3 Teknik dan Cara Memegang Bet Tenis Meja

3 Teknik dan Cara Memegang Bet Tenis Meja - Olahraga menjadi mata pelajaran yang banyak disukai siswa. Selain menyehatkan, setiap aktivitasnya pun sangat menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama kawan. Materi yang tak terlalu kompleks juga membuatnya cukup mudah untuk dipahami.

Teknik dasar tenis meja sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Ketika masuk ke jenjang yang lebih tinggi (SMP/SMA) maka cakupan pembahasannya pun akan semakin kompleks. Misalnya mempelajari teknik dasar memegang bet tenis meja, menghafal macam gaya memegang bet, teknik pukulan, smash, bertahan, dan sebagainya.


Meski smateri secara keseluruhan bisa dibaca sendiri dari LKS serta buku pedoman penjas. Tapi tak serta merta membuat kalian mampu memahami implementasi dengan baik. Inilah alasan mengapa guru terus memberikan contoh gerakan secara praktikum ketika.

3 Teknik dan Cara Memegang Bet Tenis Meja

Secara garis besar ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi tingkat permainan seseorang. Mulai dari penguasaan teknik dasar yang baik, pemahaman teori, serta intensitas latihan yang dijalaninya. Demikian juga jika kita ingin menjadi atlet ping pong yang handal maka harus membekali diri dengan berbagai faktor tersebut.

Sedangkan keberhasilan teknik memukul ataupun menangkis bola dipengaruhi bagaimana cara memegang bet tenis meja yang baik. Para pemain harus menyakini bahwa tipe pegangan yang digunakan sesuai dengan dirinya. Maka dari itu kelemahan yang dimilikinya dapat tertutupi dengan baik.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja
Cara memegang bet dalam permainan tenis meja dapat dibagi menjadi beberapa macam. Memegang bet tersebut dapat dilakukan dengan cara Shakehand Grip, Penholder Grip dan Seemiller Grip. Pada artikel sebelumnya telah saya jabarkan penjelasan mulai dari kelebihan, kekurangan, teknik, dan tips terkait masing-masing gaya.

Tapi, dalam artikel kali ini saya ingin membahasnya kembali sebagai bahan referensi. Saya tak akan menyampaikanya secara rinci seperti sebelumnya. Tapi lebih bersifat general dan menjadi rangkuman bagi anda yang sedang mengerjakan tugas penjas.

Teknik Shakehand Grip

Cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang pertama ialah shakehand grip. Adapun cara melakukannya yaitu:

  1. Letakkan bet tegak lurus dengan lantai. Pegang bet menyerupai saat bersalaman atau berjabat tangan.
  2. Luruskan jari telunjuk dibawah permukaan bet. Lalu letakkan ibu jari di bagian bet yang lain.
  3. Luruskan dan lemaskan ibu jari agar permukaan bet pemukul sejajar dengan kuku anda. Usahakan ibu jari tidak menempel dengan bet.
  4. Ibu jari harus disandarkan pada bidang bet kemudian letakkan telunjuk sejauh seperempat inchi dari jari telunjuk.
  5. Usahakan ibu jari rapat dengan samping bet.

Teknik Penholder Grip

Cara memegang bet dalam permainan tenis meja selanjutnya ialah penholder grip. Pegangan bet ini berguna saat melakukan pukulan forehand. Namun tidak sesuai untuk pukulan backhand karena terlalu sulit. Tipe pegangan bet tersebut banyak digunakan oleh pemain yang mempunyai pergerakan kaki dan agilitas yang cepat. Adapun cara melakukannya yaitu:
Baca juga : Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasan
  1. Bet dipegang dengan arah kebawah dimana posisi pegangannya menuju ke atas. Pegang bet menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti memegang pena.
  2. Luruskan atau tekuk jari yang digunakan untuk memegang bet sesuai dengan kenyamanan masing masing.

Teknik Seemiller Grip

Cara memegang bet dalam permainan tenis meja yang terakhir ialah seemiller grip. Seemiller grip dapat disebut American Grip. Adapun cara melakukannya yaitu:
  1. Teknik memegang ini sama seperti pegangan bet shakehand grip.
  2. Namun bet diputar dengan sudut 90 derajat saat melakukan pukulan backhand. Teknik ini tidak cocok untuk melakukan teknik pukulan forehand.
  3. Jari telunjuk ditekuk pada sisi sepanjang bet.
Sekian penjelasan mengenai cara memegang bet dalam permainan tenis meja. Teknik pegangan bet dapat dilakukan dengan cara Shakehand Grip, Penholder Grip dan Seemiller Grip. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Teknik dan Cara Memegang Bet Tenis Meja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel