Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional - Bola voli menjadi salah satu permainan yang banyak diminati oleh masyarakat semua kalangan. Mulai dari generasi muda sampai tua pun germar memainkan olahraga ini secara beregu bersama kawan. Kalian tak membutuhkan area ataupun ukuran lapangan yang luas layaknya sepakbola untuk memainkan olahraga satu ini. Karena sejatinya bola volly dilakukan pada lapangan berukuran 18x9 meter saja.

Seharusnya setiap negara memiliki ukuran lapangan bola voli yang sama dengan standar internasional. Maka dari itu seluruh negara memiliki ukuran lapangan yang sama. Bola voli ditemukan oleh guru pendidikan jasmani di YMCA pada tahun 1895. Penemu bola voli tersebut bernama William G. Morgan.

Jaman dahulu bola voli tidak langsung menyebar begitu saja, tetapi jenis olahraga ini  berasal dari beberapa pemikiran. Pemikiran tersebut melahirkan jenis olahraga baru bernama bola voli. Bola voli berasal dari gabungan beberapa jenis olahraga seperti baseball, voli, basket dan tenis. Ke empat jenis olahraga tersebut tergolong jenis olahraga handball.

Untuk ukuran lapangan bola voli tidak ada perbedaan bagi pemain putra maupun putri. Yang membedakan antara pemain putra dan putri ialah tinggi netnya. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional

Dalam konteks pendidikan, bola volly sudah mulai diajarkan pada siswa sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar. Ketika menginjak jenjang SMP SMA guru pun akan menyampaikan teori disertai kegiatan praktikum sebagai bentuk pendalaman materi. Selain berbekal dari penjelasan guru, kalian pun masih bisa menambah pengetahuan dengan membaca pembahasan di buku pedoman penjas serta LKS.

Ada banyak sekali unsur bola volly yang harus siswa pelajari sebagai bekal untuk mengerjakan soal ujian. Mulai dari teknik dasar permainan, peraturan pertandingan, tugas serta posisi pemain, hingga hal paling mendasar yakni ukuran lapangan voli itu sendiri. Meski terdengar mudah dihafal namun beberapa orang masih salah ketika diminta menyebutkan rincian ukuran lapangan secara rinci. Misalnya berapa lebar garis serang, daerah cleance samping/belakang, dan lain sebagainya.

Ukuran Lapangan Voli Standar Nasional dan Internasional

Sebenarnya ukuran lapangan bola voli nasional memiliki standar yang sama dengan internasional. Kesepakatan ini sudah dibuat serta mendapat persetujuan dengan pertimbangan dari berbagai pihak yang bersangkutan.

Standar tersebut digunakan sebagai pedoman semua negara dan harus dipatuhi serta diterapkan walaupun tidak semuanya mengikuti. Ukuran lapangan bola voli nasional memiliki kesamaan dengan standar internasional karena mengikuti pedoman yang berlaku. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional.
Berdasarkan gambar diatas diketahui ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional sebagai berikut :
Panjang Lapangan Bola Voli : 18 m
Lebar Lapangan Bola Voli : 9 m
Lebar Garis Serang Lapangan : 3 m
Daerah Clearance Belakang : 3-8 m
Daerah Clearance Samping : 3-5 m
“Daerah Clearance ialah daerah untuk menghalau bola”
Baca juga : 4 Teknik Dasar Bola Voli Beserta Cara Melakukannya

Ukuran Net Bola Voli

Berapa tinggi net voli? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski hafal ukuran lapangan permainan tapi faktanya tak semua mengetahui berapa tinggi net bola voli secara presisi. Pertanyaan itu bahkan sering menjelma menjadi butir soal ujian dalam berbagai kesempatan. Inilah alasan mengapa kita harus mengetahui berapa panjang dan lebar net volly.

Ketika membicarakan ukuran net maka kita bisa membaginya menjadi dua berdasarkan kategori gendernya. Yakni tinggi net putra dan tinggi net putri, sedangkan panjang lebar serta spesifikasi lainnya sama. Untuk lebih jelasnya simaklah poin-poin di bawah ini:
  • Lebar Net : 1 m
  • Tinggi Net Putra : 2,43 m
  • Tinggi Net Putri : 2,24 m
  • Jarang tiang pada net dengan garis samping lapangan : 0,5 sampai 1 m
  • Pita tepi samping net : 5 cm sampai 1 m
  • Pita tepi atas net : 5 cm
  • Mata jala net : 10 cm
Demikianlah penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli berstandar nasional internasional. Setiap pemain bola voli diharuskan untuk memahami ukuran lapangan yang berlaku agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar dan dapat dimenangkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Bola Voli Berstandar Nasional Internasional "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel