Peraturan, Gambar, dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Peraturan, Gambar, dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit - Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah. Mulai dari lempar lembing, lari, sampai yang paling mendasar yakni nomor lompat. Di dalamnya kita bisa menjumpai materi lompat jangkit yang notabenya tak banyak dibahas ketika kita berada di sekolah.

Secara konsep, Teknik dasar lompat jangkit memang tak jauh berbeda dari gerakan lompatan lainnya. Perbedaanya terletak pada cara peroleh nilai dimana atlet dituntut harus lari berjangkit dan mendarat pada area yang telah ditentukan. Lompatan dilakukan secara runtut seperti layaknya rusa ketika sedang dikejar oleh predatornya.

Berapa ukuran lapangan lompat jangkit? pertanyaan tersebut sering muncul di benak siswa. Pada dasarnya materi lompat jangkit sudah diajarkan bahkan sejak berada di bangku sekolah dasar. Materi lengkapnya pun bisa kita baca sendiri di buku pedoman penjas serta LKS. Di dalamnya sudah tercantum pula gambar dan keterangan lapangan yang bisa kalian simak.

Secara garis besar teknik dasar lompat jangkit diawali dengan gerakan berjingkat, melangkah, lalu melompat untuk mendapatkan jarak sejauh mungkin. Olahraga ini dilaksanakan pada lapangan berbentuk lintasan memanjang yang diujungnya terdapat bak pasir sebagai tempat pendaratan. Setiap tahap yang dilalui atlet harus urut runtut karena sedikit saja kesalahan maka akan dianggap tidak sah.

Peraturan, Gambar, dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Tak semua siswa hafal berapa ukuran lapangan lompat jangkit sesuai standar internasional yang telah ditetapkan. Meski jenis olahraga satu ini tak diajarkan sebagai materi pokok tapi kita tetap harus mempelajarinya. Tak sedikit siswa yang bingung ketika diminta menjelaskan apa saja peraturan lompat jangkit ketika ujian berlangsung.

Karena pembelajaran praktikum yang kurang maksimal akhirnya siswa menjadi kesulitan menguraikan materi. Di lain sisi, siswa hanya bisa melihat gambar lapangan lompat jangkit dan jarang melihatnya secara langsung. Kurangnya referensi inilah yang akhirnya membuat kita kewalahan dan kurang mengenal apa itu lompat jangkit.
Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya
Terlebih ketika kita dipaksa harus menghafalkan apa saja peraturan lompat jangkit sesuai standar. Maka dari itu, untuk membantu kalian belajar saya telah merangkum materi di atas menjadi satu. Dalam artikel di bawah kita akan mempelajari lebih dalam gambar lompat jangkit dan ukurannya secara lengkap.

Peraturan Lompat Jangkit 

Setiap olahraga baik ringan maupun berat selalu memiliki aturan dasar yang menjadi batasan dan tak boleh dilanggar. Begitu juga dengan peraturan lompat jangkit yang telah ditetapkan sesuai standar internasional. Aturan tersebut umumnya menyangkut setiap aspek serta komponen mulai dari teknik dasar, atribut, lapangan, dan sebagainya.

Meski terdengar sepele tapi faktanya tak semua hafal apa saja peraturan lompat jangkit. Padahal semua pembahasan sudah terangkum rapi di buku LKS penjas. Kita hanya perlu membaca dan menghafalkan materi tersebut. Untuk membantu kalian saya telah menyiapkan berbagai poin penting terkait aturan dasar dalam perlombaan. Simaklah beberapa aspek di bawah:
  1. Pemain yang melompat sebelum balok lompat dinyatakan sah.
  2. Setelah melakukan tolakan pertama, pendaratannya harus dilakukan dengan kaki yang lain.
  3. Setelah melakukan tolakan kedua juga harus menggunakan kaki yang lain ketika mendarat.
  4. Pemain diberikan waktu 1,5 menit sampai 2 menit untuk melakukan lompatan.
  5. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila sedang melompat, kaki menyentuh tanah.
Selain memahami gambar lapangan lompat jangkit kita juga harus tau bagaimana standar pengukurannya. Standar tersebut dipakai dewan juri untuk menilai poin yang didapatkan oleh seorang atlet. Maka dari itu, selanjutnya akan saya jabarkan bagaimana cara mengukur lompatan yang benar:
  • Pengukuran dalam olahraga lompat jangkit hampir sama dengan pengukuran pada olahraga lompat jauh. Pengukuran tersebut dilakukan oleh dua orang yang bertugas sebagai juri ukur.
  • Pengukuran lompatan akan dilaksanakan setelah pelompat dinyatakan sah oleh juri. Pengukuran lompat jangkit diawali dari ujung balok tumpu menuju titik awal pendaratan kaki pada bak pasir.
  • Jika pelompat keluar bak pasir dengan cara berjalan mundur maka pengukurannya dilakukan menuju jarak tumpuan kaki terakhir pelompat ketika mundur. Maka dari itu pelompat diharuskan untuk melangkah maju.
  • Pada tahap pengukuran harus dilakukan secara teliti karena jarak 1 cm saja akan sangat berpengaruh. Pengukuran lompat jangkit harus menggunakan satu alat saja. Kemudian hasil dari lompatan tersebut dicatat oleh pencatat perlombaan.
  • Apabila dalam perlombaan lompat jangkit terdapat hasil akhir yang sama maka pelompat yang memiliki nilai yang sama diberikan kesempatan melompat lagi. Namun apabila nilai masih sama maka akan dilihat dari prestasi masing masing atlet. Jika hasil masih sama lagi maka akan diadakan undian untuk memperoleh pemenangnya.
Baca juga : Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Akan saya asumsikan kalian telah mengerti peraturan lompat jangkit di atas. selanjutnya, saya akan membahas mengenai ukuran dan gambar lapangan lompat jangkit. Olahraga satu ini memiliki bentuk lapangan yang sama dengan lompat jauh. Didalamnya terdapat bak pasir berukuran 10 x 2,75 m dengan tambahan lintasan lari berukuran 40 sampai 45 m.

Setelah itu adapula papan lompat yang berukuran 1,22 x 0,2 x 0,0 5 m. Bak yang digunakan untuk pendaratan diisi dengan pasir halus dan bebas dari kerikil kerikil tajam sehingga ketika pelompat sedang mendarat tidak akan mengalami cidera.

Dalam gambar lapangan lompat jangkit kalian juga akan menemukan lintasan panjang untuk tahap awalan. Kemudian disusul balok tumpuan dengan jarak kurang lebih 30 sampai 45 meter.  Kemudian dari balok tumpu menuju bak pasir berukuran ± 13 m dengan panjang bak sekitar 9 m, lebar bak 2,75 m dan kedalaman bak pasir ± 10 sampai 20 cm.
Lapangan Lompat Jangkit
Berdasarkan gambar diatas dapat kita lihat bahwa ukuran lapangan lompat jangkit adalah:
  1. Lebar bak pasir berukuran 2,75 m.
  2. Panjang bak pasir berukuran 7 sampai 9 m.
  3. Lebar lintasan lari atau lintasan awal berukuran 1,22 m.
  4. Lebar balok tumpu berukuran 20 cm.
  5. Panjang balok tumpu berukuran 1,22 m.

Demikianlah penjelasan mengenai peraturan lompat jangkit dan ukuran lapangan lompat jangkit. Sebelum mengikut perlombaan lompat jangkit usahakan untuk memahami peraturan dan ukuran lapangan yang berlaku. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan, Gambar, dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel