Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis

Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis - Badminton menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat luas. Permainan ini tak memerlukan lapangan begitu besar sehingga sangat cocok dimainkan di tengah lingkungan. Peralatan yang tergolong simpel juga menjadi daya tarik utama mengapa banyak orang gemar bermain bulutangkis. Sederhananya, kita hanya membutuhkan shuttlecock sebagai bola dan raket sebagai pemukul.

Setiap pemain wajib menguasai berbagai teknik dasar bulutangkis agar bisa kompetitif dalam bermain. Mengetahui beberapa informasi penting seperti peraturan, luas lapangan, strategi, serta variasi gerakan juga menjadi penentu kemenangan. Inilah alasan mengapa kalian harus mempelajari jenis pukulan bulutangkis. Karena sedikit banyak pukulan tersebut yang akan membantu kita mencetak skor nantinya.

Penjelasan tentang teknik pukulan dalam bulu tangkis
Pukulan dasa dalam bulutangkis

Setiap jenis pukulan dalam permainan bulutangkis mempunyai kegunaan dan teknik yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan terdapat sebagian pukulan yang menggunakan kekuatan tangan yang kuat. Namun adapula jenis pukulan perlahan yang berguna untuk mengecoh lawan agar kok sulit dikembalikan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis pukulan dasar dalam permainan bulutangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis

Dalam konteks pendidikan, badminton telah diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Ketika menginjak jenjang lebih tinggi maka tingkat kesulitan serta cakupan pembahasanya pun meningkat. Siswa pun juga bisa membaca materi lengkanya langsung di buku pedoman penjas serta LKS.

Selain bekal teori, guru biasanya akan menjelaskan teknik dasar bulutangkis pada kegiatan praktikum. Semua itu bertujuan agar kita dapat menginterpretasikan seperti apa cara memukul shuttlecock, teknik memegang raket, dan lain sebagainya.

Satu hal yang tak boleh kita lewatkan adalah menghafal berbagai jenis pukulan bulutangkis. Berdasar LKS kita bisa membaginya menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah:
  1. Pukulan Service.
  2. Pukulan Lob.
  3. Pukulan Drive.
  4. Pukulan Smash.
  5. Pukulan Dropshot.
Masing-masing tentunya memiliki teknik dasar serta manfaat yang berbeda satu sama lain. Sebagai siswa kita harus menghafalkanya karena materi tersebut sering muncul sebagia butir soal ujian. Tak sedikit pula yang akhirnya gagal menjawab karena kurang mengetahui informasi tersebut.
Baca juga : Teknik Dasar dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Pukulan Service

Service adalah jenis pukulan bulutangkis yang dipakai untuk memulai jalannya permainan. Teknik pukulan ini akan memberikan skor apabila shuttlecock melewati net dan lawan tak bisa mengantisipasinya. Tapi, service juga mampu menimbulkan kerugian apabila jatuh keluar lapangan maupun tidak mampu melewati net.

Bisa dibilang menguasai teknik dasar service bulutangkis menjadi modal awal kita untuk bertanding. Selain memerlukan akurasi, kita juga harus memperhitungkan besaran power serta arah pukulan. Usahakan untuk menarget area yang menjadi blind spot sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan service.

Tapi sebelum mulai melakukan service alangkah baiknya kalian mempelajari terlebih dulu cara memegang raket dengan baik dan benar. Mengapa demikian? karena jenis pukulan bulutangkis berkenaan dengan servis bisa kita kategorikan menjadi tiga. Ketiganya diambil berdasarkan bagaimana pemain memposisikan tangan memegang raket.
Teknik Dasar Pukulan Service
Teknik dasar pukulan service

Dari ilustrasi gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa setidaknya ada tiga teknik pukulan dasar service. Diantara adalah servis panjang yang menggunakan forehand grip, servis pendek memakai backhandgrip, dan juga flick.

Pukulan Lob

Pernahkan kalian memperhatikan seorang pemain mengembalikan bola dengan cara melambung? inilah yang dinamakan lob. Orang yang menguasai teknik dasar pukulan lob bulutangkis mampu menciptakan kok lambung ke area yang sudah ditentukan. Kemudian setelah melambung berada di titik tertentu kok akan menukik tajam ke bawah sehingga sulit untuk diantisipasi musuh.

Meski jenis pukulan bulutangkis satu ini tak memiliki power yang kuat tapi cukup menyulitkan untuk dikembalikan. Tak sedikit pemain yang terkecoh dan salah memperhitungkan timing datangnya shuttlecock. Nah, teknik dasar pukulan lob sendiri dapat kita bagi kembali menjadi dua yakni underhand lob serta overhand lob.
Teknik Dasar Pukulan Lob Bulutangkis
Teknik Dasar Pukulan Lob

Pada sesi ini kita akan bahas lebih dalam penjelasan jenis pukulan lob dalam permainan bulutangkis. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Lob Serang

Jenis pukulan lob yang pertama ialah pukulan lob serang. Pukulan lob ini dapat dilakukan dari bawah ataupun dari atas. Untuk lob atas dilakukan dengan mengambil kok dari arah depan atas kepala kemudian dengan cepat dilambungkan serendah mungkin. Teknik lob atas berguna untuk melatih otot tangan para atlet bulutangkis.

Lob atas juga berfungsi sebagai teknik serangan. Lalu pukulan lob serang dari bawah dapat dlakukan dengan mengambil kok dari arah bawah kemudian dengan cepat dilambungkan serendah mungkin.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani

Lob Penangkis

Jenis pukulan lob selanjutnya ialah lob penangkis. Pukulan lob ini dapat dilakukan dari bawah ataupun dari atas. Untuk jenis lob penangkis atas biasanya berguna sebagai teknik pertahanan dari serangan lawan. Cara melakukan teknik lob ini adalah memukul kok dari atas depan kepala kemudian dilambungkan tinggi menuju garis belakang pada daerah lawan.

Sedangkan untuk jenis lob penangkis bawah biasanya berguna sebagai usaha menghalau serangan dari lawan. Cara melakukan teknik lob ini adalah mengambil kok dari bawah kemudian melabungkan kok dengan tinggi dan jauh menuju garis belakang daerah lawan.

Pukulan Drive

Istilah drive mengacu pada jenis pukulan bulutangkis yang sering digunakan oleh pemain profesional. Pukulan drive yang cepat, mendatar, dan kosntan akan sangat sulit dikembalikan oleh lawan. Nah, kalian bisa melakukannya baik menggunakan backhand ataupun forehand grip sesuai kemampuan. Tak heran jika arah yang dituju bisa sangat fleksibel yakni kanan, kiri, maupun maju lurus ke depan.

Teknik Dasar Pukulan Drive
Teknik Dasar Pukulan Drive

Cara melakukan pukulan drive forehand ialah dengan memposisikan badan menghadap ke samping kanan. Kemudian ayunkan tanan dari belakang ke depan untuk jenis pukulan datar. Sedangkan teknik dasar pukulan drive backhand yakni membuka kedua kaki selebar bahu diikuti badan sedikit miring kekanan. Lalu arahkan pandangan anda ke samping kanan. Kemudian ayunkan raket dari belakang kedepan agar pukulan kok mendatar.

Meski terlihat mudah tapi tak semua siswa mampumelakukan jenis pukulan bulutangkis satu ini. Kesulitan utama terletak pada posisi raket serta power yang kita pakai untuk memukul shuttlecock. Jika tak biasa, kita akan merasa sangat kaku ketika melancarkan drive. Oleh karenanya pemain harus memahami konsep serta menjalani bentuk latihan secara teratur.

Pukulan Dropshot

Dropshot menjadi salah satu jenis pukulan bulutangkis yang dianggap sangat mematikan. Mengapa demikian? Karena konsentrasi serangan terletak pada jarak dan kecepatan memukul seketika saat kok melewati net. Jadi kita akan segera memukul ke arah bawah secara cepat begitu kok melewati net dan masuk zona pertahanan.
Teknik Dasar Pukulan Dropshot
Teknik Dasar Pukulan Dropshot

Menurut saya pribadi jenis pukulan dasar bulutangkis satu ini memiliki tingkat kesulitan advanced yang notabenya memerlukan skill tinggi. Pemain memerlukan keterampilan tangan serta usaha untuk mampu memukul tajam ke bawah dengan cepat dan tepat. Tak sedikit yang kesulitan memperhitungkan timing datangnya kok sehingga menjadi blunder tersendiri bagi pemain.


Dropshot Atas

Jenis pukulan dropshot yang pertama ialah dropshot atas. Pukulan ini hampir sama dengan pukulan smash. Tetapi untuk pukulan dropshot atas tidak menggunakan kekuatan yang keras sehingga terdapat penahanan teknik tangan secara mendadak. Selain itu raket hanya menyentuh sedikit bagian dari kok sehingga kok jatuh dekat dengan net pada daerah lawan. Jenis pukulan ini juga dapat digunakan sebagai pengecoh lawan karena tekniknya hampir sama dengan smash.
Baca juga : Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya

Dropshot Potong

Jenis pukulan dropshot yang cukup merepotkan yakni dengan memunculkan pola potong. Teknik pukulan dalam permainan bulutangkis ini hampir sama dengan pukulan drop penuh. Tetapi dropshot potong ini menggunakan teknik penuh dan tidak menahan kekuatan dalam memukul kok. Jenis pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan lob secara mendalam, maka dari itu biasanya digunakan pada permainan bulutangkis tunggal. Pukulan dropshot potong akan memukul kok secara memutar sehingga lawan sulit mengembalikannya.

Dropshot Bawah

Jenis pukulan dropshot bulutangkis terakhir ialah dropshot bawah. Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini memukul kok dengan cara meluncur kebawah secara tajam mendekati net kemudian menyentuh lantai. Pukulan ini menyentuh kok dengan perlahan namun tetap dilambungkan keatas sehingga nyaris menyentuh net daerah lawan. Jenis pukulan ini digunakan untuk mengecoh lawan ketika berada dibagian belakang daerahnya.

Pukulan Smash

Smash tentu saja menjadi pukulan mematikan utama yang harus dikuasai oleh setiap pemain badminton. Smash sendiri adalah jenis pukulan keras dan cepat dengan arah menukik menuju daerah lawan. Konsepnya hampir sama seperti kita menciptakan pukulan lob tapi power yang dipakai lebih besar. Sehingga arah shuttlecock dapat melaju dengan cepat ke arah yang sudah ditentukan.



Jenis pukulan bulutangkis satu ini biasanya sering muncul sebagai butir soal ujian hampir di semua jenjang. Oleh karennya kalian perlu menghafal teknik dasar smash bulutangkis agar bisa menjawab soal. Sementara itu, kita bisa mengklasifikasikan cara memukul smash menjadi beberapa macam yakni:

Smash Penuh

Pukulan smash tersebut menggunakan pukulan raket secara penuh dengan kekuatan yang penuh pula. Namun jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini memiliki kelemahan yaiu arah kok kurang terarah namun mematikan. Penggunaan smash ini biasanya menuju daerah badan lawan.

Smash Potong

Pukulan smash tersebut menggunakan teknik yang kurang jelas. Namun jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini lebih terarah dan tajam. Jenis smash tersebut dapat dilatih dengan latihan fisik sehingga dapat menjadi pukulan smash silang.

Around The Head Smash

Pukulan smash tersebut menggunakan teknik bagian depan pundak kiri. Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini berguna untuk mengembalikan teknik pukulan lob bawah ataupun teknik pukulan servis dari sebelah kiri lapangan.

Backhand Smash

Pukulan smash ini menggunakan otot pergelangan tangan sebelah kiri agar kok dapat melewati net menuju daerah lawan. Tentu saja pemain harus menguasai teknik memegang raket backhand grip. Tanpa pegangan yang kuat maka pukulan yang dihasilkan pun akan menjadi sangat lemah.

Return Smash

Jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ini berguna sebagai teknik pertahanan dari serangan balik lawan. Meski menjadi bentuk pertahanan tapi kalian harus mengerahkan power yang besar sebagai counter attack. Sehingga musuh pun akan terkejut dan tak mampu menghalau bola cepat yang datang ke arahnya.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Setiap jenis pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan baik tetapi harus dilatih secara rutin. Tidak hanya itu, anda juga harus memiliki keterampilan dan teknik dasar yang bagus pula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel