Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Advertisement

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan - Permainan softball ialah permainan bola yang menggunakan bola berukuran kecil. Biasanya bola yang digunakan berukuran diameter sekitar 28 - 30,5 cm. Permainan ini terkenal dengan nama permainan sofbol yang dilaksanakan oleh dua tim yang berlawanan dan ingin saling mengalahkan. Masing masing tim memiliki jumlah pemain 9 orang dan beberapa pemain cadangan. Permainan softball memiliki peraturan dan ukuran lapangan sendiri seperti halnya jenis olahraga lainnya. Bagaimana ukuran lapangan softball? Bagaimana bentuk gambar lapangan softball?

Pertama kali permainan softball ditemukan oleh George Hancock pada tahun 1887 yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Permainan sofbol pada awalnya diciptakan dari pengembangan permainan Hardball dan bisbol. Sofbol ini dimainkan oleh dua grub yang salah satu grub bertugas sebagai Ofensif (Pemukul) dan grub satunya sebagai Defensif (Penjaga). Tim pemukul harus memukul bola dan berlari memutari tiga base hingga sampai home plate agar memperoleh nilai. Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan ukuran lapangan softball beserta gambar lapangan softball dan keterangannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Permainan Softball di Indonesia tidak terlalu populer dikalangan masyarakat apabila dibandingkan dengan permainan sepakbola ataupun permainan bola voli. Meski begitu permainan softball banyak digemari di negara Amerika Serikat. Softball ini dimainkan dengan menggunakan alat bernama stick atau bat untuk memukul. Dibawah ini terdapat ukuran lapangan softball beserta gambar dan keterangannya yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Peraturan Permainan Softball Terlengkap
Gambar Lapangan Softball
Berdasarkan gambar di atas, kita dapat memperoleh beberapa ukuran lapangan softballnya. Adapun keterangan lapangan softball di atas yaitu meliputi:
  • Lapangan softball memiliki panjang 16,76 m sampai 18,29 m.
  • Marka pelari (home base) menuju posisi Pitcher Plate (Pelempar) memiliki jarak 13,07 meter.
  • Ukuran tempat pelempar adalah 60 x 15 cm.
  • Lapangan softball memiliki 3 base (tempat berhenti) yaitu base I, base II, dan base III.
  • Memiliki tempat untuk memukul bola (home plate/home base).
  • Home base memiliki bentuk bantal berukuran 38 x 38 cm dengan tebal 5 - 12,5 cm.
  • Home plate memiliki ukuran 43 x 22 cm dengan puncak 30 cm.
  • Jarak lintasan fast pitch ialah 18,29 m atau 60 feet.
  • Jarak lintasan slow pitch ialah 19,81 m atau 60 - 65 feet.
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai
  • Ukuran lapangan softball selanjutnya ialah jarak pitching (melempar) fast pitch untuk dewasa 13,11 m atau 43 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) fast pitch untuk usia <18 tahun ialah 12,19 m atau 35 - 40 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) fast pitch untuk usia <15 tahun ialah 12,19 m atau 35 - 40 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Ukuran lapangan softball selanjutnya ialah jarak pitching (melempar) slow pitch untuk dewasa 15,24 m atau 50 kaki (putri, putri universitas dan putra).
  • Jarak pitching (melempar) slow pitch untuk usia <18 tahun ialah 15,24 m atau 50 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Jarak pitching (melempar) slow pitch untuk usia <15 tahun ialah 15,24 m atau 50 kaki (putri) dan 14,02 m atau 46 kaki (putra).
  • Lapangan softball berbentuk bujur sangkar.
Ukuran lapangan softball tersebut telah disesuaikan dengan standar Nasional dan Internasional. Permainan ini memiliki posisi pemain yang terdiri dari pelempar bola, penjaga, pemukul bola, dan penangkap bola. Sekian penjelasan mengenai ukuran lapangan softball beserta gambar lapangan softball dan keterangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar