Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks

Advertisement

Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks - Tolak peluru merupakan suatu olahraga yang menggunakan alat bernama peluru untuk ditolak. Jenis olahraga ini tergolong cabang olahraga atletik kategori nomor lempar atau nomor tolak. Olahraga tolak peluru memerlukan lapangan yang cukup luas. Dalam olahraga ini terdapat dua teknik yaitu menggunakan gaya menyamping atau ortodoks maupun gaya membelakangi atau obrien. Salah satu teknik tolak peluru yang akan kita bahas ialah gaya menyamping. Teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks merupakan salah satu gaya dalam permainan tolak peluru yang dimainkan dengan posisi menyamping.

Pada umumnya olahraga tolak peluru dilakukan untuk mendapatkan jarak sejauh mungkin. Alat peluru tersebut dimainkan dengan cara didorong kedepan atau ditolak menggunakan salah satu tangan dari pangkal bahu dan bukan dilemparkan. Dalam pelajaran penjaskes terdapat materi mengenai teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks. Pada kesemptan kali ini saya akan menjelaskan secara rinci tentang teknik tolak peluru menggunakan gaya menyamping atau ortodoks. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks

Teknik tolak peluru dapat dilakukan menggunakan dua cara yaitu menggunakan gaya menyamping atau ortodoks dan gaya membelakangi atau obrien. Namun biasanya para atlet sering melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks. Untuk menguasai teknik gaya menyamping atau teknik ortodoks maka anda harus banyak berlatih dan memahami setiap langkah yang saya jelaskan. Teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks dapat dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu teknik awalan, teknik tolakan dan teknik gerakan akhir. Berikut penjelasan mengenai teknik tolak peluru dengan gaya ortodoks :
Cara Memegang Peluru
Teknik tolak peluru gaya menyamping juga terdapat cara memegang peluru dengan benar. Berikut cara memegang peluru gaya ortodoks :

  • Pegang peluru menggunakan ruas jari kemudian taruh dibawah telinga.
  • Posisikan badan anda berdiri ke arah samping ketika ingin melempar.

Teknik Awalan atau Ancang Ancang
Selanjutnya terdapat awalan dalam teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks. Berikut cara melakukan teknik awalan gaya ortodoks :
  • Pegang dan letakkan peluru diatas bahu tepatnya dibawah dagu.
  • Sikap badan sedikit dicondongkan ke arah samping. Kemudian tumpukan berat badan pada salah satu kaki.
  • Kemudian kaki yang lain ke arah samping atau posisikan kaki kanan dibelakang lingkaran dan kaki kiri disamping kiri selebar badan. Kaki kiri sejajar dengan arah tolakan. 
  • Ayunkan kaki kiri terlebih dahulu kemudian diikuti dengan tolakan kaki kanan kearah lemparan sampai mendarat ditengah lapangan. 
  • Ketika kaki kanan sudah mendarat kemudian posisikan badan mencondong kearah samping kanan. 
  • Posisi bahu kiri lebih tinggi dibandingan bahu kanan namun letak lengan kiri tetap sepeti semula.
Teknik Tolakan
Selanjutnya terdapat teknik tolakan yang benar dalam melakaukan teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks. Berikut cara melakukan tolakan pada olahraga tolak peluru gaya ortodoks :
  • Putarlah pinggang dan bahu kearah samping depan.
  • Lakukan putaran badan dengan cepat.
  • Ketika melakukan putaran kemudian ganti kaki depan dengan kaki belakang sambil melakukan hentakan.
  • Ayunkan peluru dari arah samping kaki ke arah atas lurus secara tajam.
  • Lakukan tolakan peluru dengan mendorongnya ke satu garis dengan lemparan kira kira dengan sudut 40 derajat.

Gerakan Akhir
Teknik tolak peluru gaya menyamping yang terakhir ialah melakukan gerakan akhir. Berikut cara melakukan gerakan akhir pada tolak peluru gaya ortodoks :
  • Buat gerakan melompat dengan menukar kaki kanan ke arah depan setelah melakukan tolakan. 
  • Tarik kaki kiri dan lengan kiri ke arah belakang setelah kaki kanan mendarat.
  • Luruskan kaki belakang agar keseimbangan tubuh dapat terjaga.
Demikianlah penjelasan mengenai teknik tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks. Apapun gaya tolak peluru yang digunakan, cara melakukan tekniknya hampir sama. Namun yang membedakannya ialah sektor lemparan dan sikap badan saja. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar