Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit - Lompat jangkit termasuk dalam salah satu cabang olahraga atletik dengan perlombaan kategori lompat. Olahraga satu ini sering disandingkan bersama lompat jauh karena memiliki gerakan dasar yang hampir sama. Meski demikian kalian akan mendapati bahwa keduanya memiliki perbedaan signifikan pada teknik dasar tolakan saat melompat dan mendarat.

Olahraga ini sering pula disebut sebagai lompatan tiga karena dilaksanakan lewat 3 fase berbeda. Cara melakukan lompat jangkit yang benar selalu didasari oleh gerakan hop, step, dan jump. Banyak siswa merasa asing ketika mendapat pertanyaan seputar materi lompat jangkit. Contohnya pengertian lompat jangkit serta teknik dasar yang meliputi gerakan awalan, teknik tolakan lompatan, dan cara mendarat. Padahal materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian dalam berbagai kesempatan.

Umumnya seluruh materi di atas akan diajarkan pada kita ketika menginjak jenjang SMA. Tak sedikit pula guru menggunakan metode praktek agar para siswa cepat memahami apa itu lompat jangkit. Masalahnya, taukah kalian bagaimana cara melakukan teknik dasar lompat jangkit yang benar ? Jika belum maka simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Banyak pakar yang mendeskripsikan pengertian lompat jangkit sebagai powet ballet. Hal ini karena gerakan hop dan step yang bertumpu pada tungkai layaknya sedang bermain balet. Pada tahap hop dan step posisi kaki harus datar dan ketika melakukan lompatan lutut sedikit ditekuk. Pada lompat jangkit diawali lari dengan tujuan agar mendapatkan kecepatan yang besar namun harus dapat dikuasai selama melakukan tahap melompat.

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit

Lompat jangkit adalah cabang olahraga yang menerapkan tiga gerakan sekaligus untuk mendapatkan hasil lompatan sejauh mungkin. Untuk pengertian lompat jangkit memiliki arti sederhana yaitu lompat tiga yang meliputi hop, step, dan jump. Selain itu untuk mendapatkan jarak maksimal yang jauh pelompat harus menguasai teknik dasar lompat jangkit terlebih dahulu. Padahal setiap gerakan awalan membutuhkan kelenturan, kekuatan, dan kecepatan yang bagus.

Untuk memahami materi tersebut kita perlu mempelajari pula pengertian lompat jangkit dengan benar. Mengapa demikian? karena para ahli memiliki pendapat berbeda dalam mengartikan olahraga tersebut. Ada yang menelaahnya berdasarkan etimologi (tata bahasa). Tapi tak sedikit yang membuat kesimpulan berdasarkan pola gerakan yang dihasilkan saat melakukan lompat jangkit itu sendiri.

Pokok utama pembagian usaha tersebut ialah besar jarak hop, step, dan jump yang pas. Jarak hop diukur dari papan tumpu sampai kaki, jarak step diukur dari ujung kaki menuju ujung kaki lainnya, sedangkan jarak jump diukur dari ujung kaki sampai pendaratan terkhir pada bak pasir. Jika diprosentasikan pada tahap hop memerlukan usaha sekitar 2% lebih besar dibandingkan tahap lainnya.

Jarak dan rasio yang diperoleh oleh setiap pemain dapat berubah sejak 80 tahun yang lalu. Bahkan berdasarkan hasil catatan yang ditemukan terdapat peningkatan rasio sekitar 28 sampai 30%. Lompat jangkit membutuhkan kecepatan, kekuatan, ritme, keseimbangan, fleksibilitas, dan kesadaran tubuh yang bagus.

Pengertian Lompat Jangkit

Ada banyak sekali perbedaan pendapat terkait pengertian lompat jangkit. Tapi mari berfokus pada penjelasan yang dimuat dalam buku pedoman penjas atau LKS. Secara garis besar pengertian lompat jangkit adalah lompatan yang melibatkan tiga teknik dasar yakni gerakan hop (jingkat), step (langkap), dan jump (lompat). Dalam perlombaan atletik nomor cabang olahraga ini sering pula disebut sebagai triple jump sesuai gerakannya.

Secara sistematis, teknik dasar lompat jangkit melibatkan satu jingkat, satu langkah dan satu lompatan menuju bak pasir. Saat kaki atlet menyentuh bak pasir secara otomatis menandai berakhirnya serangkaian gerakan tersebut. Selain itu, lompat jangkit berlangsung dengan tiga tolakan, tiga gerakan melayang di udara, serta tiga kali gerakan mendarat. Hasil jarak lompatan diambil dari ketiga gerakan tersebut (hop, step, jump).
Lompat jangkit mengestimasikan atlet untuk membebankan tubuh ke arah depan ketika berada di udara sehingga menggunakan tiga langkah tumpuan dan tolakan. Hasil berupa jarak ditentukan oleh kekuatan dari ketiga langkah tadi serta kecepatan horizontal pada pelompat. Gerakan hop, step, dan jump memiliki jarak yang bervariasi karena bergantung pada kelenturan otot, kecepatan, dan kekuatan tubuh.

Berdasarkan pengertian lompat jangkit diatas dapat disimpulkan bahwa olahraga ini menggunakan tiga teknik dasar. Pertama gerakan jingkat sebagai awalan, diteruskan langkah dan lompat, kemudian diakhiri dengan pendaratan. Perbedaan gerakan dasar antara lompat jauh dan jangkit terletak pada fase hop dan step. Secara garis besar semua teknik dasar lompat jangkit tersebut memerlukan pembagian kekuatan yang tepat. Kalian tak boleh terlalu menforsir stamina dan fokus pada gerakan hop maupun step jika tak ingin mengalami kegagalan pada saat melakukan jump.

Teknik Dasar Lompat Jangkit

Meski tedengar sepele tapi faktanya tak semua siswa tau bagaimana cara melakukan lompat jangkit dengan baik dan benar. Beberapa beranggapan bahwa gerakan hop dan step menjadi fase paling sulit. Hal ini pun menurut saya benar adanya karena kedua teknik awalan tersebut membutuhkan ketepatan dan konsentrasi tinggi.
Setelah membahas mengenai pengertian lompat jangkit selanjutnya terdapat teknik dasar lompat jangkit yang harus anda pahami juga. Setiap gerakan lompat jangkit secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga yaitu awalan, tolakan dan pendaratan. Teknik tolakan dilakukan dengan cara tolakan dengan berjingkat, tolakan dengan melangkah dan tolakan dengan melompat. Berikut cara melakukan lompat jangkit dengan benar.

Teknik Awalan Lompat Jangkit

Gerakan awalan lompat jangkit menjadi salah satu faktor penting yang nantinya akan mempengaruhi fase selanjutnya. Biasanya guru akan memfokuskan pelajaran maupun praktek pada gerakan awal secara intensif. Mengapa demikian? karena tak sedikit soal ujian yang meminta siswa menjelaskan cara melakukan awalan lompat jangkit.
Teknik dasar lompat jangkit yang pertama adalah gerakan awalan. Teknik awalan dilakukan dengan jarak lintasan sekitar 45m. Berikut langkah langkah melakukan teknik awalan lompat jangkit :
  1. Lakukan gerakan awalan dengan berlari. Lari pada teknik awalan sangat beragam variasinya karena tergantung pada kemampuan masing masing pelompat.
  2. Tambah kecepatan berlari sedikit demi sedikit sebelum melakukan gerakan tolakan.
  3. Pada satu langkah terakhir, sikap pinggang sedikit diturunkan.

Teknik Tolakan Lompat Jangkit

Gerakan tolakan menjadi fase kedua dalam teknik dasar lompat jangkit yang wajib kalian kuasai. Ketika melakukan tolakan, gerakan kaki harus kuat dan tetap terjaga kecepatannya. Usahakan tidak mengurangi kecepatan berlarinya. Teknik tolakan dapat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu berjingkat, melangkah dan melompat.

Tolakan untuk berjingkat
Tahap pertama tolakan pada teknik dasar lompat jangkit ialah berjingkat. Berikut cara melakukan tolakan untuk berjingkat :
  1. Gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan, kemudian lakukan pendaratan secara aktif diimbangi dengan mendorong kaki ke arah depan.
  2. Lalu salah satu paha kaki diayunkan secara horizontal.
  3. Lakukan gerakan menolak ke arah depan atas.
  4. Tarik kaki yang digunakan untuk menolak ke depan atas, kemudian kaki lainnya ditarik ke arah belakang bawah.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya
Tolakan untuk melangkah
Tahap tolakan selanjutnya pada teknik dasar lompat jangkit ialah melangkah. Berikut cara melakukan tolakan untuk melangkah :
  1. Lakukan gerakan tolakan menggunakan satu kaki kemudian posisi sendi lutut, pinggang dan mata kaki lurus. Lalu paha kaki lainnya diayunkan secara horizontal.
  2. Pada gerakan melangkah disertai gerakan melompat. Maka dari itu pada tahap ini harus lebih dipertahankan karena akan dilanjutkan dengan tahap melompat. 
  3. Pada gerakan melangkah, anda cukup meluruskan kaki yang tidak digunakan untuk melompat kemudian tarik ke arah belakang bawah.
Tolakan untuk melompat
Tahap terakhir tolakan pada teknik dasar lompat jangkit ialah melompat. Berikut cara melakukan tolakan untuk melompat :
  1. Gerakan tolakan dilakukan dengan cara cepat kemudian kaki yang tidak menolak diayun ke arah horizontal.
  2. Tahap badan melayang melibatkan teknik melangkah dan menggantung. 
  3. Badan ditarik ke arah depan bawah untuk mempersiapkan pendartan.
  4. Kemudian lengan ditarik ke arah depan.

Teknik Pendaratan Lompat Jangkit

Teknik dasar lompat jangkit yang terakhir ialah pendaratan. Berikut cara melakukan teknik pendaratan lompat jangkit :
  1. Kedua kaki diluruskan dan diangkat ke arah depan.
  2. Badan sedikit dibungkukkan ke depan dan posisikan kedua lengan ke depan.
  3. Kedua kaki mengeper dengan sedikit ditekuk ketika melakukan pendaratan.
  4. Posisikan badan di depan disertai merundukkan kepala. Setelah itu kedua tangan tetap berada didepan badan.
Dalam olahraga ini memang mencakup pengertian lompat jangkit dan teknik dasar lompat jangkit. Namun adapula kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan lompat jangkit. Kesalahan yang sering dilakukan dalam olahraga lompat jangkit meliputi gerakan awalan yang kurang cepat. Percepatan awalan kurang ketika melakukan tumpuan ke balok. Selain itu panjang langkah tidak teratur, awalan memiliki jarak yang pendek, lompatan kedua pendek sehingga tidak terlihat melayang. Sudut tolakan yang terlalu besar pun bisa menghasilkan lompatan terlalu tinggi dan mengurangi jarak. Dalam lompat jangkit juga terdapat beberapa hal yang perlu dihindari dan dilakukan. Berikut hal hal yang perlu dihindari :
  1. Melakukan teknik pendaratan dengan tumit.
  2. Pendaratan dilakukan dengan sikap tegang.
  3. Badan dicondongkan kedepan terlalu jauh.
  4. Badan tidak seimbang ketika berada disamping.
  5. Badan digerakkan secara pendek, mendadak serta menyilang.
  6. Gerakan tolakan yang kurang sempurna.
  7. Dorongan pada tahap tolakan kedua dan ketiga kurang sempurna.
  8. Kaki yang digunakan untuk menolak kaku dan tegang ketika badan melayang diudara
Hal hal yang perlu dilakukan dalam lompat jangkit :
  1. Togok badan usahakan digerakkan.
  2. Pendaratan dilakukan dengan telapak kaki.
  3. Ciptakan pendaratan yang bersifat aktif.
  4. Dapatkan lompatan dengan gerak yang seimbang.
  5. Dapatkan gerakan lengan yang terkoordinasi dan luas.
  6. Lakukan gerakan memutar pada kaki tolak ketika melakukan tolakan pertama.
  7. Pada tolakan kedua dan ketiga, kaki diangkat serta diayunkan dengan tinggi dan kuat.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan teknik dasar lompat jangkit yang dapat saya sampaikan. Sebenarnya materi di atas tidak terlalu sulit untuk kalian pelajari mengingat semua pembahasan sudah saya rangkum. Sebagai siswa, kita pun bisa menambah refernsi lewat bacaan di buku pedoman penjas dan LKS.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel