Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis

Advertisement

Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis - Bulutangkis atau Badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan raket maupun kok. Jenis olahraga ini mengandung beberapa jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Dalam permainan bulutangkis tidak hanya sekedar memukul bola/kok menuju daerah lawan. Namun juga harus memperhatikan kok agar dapat mencetak angka/poin dalam permainan tersebut. Anda harus menguasai teknik memegang raket dengan benar disertai teknik pukulan dasar dalam permainan bulu tangkis.

Penjelasan tentang teknik pukulan dalam bulu tangkis
Pukulan dasa dalam bulutangkis
Setiap jenis pukulan dalam permainan bulutangkis mempunyai kegunaan dan teknik yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan terdapat sebagian pukulan yang menggunakan kekuatan tangan yang kuat. Namun adapula jenis pukulan perlahan yang berguna untuk mengecoh lawan agar kok sulit dikembalikan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis pukulan dasar dalam permainan bulutangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu pukulan servis, pukulan lob, pukulan drive, pukulan dropshot, dan pukulan smash. Setiap jenis pukulan mempunyai kegunaan dan teknik dasarnya masing masing. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Pukulan Service

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis yang pertama ialah pukulan service. Jenis pukulan dasar ini berguna untuk memasukkan kok secara diagonal menuju daerah lawan. Biasanya pukulan service berfungsi sebagai pukulan awal dalam permainan. Pukulan service dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pukulan flick service, pukulan servis panjang dan servis pendek secara backhand ataupun forehand.

Pukulan Lob

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis selanjutnya ialah pukulan lob. Pukulan lob ialah jenis pukulan dasar yang melambungkan kok ke atas kemudian menukik tajam ke arah bawah pada daerah lawan. Pukulan lob dapat dibagi menjad dua jenis yaitu underhand lob maupun overhead lob. Pukulan lob berguna untuk teknik serangan dan pertahanan. Adapula jenis pukulan lob lainnya yaitu:

Lob Serang
Jenis pukulan lob yang pertama ialah pukulan lob serang. Pukulan lob ini dapat dilakukan dari bawah ataupun dari atas. Untuk lob atas dilakukan dengan mengambil kok dari arah depan atas kepala kemudian dengan cepat dilambungkan serendah mungkin. Teknik lob atas berguna untuk melatih otot tangan para atlet bulutangkis. Lob atas juga berfungsi sebagai teknik serangan. Lalu pukulan lob serang dari bawah dapat dlakukan dengan mengambil kok dari arah bawah kemudian dengan cepat dilambungkan serendah mungkin.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani
Lob Penangkis
Jenis pukulan lob selanjutnya ialah lob penangkis. Pukulan lob ini dapat dilakukan dari bawah ataupun dari atas. Untuk jenis lob penangkis atas biasanya berguna sebagai teknik pertahanan dari serangan lawan. Cara melakukan teknik lob ini adalah memukul kok dari atas depan kepala kemudian dilambungkan tinggi menuju garis belakang pada daerah lawan. Sedangkan untuk jenis lob penangkis bawah biasanya berguna sebagai penangkis serangan dari lawan. Cara melakukan teknik lob ini adalah mengambil kok dari bawah kemudian melabungkan kok dengan tinggi dan jauh menuju garis belakang daerah lawan.

Pukulan Drive

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis selanjutnya ialah pukulan drive. Pukulan drive ialah pukulan dasar bulutangkis yang cepat dan mendatar sehingga kok sulit dikembalikan oleh lawan. Jenis pukulan ini biasanya dapat dilakukan secara backhand ataupun forehand dalam permainan bulutangkis ganda. Tidak heran jika arah pukulannya kesamping kanan ataupun kiri. Cara melakukan pukulan drive forehand ialah dengan memposisikan badan menghadap ke samping kanan. Kemudian ayunkan tanan dari belakang ke depan untuk jenis pukulan datar. Sedangkan untuk cara melakukan pukulan drive backhand ialah dengan membuka kedua kaki selebar bahu diikuti badan sedikit miring kekanan. Lalu arahkan pandangan anda ke samping kanan. Kemudian ayunkan raket dari belakang kedepan agar pukulan kok mendatar.

Pukulan Dropshot

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis selanjutnya ialah pukulan dropshot. Pukulan dropshot ialah jenis pukulan dasar bulutangkis yang meletakkan kok sedekat dan secepat mungkin dari net menuju daerah lawan. Pukulan ini memerlukan usaha dan keterampilan tangan yang baik agar kok dapat jatuh ke bawah dengan tajam dan tepat. Pukulan ini terdiri dari dropshot atas, dropshot bawah maupun dropshot potong.

Dropshot Atas
Jenis pukulan dropshot yang pertama ialah dropshot atas. Pukulan ini hampir sama dengan pukulan smash. Tetapi untuk pukulan dropshot atas tidak menggunakan kekuatan yang keras sehingga terdapat penahanan teknik tangan secara mendadak. Selain itu raket hanya menyentuh sedikit bagian dari kok sehingga kok jatuh dekat dengan net pada daerah lawan. Jenis pukulan ini juga dapat digunakan sebagai pengecoh lawan karena tekniknya hampir sama dengan smash.
Baca juga : Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya
Dropshot Potong
Jenis pukulan dropshot selanjutnya ialah dropshot potong. Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini hampir sama dengan pukulan drop penuh. Tetapi dropshot potong ini menggunakan teknik penuh dan tidak menahan kekuatan dalam memukul kok. Jenis pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan lob secara mendalam, maka dari itu biasanya digunakan pada permainan bulutangkis tunggal. Pukulan dropshot potong akan memukul kok secara memutar sehingga lawan sulit mengembalikannya.

Dropshot Bawah
Jenis pukulan dropshot yang terakhir ialah dropshot bawah. Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini memukul kok dengan cara meluncur kebawah secara tajam mendekati net kemudian menyentuh lantai. Pukulan ini menyentuh kok dengan perlahan namun tetap dilambungkan keatas sehingga nyaris menyentuh net daerah lawan. Jenis pukulan ini digunakan untuk mengecoh lawan ketika berada dibagian belakang daerahnya.

Pukulan Smash

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis yang terakhir ialah pukulan smash. Pukulan smash ialah jenis pukulan keras dan cepat dengan arah menukik menuju daerah lawan. Pukulan smash sama seperti pukulan lob. Namun yang membedakan ialah kekuatan pukulannya. Pukulan smash menggunakan pukulan tajam dan menukik cepat, sedangkan pukulan lob menggunakan pukulan ke arah atas. Pukulan smash harus dilakukan dengan kencang dan cepat karena digunakan sebagai teknik serangan. Pukulan dasar ini dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

Smash Penuh
Pukulan smash tersebut menggunakan pukulan raket secara penuh dengan kekuatan yang penuh pula. Namun jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini memiliki kelemahan yaiu arah kok kurang terarah namun mematikan. Penggunaan smash ini biasanya menuju daerah badan lawan.

Smash Potong
Pukulan smash tersebut menggunakan teknik yang kurang jelas. Namun jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini lebih terarah dan tajam. Jenis smash tersebut dapat dilatih dengan latihan fisik sehingga dapat menjadi pukulan smash silang.

Around The Head Smash
Pukulan smash tersebut menggunakan teknik bagian depan pundak kiri. Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini berguna untuk mengembalikan teknik pukulan lob bawah ataupun teknik pukulan servis dari sebelah kiri lapangan.

Backhand Smash
Pukulan smash ini menggunakan otot pergelangan tangan sebelah kiri agar kok dapat melewati net menuju daerah lawan.

Return Smash
Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini berguna sebagai teknik pertahanan dari serangan balik lawan.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Setiap jenis pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan baik tetapi harus dilatih secara rutin. Tidak hanya itu, anda juga harus memiliki keterampilan dan teknik dasar yang bagus pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar