14 Jenis Langkah Senam Irama dan Pengertiannya

14 Jenis Langkah Senam Irama dan Pengertiannya - Senam merupakan salah satu materi kebugaran jasmani yang diajarkan dalam mapel penjaskes. Selain menyehatkan bersenam juga memberi banyak manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh. Cakupan pembahasan luas serta banyaknya variasi gerakan pun menyertai materi satu ini.

Senam irama biasanya sudah diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Di jenjang yang lebih tinggi guru akan menjabarkannya secara rinci dan lebih kompleks sesuai tingkat kesulitannya. Hingga saat ini senam irama terus berevolusi berkembang menjadi beberapa variasi. Meski telah melalui banyak perubahan tapi pada dasarnya gerakan senam irama cukup sederhana karena bersifat bebas.



Jenis Langkah Senam Irama
Senam Irama

Kalian bisa memilih untuk menggunakan alat seperti bola, gada, topi, tongkat, maupun pita. Dalam beberapa kesempatan peserta juga diperbolehkan untuk bersenam tanpa alat. Inilah yang membuat setiap jenis langkah senam irama begitu fleksibel jika ditinjau dari medianya.

Walaupun memiliki dasar yang hampir sama tapi senam irama dianggap jauh lebih menyenangkan. Alasan utama anggapan tersebut terletak pada ritme atau lantunan lagu yang mengiringinya. Terlebih jika pelaksanaanya secara beramai-ramai maka akan membentuk urutan gerakan yang serasi dan indah.

14 Jenis Langkah Senam Irama dan Pengertiannya

Hampir semua orang pasti pernah mengikuti kegiatan senam irama baik secara langsung maupun tidak. Misalnya aktivitas jumat sehat yang dilaksanakan di sekolah secara bersama oleh semua murid dan guru. Ketika bersenam kita dituntut harus mengikuti setiap gerakan instruktur dengan lantunan musik. Inilah contoh nyata senam irama dalam keseharian kita sebagai siswa.

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi satu ini hampir di semua jenjang. Pembahasan tentang jenis senam irama pun disampaikan secara intens ketika kita ada di SMA. Pasalnya tak sedikit siswa yang gagal ketika diminta menyebutkan ada berapa jenis langkah senam irama. Berkaca dari problematika itu akhirnya saya merangkum penjelasan yang dikutip dari buku pedoman penjas.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat
Pada dasarnya, materi yang mencakup langkah serta gerakan senam irama bisa kalian pelajari sendiri. Banyak sumber yang bisa dijadikan rujukan seperti LKS penjas, internet, maupun penjelasan guru secara langsung. Apakah kalian sedang kesulitan memahami materi tersebut? jika iya maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.
 

Apa Itu Senam Irama

Meski termasuk materi dasar yang diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Tapi faktanya tak semua siswa tau pengertian senam irama dengan benar. Secara garis besar senam irama memiliki gerakan terstruktur layaknya senam pada umumnya tapi disertai irama musik atau ritme.

Karena secara gerakan hampir sama tak heran jika banyak orang tak bisa membedakannya. Padahal mampu mengidentifikasi merupakan modal utama kita menjawab soal ketika ujian. Lantas apa saja perbedaannya? simaklah ciri-ciri senam irama di bawah:
  • Didampingi dengan nyanyian dan musik.
  • Gerakan simpel dan mudah diikuti.
  • Cukup ekonomis karena tak memerlukan banyak biaya.
  • Berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Memiliki banyak peserta.
Meski memiliki gerakan sederhana tapi tiap peserta dituntut harus menguasainya. Dengan demikian seluruh gerakan antar peserta akan selaras, dan manfaat yang kalian dapatkan pun menjadi lebih maksimal. Mengingat tujuan utama dari setiap jenis langkah senam lantai adalah menjaga kesehatan, kekuatan, dan membentuk keindahan. Maka ada tiga fokus yang menjadi gerakan ini yaitu kontinuitas, ketepatan irama atau musik, dan tentu saja fleksibilitas.

Oleh karenanya kita harus giat berlatih secara teratur agar cepat menguasainya. Mempelajari macam dan jenis angkah senam irama menjadi penting karena memberikan kita pemahaman cara menggunakan pita, bola, tali, dsb. Selain itu siswa juga harus mempertahankan keserasia gerakan antar anggota melalui serangkaian latihan. Biasanya irama tersebut sudah diajarkan di bangku sekolah seperti contoh 2/3, 4/4, 3/4 dan lainnya.

Langkah Loopas atau Biasa

Jenis langkah senam irama yang pertama adalah langkah loopas atau biasa. Langkah ini diawali dengan sikap badan berdiri tegak. Kemudian kaki kiri diletakkan didepan dan kedua lengan diletakkan disamping badan. Setelah itu dilanjutkan dengan langkah kaki kanan dengan mengjatuhkannya ke bagian tumit. Lalu langkahkan kaki kiri lagi dan lakukan secara bergantian. Dalam gerakan ini harus memperhatikan faktor utama dalam gerakan seperti gerakan badan agar lebih rileks, penyesuaian gerakan dengan irama, dan gerakan mengeper pada kaki yang difokuskan pada sendi lutut.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya
Jenis langkah senam irama biasa menggunakan ritme 4/4 atau dddd, 3/4 atau ddd, dan 2/4 atau dd. Ritme tersebut dilakukan dengan posisi berdiri dengan kaki kiri dilangkahkan dan kedua tangan berada disamping badan. Dengan aba aba satu gerakan maka kaki kanan bergerak dengan meletakkan tumit didepan kaki kiri kemudian diikuti ujung jari kaki selanjutnya. Pada hitungan kedua lakukan pergantian kaki kiri, namun bagian lutut kaki harus mengeper dan bagian tumit harus jatuh ketanah.

Langkah Rapat

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah rapat. Langkah ini diawali dengan sikap awalan berdiri tegak. Kemudian kaki kanan dilangkahkan ke depan kaki kiri. Gerakan selanjutnya ialah melangkahkan kaki kiri kembali menuju depan kaki kanan, Lalu diikuti dengan gerakan merapatkan kedua kaki. Perapatan kedua kaki tersebut dilakukan dengan aba aba 1 hitungan kanan, ke 2 hitungan kiri, dan ke 3 hitungan kaki dirapatkan. Melangkahkan tumit agar jatuh sesuai hitungan harus memperhatikan prinsip dasar seperti pelaksanaannya harus luwes dan rileks, gerakannya harus sesuai dengan ritme atau irama, dan kaki digerakkan dengan cara mengeper dibagian lututnya.

Pada jenis langkah senam irama ini, kaki kiri harus dalam posisi tegak ketika dilangkahkan. Pada hitungan ke satu, kaki kiri melangkah ke depan. Kemudian pada hitungan ke dua, kaki kanan dilangkahkan agar telapak kaki kanan sejajar dengan telapak kaki kiri. Usahakan gerakan kaki mengeper. Gerakan selanjutnya dilakukan dengan pergantian kaki kanan dilangkahkan, lalu kaki kiri rapat dan tetap harus mengeper. Pada langkah senam irama ini menggunakan ritme 4/4 atau dddd dan 3/4 atau ddd.

Langkah Ballanspas atau Keseimbangan

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah ballanspas atau keseimbangan. Langkah ini diawali dengan sikap badan berdiri tegak. Pada aba aba pertama kaki kiri dilangkahkan ke depan. Kemudian aba aba kedua diikuti dengan melangkahkan kaki kanan ke arah depan. Sebelum kaki kanan ditapakkan ketanah atau ketika tumit masih diangkat, kaki kiri diarahkan mundur. Lalu diikuti dengan gerakan mundur pada kaki kanan agar dapat merapat. Dalam pelaksanaan langkah ini harus memperhatikan faktor faktor seperti penggunaan ritme 4/4 atau 3/4 agar lebih cepat, pelaksanaannya tidak berhenti, dan gerakan kaki tetap mengeper.

Dalam jenis langkah senam irama ini, kaki kiri tetap tegak ketika dilangkahkan. Pada hitungan ke satu, kaki kiri diletakkan kedepan. Pada hitungan ke dua, diikuti gerakan susulan kaki kanan. Pada gerakan langkah tersebut sebelum menapakkan kaki kanan maka kaki kiri harus mundur dan apabila ingin menapakkan kaki kiri maka kaki kanan harus mundur dulu. Setelah itu kedua kaki dirapatkan tanpa menggunakan penjedaan gerakan atau pemberhentian gerakan. Langkah ballanspas menggunakan ritme 4/4 atau dddd maupun 3/4 atau ddd.

Langkah Galoppas atau Depan

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah depan tapi kita juga bisa menyebutnya galoppas. Langkah ini diawali dengan posisi badan berdiri tegak. Pada aba aba pertama kaki kiri diletakkan didepan kaki kanan. Kemudian lakukan gerakan menyilang dibagian belakang dengan langkah irama 2/4. Kemudian kaki kanan dalam posisi tegak dilangkahkan kedepan. Kemudian diikuti dengan langkahan kaki kiri lalu kaki kanan lagi. Gerakan tersebut dilakukan secara bergantian. Langkah depan menggunakan ritme 4/4 atau dddd maupun 3/4 atau ddd.

Langkah Wallpas atau Tiga

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah wallpas atau tiga. Pada gerakan ini biasanya menggunakan ritme 3/4 atau ddd. Gerakan ini diawali dengan sikaap badan berdiri diikuti gerakan melangkahkan kaki kanan. Pada hitungan pertama, kaki kanan melangkah kedepan dengan lebar. Kemudian pada hitungan kedua, kaki diangkat dan dimajukan setengah langkah. Lalu lakukan gerakan pergantian kaki kiri. Arahkan pandangan anda ke depan dan usahakan kaki tidak ditekuk. 
Baca juga : Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap

Langkah Silang (Kruisepas)

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah kruispas atau silang. Langkah ini diawali sikap badan berdiri. Pada aba aba pertama kaki kiri diletakkan kedepan dengan posisi menyilang. Pada aba aba kedua kaki kanan melangkah ke arah samping kanan. Pada jenis langkah ini menggunakan ritme 2/4 atau dd.

Langkah Samping (Zijpas)

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah zijpas atau samping. Gerakan ini diawali dengan sikap badan berdiri dengan melangkahkan kaki kanan. Pada aba aba pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah samping kanan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kiri dilangkahkan dan merapat dengan kaki kanan. Gerakan ini menggunakan ritme 2/4 atau dd.

Langkah Wisselpas atau Ganti

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah wisselpas atau ganti. Pada aba aba pertama kaki kanan melangkah ke arah depan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kiri diputar dan diikuti pelangkahan kaki kanan ke depan dengan cepat. Lalu gerakan selanjutnya ialah melangkahkan kaki kiri. Pada gerakan ini menggunakan ritme 2/4 atau dd dan 4/4 atu dddd.

Langkah Huppelpas atau Lingkar

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah hupppelpas atau lingkar. Pada gerakan ini diawali dengan posisi badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada aba aba pertama, kaki kiri melangkah ke depan. Kemudian pada aba aba kedua kaki kanan diangkat sampai paha membentuk sudut ± 90 derajat. Gerakannya berupa kaki kiri, kanan, kanan dan kiri lagi. Langkah lingkar menggunakan ritme 2/4 atau dd dan 4/4 atau dddd.

Langkah Kaatspas atau Pantul

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah kaatspas atau pantul. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada aba aba pertama kaki kiri melangkah ke arah depan, kemudian diikuti dengan mengangkat kaki kanan. Pada aba aba kedua kaki kanan diletakkan diposisi semula dan kaki kiri diangkat. Dalam melakukan latihan langkah ini diawali dengan kaki kanan. Gerakan pantulnya dilakukan kearah samping dan menyilang. Langkah pantul memiliki ritme 4/4 atau dddd. Pada gerakan ini memiliki dua variasi yaitu variasi pertama (muka, belakang, kiri dan kanan) dan variasi kedua (muka, belakang, samping dan silang).

Langkah Silang Lingkar

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah scaatsenrijderpas atau silang lingkar. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada hitungan pertama kaki kiri diangkat dan tekuk. Kemudian letakkan kaki kiri menyilang dengan kaki kanan. Pada hitungan kedua kaki kiri dilangkahkan. Pada hitungan ketiga dan keempat kaki bergantian. Langkah silang lingkar memiliki ritme 2/4 dan 4/4.

Langkah Draipas atau Putar Silang

Jenis langkah senam irama selanjutnya ialah langkah draipas atau putar silang. Langkah ini diawali dengan badan berdiri dan kaki kiri melangkah. Pada hitungan pertama kaki kiri diangkat dan melangkah ke samping kiri. Pada hitungan kedua kaki diputar sebanyak 180 derajat ke arah kiri, kemudian kaki kanan melangkah sampai menghadap arah sebaliknya. Pada hitungan ketiga, diikuti gerakan memutar kaki kiri dan diangkat melalui belakang. Kaki kiri diletakkan ke arah samping kemudian letakkan kaki kanan diposisi semula. 

Melatih Tubuh dalam Posisi Berdiri

Pada jenis langkah senam irama ini juga terdapat latihan tubuh dengan posisi berdiri. Dibawah ini terdapat beberapa latihan tubuh dengan posisi berdiri :
Baca juga : 3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya
1. Latihan senam irama diawali dengan sikap badan berdiri dan kaki kiri melangkah ke arah samping badan. Pada hitungan pertama kaki kiri melangkah ke arah samping kiri kemudian kedua lengan diluruskan ke arah atas. Pada hitungan kedua, badan diliukkan ke arah samping kanan dan berat badan dipindahkan ke arah samping kanan juga. Kemudian berat badan dipindahkan ke arah kiri. Lalu luruskan kaki kanan dan tekuk kaki kiri. Pada hitungan ketiga posisi badan tegak. Pada hitungan keempat kaki kiri dirapatkan dengan kedua lengan diayunkan ke arah samping. Pada latihan ini menggunakan ritme 2/4 atau 4/4.

2. Latihan senam irama selanjutnya diawali dengan berdiri dan kaki kiri dilangkahkan dengan kedua lengan lurus ke arah depan. Pada hitungan pertama lengan kanan berputar ke arah samping kanan tubuh. Lalu kaki kanan melangkah kebelakang. Pada hitungan kedua, badan diliukkan ke samping kiri dengan lengan berada disamping kanan atas kepala. Pada hitungan ketiga sikap badan tegak. Lalu pada hitungan keempat, lengan kanan diayunkan kedepan. Pada latihan ini menggunakan ritme 4/4.

3. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu gerakkan tangan kanan ke arah samping. Pada hitungan pertama dan kedua, kedua tangan diputar ke arah muka badan dengan sikap badan berakhir ke arah kiri. Kemudian luruskan kaki kanan ke arah samping. Pada hitungan ketiga dan keempat badan kembali diputar ke arah semula. Latihan ini menggunakan rime 4/4.

4. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu gerakkan tangan kanan ke arah depan lurus. Pada hitungan pertama lengan diayunkan ke arah belakang. Pada hitungan kedua kaki diayunkan kembali ke depan. Pada hitungan ketiga dan keempat tangan diputar dari arah bawah ke samping tubuh. Pada hitungan 5, 6, 7, dan 8 latihan dilakukan dengan gerakan sebaliknya. Usahakan lutut tetap mengeper.

5. Selanjutnya terdapat latihan senam irama dengan diawali sikap tegak dan kaki kiri melangkah. Lalu rentangkan tangan kiri. Pada hitungan pertama kedua tangan diletakkan didepan badan. Pada hitungan kedua tangan kembali diayunkan. Pada hitungan ketiga kedua tangan diayunkan menyilang ke arah belakang. Pada hitungan keempat tangan kembali diayunkan. Selanjutnya pada hitungan 5 dan 6 melakukan gerakan yang sama dengan hitungan 1 dan 2. Untuk  hitungan 7 dan 8 melakukan gerakan yang sama dengan hitungan 3 dan 4.

6. Latihan senam irama selanjutnya diawali dengan kaki kiri dilangkahkan ke arah samping dan diikuti dengan merentangkan kedua lengan. Pada hitungan pertama, lengan diayunkan dengan menyilang didepan badan. Pada hitungan kedua tangan kembali diayunkan. Pada hitungan ketiga dan keempat kedua tangan diputar dengan silang didepan badan. Pada hitungan kelima tangan diayunkan kearah samping. Pada hitungan keenam tangan diayunkan lagi. Pada hitungan ke 7 dan 8, kedua tangan diletakkan disamping. Latihan ini menggunakan ritme 3/4 dan 4/4.

Demikinlah pengertian senam irama dan jenis jenis langkah senam irama. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "14 Jenis Langkah Senam Irama dan Pengertiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel