Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit

Advertisement

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit - Lompat jangkit merupakan salah satu cabang olahraga atletik dengan perlombaan kategori lompat. Selain lompat jangkit adapula lompat jauh, lompat tinggi dan lain lain yang juga tergolong kategori lompat. Lompat jangkit memiliki kesamaan dengan lompat jauh, namun untuk gerakannya sedikit berbeda. Lompat jangkit dapat disebut sebagai lompatan tiga. Hal tersebut dikarenakan jenis lompat ini menggunakan tiga gerakan yaitu hop, step, dan jump. Apakah anda sudah memahami apa itu lompat jangkit ? Bagaimana cara melakukan teknik dasar lompat jangkit yang benar ? Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian lompat jangkit  dan teknik dasar lompat jangkit. Berikut uraian selengkapnya.


Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit

Lompat jangkit merupakan salah satu cabang olahraga yang mengimplikasikan tiga gerakan sekaligus untuk mendapatkan hasil lompatan yang sejauh mungkin. Untuk pengertian lompat jangkit memiliki arti sederhana yaitu lompat tiga yang meliputi hop, step, dan jump. Selain itu untuk mendapatkan hasil lompatan yang jauh pelompat harus menguasai teknik dasar lompat jangkit. Teknik dasar lompat jangkit membutuhkan kelenturan, kekuatan dan kecepatan yang bagus. Dengan ketiga hal tersebut pelompat akan menghasilkan lompatan yang maksimal.
Baca juga : Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional

Pengertian Lompat Jangkit

Hal pertama yang akan kita bahas ialah pengertian lompat jangkit. Lompat jangkit atau triple jump adalah olahraga yang melibatkan tiga gerakan seperti hop/jingkat, step/langkah, dan jump/melompat untuk mendapatkan jarak lompatan sejauh mungkin. Olahraga tersebut hampir sama dengan lompat jauh tetapi gerakannnya melibatkan satu jingkat, satu langkah dan satu lompatan menuju bak pasir. Lompat jangkit tersebut juga mengakhiri pendaratannya dibak pasir. Olahraga lompat jangkit berlangsung dengan tiga tolakan, tiga gerakan melayang di udara, serta tiga kali gerakan mendarat. Hasil jarak lompatan diambil dari ketiga gerakan tersebut (hop, step, jump).

Pengertian lompat jangkit lebih mengutamakan pada ketiga gerakan tadi. Bahkan lompat jangkit mengestimasikan pelompat untuk membebankan tubuh kearah depan ketika berada di udara sehingga menggunakan tiga langkah tumpuan dan tolakan. Hasil lompatan pada olahraga ini ditentukan oleh kekuatan dari ketiga langkah tadi serta kecepatan horizontal pada pelompat. Gerakan hop, step, dan jump memiliki jarak yang bervariasi karena bergantung pada kelenturan otot, kecepatan dan kekuatan tubuh pelompat. Namun untuk kecepatannya sangat bergantung pada ketepatan dalam melakukan tumpuan. Hal tersebut dikarenakan sudut tumpuan juga berpengaruh terhadap hasil lompatan.

Berdasarkan pengertian lompat jangkit diatas dapat disimpulkan bahwa olahraga ini menggunakan tiga gerakan awalan yaitu jingkat, langkah dan lompat kemudian diakhiri dengan pendaratan. Gerakan tersebut harus urut dan tidak boleh terbalik. Lompat jangkit memang memiliki gerakan yang hampir sama dengan gerakan pada lompat jauh. Namun pada lompat jangkit harus mempersiapkan dua fase langkah pertama yaitu hop dan step. Apabila anda memforsir gerakan maksimum pada tahap hop maka langkah step dan jump tidak akan mendapatkan hasil yang maksimum. Hal ini dikarenakan kekuatan anda sudah berkurang ketika melakukan gerakan hop. Pembagian usaha dalam ketiga tahapan memang menjadi masalah yang penting.

Pengertian lompat jangkit juga memperhatikan pembagian usaha dalam setiap tahap. Pokok utama pembagian usaha tersebut ialah besar jarak hop, step, dan jump yang pas. Jarak hop diukur dari papan tumpu sampai kaki, jarak step diukur dari ujung kaki menuju ujung kaki lainnya, sedangkan jarak jump diukur dari ujung kaki sampai pendaratan terkhir pada bak pasir. Jika diprosentasikan pada tahap hop memerlukan usaha sekitar 2% lebih besar dibandingkan tahap lainnya. Jarak dan rasio yang diperoleh oleh setiap pemain dapat berubah sejak 80 tahun yang lalu. Bahkan berdasarkan hasil catatan yang ditemukan terdapat peningkatan rasio sekitar 28 sampai 30%. Lompat jangkit membutuhkan kecepatan, kekuatan, ritme, keseimbangan, fleksibilitas, dan kesadaran tubuh yang bagus.  
Baca juga : Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap
Pengertian lompat jangkit juga dapat disebut power ballet. Kaki yang digunakan untuk tumpuan harus memiliki tungkai yang kuat karena sangat berpengaruh kepada tahap hop dan step. Para pelompat juga diharuskan untuk lebih berkonsentrasi pada setiap tahapnya. Pada tahap hop dan step posisi kaki harus datar dan ketika melakukan lompatan lutut sedikit ditekuk. Pada lompat jangkit diawali lari dengan tujuan agar mendapatkan kecepatan yang besar namun harus dapat dikuasai selama melakukan tahap melompat.

Teknik Dasar Lompat Jangkit

Setelah membahas mengenai pengertian lompat jangkit selanjutnya terdapat teknik dasar lompat jangkit yang harus anda pahami juga. Teknik dasar lompat jangkit secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga yaitu awalan, tolakan dan pendaratan. Teknik tolakan dilakukan dengan cara tolakan dengan berjingkat, tolakan dengan melangkah dan tolakan dengan melompat. Berikut cara melakukan lompat jangkit dengan benar :

Teknik Awalan Lompat Jangkit
Teknik dasar lompat jangkit yang pertama ialah teknik awalan. Teknik awalan dilakukan dengan jarak lintasan sekitar 45m. Berikut langkah langkah melakukan teknik awalan lompat jangkit :
  • Lakukan gerakan awalan dengan berlari. Lari pada teknik awalan sangat beragam variasinya karena tergantung pada kemampuan masing masing pelompat.
  • Tambah kecepatan berlari sedikit demi sedikit sebelum melakukan gerakan tolakan.
  • Pada satu langkah terakhir, sikap pinggang sedikit diturunkan.

Teknik Tolakan Lompat Jangkit
Teknik dasar lompat jangkit selanjutnya ialah tolakan. Ketika melakukan tolakan, gerakan kaki harus kuat dan tetap terjaga kecepatannya. Usahakan tidak mengurangi kecepatan berlarinya. Teknik tolakan dapat dilakukan dengan tiga tahapan yaitu berjingkat, melangkah dan melompat.

Tolakan untuk berjingkat
Tahap pertama tolakan pada teknik dasar lompat jangkit ialah berjingkat. Berikut cara melakukan tolakan untuk berjingkat :
  • Gunakan kaki terkuat untuk melakukan tolakan, kemudian lakukan pendaratan secara aktif diimbangi dengan mendorong kaki ke arah depan.
  • Lalu salah satu paha kaki diayunkan secara horizontal.
  • Lakukan gerakan menolak ke arah depan atas.
  • Tarik kaki yang digunakan untuk menolak ke depan atas, kemudian kaki lainnya ditarik ke arah belakang bawah.
Baca juga : 14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya
Tolakan untuk melangkah
Tahap tolakan selanjutnya pada teknik dasar lompat jangkit ialah melangkah. Berikut cara melakukan tolakan untuk melangkah :
  • Lakukan gerakan tolakan menggunakan satu kaki kemudian posisi sendi lutut, pinggang dan mata kaki lurus. Lalu paha kaki lainnya diayunkan secara horizontal.
  • Pada gerakan melangkah disertai gerakan melompat. Maka dari itu pada tahap ini harus lebih dipertahankan karena akan dilanjutkan dengan tahap melompat. 
  • Pada gerakan melangkah, anda cukup meluruskan kaki yang tidak digunakan untuk melompat kemudian tarik ke arah belakang bawah.
Tolakan untuk melompat
Tahap terakhir tolakan pada teknik dasar lompat jangkit ialah melompat. Berikut cara melakukan tolakan untuk melompat :
  • Gerakan tolakan dilakukan dengan cara cepat kemudian kaki yang tidak menolak diayun ke arah horizontal.
  • Tahap badan melayang melibatkan teknik melangkah dan menggantung. 
  • Badan ditarik ke arah depan bawah untuk mempersiapkan pendartan.
  • Kemudian lengan ditarik ke arah depan.

Teknik Pendaratan Lompat Jangkit
Teknik dasar lompat jangkit yang terakhir ialah pendaratan. Berikut cara melakukan teknik pendaratan lompat jangkit :
  • Kedua kaki diluruskan dan diangkat ke arah depan.
  • Badan sedikit dibungkukkan ke depan dan posisikan kedua lengan ke depan.
  • Kedua kaki mengeper dengan sedikit ditekuk ketika melakukan pendaratan.
  • Posisikan badan di depan disertai merundukkan kepala. Setelah itu kedua tangan tetap berada didepan badan.
Dalam olahraga ini memang mencakup pengertian lompat jangkit dan teknik dasar lompat jangkit. Namun adapula kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan lompat jangkit. Kesalahan yang sering dilakukan dalam olahraga lompat jangkit meliputi gerakan awalan yang kurang cepat, percepatan awalan kurang ketika melakukan tumpuan ke balok, panjang langkah tidak teratur, awalan memiliki jarak yang pendek, lompatan kedua pendek sehingga tidak terlihat melayang, dan sudut tolakan terlalu besar sehingga lompatan terlalu tinggi. Dalam lompat jangkit juga terdapat beberapa hal yang perlu dihindari dan dilakukan. Berikut hal hal yang perlu dihindari :
  1. Melakukan teknik pendaratan dengan tumit.
  2. Pendaratan dilakukan dengan sikap tegang.
  3. Badan dicondongkan kedepan terlalu jauh.
  4. Badan tidak seimbang ketika berada disamping.
  5. Badan digerakkan secara pendek, mendadak serta menyilang.
  6. Gerakan tolakan yang kurang sempurna.
  7. Dorongan pada tahap tolakan kedua dan ketiga kurang sempurna.
  8. Kaki yang digunakan untuk menolak kaku dan tegang ketika badan melayang diudara
Hal hal yang perlu dilakukan dalam lompat jangkit :
  1. Togok badan usahakan digerakkan.
  2. Pendaratan dilakukan dengan telapak kaki.
  3. Ciptakan pendaratan yang bersifat aktif.
  4. Dapatkan lompatan dengan gerak yang seimbang.
  5. Dapatkan gerakan lengan yang terkoordinasi dan luas.
  6. Lakukan gerakan memutar pada kaki tolak ketika melakukan tolakan pertama.
  7. Pada tolakan kedua dan ketiga, kaki diangkat serta diayunkan dengan tinggi dan kuat.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian lompat jangkit dan teknik dasar lompat jangkit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih. 

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jangkit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar