Teknik Dasar Blocking Bola Voli dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar Blocking Bola Voli dan Cara Melakukannya - Bola volly adalah olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyehatkan, voli juga banyak dimainkan karena cukup menyenangkan. Bahkan kita bisa menjumpai pertandingan bola voli secara resmi dalam kancah nasional sampai internasional.

Teknik dasar blocking bola voli
Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli

Permainan berbasis kompetisi ini memerlukan kekuatan otot serta kordinasi tim yang baik. Setiap pemain pun dituntut harus menguasai semua teknik dasar bola voli untuk mencapai kemenangan. Salah satunya yakni teknik dasar blocking yang notabenya termasuk pola pertahanan. Secara garis besar gerakan bloking hanya seperti melompat mengangkat tangan ke atas untuk menghalau pukulan keras dari lawan.

Meski terlihat mudah, tapi faktanya tak semua orang tau cara melakukan blocking bola voli dengan baik dan benar. Banyak pemain mengalami kegagalan lantaran masalah sepele seperti bagian tubuh yang menyentuh net. Inilah pentingnya mengapa kalian harus menguasai strategi pertahanan pada permainan bola volly.

Teknik Dasar Blocking Bola Voli dan Cara Melakukannya

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi bola volly hampir di semua jenjang. Pembahasannya juga sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas maupun LKS. Di lain sisi, guru pun pasti telah memberikan penjelasan secara teori maupun praktek. Meski demikian masih banyak siswa yang tak hafal ketika diminta menjelaskan cara melakukan blocking bola voli. Padalah, materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung. 

Tapi apa itu blocking? apakah teknik satu ini cukup penting untuk kita pelajari? Setiap pemain memang dituntut harus menguasai seluruh teknik dasar. Meski bisa melancarkan serangan terus menerus tapi kita juga tak boleh mengabaikan faktor pertahanan. Apa yang harus dilakukan untuk menghentikan smash lawan? tentu saja dengan membuat blokade. 

Itulah mengapa dalam artikel ini saya ingin membahas lebih dalam teknik dasar blocking bola voli yang benar. Selain itu, kita juga akan mempelajari berbaga kesalahan yang bisa berakibat gagal memblokade pukulan musuh. Setelah membaca materi di bawah saya harap tak ada lagi siswa mempertanyakan hal serupa.

Cara Melakukan Blocking

Teknik dasar blocking bola voli sangat berguna untuk bertahan melawan spike/smash dari musuh. Gerakan memblokade tersebut bisa dilakukan dengan mengangkat kedua tangan ke atas sembari melompat setinggi mungkin. Blocking menjadi tugas pemain yang ada di lini formasi depan seperti tosser maupun spiker.

Pertanyaanya apakah kalian tau seperti apa teknik dasar blocking bola voli yang baik dan benar? Meski sudah diajarkan baik secara praktek maupun teori oleh guru penjas. Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa ada sebagian siswa yang tak mengetahui gerakan barikade tersebut. Maka dari itu, simaklah cara menghalau pukulan lawan menggunakan teknik blocking di bawah:
  1. Pemain yang bertugas untuk blocking diposisikan dekat dengan net. Dengan begitu para pemain lebih mudah melakukan blocking serangan dari lawan.
  2. Pemain blocking harus melihat pergerakan pemain toser dan spiker lawan dalam melakukan spike.
  3. Tangan pemain blocking diletakkan didepan dada agar teknik blocking dapat dilakukan dengan mudah dan tangan tidak menyangkut net.
  4. Lakukan teknik blocking ketika pemain toser lawan telah mengumpankan bola pada spiker. Usahakan badan digerakan ke arah jatuhnya bola dan block dengan gerakan melompat.
  5. Posisikan telapak tangan terbuka dimana posisi telunjuk tangan kiri dan kanan merapat saat melakukan blocking serangan.
  6. Untuk gerakan blocking selanjutnya ialah memposisikan tangan tetap didepan dada dan mendaratkan badan dengan kedua kaki.
Cara melakukan teknik blocking dalam permainan bola voli yang sempurna bukanlah hal yang mudah dijalankan. Hal ini dikarenakan pemain harus memiliki ketepatan dalam membaca serangan lawan. Dengan begitu arah bola dari toser lawan dapat terbaca, kemudian teknik blocking tersebut dapat berjalan secara maksimal.

Kesalahan Saat Melakukan Blocking

Sayangnya, tak semua pola pertahanan bisa kita lakukan dengan baik dan benar. Beberapa disebabkan karena masalah yang cukup sepele seperti kurangnya kordinasi antar pemain dalam satu tim. Ataupun karena bagian tubuh pemain menyentuh jaring net ketika melakukan blokade.
Jika terdapat salah satu kesalahan dalam melakukan teknik dasar blocking bola voli maka akan berakibat penambahan point untuk lawan. Nah dibawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam teknik blocking yang dapat menambahkan point untuk lawan yaitu:
  • Posisi badan berjauhan dengan net. Hal ini mengakibatkan bola sulit dibendung dan dapat jatuh di daerah pertahanan sendiri. Biasanya pelaksanaan spike pada spiker cenderung menukik menuju arah pertahanan sendiri.
  • Serangan yang dilangsungkan oleh Toser (Setter) lawan salah dibaca oleh pemain blocking.
  • Tidak tepat dalam hal timing blocknya.
  • Arah bola yang diumpan oleh Setter lawan tidak diperhatikan oleh pemain blocking.
  • Pada saat melakukan blocking, posisi jari tangan dan telapak tangan tidak dibuka.
  • Pergerakan tangan pasif sehingga lawan dapat mengubah arah serangan dengan mudah melalui smash atau spike.
  • Gerakan serangan dari spiker lawan tidak dilihat oleh pemain blocking.
  • Tangan diposisikan di bawah dada sehingga tangan dapat menyangkut net ketika melakukan serangan atau bahkan dapat mengenai pemain blocking lainnya.
  • Ketika melakukan blocking, posisi tangan terlalu terbuka sehingga terdapat celah antara lengan kiri dan kanannya.
  • Pendaratan dilakukan dengan satu kaki, maka dari itu dapat mengakibatkan cedera serius.
  • Teknik blocking dilakukan dengan lompatan melayang yang berbahaya untuk pemain lain.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan teknik dasar blockingbola voli yang dapat saya sampaikan. Gerakan bertahan satu ini memang sangat penting dan memberikan peran besar untuk kemenangan tim. Pasalnya kalian bisa menggagalkan spike/smash yang notabenya tak akan bisa diantisipasi oleh teknik passing atas/bawah. Selain itu, teknik blocking ini dapat menambah point lawan jika tidak dilakukan dengan maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Blocking Bola Voli dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel