Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama

Advertisement

Pengertian dan Jenis Jenis Senam Irama - Gerakan olahraga memiliki beragam jenis dan beragam gerakan. Salah satunya ialah senam irama atau aktivitas gerak berirama. Pengertian senam irama ialah sebuah gerakan senam yang diiringi dengan musik. Gerakan senam irama ini memiliki sebuah pelajaran yang bersifat bebas dengan disertai irama yang selaras. Senam irama dapat dilaksanakan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Pada aktivitas gerak berirama ini biasanya menggunakan alat seperti simpai, bola, gada, topi, tongkat, pita dan sebagainya. Gerakan senam irama dengan jenis senam lainnya memiliki latihan yang hampir sama, namun untuk senam irama disertai dengan ritme atau irama. Poin utama dalam aktivitas senam berirama ialah kontinuitas gerakan, irama gerakan dan kelentukan tubuh. Gerakan ini juga memiliki jenis jenis langkah senam irama.

Pada tahun 1912 telah ditemukan sebuah gerakan senam pertama di Indonesia. Senam tersebut masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan Belanda. Olahraga senam ini mulai diperkenalkan disekolah sekolah bersamaan dengan diresmikannya pendidikan jasmani pada kala itu. Pertama kali, jenis senam yang mulai dikenalkan masih menganut sistem Jerman. Namun sistem tersebut diganti menjadi sistem Swedia yang lebih menonjolkan gerakannya yaitu pada tahun 1916. Sistem baru ini mulai diperkenalkan oleh Dr. H.F. Minkema sebagai perwira kesehatan angkatan laut Belanda. Jaman mulai bertambah dan gerakan senam mulai dikembangkan menjadi senam irama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian senam irama dan jenis jenis langkah senam irama.

Pengertian dan Jenis Jenis Senam Irama

Pada tahun 1942 Jepang masuk ke Indonesia. Pada saat itulah pengaruh gerakan senam kebarat baratan mulai menghilang dari Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pihak Jepang melarang semua aktivitas senam yang berada di masyarakat maupun disekolah sekolah. Gerakan senam tersebut diganti menjadi Taiso. Taiso ialah aktivitas senam pagi gaya kalestenik yang wajib dilakukan oleh semua sekolah sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Hal inilah yang mengakibatkan senam irama menjadi dikenal. Dalam gerakan ini memiliki pengertian senam irama dan jenis jenis langkah senam irama.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat

Pengertian Senam Irama

Pengertian senam irama ialah sebuah gerakan senam yang disertai dengan irama musik atau ritme. Jenis senam ini dikategorikan senam umum karena mempunyai ciri ciri yang meliputi :
  • Didampingi dengan nyanyian dan musik.
  • Gerakannya mudah untuk di ikuti.
  • Biaya yang dibutuhan tidak mahal.
  • Berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Diikuti oleh banyak peserta.
Pengertian senam irama ini juga dijelaskan bahwa setiap peserta harus menguasai setiap gerakannya. Dengan begitu manfaat yang didapatkan tubuh akan lebih maksimal serta gerakannya dapat dilakukan dengan serasi. Tujuan utama dalam gerakan senam irama ialah menjaga kesehatan, kekuatan dan membentuk keindahan pada tubuh. Terdapat tiga hal yang difokuskan dalam gerakan ini yaitu kontinuitas gerakan, ketepatan dengan irama atau musik dan  fleksibilitas atau kelentukan tubuh. Irama irama senam tersebut sudah dikenal ketika berada dibangku sekolah, contohnya 2/3, 4/4, 3/4 dan lain lain.

Pengertian senam irama ini menjelaskan tiga hal utama dalam gerakan. Seperti fleksibilitas atau kelentukan tubuh yang memiliki prinsip gerakan lentur sehingga membutuhkan waktu yang lama serta latihan yang tekun agar dapat dikuasai. Sedangkan untuk kontinuitas gerakan memerlukan gerakan yang disusun oleh rangkaian gerak yang sudah dipersiapkan dan siap untuk ditampilkan. Gerakan ini juga memerlukan waktu lama serta latihan yang rutin. Hal tersebut dikarenakan senam irama membutuhkan keserasian gerakan yang matang. Sebelumnya anda harus memahami jenis jenis langkah senam irama sebelum menggunakan bola, pita, simpai dan tali. Gerakan tersebut juga terdapat posisi tubuh ketika melakukan sebuah latihan senam irama.

Jenis Jenis Langkah Senam Irama

Jenis jenis langkah senam irama harus dipahami dan dikuasai sebelum menggunakan alat simpai, tali, gada, bola dan pita dalam melakukan latihan. Berikut jenis langkah senam irama beserta penjelasannya :

Langkah Loopas atau Biasa
Jenis langkah senam irama yang pertama ialah langkah loopas atau biasa. Langkah ini diawali dengan sikap badan berdiri tegak. Kemudian kaki kiri diletakkan didepan dan kedua lengan diletakkan disamping badan. Setelah itu dilanjutkan dengan langkah kaki kanan dengan mengjatuhkannya ke bagian tumit. Lalu langkahkan kaki kiri lagi dan lakukan secara bergantian. Dalam gerakan ini harus memperhatikan faktor utama dalam gerakan seperti gerakan badan agar lebih rileks, penyesuaian gerakan dengan irama, dan gerakan mengeper pada kaki yang difokuskan pada sendi lutut.

Jenis langkah senam irama ini menggunakan ritme 4/4 atau dddd, 3/4 atau ddd, dan 2/4 atau dd. Ritme tersebut dilakukan dengan posisi berdiri dengan kaki kiri dilangkahkan dan kedua tangan berada disamping badan. Dengan aba aba satu gerakan maka kaki kanan bergerak dengan meletakkan tumit didepan kaki kiri kemudian diikuti ujung jari kaki selanjutnya. Pada hitungan kedua lakukan pergantian kaki kiri, namun bagian lutut kaki harus mengeper dan bagian tumit harus jatuh ketanah.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya
Langkah Rapat
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah rapat. Langkah ini diawali dengan sikap awalan berdiri tegak. Kemudian kaki kanan dilangkahkan ke depan kaki kiri. Gerakan selanjutnya ialah melangkahkan kaki kiri kembali menuju depan kaki kanan, Lalu diikuti dengan gerakan merapatkan kedua kaki. Perapatan kedua kaki tersebut dilakukan dengan aba aba 1 hitungan kanan, ke 2 hitungan kiri, dan ke 3 hitungan kaki dirapatkan. Melangkahkan tumit agar jatuh sesuai hitungan harus memperhatikan prinsip dasar seperti pelaksanaannya harus luwes dan rileks, gerakannya harus sesuai dengan ritme atau irama, dan kaki digerakkan dengan cara mengeper dibagian lututnya.

Pada jenis langkah senam irama ini, kaki kiri harus dalam posisi tegak ketika dilangkahkan. Pada hitungan ke satu, kaki kiri melangkah ke depan. Kemudian pada hitungan ke dua, kaki kanan dilangkahkan agar telapak kaki kanan sejajar dengan telapak kaki kiri. Usahakan gerakan kaki mengeper. Gerakan selanjutnya dilakukan dengan pergantian kaki kanan dilangkahkan, lalu kaki kiri rapat dan tetap harus mengeper. Pada langkah senam irama ini menggunakan ritme 4/4 atau dddd dan 3/4 atau ddd.

Langkah Ballanspas atau Keseimbangan
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah ballanspas atau keseimbangan. Langkah ini diawali dengan sikap badan berdiri tegak. Pada aba aba pertama kaki kiri dilangkahkan ke depan. Kemudian aba aba kedua diikuti dengan melangkahkan kaki kanan ke arah depan. Sebelum kaki kanan ditapakkan ketanah atau ketika tumit masih diangkat, kaki kiri diarahkan mundur. Lalu diikuti dengan gerakan mundur pada kaki kanan agar dapat merapat. Dalam pelaksanaan langkah ini harus memperhatikan faktor faktor seperti penggunaan ritme 4/4 atau 3/4 agar lebih cepat, pelaksanaannya tidak berhenti, dan gerakan kaki tetap mengeper.

Dalam jenis langkah senam irama ini, kaki kiri tetap tegak ketika dilangkahkan. Pada hitungan ke satu, kaki kiri diletakkan kedepan. Pada hitungan ke dua, diikuti gerakan susulan kaki kanan. Pada gerakan langkah tersebut sebelum menapakkan kaki kanan maka kaki kiri harus mundur dan apabila ingin menapakkan kaki kiri maka kaki kanan harus mundur dulu. Setelah itu kedua kaki dirapatkan tanpa menggunakan penjedaan gerakan atau pemberhentian gerakan. Langkah ballanspas menggunakan ritme 4/4 atau dddd maupun 3/4 atau ddd.

Langkah Galoppas atau Depan
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah galoppas atau depan. Langkah ini diawali dengan posisi badan berdiri tegak. Pada aba aba pertama kaki kiri diletakkan didepan kaki kanan. Kemudian lakukan gerakan menyilang dibagian belakang dengan langkah irama 2/4. Kemudian kaki kanan dalam posisi tegak dilangkahkan kedepan. Kemudian diikuti dengan langkahan kaki kiri lalu kaki kanan lagi. Gerakan tersebut dilakukan secara bergantian. Langkah depan menggunakan ritme 4/4 atau dddd maupun 3/4 atau ddd.

Langkah Wallpas atau Tiga
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah wallpas atau tiga. Pada gerakan ini biasanya menggunakan ritme 3/4 atau ddd. Gerakan ini diawali dengan sikaap badan berdiri diikuti gerakan melangkahkan kaki kanan. Pada hitungan pertama, kaki kanan melangkah kedepan dengan lebar. Kemudian pada hitungan kedua, kaki diangkat dan dimajukan setengah langkah. Lalu lakukan gerakan pergantian kaki kiri. Arahkan pandangan anda ke depan dan usahakan kaki tidak ditekuk. 
Baca juga : Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap
Langkah Kruispas atau Silang
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah kruispas atau silang. Langkah ini diawali sikap badan berdiri. Pada aba aba pertama kaki kiri diletakkan kedepan dengan posisi menyilang. Pada aba aba kedua kaki kanan melangkah ke arah samping kanan. Pada jenis langkah ini menggunakan ritme 2/4 atau dd.

Langkah Zijpas atau Samping
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah zijpas atau samping. Gerakan ini diawali dengan sikap badan berdiri dengan melangkahkan kaki kanan. Pada aba aba pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah samping kanan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kiri dilangkahkan dan merapat dengan kaki kanan. Gerakan ini menggunakan ritme 2/4 atau dd.

Langkah Wisselpas atau Ganti
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah wisselpas atau ganti. Pada aba aba pertama kaki kanan melangkah ke arah depan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kiri diputar dan diikuti pelangkahan kaki kanan ke depan dengan cepat. Lalu gerakan selanjutnya ialah melangkahkan kaki kiri. Pada gerakan ini menggunakan ritme 2/4 atau dd dan 4/4 atu dddd.

Langkah Huppelpas atau Lingkar
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah hupppelpas atau lingkar. Pada gerakan ini diawali dengan posisi badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada aba aba pertama, kaki kiri melangkah ke depan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kanan diangkat sampai paha membentuk sudut ± 90 derajat. Gerakannya berupa kaki kiri, kanan, kanan dan kiri lagi. Langkah lingkar menggunakan ritme 2/4 atau dd dan 4/4 atau dddd.

Langkah Kaatspas atau Pantul
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah kaatspas atau pantul. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada aba aba pertama kaki kiri melangkah ke arah depan, kemudian diikuti dengan mengangkat kaki kanan. Pada aba aba kedua kaki kanan diletakkan diposisi semula dan kaki kiri diangkat. Dalam melakukan latihan langkah ini diawali dengan kaki kanan. Gerakan pantulnya dilakukan kearah samping dan menyilang. Langkah pantul memiliki ritme 4/4 atau dddd. Pada gerakan ini memiliki dua variasi yaitu variasi pertama (muka, belakang, kiri dan kanan) dan variasi kedua (muka, belakang, samping dan silang).

Langkah Scaatsenrijderpas atau Silang Lingkar
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah scaatsenrijderpas atau silang lingkar. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada hitungan pertama kaki kiri diangkat dan tekuk. Kemudian letakkan kaki kiri menyilang dengan kaki kanan. Pada hitungan kedua kaki kiri dilangkahkan. Pada hitungan ketiga dan keempat kaki bergantian. Langkah silang lingkar memiliki ritme 2/4 dan 4/4.

Langkah Draipas atau Putar Silang
Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah draipas atau putar silang. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada hitungan pertama kaki kiri diangkat dan melangkah ke samping kiri. Pada hitungan kedua kaki diputar sebanyak 180 derajat ke arah kiri, kemudian kaki kanan melangkah sampai menghadap arah sebaliknya. Pada hitungan ketiga, diikuti gerakan memutar kaki kiri dan diangkat melalui belakang. Kaki kiri diletakkan ke arah samping kemudian letakkan kaki kanan diposisi semula. 

Melatih Tubuh dalam Posisi Berdiri
Pada jenis langkah senam irama ini juga terdapat latihan tubuh dengan posisi berdiri. Dibawah ini terdapat beberapa latihan tubuh dengan posisi berdiri :
Baca juga : 3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya
1. Latihan senam irama diawali dengan sikap badan berdiri dan kaki kiri melangkah ke arah samping badan. Pada hitungan pertama kaki kiri melangkah ke arah samping kiri kemudian kedua lengan diluruskan ke arah atas. Pada hitungan kedua, badan diliukkan ke arah samping kanan dan berat badan dipindahkan ke arah samping kanan juga. Kemudian berat badan dipindahkan ke arah kiri. Lalu luruskan kaki kanan dan tekuk kaki kiri. Pada hitungan ketiga posisi badan tegak. Pada hitungan keempat kaki kiri dirapatkan dengan kedua lengan diayunkan ke arah samping. Pada latihan ini menggunakan ritme 2/4 atau 4/4.

2. Latihan senam irama selanjutnya diawali dengan berdiri dan kaki kiri dilangkahkan dengan kedua lengan lurus ke arah depan. Pada hitungan pertama lengan kanan berputar ke arah samping kanan tubuh. Lalu kaki kanan melangkah kebelakang. Pada hitungan kedua, badan diliukkan ke samping kiri dengan lengan berada disamping kanan atas kepala. Pada hitungan ketiga sikap badan tegak. Lalu pada hitungan keempat, lengan kanan diayunkan kedepan. Pada latihan ini menggunakan ritme 4/4.

3. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu gerakkan tangan kanan ke arah samping. Pada hitungan pertama dan kedua, kedua tangan diputar ke arah muka badan dengan sikap badan berakhir ke arah kiri. Kemudian luruskan kaki kanan ke arah samping. Pada hitungan ketiga dan keempat badan kembali diputar ke arah semula. Latihan ini menggunakan rime 4/4.

4. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu gerakkan tangan kanan ke arah depan lurus. Pada hitungan pertama lengan diayunkan ke arah belakang. Pada hitungan kedua kaki diayunkan kembali ke depan. Pada hitungan ketiga dan keempat tangan diputar dari arah bawah ke samping tubuh. Pada hitungan 5, 6, 7, dan 8 latihan dilakukan dengan gerakan sebaliknya. Usahakan lutut tetap mengeper.

5. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu rentangkan tangan kiri. Pada hitungan pertama kedua tangan diletakkan didepan badan. Pada hitungan kedua tangan kembali diayunkan. Pada hitungan ketiga kedua tangan diayunkan menyilang ke arah belakang. Pada hitungan keempat tangan kembali diayunkan. Selanjutnya pada hitungan 5 dan 6 melakukan gerakan yang sama dengan hitungan 1 dan 2. Untuk  hitungan 7 dan 8 melakukan gerakan yang sama dengan hitungan 3 dan 4.

6. Latihan senam irama selanjutnya diawali dengan kaki kiri dilangkahkan ke arah samping dan diikuti dengan merentangkan kedua lengan. Pada hitungan pertama, lengan diayunkan dengan menyilang didepan badan. Pada hitungan kedua tangan kembali diayunkan. Pada hitungan ketiga dan keempat kedua tangan diputar dengan silang didepan badan. Pada hitungan kelima tangan diayunkan kearah samping. Pada hitungan keenam tangan diayunkan lagi. Pada hitungan ke 7 dan 8, kedua tangan diletakkan disamping. Latihan ini menggunakan ritme 3/4 dan 4/4.

Demikinlah pengertian senam irama dan jenis jenis langkah senam irama. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar