Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul)

Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul) - Bola kasti menjadi salah satu olahraga yang populer dimainkan oleh siswa sekolah. Mulai dari jenjang sekolah dasar sampai tingkat menengah atas pun gemar bermain kasti. Bola kasti masuk dalam kategori olahraga kompetitif yang dilaksanakan secara berkelompok. Salah satu bertugas menjadi penjaga yang menangkap dan mencegah pemain lawan mencetak angka. Sedangkan tim lain sebagai penyerang memukul bola dan berlari untuk memperoleh poin.

Teknik Dasar Permainan Kasti

Dalam permainan kasti ada beberapa pos yang diberi tanda dengan tiang. Pos tersebut berfungsi sebagai tempat aman kepada pemain pemukul agar tidak dapat digebok atau dilempar bola oleh pemain jaga. Giliran pemain serang dalam memukul dilakukan secara bergantian dengan mendapatkan umpan dari pemain jaga. Pemain yang bertugas menjaga bola berada disekitar lapangan agar dapat menangkap bola yang telah dipukul oleh pemain serang. Kalian perlu menguasai beberapa teknik dasar bola kasti untuk memenangkan pertandingan tersebut.

Sebagai pemain jaga kalian wajib mengetahui teknik menjaga lawan dan teknik menangkap bola. Tapi jika menjadi pemain penyerang kita harus tau cara memukul bola kasti dan kemampuan berlari menuju check point. Jika tim berhasil melewati semua pos dan kembali menuju pos pemukul seperti semula maka setiap pemain akan dihitung nilai.

Bermain bola kasti sebenarnya sangat menyenangkan jika diimbangi sportifitas antar regu. Tapi hal penting yang tak kalah dengan spotifitas tak lain adalah gerakan serta teknik dasar permainan kasti itu sendiri. Misal kalian mendapatkan tugas membuat rangkuman cara memukul bola kasti, menangkap, maupun melakukan pukulan maka simaklah artikel di bawah.

Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul)

Pentingnya mempelajari teknik dasar permainan kasti dilandaskan atas peran yang berbeda antar pemain. Maknanya, tidak semua bertugas memukul bola maupun melempar bola sebagai umpan. Sebenarnya guru sudah mengajarkan materi bola kasti baik secara teori maupun praktek. Kalian pun dapat menambah referensi dengan membaca buku pedoman penjas maupun browsing lewat internet.

Meski demikian masih banyak siswa kebingungan jika diminta memberi penjelasan cara melakukan pukulan kasti dan lain sebagainya. Padahal materi sedemikian rupa kerap kali muncul sebagai butir soal ujian baik pilihan ganda maupun uraian.

Secara garis besar teknik dasar bola kasti terdiri dari cara memukul bola, melempar bola, dan menangkap bola. Masing-masing pemain tentunya memiliki role atau peran berbeda mengingat kasti masuk dalam olahraga tim. Pergantian status tim pun mungkin terjadi apabila seluruh penyerang sudah kehabisan pemain dan tak memiliki pemukul lagi.
Baca juga : 5 Teknik Dasar Mengoper atau Pass Dalam Permainan Bola Basket
Pada praktek bola kasti kalian akan mendapati 2 pos dengan jarak minimal 20 meter. Apabila kita menguasai setiap teknik dasar yang terdapat dalam permainan ini maka kita memenangkan permainan. Teknik dasar permainan kasti dapat dibagi menjadi beberapa tahap yaitu memukul, menangkap dan melempar bola. Dibawah ini terdapat penjelasan masing masing teknik. 

Teknik Melempar Bola

Mampu melempar bola dan memberikan umpan adalah salah satu syarat wajib untuk pemain. Lemparan yang pas ke arah kawan mampu menghasilkan pukulan yang baik pula. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan tim karena rotasi pemain pun akan terjadi.

Teknik dasar bola kasti melempar

Nah, sebelum kita mempelajari teknik dasar permainan kasti tersebut alangkah baiknya kita menguasai vcara memegang bola terlebih dulu. Tak sedikit siswa yang gagal mengumpan karena posisi bola yang salah di genggaman tangan. Oleh karenanya, simaklah penjelasan di bawah:
  1. Bola dipegang menggunakan seluruh jari tangan.
  2. Kemudian bola dipegang dengan erat.
  3. Saat memegang bola usahakan jarak jari tidak terlalu rapat.
Setelah mengetahui teknik memegang bola kemudian anda dapat melakukan teknik dasar permainan kasti yaitu melempar bola. Teknik melempar ini dapat dibagi menjadi melempar secara lurus maupun melempar bola secara melambung. Berikut penjelasannya:

Melempar Bola Melambung

Teknik dasar permainan kasti ini bertujuan untuk memberikan bola kepada teman dengan jarak yang sedikit jauh. Teknik dasar ini digunakan oleh pemain penjaga yang bertugas untuk melempar bola ke pemukul. Jika anda bertugas sebagai pelempar maka anda harus dapat melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul. Teknik lambungan dikatakan benar apabila letak bola berada diantara pusar dengan dada. Dibawah ini terdapat cara melakukan teknik melempar secara melambung:
  1. Arahkan pandangan anda kedepan.
  2. Posisikan badan anda menyamping dengan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.
  3. Buka kedua kaki selebar lebarnya.
  4. Kaki kanan sedikit dibengkokkan sedangkan kaki kiri usahakan tetap lurus.
  5. Lemparkan bola kearah atas kepala untuk mendapatkan lambungan yang tinggi.
  6. Lakukan proses melempar dengan posisi tangan.
  7. Lakukan pelemparan secara berulang agar lebih baik.

Melempar Bola Lurus

Selanjutnya cara melempar bola dapat dilakukan secara lurus. Teknik dasar bola kasti ini menggunakan tenaga secukupnya sehingga mendapatkan hasil lemparan yang tidak terlalu pelan maupun keras. Teknik permainan kasti ini memerlukan ketepatan dan kecepatan yang baik. Pemain penjaga yang melembar bola lurus memiliki sasaran pantat atau punggung pemain serang. Cara melakukannya yaitu:
  1. Posisikan badan anda menyamping dengan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.
  2. Buka kedua kaki selebar lebarnya.
  3. Kaki kanan sedikit dibengkokkan sedangkan kaki kiri usahakan tetap lurus.
  4. Bola tersebut dipegang menggunakan tangan kanan dan sikut membentuk sudut 90 derajat.
  5. Luruskan tangan kuru kedepan dengan sejajar bahu.
  6. Pelemparan bola dapat sejajar dengan kepala.
  7. Lakukan proses melempar dengan posisi tangan.
  8. Lakukan pelemparan secara berulang agar lebih baik.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam, Kaki Bagian Luar dan Punggung Kaki

Teknik Menangkap Bola

Sebagai pemain bertahan kalian wajib mengetahui cara menangkap bola kasti dengan baik dan benar. Pengetahuant tersebut bisa membantu tim kita untuk mengantisipasi pemain lawan yang hendak masuk ke check poin maupun pos awal. Biasanya, tanpa latihan khusus pun siswa sudah pandai dalam hal mengoper maupun menangkap bola.
Menangkap bola

Teknik dasar bola kasti selanjutnya adalah bagaimana cara menangkap bola datang. Teknik ini dilakukan setelah anda menguasai cara melempar bola. Mengapa demikian? karena kalian harus mengetahui terlebih dulu karakteristik bola yang datang apakah mendatar, lurus, atau lambung. Jika sudah menguasainya, maka tim pun mampu mendominasi jalannya permainan meski menjadi penyerang maupun bertahan.

Menangkap Bola Melambung

Menurut saya pribadi bola melambung cukup mudah untuk kita tangkap karena lajunya tidak terlalu cepat. Selain itu, posisi yang melambung membuat pemain bisa dengan mudah memprediksi lintasannya. Cara melakukan teknik dasar kasti dengan menangkap bola secara melambung yaitu:
  1. Posisikan badan berdiri dan kaki kanan berada didepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Posisikan tangan berhadapan dengan sikut sedikit ditekuk.
  4. Usahakan jari jari tangan lemas dan renggang.
  5. Kemudian tangkaplah bola yang datang.

Menangkap Bola Mendatar

Bola datar biasanya dioper secara cepat oleh teman satu tim untuk mengantisipasi pelari dari tim lawan. Meski efektif secara mekanik tapi tak sedikit pula siswa kesulitan dalam menangkapnya karena berbagai alasan. Cara melakukan teknik dasar bola kasti dengan menangkap bola secara mendatar yaitu:
  1. Posisikan badan dengan berdiri dan kaki kanan berada didepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Posisikan tangan berhadapan dengan sikut sedikit ditekuk.
  4. Usahakan jari jari tangan lemas dan renggang.
  5. Kemudian tangkaplah bola yang datang.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Permainan Rounders Beserta Luas Lapangan Rounders

Menangkap Bola Yang Menyusur Tanah

Inilah salah satu kesalahan yang sering dilakukan baik oleh tim pemukul maupun pemain bertahan saat melempar bola. Kurangnya power yang diberikan membuat arah bola cenderung mendatar dan menyusur ke tanah.

Tapi terkadang bola yang menyusur tanah justru sulit untuk ditangkap apabila pemain tidak memiliki fokus yang baik. Terlebih jika tim lawan memang sengaja mengincar bola rendah lalu menciptkan pukulan dengan power yang kuat. Cara melakukan teknik dasar permainan kasti dengan menangkap bola menyusur ketanah yaitu
  1. Posisikan badan dengan berdiri dan kaki kanan berada didepan.
  2. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  3. Posisikan lutut kanan menempel tanah dan kaki kiri sedikit ditekuk.
  4. Kemudian tangkaplah bola yang datang.
Anda dapat melakukan teknik dasar permainan kasti menangkap dan melempar bola secara berulang ulang. Anda dapat melakukan teknik tersebut sendiri dengan cara melemparnya ketembok. Namun lebih baik jika berlatih teknik ini dilakukan secara berpasangan. Anda dapat berlatih teknik tersebut dengan jarak dekat terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan jarah jauh sekitar 4 meter.

Teknik Memukul Bola

Teknik dasar bola kasti yang tak kalah penting adalah bagaimana cara memukul bola yang baik dan benar. Tentunya setiap gerakan yang dilakukan harus sesuai pedoman agar hasil pukulan bisa maksimal. Tak sedikit pula siswa yang gagal memukul bola kasti karena tidak tau teknik pukulan tersebut.

Padahal ada banyak sekali teknik pukulan permainan kasti dengan tujuan berbeda-beda. Contohnya menciptakan pukulan melambung agar jarak dan durasi jatuhnya bola menjadi semakin lama. Secara otomatis pemain penyerang pun memiliki banyak waktu untuk masuk ke check point maupun masuk ke pos awal.
Teknik dasar permainan kasti yang terakhir ialah teknik memukul bola. Teknik ini merupakan sebuah teknik yang harus dikuasai oleh pemain kasti. Pemain tersebut dapat memukul bola dengan beberapa cara. Hal yang paling penting dalam memukul bola ialah memukul sejauh mungkin agar pemain penjaga tidak dapat menangkap bola tersebut. Sebelumnya anda harus memperhatikan teknik memegang alat pemukul yang benar. Berikut cara memegang alat pemukul yang benar:
  1. Kaki usahakan dibuka selebar bahu.
  2. Peganglah pemukul tadi menggunakan tangan kanan.
  3. Ayunkan pemukul kebelakang sampai bahu.
  4. Gunakan tangan kiri untuk memberikan tanda kepada pelempar.
  5. Perhatikan arah bola, kemudian pukul bola sekuat mungkin.
Teknik dasar permainan kasti ini juga dapat dibagi tiga yaitu memukul bola secara melampung, memukul bola secara merendah, maupun memukul bola secara mendatar. Dibawah ini terdapat penjelasan masing masing teknik dasar memukul bola:

Memukul Bola Melambung

Mampu memukul bola melambung menjadi teknik dasar bola kasti yang harus kalian kuasai. Pukulan melambung yang kuat akan menghasilkan jarak yang jauh sehingga lawan pun akan kewalahan menangkapnya. Dengan demikian, rotasi pemain bisa lebih lama dan tim akan mencetak akan lebih banyak pula. Lantas bagaimana cara memukul bola agar melambung?
  1. Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.
  2. Tangan yang memegang alat pemukul usahakan sedikit serong kira kira 45 derajat kebawah.
  3. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  4. Ayunkan pemukul kesamping kiri bagian atas kemudian pukullah bola sekuat tenaga.

Memukul Bola Mendatar

Teknik memukul bola mendatar ialah sebuah teknik dasar permainan kasti yang bertujuan agar bola dapat melesat kedepan dengan cepat. Berikut cara melakukannya:
  1. Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.
  2. Letakkan pemukul agar dapat sejajar dengan bahu.
  3. Posisikan tangan kiri lurus untuk mendapatkan bola secara mendatar.
  4. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  5. Ayunkan pemukul secara mendatar kemudian pukullah bola sekuat tenaga.

Memukul Bola Merendah

Teknik memukul bola merendah ialah sebuah teknik dasar permainan kasti yang bertujuan agar bola dapat memantul ketanah dengan cepat. Berikut cara melakukannya:
  1. Posisikan kaki kanan berada dibelakang dan kaki kiri berada didepan.
  2. Letakkan pemukul kearah belakang atas.
  3. Arahkan pandangan anda menuju datangnya bola.
  4. Ayunkan pemukul dari atas kebawah kemudian pukullah bola sekuat tenaga.
Ada banyak sekali variasi gerakan serta strategi yang melibatkan teknik dasar bola kasti seperti di atas. Pada dasarnya permainan satu ini memang memerlukan pengetahuan, perhitungan, serta kerjasama tim yang solid. Nah, jika kalian kebetulan sedang mendapat tugas untuk menulis rangkuman materi kasti maka jadikanlah artikel teknik dasar kasti di atas sebagai referensi.

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul)"