Cabang Olahraga Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan)

Cabang Olahraga Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan) - Pengertian tarung derajat ialah jenis olahraga bela diri yang diciptakan oleh Achmad Dradjat dan menjadi ciri khas dari suku Sunda di Indonesia. Teknik dasar tarung derajat merupakan pengembangan dari teknik bertarung dijalanan yang dialami oleh Achmad Dradjat ketika di Bandung tahun 1960an. Setelah itu tarung derajat dijadikan sebagai olahraga Nasional secara resmi dan bahkan berguna bagi Brigade Mobil Polri serta TNI Angkatan Darat untuk latihan beladiri dasar. Lalu apa saja peraturan olahraga tarung derajat itu? Dari pengertian olahraga tarung derajat ini tentunya anda mengetahui gambaran mengenai teknik dasar olahraga tarung derajat tersebut.

Pada tanggal 18 Juli 1972, Achmad Dradjat mendeklarasikan tarung derajat sebagai kelahirannya di Bandung dan dikenal sebagai Aa Boxer. Di antara anggota dalam Tarung Derajat terdapat salam persaudaraan yang berupa "Box!". Dalam cabang olahraga tarung derajat terdapat teknik dasar tarung derajat yang menekankan agresivitas serangan pada teknik tendangan dan pukulan. Tetapi teknik dasar olahraga tarung derajat tidak hanya dibatasi itu saja, karena masih ada metode metode pelatihan didalamnya yang berupa kuncian, sapuan kaki, dan bantingan. Apakah anda telah memahami pengertian tarung derajat itu? Tarung derajat merupakan jenis olahraga yang mendapat julukan Boxer. Praktisi dalam olahraga ini dapat dinamakan dengan petarung.
Olahraga Tarung Derajat
Penyempurnaan tarung derajat sebagai salah satu cabang olahraga dilakukan sejak tahun 1990an. Kemudian secara resmi tarung derajat dimasukkan dalam anggota KONI pada tahun 1998. Sejak saat itulah di Pekan Olahraga Nasional (PON) menyediakan tempat untuk cabang olahraga tarung derajat. Di Indonesia terdapat suborganisasi dari keluarga olahraga tarung derajat yang ada di 22 provinsi sekarang ini. Namun dalam SEA Games 2013 di Myanmar tidak menyertakan adanya olahraga tarung derajat, meskipun di Palembang telah memperkenalkan olahraga ini pada SEA Games tahun 2011 lalu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian tarung derajat, teknik dasar tarung derajat dan peraturan olahraga tarung derajat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cabang Olahraga Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian olahraga tarung derajat ialah jenis olahraga di Indonesia yang termasuk dalam cabang beladiri. Olahraga ciptaan dari Achmad Dradjat ini memang terkenal dengan nama Aa Boxer. Menurut sejarah olahraga tarung derajat yang tersedia, jenis olahraga ini berasal dari pengembangan cara bertarung di jalanan pada kawasan Bandung. Pertandingan olahraga tarung derajat tersebut diselenggarakan dalam kejuaraan Nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Dalam tingkat Asia bahkan telah memperkenalkan olahraga tarung derajat ini.
Baca juga : Macam Macam Cabang Olahraga Beladiri Beserta Penjelasan
Seperti yang telah saya jelasnya di atas bahwa pengertian tarung derajat ialah jenis olahraga bela diri yang diciptakan oleh Achmad Dradjat dan menjadi ciri khas dari suku Sunda di Indonesia. Dalam olahraga tersebut terdapat beberapa teknik dasar di dalamnya seperti halnya teknik dasar pada jenis olahraga lainnya. Teknik ini akan memudahkan anda dalam melaksanakan cabang olahraga tarung derajat dengan baik dan benar. Selain pengertian olahraga tarung derajat tersebut, saya juga akan menjelaskan tentang teknik dasar tarung derajat dan peraturan olahraga tarung derajat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Teknik Dasar Olahraga Tarung Derajat

Teknik yang ditekankan dalam olahraga seni beladiri tarung derajat ialah gerakan agresivitas dalam menyerang seperti menendang maupun memukul. Meski begitu, olahraga tarung derajat ini juga memiliki teknik dasar lainnya seperti membanting, sapuan kaki dan mengunci. Orang yang melakukan olahraga tarung derajat dinamakan dengan petarung. Selain itu masyarakat luas mengenal jenis olahraga ini dengan nama Boxer. Para petarung harus melakukan gerakan peregangan dan pemanasan terlebih dahulu untuk mengawali latihan dalam olahraga tarung derajat seperti halnya jenis olahraga lainnya. Tujuan pelaksanaan peregangan dan pemanasan ini ialah untuk membuat badan menjadi lebih siap sehingga tubuh tidak kaku dan siap melakukan latihan dalam gerakan teknik teknik dasarnya.

Cabang olahraga tarung derajat memang memiliki beberapa teknik dasar didalamnya. Setiap petarung memang diharuskan untuk menguasai teknik dasar Boxer agar pertandingannya dapat dimenangkan. Lalu apa saja teknik dasar dalam olahraga ini. Berikut beberapa teknik dasar tarung derajat yaitu meliputi:
  • Sikap dasar
  • Teknik siaga di tempat (gerakan tangan)
  • Teknik siaga silang (gerakan tangan)
  • Teknik menendang (gerakan kaki)
  • Teknik dasar gerak langkah
Baca juga : 16 Tahap Tingkatan Sabuk Taekwondo di Indonesia

Peraturan Olahraga Tarung Derajat

Setelah menjelaskan tentang pengertian tarung derajat dan teknik dasar olahraga tarung derajat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan tentang peraturan tarung derajat. Olahraga tarung derajat dilakukan dengan berdasar pada peraturan yang ada. Peraturan dalam olahraga ini membahas tentang perlengkapan dan peralatan yang digunakan, sistem penilaian dan ukuran arena tarung derajat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perlengkapan dan Peralatan
Cabang olahraga tarung derajat membutuhkan beberapa perlengkapan dan peralatan yang digunakan. Dalam tarung derajat ini terdapat dua peralatan yang digunakan seperti peralatan petarung putri dan peralatan petarung putra. Petarung putra membutuhkan peralatan seperti pelindung gigi, pelindung kepala, pelindung selangkangan dan pelindung badan. Sedangkan untuk petarung putri membutuhkan peralatan seperti pelindung badan, pelindung selangkangan, pelindung kepala, pelindung bagian tangan dan pelindung gigi. Dalam hal ini hakim pertandingan akan memberikan peringatan bagi petarung yang tidak menggunakan peralatan lengkap dan bahkan dapat dinyatakan kalah sehingga akibatnya cukup fatal.

Sistem Penilaian
Peraturan olahraga tarung derajat selanjutnya membahas tentang sistem penilaian di dalamnya. Para petarung dapat memenangkan pertandingan tarung derajat dengan beberapa ketentuan seperti menang karena lawan telah mengundurkan diri, menang karena terdapat diskualifikasi dari lawan, menang angka, menang karena roboh dan menang karena pertandingan dihentikan wasit. Tarung derajat memiliki sistem penilaian untuk nomor tarung bebas bagi petarung putra seperti nilai 3 diberikan untuk jenis serangan menggunakan kaki yang diarahkan ke kepala atau muka, nilai 2 yang diberikan untuk teknik serangan kaki menuju badan, dan nilai 4 diberikan kepada petarung yang melakukan teknik serangan kaki sampai merobohkan lawan. Selain itu jika petarung menerapkan sportivitas dan agresivitas tinggi, maka akan diberikan penilaian secara khusus.

Ukuran Arena Tarung Derajat
Pelaksanaan pertandingan tarung derajat dilakukan di atas matras. Matras tersebut memiliki ukuran standar seperti panjang 12 m, lebar 12 m dan tebal 1,5 cm. Matras ini memiliki bagian tengah berukuran 8 m x 8 m sebagai tempat bertarung. Kemudian lapisan kedua yang mengelilingi arena tarung derajat memiliki ukuran 10 m dan 10 meter serta ukuran di lapisan ketiga dalam arena sekitar 12 m x 12 m.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tarung derajat, teknik dasar tarung derajat dan peraturan olahraga tarung derajat. Tarung derajat merupakan jenis olahraga bela diri yang diciptakan oleh Achmad Dradjat dan menjadi ciri khas dari suku Sunda di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi cabang olahraga tarung derajat di atas.

Belum ada Komentar untuk "Cabang Olahraga Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel