Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola

Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola - Dalam permainan sepak bola terdapat seseorang yang memimpin jalannya pertandingan yaitu wasit. Menurut PSSI terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk menjadi wasit dalam pertandingan sepak bola. Jalannya pertandingan sepak bola didukung dengan beberapa isyarat wasit untuk semua pemain di dalamnya.

Isyarat wasit sepak bola tersebut berguna untuk mengatur berlangsungnya pertandingan. Lantas bagaimana cara memahami isyarat wasit dalam sepak bola? Memahami isyarat dari wasit sepak bola memang harus dilakukan agar pertandingannya dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Pada dasarnya wasit akan membuat isyarat tangan dan meniupkan peluit jika dalam keadaan genting dan tertentu saja. Untuk itulah setiap pemain dalam tim harus sigap dan mengetahui cara memahami isyarat wasit sepak bola yang ada. Kepatuhan semua pemain sepak bola merupakan hal utama yang perlu dijunjung tinggi dalam pertandingan yang adil. Maka dari itu kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memahami isyarat dari wasit dalam sepak bola. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola

Isyarat wasit menjadi salah satu pengetahuan yang harus dihafalkan setiap pemain. Mengapa demikian? sebab wasitlah yang bertugas mengatur jalannya pertandingan dari awal sampai berakhir. Maka dari itu, setiap aba-aba serta isyaratnya dianggap begitu penting.

Masalahnya, tak semua orang tau bagaimana cara memahami isyarat wasit sepak bola. Dalam konteks pendidikan siswa memang sangat jarang mendapat materi tersebut. Tapi ada kalanya guru membahas lalu memberikan tugas untuk merangkum isyarat wasit. Apakah kalian sedang mendapat tugas demikian?

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memahami isyarat wasit dalam sepak bola. Untuk memahami isyarat dari wasit sepak bola tersebut dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut penjelasan selengkapnya.

Mendengarkan Peluit

Cara memahami isyarat dari wasit sepak bola yang pertama ialah mendengarkan peluit yang ditiupkan oleh wasit tersebut. Jika sesuatu terjadi maka wasit akan meniupkan peluitya, misalnya permainan ingin dihentikan karena situasi tertentu ataupun terjadi pelanggaran. Untuk itu terjadinya tingkat pelanggaran dapat diindikasikan dari nada peluit yang ditup oleh wasit.

Wasit Meniupkan Peluit

Apabila yang terjadi berupa pelanggaran kecil, maka nada peluitnya akan cepat dan pendek karena nantinya akan mengarah pada tendangan bebas. Sedangkan untuk kategori pelanggaran berat biasanya nada peluit kuat dan panjang karena akan mengarah pada tendangan penalti ataupun pemberian kartu dari wasit.
Baca juga : Cara Menggiring Bola Melewati Rintangan Dalam Olahraga Sepak Bola

Memperhatikan Advantage

Cara memahami isyarat wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatikan advantage atau keuntungannya. Jika dalam pertandingan sepak bola terdapat sebuah pelanggaran maka wasit akan meluruskan kedua tangganya ke arah depan dan memberikan keputusan agar permainan diteruskan (mencari advantage). Dalam hal ini peniupan peluit ditunda oleh wasit sembari mencari ketentuan advantage selama 3 detik.

Wasit Menjulurkan Kedua Tangan

Apabila dalam wakti 3 detik lebih ada salah satu tim yang memperoleh keuntungannya seperti mencetak gol atau bola dapat dijaga kepemilikannya, maka wasit akan mengabaikan pelanggaran sebelumnya. Tetapi apabila harus memberikan kartu sebagai bukti pelanggaran, maka setelah permainan berhenti akan diberikan kartu tersebut dari wasit. Contohnya pelanggaran saat keluarnya bola dari lapangan.

Memperhatikan Tendangan Bebas Langsung

Wasit Meniup Peluit dan Menjulurkan Lengan ke Gawang

Cara memahami isyarat dari wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatikan tendangan bebas secara langsung. Apabila wasit menjulurkan salah satu lengan ke gawang sambil meniupkan peluit, maka tim yang dituju akan diberikan tendangan bebas langsung. Pemberian tendangan bebas ini terjadi saat pelanggaran penal dilakukan oleh salah satu pemain. Maka dari itu tendangan bebas langsung tersebut dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi tim yang dituju karena dapat menciptakan gol jika dieksekusi dengan baik.
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja

Memperhatikan Tendangan Bebas Tidak Langsung

Cara memahami isyarat wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatkan tendangan bebas tidak langsung. Wasit akan mengangkat salah satu lengan ke atas setelah isyarat tendangan bebas diberikan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian isyarat tendangan bebas secara tidak langsung.

Wasit Mengangkat Salah Satu Lengan ke Atas

Pemberian tendangan bebas tersebut ditujukan untuk kategori pelanggaran yang tidak sengaja dilakukan lawan atau selain pelanggaran penal. Namun tendangan bebas tidak langsung ini belum tentu dapat menghasilkan gol, kecuali pemain lain menyentuh bola tersebut. Tangan wasit akan terus diangkat sampai pemain menyentuh atau menendang bola ketika isyarat dibuat untuk menandakan tendangan bebas tidak langsung.

Memperhatikan Tendangan Penalti

Wasit Menunjuk ke Titik Penalti

Cara memahami isyarat dari wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatikan tendangan penalti. Isyarat tendangan penalti akan diberikan oleh wasit apabila wasit menunjuk ke daerah 2/3 kotak penalti ataupun mengarah pada titik penalti langsung. Pemberian isyarat ini disebabkan apabila dalam daerah penalti sendiri terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.

Memperhatikan Kartu Kuning

Wasit Memberikan Kartu Kuning
Baca juga : Macam Macam Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya
Cara memahami isyarat wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatikan kartu kuning. Kartu kuning akan diberikan oleh wasit apabila salah satu pelanggaran cautionable dilakukan oleh pemain. Pemain yang memperoleh kartu tersebut akan dicatat namanya oleh wasit. Namun pemain ini akan dikeluarkan dari permainan jika memperoleh kartu kuning lagi. Tetapi dalam hal ini pelatih tim dapat mengganti pemain ini dengan pemain lain atau dapat memperbolehkannya meneruskan pertandingan.

Memperhatikan Kartu Merah

Wasit Memberikan Kartu Merah
Cara memahami isyarat dari wasit sepak bola selanjutnya ialah memperhatikan kartu merah. Apabila salah satu pelanggaran serius dilakukan oleh pemain maka wasit akan memberikan kartu merah dan mengeluarkannya dari lapangan. 

Sekian penjelasan mengenai beberapa cara memahami isyarat wasit dalam sepak bola. Isyarat isyarat dari wasit ini perlu diperhatikan oleh setiap pemain untuk mengetahui tingkat pelanggaran yang dilakukannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Cara Memahami Isyarat dari Wasit dalam Sepak Bola"