Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya Lengkap

Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya Lengkap - Sepak bola ialah jenis olahraga yang sama dengan olahraga futsal. Kedua jenis olahraga ini termasuk dalam jenis permainan bola besar. Meskipun sama sama termasuk dalam permaian bola besar, namun adal hal mendasar yang membedakan antara olahraga futsal dengan olahraga sepak bola. Perbedaan diantara keduanya terlihat dari jenis konsekuensi atau pelanggaran yang terdapat di dalamnya. Pelanggaran sepak bola pada umumnya dapat dinamakan dengan foul. Dalam Bahasa Inggris terdapat penggunaan istilah foul yang dinamakan dengan pelanggaran. Lantas apa saja pelanggaran sepak bola itu? Apa saja hukuman dalam sepak bola itu? Jika seorang pemain tidak mematuhi peraturan wasit maka dapat dikatakan sebagai bentuk pelanggaran. Pelaksanaan pelanggaran ini akan memperoleh tindakan dari wasit secara tegas dan langsung sesuai jenis pelanggarannya.

Pelanggaran dalam sepak bola secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu pelanggaran berat dan pelanggaran ringan. Pelanggaran ringan ialah jenis pelanggaran yang dilakukan secara tidak sengaja dan tindakannya tidak membahayakan orang lain. Sedangkan pelanggaran berat ialah jenis pelanggaran yang dapat membahayakan wasit atau pemain lain serta dilakukan secara sengaja. Misalnya mencelakai pemain lain, melakukan kerusuhan dan melakukan tindakan tidak sopan kepada wasit. Agar permainan sepak bola dapat dilakukan dengan sportif maka diperlukan peraturan khusus dalam olahraga ini. Jika peraturan sepak bola ini dilanggar, maka hukuman akan diberikan kepada para pemain tersebut. Misalnya pelanggaran keras dilakukan oleh salah satu pemain, maka peringatan akan diberikan oleh wasit dengan cara memberi kartu merah atau kuning. Lantas apa saja hukuman pelanggaran sepak bola itu?
Bentuk Pelanggaran Dalam Permainan Sepak Bola
Jika salah satu pemain melakukan pelanggaran maka sesaat wasit akan memberhentikan pertandingan dengan cara menunjukkan kartu di depannya. Setelah itu nama pemain yang melanggar tadi akan dicatat dalam buku wasit. Kartu kuning adalah jenis peringatan yang diberikan untuk pelanggaran seperti berselisih tindakan atau kata kata, bersikap tidak sportif, menunda dimulainya pertandingan kembali, melakukan pelanggaran peraturan secara terus menerus, saat pelaksanaan lemparan ke dalam atau tendangan bebas tidak ada jarak dengan pemainnya, serta masuk keluar pertandingan tanpa disetujui oleh wasit. Dalam pertandingan akan keluar kartu merah jika dua kartu kuning diterima oleh seorang pemain. Nah pada kesempatan kali ini saya menjelaskan tentang pelanggaran dalam sepak bola beserta hukuman pelanggaran sepak bola lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya Lengkap

Dalam pertandingan sepak bola terdapat ketentuan untuk mengeluarkan pemain yang menerima kartu merah, namun pemain tadi tidak dapat diganti dengan pemain lain di tim tersebut. Kartu merah akan diberikan jika pemain melakukan pelanggaran berat seperti membuat lawan cedera parah atau membahayakan pemain lain, melakukan kekerasan, menyetak gol dengan cara menyentuh bola menggunakan tangan, meludah, bergerak atau menggunakan bahasa untuk menantang pemain dan sebagainya. Pelanggaran pelanggaran dalam permainan sepak bola sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung skala pelanggaran yang dilakukannya.
Baca juga : Pengertian Offside Dalam Sepak Bola Beserta Penyebabnya
Sebelum menjelaskan tentang pelanggaran dalam sepak bola beserta hukuman dalam sepak bola tersebut. Saya akan membahas sedikit mengenai peraturan permainan sepak bola secara umum. Peraturan sepak bola ini ditujukan untuk semua pemain di dalamnya. Maka dari itu jika peraturan tersebut dilanggar, maka akan dikenakan beberapa hukuman terkait pelanggaran tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa peraturan pertandingan sepak bola secara umum yaitu sebagai berikut:
  • Larangan untuk pemain agar tidak keluar dari lintasan daerah gawang. Maka dari itu ketika berlangsungnya pertandingan ini akan diberikan beberapa batasan dalam aera lapangan yang wajib dipatuhi. 
  • Larangan keras kepada masing masing pemain dalam hal penguluran waktu ketika permainan sedang berlangsung. Untuk itulah strategi permainan sepak bola harus dilakukan dengan baik oleh setiap tim dan tidak melanggar aturan yang berlaku.
  • Larangan bagi setiap pemain untuk masuk dan keluar lapangan tanpa izin dari wasit atau seenaknya.
  • Larangan untuk tidak mengganggu gugatan yang telah ditetapkan atau dibuat oleh wasit.
Jika setiap tim melakukan pelanggaran tertentu maka wasit akan mengeluarkan kartu merah atau kartu kuning. Wasit akan memberikan kartu kuning kepada pemain sebagai tanda peringatan keras. Jumlah kartu kuning maksimal yang dapat diterima oleh setiap pemain hanya satu saja. Jika lebih dari satu pelanggaran yang dilakukannya, maka wasit akan memberikan kartu merah. Wasit memberikan kartu merah sebagai tanda pelanggaran berat sehingga pemain tersebut harus keluar lapangan pertandingan. Di bawah ini terdapat beberapa jenis pelanggaran sepak bola beserta hukumannya yaitu sebagai berikut:

Pelanggaran Oleh Tim Bertahan

Jenis pelanggaran dalam sepak bola yang pertama tujukan untuk tim bertahan maupun tim penyerang atau lawan. Tindakan yang dilakukan tim bertahan dapat dikategorikan sebagai pelanggaran jika melanggar beberapa ketentuan dari aturan yang berlaku. Adapun beberapa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh tim bertahan dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:
  • Bersikap atau berkata tidak sopan ketika pelaksanaan tendangan hukuman.
  • Sebelum pelaksanaan tendangan hukuman, posisi pemain tim bertahan terletak di daerah tendangan hukuman.
  • Kaki penjaga gawang digerakkan ketika tendangan hukuman, namun tendangan bola belum dilakukan.
Baca juga : Ketentuan Durasi Permainan Sepak Bola Terlengkap
Jenis pelanggaran oleh tim bertahan di atas tentunya memiliki beberapa hukuman atau konsekuensi didalamnya. Adapun beberapa hukuman pelanggaran sepak bola tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Apabila bola masuk ke gawang maka akan dianggap gol yang sah.
  • Apabila bola keluar setelah ditendang atau bola melalui atas gawang, maka akan terjadi pengulangan tendangan lagi.
  • Apabila bola ditendang dan mengenai gawang atau keluar lapangan karena pukulan penjaga gawang, maka akan terjadi pengulangan tendangan hukuman lagi.
  • Terjadi pengulangan tendangan hukuman apabila pelanggaran dilakukan oleh setiap tim. Akan tetapi pemain penendang ataupun penjaga gawang dapat diganti ketika pelaksanaan tendangan ulang. 

Pelanggaran Oleh Tim Penyerang

Jenis pelanggaran dalam sepak bola selanjutnya ialah pelanggaran oleh tim penyerang. Pelanggaran juga dapat dilakukan oleh tim penyerang atau lawan sehingga tidak hanya tim bertahan saja yang melakukannya. Dibawah ini terdapat bentuk pelanggaran oleh tim penyerang dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:
  • Bola tidak dapat ditendang pemain menuju arah depan. Pemain diharapkan dapat melakukan tendangan bola sesuai dengan teknik dasar yang berlaku di peraturan sepak bola.
  • Bertindak atau berkata tidak sopan ketika tendangan hukuman dilakukan.
  • Membingungkan penjaga gawang atau melakukan gerakan tipuan dengan sengaja saat tendangan hukuman dilakukan.
  • Tendangan yang dilakukan pemain sebelum pelaksanannya berada di daerah tendangan hukuman.
Jenis pelanggaran oleh tim penyerang di atas tentunya memiliki beberapa hukuman atau konsekuensi didalamnya. Adapun beberapa hukuman pelanggaran sepak bola tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Akan ada pengulangan tendangan hukuman apabila terjadi gol atau bola masuk ke gawang.
  • Tendangan gawang dilakukan tim bertahan apabila bola melewati atas gawang atau keluar setelah ditendang.
  • Tendangan bebas dilakukan tim bertahan secara tidak langsung apabila pukulan bola dikeluarkan oleh kiper atau mengenai gawang.

Pelanggaran Oleh Penjaga Gawang

Jenis pelanggaran dalam sepak bola selanjutnya ialah pelanggaran oleh penjaga gawang. Pelanggaran juga dapat dilakukan oleh penjaga gawang sehingga tidak hanya pemain inti saja yang melakukannya. Dibawah ini terdapat bentuk pelanggaran oleh penjaga gawang dalam sepak bola yaitu sebagai berikut:
  • Melakukan permainan yang caranya cukup berbahaya. Contohnya menendang bola dengan sengaja, padahal kiper atau penjaga gawang telah memegangnya.
  • Menerjang pemain lawan secara sengaja menggunakan cara yang berbahaya dan kasar.
  • Menghalangi pemain lawan secara sengaja meskipun tidak memainkan bola.Contohnya berdiri ditengah antara pemain lawan dengan bolanya.
  • Mencoba membuat pemain lawan terhalangi dengan sengaja, ingin memegang bola dengan sengaja dan menerjang pemain yang menjaga gawang.
  • Bola dibawa atau dipegang penjaga gawang tanpa dipantulkan ke tanah dan lebih dari empat langkah.
Baca juga : Sejarah Handball (Bola Tangan) Singkat

Pelanggaran Berakibat Langsung Tendangan Bebas

Jenis pelanggaran sepak bola selanjutnya merupakan pelanggaran yang mengakibatkan tendangan bebas secara langsung. Adapun beberapa macam pelanggaran dalam permainan sepak bolanya yaitu meliputi:
  • Menerjang pemain tim lawan dengan sengaja dan kasar.
  • Dari arah belakang menerjang pemain tim lawan dengan sengaja.
  • Memiliki sikap kasar seperti memukul pemain lawan.
  • Melakukan tindakan kasar seperti dengan sengaja menendang pemain lawan.
  • Dari arah belakang atau depan berupaya menekel pemain lawan hingga terjatuh.
  • Menggunakan lengan atau tangan untuk mendorong pemain lawan.
  • Berupaya memukul pemain lawan dengan sengaja.
  • Mendorong, membawa dan memukul bola dengan tangan. Maka dari itu bola wajib digiring dengan cara yang benar seperti memakai kaki.
  • Berupaya memegang atau menyentuh pemain lawan dengan lengan atau tangan.

Pelanggaran Berakibat Tidak Langsung Tendangan Bebas

Jenis pelanggaran sepak bola selanjutnya merupakan pelanggaran yang mengakibatkan tendangan bebas secara tidak langsung. Pelanggaran ini dapat dilakukan oleh penjaga gawang ataupun pemain lainnya. Adapun beberapa macam pelanggaran sepak bolanya yaitu meliputi:
  • Bola dengan sengaja ditangkap oleh penjaga gawang karena pemain tim sendiri telah menendangnya.
  • Bola ditangkap oleh penjaga gawang ketika tendangan atau lemparan ke dalam dilakukan. Penangkapan bola harus dilakukan oleh penjaga gawang dengan teknik yang sesuai dengan peraturan.
  • Pemain menghentikan atau menghadang permainan lawan secara pasif.
  • Kiper dihalang halangi pemain dengan sengaja ketika bola ingin ditendang dari tangan.
Sekian penjelasan mengenai pelanggaran dalam sepak bola beserta hukuman pelanggaran sepak bola lengkap. Pelanggaran dalam permainan sepak bola dapat terjadi jika tindakan para pemainnya melanggar peraturan sepak bola lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel