4 Cara Menyundul Bola Dalam Sepak Bola (Teknik Heading)

4 Cara Menyundul Bola Dalam Sepak Bola (Teknik Heading) - Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan gemar memainkannya. Teknik sundulan bola yang baik dan benar harus dikuasai oleh setiap pemain. Lewat pemahaman teknik inilah kita bisa mengontrol pola serangan maupun pertahanan dengan mudah.

Materi satu ini sebenarnya sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Pembahasan terkait teknik dasar heading sepak bola pun dapat kalian jumpai pada buku LKS. Sayangnya tak semua siswa tau seperti apa cara menyundul bola dan mengontrolnya. Padahal model pertanyaan demikian sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung.

Meski kedengaran mudah tapi faktanya banyak pemain gagal melakukan teknik sundulan dengan baik. cara menyundul sepak bola tidak hanya sebatas menerima bola datang dengan kepala saja. Ada beberapa unsur yang harus kalian perhatikan seperti sudut datangnya bola, kontrol yang baik, dan mempertimbangkan pola permainan.

4 Cara Menyundul Bola Dalam Sepak Bola (Teknik Heading)

Apa itu heading? teknik heading sepak bola bisa diartikan dengan cara menyundul yang baik dan benar. Setiap pemain baik itu pada lini pertahanan maupun penyerang harus menguasai teknik dasar tersebut. Lewat penguasaan teknik inilah kita bisa leluasa memberikan umpan maupun operan kepada kawan.

Menguasai teknik sundulan tentunya memberi banyak manfaat untuk anggota tim. Contohnya kalian bisa meneruskan operan dari atas, menciptakan umpan, sampai mencetak angka. Jadi gerakan menyundul dalam sepak bola tak hanya terbatas sekedar menerima bola datang saja.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam cara menyundul bola dalam sepak bola yang baik dan benar. Selain itu, kita juga akan mempelajari pula beberapa variasi jenis teknik dasar heading berdasarkan sikap/posisi. Penasaran seperti apa pembahasannya? simaklah ulasan di bawah.

Cara Menyundul Bola

Sebelum menjelaskan ada berapa teknik sundulan, saya akan membahas tentang prinsip heading sepak bola. Cara menyundul bola secara umum adalah:
  1. Berlari menjemput bola yang datang serta mata diarahkan menuju datangnya bola.
  2. Bagian otot leher diperkuat dam dikeraskan.
  3. Bola disundul menggunakan bagian dahi. Untuk area kepala memang tidak dianjurkan untuk menggunakan bagian lain agar tidak membuat kepala menjadi sakit.
  4. Penyundulan bola akan lebih mudah jika badan dibuat melengkung dengan cara menariknya ke arah belakang.
  5. Ketika akan menyundul, pastikan bola ditatap dan usahakan mata tidak dipejamkan. Lihat datangnya bola, kemudian lari ke arah datangnya bola dengan mengikuti gerakannya. Setelah itu bola dapat disundul.
Baca juga : Cara Mengumpan Bola Dalam Permainan Sepak Bola Lengkap
Selain prinsip heading sepak bola ini. Adapula beberapa kegunaan macam macam teknik menyundul bola dalam sepak bola. Berikut beberapa kegunaan atau fungsi heading dalam sepak bola yaitu diantaranya:
  • Untuk membuat bola dapat dioper ke teman tim dengan cepat dan membuat perpindahan bola menjadi lebih mudah.
  • Memudahkan bola masuk ke dalam gawang.
  • Dapat memberikan umpan kepada teman tim dengan mudah sehingga bola dapat masuk ke gawang lawan.
  • Dapat membuat gol dengan mudah melalui pemberian umpan bola.
  • Untuk mempercepat penggiringan bola agar serangan lawan dapat dipatahkan. Dengan begitu gawang sendiri dapat dipertahankan dengan kuat.
Macam macam heading dalam sepak bola terdiri dari teknik menyundul bola menggunakan sikap berdiri, menyundul bola menggunakan sikap melayang, menyundul bola dengan berlari, dan menyundul bola dengan melompat. Berikut penjelasan mengenai setiap jenis teknik menyundul bola dalam sepak bola yaitu meliputi:

Teknik Menyundul Posisi Berdiri

Heading Sikap Berdiri
Macam teknik menyundul bola dalam sepak bola yang pertama ialah teknik heading dengan sikap berdiri. Adapun cara melakukan teknik menyundul bola menggunakan sikap berdiri yaitu meliputi:
  • Usahakan badan tidak berdiri ditempat atau sedang bergerak.
  • Tubuh dihadapkan ke arah datangnya bola, setelah itu kedua kaki ditekuk bagian belakang dan depan serta menekuk lutut.
  • Badan dicondongkan sedikit ke arah belakang.
  • Pandangan difokuskan ke arah datangnya bola.
  • Otot perut digunakan dengan kuat agar panggul dapat didorong serta diikuti dengan meluruskan kedua lutut dengan cara mendorongnya.
  • Condongkan seluruh tubuh ke arah depan dan disertai dengan gerakan lanjutan agar bola dapat disundul ke arah target dengan sempurna.

Teknik Sundulan Melompat

Heading Dengan Melompat
Macam teknik menyundul bola dalam sepak bola selanjutnya ialah teknik heading dengan melompat. Aksi melompat sambil menyundul bola memang sering dilakukan oleh para atlet sepak bola. Teknik heading dalam sepak bola ini dapat dilakukan tanpa awalan atau dengan awalan sesuai kenyamanan dan keinginan dari pemainnya. Jika pelaksanaan heading dengan melompat tidak disertai awalan maka kedua kaki berguna untuk menolak, sedangkan jika dengan awalan maka hanya menggunakan salah satu kaki saja.
Baca juga : Bentuk Latihan Kombinasi dan Koordinasi Sepak Bola Lengkap
Apabila jenis teknik menyundul bola dalam sepak bola ini disertai dengan awalan. Maka dapat menggunakan salah satu kaki atau kedua kaki untuk melalukan tolakan. Teknik heading dengan melompat tersebut akan sulit dilakukan jika kita dikepung oleh lawan ketika sedang menggiring bola. Terlebih lagi jika teknik menyundul disertai dengan awalan. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Berikut penjelasannya:
  • Gerakan menyundul bola dapat dilakukan ketika tubuh dalam posisi ke atas naik atau akan melompat. Tujuan teknik menyundul bola dengan melompat yang paling utama ialah untuk mematahkan serangan lawan dengan mudah. Teknik sundulan ini bahkan dapat dilakukan ketika berada di depan area gawang sendiri sehingga bola yang dianggap sebagai ancaman dari lawan dapat dibersihkan.
  • Anda juga dapat melakukan teknik menyundul bola dalam sepak bola ini saat lompatan dalam titik tertinggi atau puncak. Maka dari itu bola yang disundul akan mengarah ke bawah. Teknik heading sepak bola tersebut bertujuan untuk mencetak gol pada gawang lawan maupun melakukan operan bola ke teman sendiri.

Teknik Menyundul Bola Dengan Berlari

Heading Dengan Berlari
Macam teknik menyundul bola dalam sepak bola selanjutnya ialah teknik heading dengan berlari. Adapun cara melakukan sundulan bola dengan berlari yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan berlari menuju bola yang datang.
  • Setelah itu pandangan difokuskan menuju datangnya bola.
  • Lakukan gerakan seperti akan menyundul bola.
Teknik heading dalam sepak bola ini hampir sama dengan teknik menyundul bola menggunakan sikap berdiri. Namun perbedaannya terletak pada gerakan lari menuju arah datangnya bola. Setelah itu baru melakukan teknik sundulan bola menggunakan sikap tubuh dan gaya yang sama dengan gerakan heading sikap berdiri.
Baca juga : Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana

Teknik Heading Sikap Melayang

Heading Sikap Melayang
Macam teknik menyundul bola dalam sepak bola selanjutnya ialah teknik heading menggunakan sikap melayang. Teknik sundulan ini biasanya berguna untuk membuat gol di gawang lawan. Hasil sundulan bola akan memuaskan jika arah dan sudut sasarannya tepat dan sempurna. Namun selain itu juga membutuhkan keberanian pemain dalam menjatuhkan tubuhnya ketika hendak menyundul bola.

Hal ini dikarenakan teknik ini memadukan gerakan melompat dan melayangkan tubuh dengan sikap akhir menjatuhkan tubuh ke tanah setelah menyundul bola. Jenis teknik sundulan bola dalam sepak bola tersebut digunakan untuk membuat bola lambung dengan ketinggian sedang diatas tanah.

Sekian penjelasan mengenai macam macam teknik menyundul bola dalam sepak bola. Teknik heading dalam sepak bola sering digunakan untuk menjaga gawang dari tim lawan dan mengecoh pemain bertahan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Menyundul Bola Dalam Sepak Bola (Teknik Heading)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel