3 Teknik Dasar Menendang Bola (Kaki Dalam, Kaki Luar, dan Punggung Kaki)

3 Teknik Dasar Menendang Bola (Kaki Dalam, Kaki Luar, dan Punggung Kaki) - Menendang merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang harus kita kuasai. Pasalnya teknik menendang bola sedikit banyak akan mempengaruhi cara bermain untuk menghadapi lawan. Contohnya ketika kita ingin memberi umpan lambung maka harus memakai tendangan punggung kaki. Lain halnya saat ingin menggiring cepat maka pemain harus menggunakan kaki bagian luar.

Secara garis besar sepak bola telah menjadi salah satu permainan yang digemari oleh masyarakat luas. Olahraga satu ini sangat mengutamakan kekompakan serta kerjasama antar anggota tim. Di lain sisi, untuk mengantisipasi terjadinya perlawanan satu lawan satu antar pemain maka anda harus menguasai teknik mengontrol sampai menendang bola.

Kekompakan serta kerjasama tersebut tidak cukup untuk memenangkan permainan ini. Anda bersama anggota lainnya harus memahami dan menguasai teknik dasar menendang bola ini. Apakah anda sudah mengetahui cara melakukan tendangan bola dengan benar? Jika belum maka tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan teknik dasar menendang bola secara lengkap. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

3 Teknik Dasar Menendang Bola (Kaki Dalam, Kaki Luar, dan Punggung Kaki)

Untuk dapat mencetak goal bahkan memenangkan pertandingan sepak bola ini memerlukan kekompakan serta skill yang bagus. Hal tersebut karena kekompakan serta skill yang dimiliki oleh setiap pemain saling terhubung. Salah satu skill yang harus dikuasai oleh setiap pemain ialah skill menendang bola ini.

Teknik dasar menendang bola dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu teknik mendang bola dengan kaki bagian dalam, teknik mendang bola dengan kaki bagian punggung maupun teknik mendang bola dengan kaki bagian luar. Penggunaan kaki dalam teknik ini tergantung kondisi, kemampuan dan kebutuhan yang diperlukan dalam permainan tersebut. 

Ada 3 jenis teknik menendang bola yang wajib kalian pelajari berdasarkan penjelasan buku pedoman penjaskes. Diantaranya adalah teknik kaki dalam, teknik kaki luar, dan teknik punggung kaki. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Nah, kalian akan menemukan perbedaan cara dalam setiap prosedurnya.

Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Teknik dasar menendang bola yang pertama ialah menggunakan kaki bagian dalam. Teknik menendang bola ini berguna untuk memberikan umpan kepemain lain dengan jarak yang cukup jauh atau long passing. Akurasi yang didapatkan pun biasanya juga cukup tinggi karena arah tendangan bisa diatur oleh pemain.

Namun teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam jarang digunakan oleh para pemain futsal. Mengapa demikian? karena cara menendang bola satu ini dirasa kurang cocok untuk permainan dengan skala lapangan kecil. Hal itu mengacu pada tujuan serta hasil tendangan yang melambung jauh ke depan.
    Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam
    Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

    Dalam konteks pendidikan teknik kaki dalam biasanya sudah diajarkan secara dini kepada siswa. Meski pembahasannya ada dalam buku LKS penjasorkes. Guru tetap akan memberikan contoh langsung bagaimana cara menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Secara garis besar gerakan yang baik dan benar adalah:
    1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
    2. Letakkan kaki disamping sebagai tumpuan serta tekuk lutut sedikit.
    3. Condongkan tubuh anda sedikit kebelakang.
    4. Posisikan kedua tangan berada disamping badan agar keseimbangan tubuh dapat terjaga. 
    5. Arahkan pandangan menuju datangnya bola maupun kearah sasaran tendangan bola.
    6. Amatilah bola tersebut agar dapat ditendang menggunakan kaki bagian dalam tengah.
    7. Setelah itu ayunkan kaki kebelakang kemudian arahkan kedepan agar tendangan bola dapat menuju sasaran bagian samping.
    8. Lakukan gerakan lanjutan dengan menumpu berat badan menggunakan kaki kanan ataupun menggunaan kaki yang sebelumnya untuk menendang.
    9. Dahulukan kaki yang dipergunakan untuk menendang tadi saat mendarat.

    Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar

    Teknik dasar menendang bola selanjutnya ialah teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar. Teknik kaki luar digunakan untuk memberi umpan kepada pemain lain secara menyilang, sehingga posisinya berlawanan dengan posisi kita. Umpan yang diberikan menggunakan teknik ini dapat menjadi umpan terobosan untuk mengecoh lawan.

    Selain itu, teknik dasar menendang bola dengan kaki luar juga sangat efektif untuk menggiring bola jarak pendek. Kekurangannya terletak pada akurasi yang rendah sehingga sangat tak cocok untuk dipakai memberi umpan jarak jauh. Demikian juga dalam konteks menggiring cepat kalian tak boleh berlama lama memakai tendangan kaki bagian luar. Karena musuh akan dengan mudah mengejar dan merebut bola.

    Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar
    Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar

    Bukan perkara mudah untuk melakukan teknik dasar menendang bola yang satu ini. Butuh latihan serta pemahaman baik secara teori maupun praktek untuk menguasainya. Faktanya, banyak pemain gagal dan justru malah blunder karena kurang terbiasa menciptakan tendangan menggunakan kaki bagian luar.

    Tapi, setelah menjalani bentuk latihan dan menguasainya maka privilege yang akan kalian dapatkan cukup sepadan. Kemampuan untuk mengecoh lawan, menciptakan operan silang, serta menggiring cepat pun akan menjadi milik kalian. Lantas bagaimana cara menendang bola dengan kaki luar? inilah yang sering kali ditanyakan oleh siswa.

    Sebenarnya langkah demi langkahnya bisa kalian baca sendiri di buku pedoman penjas hampir di semua jenjang. Di lain sisi, guru pun pasti juga telah menjelaskannya pada kegiatan praktikum. Tapi beberapa siswa kadang memiliki masalah pada saat menginterpretasikan tiap gerakannya. Maka dari itu simaklah teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian luar di bawah:
    1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
    2. Letakkan kaki kiri disamping bola yang akan ditendang nantinya.
    3. Jaga keseimbangan badan dengan merilekskan kedua tangan.
    4. Putar ke dalam salah satu kaki yang digunakan untuk menendang bola.
    5. Arahkan pandangan anda ke bola.
    6. Lakukan tendangan bola dengan mengayunkan kaki sekuat mungkin.
    7. Sentuhkan bagian luar kaki saat akan menendang.
    8. Tahap terakhir condongkan tubuh kearah depan.

    Teknik Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

    Punggung kaki merupakan teknik dasar menendang bola yang cukup populer dipakai oleh pemain profesional. Selain memiliki akurasi yang baik gerakannya pun cukup mudah untuk kita kuasai. Power serta kecepatan dari tendangan ini sangat besar sehingga cocok untuk menjadi eksekutor ketika berada di depan gawang.

    Kalian juga bisa menggiring bola lurus dengan cepat menggunakan punggung kaki sehingga mampu melewati lawan. Memperhitungkan power adalah kuncinya karena power tersebut akan menentukan jarak tendangan bola. Tapi, menurut saya pribadi butuh skill khusus agar kalian bisa menggunakan tendangan satu ini untuk menggiring.

    Teknik Menendang Bola Dengan Punggung Kaki
    Teknik Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

    Teknik menendang bola dengan punggung kaki sempurna dapat menciptakan tendangan lurus kedepan dengan cepat. Layaknya meriam, bola pun akan sangat sulit dihentikan oleh pemain lawan. Inilah alasan mengapa kalian harus membekali diri dan berlatih teknik punggung kaki. Jika belum menguasainya maka simaklah tutorial di bawah:
    1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
    2. Tekuk sedikit kaki kiri dan letakkan kaki kiri disamping bola yang akan ditendang nantinya.
    3. Jaga keseimbangan badan dengan merilekskan kedua tangan.
    4. Arahkan pandangan anda ke bola.
    5. Kaki yang akan digunakan untuk menendang usahakan sedikit ditekuk kebawah pergelangannya.
    6. Tendang bola dengan menganyunkan kaki kebelakang namun usahakan kaki tersebut menyentuh bagian belakang bola. 
    7. Lakukan gerakan lanjutan dengan menumpu berat badan kearah depan.
    Inilah penjelasan mengenai teknik dasar menendang bola. Dalam permainan sepak bola memenangkan suatu pertandingan tidak hanya mengandalkan kekompakan saja melainkan mengandalkan skill masing masing pemain. Dengan skill dan kerjasama yang baik akan membuat pola dan strategi permainan berjalan dengan baik. Maka dari itu peluang untuk memenangkan pertandingan semakin besar. Semoga artikel ini bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "3 Teknik Dasar Menendang Bola (Kaki Dalam, Kaki Luar, dan Punggung Kaki)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel