dilakukannya.

Baca juga : Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya

Hukuman karena pelanggaran dalam sepak bola sudah menjadi hal biasa yang mewarnai jalannya permainan. Tentunya kita pasti sudah pernah melihat tendangan bebas, wasit mengeluarkan kartu kuning, tendangan penalty dan lain sebagainya. Inilah bentuk hukuman yang akan kalin peroleh ketika mengabaikan peraturan.

Setiap jenis pelanggaran sepak bola memiliki hukuman yang berbeda satu sama lain. Semakin berat tingkat pelanggaran maka semakin berat pula hukuman yang akan diterima oleh pemain. Tak jarang pula wasit memberi peringatan keras dalam bentuk kartu kuning bahkan kartu merah sekalipun.

Peraturan Sepak Bola

Apakah kalian pernah berpikir bagaimana cara wasit menilai pelanggaran? apa kriteria kartu kuning dan kartu merah? menentukan jenis hukuman pelanggaran sepak bola bukanlah perkara mudah. Banyak sekali pertimbangan yang harus dibuat sebelum wasi meniup peluit tanda berhentinya pertandingan. Tapi wasit bisa berpedoman pada aturan dasar yang telah dibuat dan ditetapkan oleh forum internasional.

Sebelum menjelaskan tentang pelanggaran dalam sepak bola beserta hukuman dalam sepak bola tersebut. Saya akan membahas sedikit mengenai peraturan permainan secara umum sebagai referensi. Setiap pemain harus patuh dan wajib menerima segala keputusan wasit. Di bawah ini terdapat beberapa aturan dasar pertandingan sepakbola secara umum:

  1. Larangan untuk pemain agar tidak keluar dari lintasan daerah gawang. Maka dari itu ketika berlangsungnya pertandingan ini akan diberikan beberapa batasan dalam aera lapangan yang wajib dipatuhi. 
  2. Larangan keras kepada masing masing pemain dalam hal penguluran waktu ketika permainan sedang berlangsung. Untuk itulah strategi permainan sepak bola harus dilakukan dengan baik oleh setiap tim dan tidak melanggar aturan yang berlaku.
  3. Larangan bagi setiap pemain untuk masuk dan keluar lapangan tanpa izin dari wasit atau seenaknya.
  4. Larangan untuk tidak mengganggu gugatan yang telah ditetapkan atau dibuat oleh wasit.

Lazimnya, kartu merah serta kuning hanya dikeluarkan sebagai hukuman pelanggaran berat dalam sepak bola. Kartu kuning diberikan sebagai peringatan keras kepada pemain dengan batas dua kali. Jika satu pemain memperoleh dua kartu kuning pada saat jalanya pertandingan maka ia akan langsung dikeluarkan.

Lain halnya dengan kartu merah yang notabenya merepresentasikan pelanggaran sepak bola yang tak dapat ditoleransi lagi. Sekali memperoleh kartu merah mak tanpa basa-basi kita akan dikeluarkan dari pertandingan. Dampaknya tentu sangat besar mengingat tim harus tetap melanjutkan laga hanya dengan 10 pemain saja.

Pelanggaran Oleh Tim Bertahan

Jenis pelanggaran dalam sepak bola yang pertama tujukan untuk tim bertahan maupun tim penyerang atau lawan. Tindakan yang dilakukan tim bertahan dapat dikategorikan sebagai pelanggaran jika melanggar beberapa ketentuan dari aturan yang berlaku. Adapun beberapa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh tim bertahan dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:

  1. Bersikap atau berkata tidak sopan ketika pelaksanaan tendangan hukuman.
  2. Sebelum pelaksanaan tendangan hukuman, posisi pemain tim bertahan terletak di daerah tendangan hukuman.
  3. Kaki penjaga gawang digerakkan ketika tendangan hukuman, namun tendangan bola belum dilakukan.

Jenis pelanggaran oleh tim bertahan di atas tentunya memiliki beberapa hukuman atau konsekuensi didalamnya. Adapun beberapa hukuman pelanggaran sepak bola tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Apabila bola masuk ke gawang maka akan dianggap gol yang sah.
  • Apabila bola keluar setelah ditendang atau bola melalui atas gawang, maka akan terjadi pengulangan tendangan lagi.
  • Apabila bola ditendang dan mengenai gawang atau keluar lapangan karena pukulan penjaga gawang, maka akan terjadi pengulangan tendangan hukuman lagi.
  • Terjadi pengulangan tendangan hukuman apabila pelanggaran dilakukan oleh setiap tim. Akan tetapi pemain penendang ataupun penjaga gawang dapat diganti ketika pelaksanaan tendangan ulang.

Pelanggaran Oleh Tim Penyerang

Jenis pelanggaran dalam sepak bola selanjutnya ialah pelanggaran oleh tim penyerang. Pelanggaran juga dapat dilakukan oleh tim penyerang atau lawan sehingga tidak hanya tim bertahan saja yang melakukannya. Dibawah ini terdapat bentuk pelanggaran oleh tim penyerang dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:

  1. Bola tidak dapat ditendang pemain menuju arah depan. Pemain diharapkan dapat melakukan tendangan bola sesuai dengan teknik dasar yang berlaku di peraturan sepak bola.
  2. Bertindak atau berkata tidak sopan ketika tendangan hukuman dilakukan.
  3. Membingungkan penjaga gawang atau melakukan gerakan tipuan dengan sengaja saat tendangan hukuman dilakukan.
  4. Tendangan yang dilakukan pemain sebelum pelaksanannya berada di daerah tendangan hukuman.

Jenis pelanggaran oleh tim penyerang di atas tentunya memiliki beberapa hukuman atau konsekuensi didalamnya. Adapun beberapa hukuman pelanggaran sepak bola tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Akan ada pengulangan tendangan hukuman apabila terjadi gol atau bola masuk ke gawang.
  • Tendangan gawang dilakukan tim bertahan apabila bola melewati atas gawang atau keluar setelah ditendang.
  • Tendangan bebas dilakukan tim bertahan secara tidak langsung apabila pukulan bola dikeluarkan oleh kiper atau mengenai gawang.

Pelanggaran Oleh Penjaga Gawang

Jenis pelanggaran dalam sepak bola selanjutnya ialah pelanggaran oleh penjaga gawang. Pelanggaran juga dapat dilakukan oleh penjaga gawang sehingga tidak hanya pemain inti saja yang melakukannya. Dibawah ini terdapat bentuk pelanggaran oleh penjaga gawang dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan permainan yang caranya cukup berbahaya. Contohnya menendang bola dengan sengaja, padahal kiper atau penjaga gawang telah memegangnya.
  2. Menerjang pemain lawan secara sengaja menggunakan cara yang berbahaya dan kasar.
  3. Menghalangi pemain lawan secara sengaja meskipun tidak memainkan bola.Contohnya berdiri ditengah antara pemain lawan dengan bolanya.
  4. Mencoba membuat pemain lawan terhalangi dengan sengaja, ingin memegang bola dengan sengaja dan menerjang pemain yang menjaga gawang.
  5. Bola dibawa atau dipegang penjaga gawang tanpa dipantulkan ke tanah dan lebih dari empat langkah.

Pelanggaran Berkibat Langsung Tendangan Bebas

Taukah kalian ternyata keputusan memberikan tendangan bebas pun tak luput dari jenis pelanggaran yang dilakukan oleh tim lawan. Ada yang berakibat pemberian sanksi langsung maupun tak langsung. Dan yang memiliki kendali penuh memutuskannya adalah sang wasit itu sendiri. Tapi ada beberapa parameter yang wajib diketahui oleh wasit dan pemain.

Jenis pelanggaran sepak bola selanjutnya merupakan pelanggaran yang mengakibatkan tendangan bebas secara langsung. Adapun beberapa macam pelanggaran dalam permainan sepak bolanya yaitu meliputi:

  • Menerjang pemain tim lawan dengan sengaja dan kasar.
  • Dari arah belakang menerjang pemain tim lawan dengan sengaja.
  • Memiliki sikap kasar seperti memukul pemain lawan.
  • Melakukan tindakan kasar seperti dengan sengaja menendang pemain lawan.
  • Dari arah belakang atau depan berupaya menekel pemain lawan hingga terjatuh.
  • Menggunakan lengan atau tangan untuk mendorong pemain lawan.
  • Berupaya memukul pemain lawan dengan sengaja.
  • Mendorong, membawa dan memukul bola dengan tangan. Maka dari itu bola wajib digiring dengan cara yang benar seperti memakai kaki.
  • Berupaya memegang atau menyentuh pemain lawan dengan lengan atau tangan.

Pelanggaran Berakibat Tidak Langsung Tendangan Bebas

Jenis pelanggaran sepak bola selanjutnya merupakan pelanggaran yang mengakibatkan tendangan bebas secara tidak langsung. Pelanggaran ini dapat dilakukan oleh penjaga gawang ataupun pemain lainnya. Adapun beberapa macam pelanggaran sepak bolanya yaitu meliputi:

  1. Bola dengan sengaja ditangkap oleh penjaga gawang karena pemain tim sendiri telah menendangnya.
  2. Bola ditangkap oleh penjaga gawang ketika tendangan atau lemparan ke dalam dilakukan. Penangkapan bola harus dilakukan oleh penjaga gawang dengan teknik yang sesuai dengan peraturan.
  3. Pemain menghentikan atau menghadang permainan lawan secara pasif.
  4. Kiper dihalang halangi pemain dengan sengaja ketika bola ingin ditendang dari tangan.

Sekian penjelasan mengenai pelanggaran dalam sepak bola beserta hukuman pelanggaran sepak bola lengkap. Pelanggaran dalam permainan sepak bola dapat terjadi jika tindakan para pemainnya melanggar peraturan sepak bola lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Jenis Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya"