12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar

Advertisement

12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar - Kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya ialah kelincahan tubuh. Kelincahan tubuh dapat dilatih menggunakan cara tertentu. Cara melatih kelincahan tubuh dapat dilakukan dengan teknik latihan yang benar. Kelincahan berasal dari kata dasar "Lincah" yang artinya leluasa dan mudah bergerak. Seseroang yang memiliki kelincahan tubuh baik, biasanya juga memiliki kelenturan tubuh yang baik pula. Kelincahan tubuh juga berkaitan dengan kecepatan yang dimiliki oleh orang tersebut. Akurasi dan kecepatan yang baik tersebut akan membuat seseorang dapat bergerak dengan lincah. Tidak heran jika para binaragawan melakukan latihan untuk melatih kelincahan tubuh.

Kemampuan kelincahan yang baik banyak diinginkan oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki kelincahan yang baik biasanya mempunyai ketangkasan, kecerdasan dan ketepatan yang baik pula. Hal inilah yang menyebabkan kelincahan sangat berkaitan dengan gerak reaksi reflek kaki ataupun tubuh secara tiba tiba dan otomatis. Cara melatih kelincahan tubuh dilakukan dengan berbagai bentuk latihan daya tahan tubuh. Cara tersebut diharapkan dapat membuat tubuh lebih terlatih dan lebih sehat.

Dalam melakukan latihan kelincahan, anda harus lebih konsentrasi dan berhati hati agar tidak mengakibatkan kecelakaan atau cedera tubuh yang fatal. Misalnya melatih kelincahan dengan cara melewati rintangan. Cara ini harus dilakukan dengan pengaturan reflek yang baik agar kemungkinan jatuh semakin kecil. Disisi lain gerak kelincahan dapat dimanfaatkan untuk penunjang permainan bulu tangkis, bola basket dan jenis olahraga lainnya yang membutuhkan tingkat refleksi yang baik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melatih kelincahan tubuh dengan benar. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar

Melatih kelincahan tubuh memiliki manfaat yang begitu besar bagi diri kita. Apalagi kelincahan tersebut berkaitan denan tingkat refleksi tubuh yang baik. Tentunya tingkat refleksi ini dapat membuat tubuh menjadi lebih peka dan dapat leluasa bergerak. Berikut beberapa cara melatih kelincahan tubuh dengan benar:
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani
Latihan Lari Lurus Bolak Balik (Shutle Run)
Cara melatih kelincahan tubuh yang pertama dapat dilakukan dengan latihan lari lurus bolak balik atau shutle run. Berikut cara melakukan latihannya:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan jongkok, seperti ingin memulai berlari.
  • Letakkan salah satu kaki didepan.
  • Lakukan latihan lari dengan track lurus setelah mendengar aba aba.
  • Kembali berlari dengan arah yang berlawanan setelah mencapai ujung track. 
  • Lakukan latihan tersebut secara rutin dan rasakan reaksinya.

Latihan Lari Zig Zag
Cara melatih kelincahan tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan latihan lari zig zag. Latihan lari zig zag sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan otot kaki. Pasalnya bentuk latihan ini sangat mengandalkan kekuatan otot kaki yang baik. Berikut cara melakukan latihan lari zig zag:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Letakkan kedua tangan disamping badan.
  • Arahkan pandangan anda kedepan.
  • Lakukan gerakan lari berbelok belok setelah mendengar aba aba.
  • Lakukan latihan lari dari arah kiri kekanan secara bergantian.
Bentuk latihan kelincahan ini menggunakan koordinasi otak, mata dan kaki yang bagus. Maka dari itu latihan lari zig zag dapat digunakan untuk melatih kelincahan tubuh.

Latihan Reaksi Beban Gerak Pada Balon
Cara melatih kelincahan tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan latihan reaksi beban gerak pada balon. Bentuk latihan ini memanfaatkan balon yang berisi angin sebagai alat pendukungnya. Latihan reaksi beban gerak tersebut berguna untuk melatih kelincahan seluruh organ tubuh, terutama otot perut. Berikut cara melakukan latihan beban gerak pada balon:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Letakkan balon pada perut dan ikat dengan kuat.
  • Lakukan gerakan berlari dengan balon yang tetap terikat diperut.
Baca juga : Macam Macam Start Jongkok Beserta Tekniknya
Cara melatih kelincahan tubuh ini juga bermanfaat untuk melatih pernafasan agar lebih efektif. Beban dan tarikan pada balon akan membuat otot perut menjadi terbebani sekaligus terlatih dengan baik.

Latihan Dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)
Cara melatih kelincahan tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan latihan jongkok berdiri atau squat thrust. Bentuk latihan ini dapat diawali dengan posisi jongkok kemudian berdiri lagi secara berulang ulang. Meski gerakannya sederhana, namun membutuhkan tidak kehati hatian yang baik. Berikut cara melakukan latihan jongkok berdiri:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Lakukan gerakan jongkok sambil berhitung setelah mendengar aba aba.
  • Sentuhkan kedua tangan ke lantai ketika posisi badan sedang jongkok.
  • Posisikan tubuh berdiri lagi.
  • Lakukan gerakan tersebut secara berulang ulang agar otot otot tubuh anda lebih lincah.

Latihan Dengan Lompat Tangga
Cara melatih kelincahan tubuh selanjutnya dapat dilakukan dengan latihan lompat tangga. Bentuk latihan ini memanfaatan tangga untuk melatih stamina hingga mencapai batas maksimal. Selain itu latihan tangga juga digunakan untuk melatih tingkat refleksi kaki, membuat tubuh menjadi lebih kuat dan membuat sistem peredaran darah dapat berjalan dengan baik. Adapun cara melakukan latihan lompat tangga sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak.
  • Lakukan gerakan melompati tangga dengan menggunakan salah satu kaki setelah mendengar aba aba.
  • Lakukan latihan tersebut dengan kaki yang lainnya secara bergantuan.

Latihan Dengan Agility Balls
Cara melatih kelincahan tubuh yang terakhir dapat dilakukan dengan latihan agility balls. Bentuk latihan ini dapat melatih kelincahan sekaligus ketangkasan otak. Bentuk latihannya dengan sistem lempar tangkap bola bola kecil. Anda juga dapat melakukan latihan tangkap bola dengan memantulkanya ke tembok. Kemampuan menangkap bola inilah yang akan melatih kelincahan tubuh anda. 
Baca juga : Jenis Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasan
Pada dasarnya melatih kelincahan tubuh memiliki manfaat manfaat penting yang perlu anda ketahui. Manfaat melatih kelincahan tubuh yaitu untuk membentuk otot tubuh yang baik, meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, membantu pernafasan tubuh agar menjadi lebih baik, mencegah pengeroposan tulang, mengurangi lemak dalam tubuh, dan meningkatkan postur tubuh.

Sekian penjelasan mengenai beberapa cara melatih kelincahan tubuh dengan benar. Kelincahan tubuh memiliki beberapa manfaat yang baik dalam melakukan antivitas sehari hari. Selain itu kelincahan juga dapat mendukung aktivitas olahraga bola basket, bulu tangkis dan bentuk olahraga lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

12 Cara Melatih Kelincahan Tubuh Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar