Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap

Advertisement

Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap - Pengertian lari jarak pendek (sprint) ialah olahraga lari dengan jarak tempuh tertentu menggunakan kecepatan maksimal atau penuh. Pelari dalam lari jarak pendek dinamakan dengan "Sprinter". Jarak tempuh dalam lari sprint meliputi 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Secara teknik lari jarak pendek hampir sama dengan jenis olahraga lari lainnya. Namun yang membedakannya ialah penghematan tenaga yang digunakan karena jarak yang ditempuh oleh setiap jenis lari juga berbeda beda. Tentunya cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek juga hampir sama. Lantas bagaimana teknik memasuki garis finish lari jarak pendek itu?

Gerakan Memasuki Finish Lari Jarak Pendek
Dalam olahraga lari semakin jauh jarak tempuhnya, maka semakin besar pula daya tahan tubuh yang diperlukan. Daya tahan tubuh dalam olahraga lari ini sering dinamakan dengan edurance. Lari jarak pendek merupakan salah satu jenis olahraga nomor lari dalam cabang olahraga atletik. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa nomor perlombaan lari jarak pendek (sprint) terdiri dari nomor lari 100 m, nomor lari 200 m, dan nomor lari 400 m. Hasil pelaksanaan lari jarak pendek tidak terlepas dari adanya teknik dasar yang digunakan. Salah satu teknik dasar lari jarak pendek yang sering dilupakan ialah teknik memasuki garis finish lari jarak pendek. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap

Start yang digunakan dalam lari jarak pendek ialah start jongkok. Menurut perkembangan start jongkok tersebut pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan nomor lari sprintnya yaitu bunch start (start pendek), long start (start panjang), dan medium start (start menengah). Kemudian adapula teknik dasar lari jarak pendek yang digunakan seperti teknik start jongkok, teknik gerakan kaki dan tangan, teknik memasuki garis finish lari jarak pendek dan teknik posisi badan pelari. Cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek memang cukup penting untuk diperhatikan karena kita dapat saja disalip oleh pelari lain ketika mendekati finish. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh pengetahuan teknik dasar yang kurang.
Baca juga : Pengertian Lari Gawang, Teknik, Peraturan dan Peralatan
Teknik memasuki garis finish lari jarak pendek pada dasarnya harus memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini yaitu:
  • Langkah harus diperlebar dan dipercepat dengan rileks.
  • Pikiran dipusatkan agar dapat mencapai finish.
  • Jangan melakukan gerakan menengok lawan.
  • Jangan melakukan gerakan melompat.
  • Langkah jangan diperlambat sebelum garis finish dilewati.
Setelah membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik memasuki garis finish lari jarak pendek. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek secara umum yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah Beserta Penjelasannya
  • Usahakan sikap lari tidak diubah ketika akan memasuki garis finish dan usahakan melakukan gerakan lari secepat mungkin.
  • Dada dibusungkan ke depan dan tarik kedua lengan ke arah belakang.
  • Salah satu bahu dibungkukkan atau dijatuhkan ke arah depan.
Sekian penjelasan mengenai cara memasuki garis finish dalam lari jarak pendek lengkap. Lari jarak pendek merupakan salah satu olahraga nomor lari dalam cabang atletik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Memasuki Garis Finish Dalam Lari Jarak Pendek Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar