Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan - Penjas menjadi salah satu mapel favorit siswa. Pasalnya, hampir dalam setiap pembelajaran kalian bisa menemukan berbagai aktivitas menarik dan minim akan teori. Salah satunya adalah permainan softball yang akan menjadi pokok pembahasan kita kali ini. Nah, sebenarnya apa itu softball?

Softball adalah permainan yang menggunakan bola berukuran kecil dengan diameter berkisar antara 28 sampai 30,5 cm. Dalam dunia pendidikan siswa biasanya menyebutnya sebagai olahraga sofbol. Softball sendiri dilaksanakan oleh dua tim yang berlawanan dan ingin saling mengalahkan.

Masing-masing tim memiliki jumlah pemain 9 orang serta beberapa pemain cadangan. Permainan ini memiliki peraturan dan ukuran lapangan sendiri seperti halnya jenis olahraga lainnya. Berapa ukuran lapangan softball? Bagaimana bentuk gambar lapangan softball?

Pertama kali permainan softball ditemukan oleh George Hancock pada tahun 1887 yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Sofbol pada awalnya diciptakan dari pengembangan permainan Hardball dan baseball. Sofbol dimainkan oleh dua grub yang salah satu grub bertugas sebagai Ofensif (Pemukul) dan lainnya sebagai Defensif (Penjaga). Tim pemukul harus memukul bola dan berlari memutari tiga base hingga sampai home plate agar memperoleh nilai.

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Materi sofbol sebenarnya sudah mulai dikenalkan pada siswa semenjak berada di bangku SMP. Ketika menginjak SMA siswa pun dituntut harus menguasai setiap aspek yang meliputi aturan dasar dan pengetahuan umum tentang softball. Inilah yang terkadang membuat kewalahan mengingat olahraga bola kecil satu ini tidak terlalu familiar di telinga kita.

Di lain sisi, gambar lapangan softball pun sering menjelma menjadi butir soal yang notabenya membingungkan. Tak jarang siswa salah saat menyatakan panjang lebar ataupun komponen lapangan permainan itu.

Permainan Softball tidak terlalu populer dikalangan masyarakat Indonesia apabila kita bandingkan dengan sepakbola ataupun bola voli. Meski begitu olahraga ini banyak digemari oleh penduduk belahan bumi bagian barat khususnya Amerika Serikat. Softball dimainkan dengan menggunakan alat bernama stick atau bat untuk memukul. Peraturannya pun hampir mirip kasti sehingga membuat kita dengan cepat bisa memahaminya.
Sebelum kalian mulai memainkan sofbol alangkah baiknya kalian mengetahui beberapa aturan dasar terlebih dahulu. Pemahaman tentang bentuk lapangan dan ukuran lapangan softball pun juga harus kalian kuasai. Oleh karenanya dalam artikel ini saya akan memberikan contoh gambar lapangan softball beserta ukurannya.

Gambar Lapangan Softball

Meski menjadi salah satu materi dasar yang harus dikuasai tapi faktanya masih banyak siswa tak mengetahui seperti apa gambar lapangan softball. Menurut saya hal ini sangat lumrah karena olahraga tersebut tak terlalu populer dimainkan oleh masyarakat. Keterbatasan alat, lahan, dan pengetahuan menjadi kendala utama mengapa pengenalan softbol sulit untuk diterima.

Bahkan, ketika di sekolah pun guru akan lebih condong mengajarkan kasti karena peraturan dan teknik dasarnya lebih konvensional. Masalah mulai muncul ketika siswa harus dihadapkan butir soal ujuan yang membahas materi tersebut. Mayoritas kebingungan saat diminta menyebutkan ukuran lapangan softball yang notabenya tak banyak diketahui. 

Lantas seperti apa gambar lapangan softball standar internasional? Inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Olahraga ini memang jarang dimainkan karena keterbatasan lapangan. Tak heran jika siswa sendiri pun tak mengetahui seperti apa bentuk lapangan permainan tersebut. Oleh karenanya pada sesi ini saya ingin memberikan ilustrasi agar kalian memiliki perspektif lebih baik.

Gambar Lapangan Softball
Gambar Lapangan Softball

Secara garis besar gambar lapangan sofbol di atas memang menyerupai bentuk setengah lingkaran. Di bagian dalamnya terdapat zona berbentuk kotak yang bernama infield (zona penjagaan dalam). Nah, dua tim yang bermain akan dipisahkan oleh zona tersebut. Satu tim akan berada di dalam lapangan persegi, sedangkan tim lain akan menjaga zona berbentuk lingkaran seperti pada gambar di atas.

Meski hafal bentuk dasarnya tapi kalian tetap harus mengetahui setiap aspek dan komponen di dalamnya. Karena ukuran yang meliputi panjang, lebar, dan diameter garis lingkaran tak boleh dibuat sembarangan. Standar tersebut bahkan sudah dirumuskan dalam asosisasi di ranah internasional.

Ukuran Lapangan Softball

Berapa ukuran lapangan softball standar nasional dan internasional? pertanyaan ini mungkin sering terngiang di benak kalian. Faktanya materi tersebut tercantum dalam buku pedoman penjas secara jelas. Tapi karena mayoritas siswa memiliki kebiasaan malas membaca akhirnya mereka pun kesulitan menjawab ketika ujian berlangsung.
Memahami berapa panjang dan lebar garis lapangan softball sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa. Agar nanti kalian tak kesulitan ketika diminta menjelaskan aspek-aspek yang ada dalam permainan maka simaklah penjelasan di bawah:

Lapangan Softball
Gambar Lapangan Softball

Berdasarkan gambar di atas kita dapat memperoleh beberapa ukuran lapangan sotfball secara akurat. Selain mengetahui panjang dan lebarnya ada beberapa aspek lain yang wajib kita pahami. Oleh karenanya, simaklah keterangan lapangan softball di atas yaitu meliputi:
  • Lapangan softball memiliki panjang 16,76 m sampai 18,29 m.
  • Marka pelari (home base) menuju posisi Pitcher Plate (Pelempar) memiliki jarak 13,07 meter.
  • Ukuran tempat pelempar adalah 60 x 15 cm.
  • Lapangan softball memiliki 3 base (tempat berhenti) yaitu base I, base II, dan base III.
  • Memiliki tempat untuk memukul bola (home plate/home base).
  • Home base memiliki bentuk bantal berukuran 38 x 38 cm dengan tebal 5 - 12,5 cm.
  • Home plate memiliki ukuran 43 x 22 cm dengan puncak 30 cm.
  • Jarak lintasan fast pitch ialah 18,29 m atau 60 feet.
  • Jarak lintasan slow pitch ialah 19,81 m atau 60 - 65 feet.
  • Ukuran lapangan softball selanjutnya ialah jarak pitching (melempar) fast pitch untuk dewasa 13,11 m atau 43 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) fast pitch untuk usia <18 tahun ialah 12,19 m atau 35 - 40 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) fast pitch untuk usia <15 tahun ialah 12,19 m atau 35 - 40 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Ukuran lapangan softball selanjutnya ialah jarak pitching (melempar) slow pitch untuk dewasa 15,24 m atau 50 kaki (putri, putri universitas dan putra).
  • Jarak pitching (melempar) slow pitch untuk usia <18 tahun ialah 15,24 m atau 50 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) slow pitch untuk usia <15 tahun ialah 15,24 m atau 50 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Lapangan softball berbentuk bujur sangkar.
Ukuran lapangan softball tersebut telah disesuaikan dengan standar Nasional dan Internasional. Permainan ini memiliki posisi pemain yang terdiri dari pelempar bola, penjaga, pemukul bola, dan penangkap bola. Sekian penjelasan mengenai ukuran lapangan softball beserta gambar lapangan softball dan keterangannya.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel