Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja

Advertisement

Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja - Tenis meja ialah jenis olahraga yang menggunakan bola bola kecil. Jenis olahraga ini banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia karena tidak membutuhkan lapangan yang luas. Tenis meja dimainkan diatas meja berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu. Selain itu adapula cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang juga menentukan kemenangan dari pemainnya. Pegangan bet tersebut biasanya berkaitan dengan teknik dasar tenis meja yang ada.

Keberhasilan dari seorang pemain tenis meja terletak di teknik yang digunakan serta cara memegang betnya. Para pemain harus menyakini bahwa tipe pegangan yang digunakan sesuai dengan dirinya. Maka dari itu kelemahan yang dimilikinya dapat tertutupi dengan baik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memegang bet dalam permainan tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja

Cara memegang bet dalam permainan tenis meja dapat dibagi menjadi beberapa macam. Memegang bet tersebut dapat dilakukan dengan cara Shakehand Grip, Penholder Grip dan Seemiller Grip. Berikut pejelasan selengkapnya:
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja
Shakehand Grip
Cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang pertama ialah shakehand grip. Adapun cara melakukannya yaitu:

  • Letakkan bet tegak lurus dengan lantai. Pegang bet menyerupai saat bersalaman atau berjabat tangan.
  • Luruskan jari telunjuk dibawah permukaan bet. Lalu letakkan ibu jari di bagian bet yang lain.
  • Luruskan dan lemaskan ibu jari agar permukaan bet pemukul sejajar dengan kuku anda. Usahakan ibu jari tidak menempel dengan bet.
  • Ibu jari harus disandarkan pada bidang bet kemudian letakkan telunjuk sejauh seperempat inchi dari jari telunjuk.
  • Usahakan ibu jari rapat dengan samping bet.

Penholder Grip
Cara memegang bet dalam permainan tenis meja selanjutnya ialah penholder grip. Pegangan bet ini berguna saat melakukan pukulan forehand. Namun tidak sesuai untuk pukulan backhand karena terlalu sulit. Tipe pegangan bet tersebut banyak digunakan oleh pemain yang mempunyai pergerakan kaki dan agilitas yang cepat. Adapun cara melakukannya yaitu:
Baca juga : Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan
  • Bet dipegang dengan arah kebawah dimana posisi pegangannya menuju ke atas. Pegang bet menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti memegang pena.
  • Luruskan atau tekuk jari yang digunakan untuk memegang bet sesuai dengan kenyamanan masing masing.

Seemiller Grip
Cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang terakhir ialah seemiller grip. Seemiller grip dapat disebut American Grip. Adapun cara melakukannya yaitu:
  • Teknik memegang ini sama seperti pegangan bet shakehand grip.
  • Namun bet diputar dengan sudut 90 derajat saat melakukan pukulan backhand. Teknik ini tidak cocok untuk melakukan teknik pukulan forehand.
  • Jari telunjuk ditekuk pada sisi sepanjang bet.
Sekian penjelasan mengenai cara memegang bet dalam permainan tenis meja. Teknik pegangan bet dapat dilakukan dengan cara Shakehand Grip, Penholder Grip dan Seemiller Grip. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar