Peraturan dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Advertisement

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit - Cabang olahraga atletik dapat dibagi menjadi beragam kategori seperti kategori lompat, kategori nomor dan sebagainya. Salah satu cabang olahraga atletik kategori lompat ialah lompat jangkit. Lompat jangkit adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan urutan gerakan berjingkat, melangkah dan melompat untuk mendapatkan jarak sejauh mungkin. Olahraga ini harus dilakukan dengan cara urut. Gerakan yang dilakukan tersebut sudah ditentukan dengan awalan berjingkat, dilanjutkan dengan melangkah dan diakhiri dengan melompat. Lompat jangkit juga memiliki teknik dasar yang harus dikuasai. Namun anda juga harus memahami peraturan lompat jangkit dan ukuran lapangan lompat jangkit. Pada kesempatan kai ini saya akan menjelaskan mengenai peraturan lompat jangkit dan ukuran lapangan lompat jangkit. Berikut uraian selengkapnya.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Dalam perlombaan lompat jangkit juga terdapat paraturan dan ukuran lapangan yang harus dipatuhi. Peraturan lompat jangkit dan ukuran lapangan lompat jangkit berbeda dengan jenis olahraga lainnya. Maka dari itu setiap pemain harus memahami dan mengerti peraturan dan ukuran yang telah ditentukan.
Baca juga : Ukuran Lapangan Sepak Takraw Nasional dan Internasional Beserta Gambarnya

Peraturan Lompat Jangkit

Hal pertama yang akan kita bahas ialah peraturan lompat jangkit. Peraturan lompat jangkit meliputi beberapa hal penting seperti :
1. Pemain yang melompat sebelum balok lompat dinyatakan sah.
2. Setelah melakukan tolakan pertama, pendaratannya harus dilakukan dengan kaki yang lain.
3. Setelah melakukan tolakan kedua juga harus menggunakan kaki yang lain ketika mendarat.
4. Pemain diberikan waktu 1,5 menit sampai 2 menit untuk melakukan lompatan.
5. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila sedang melompat, kaki menyentuh tanah.

Dalam peraturan lompat jangkit juga terdapat cara khusus untuk melakukan pengukuran dengan benar. Berikut cara mengukur lompatan pada olahraga lompat jangkit :
  • Pengukuran dalam olahraga lompat jangkit hampir sama dengan pengukuran pada olahraga lompat jauh. Pengukuran tersebut dilakukan oleh dua orang yang bertugas sebagai juri ukur.
  • Pengukuran lompatan akan dilaksanakan setelah pelompat dinyatakan sah oleh juri. Pengukuran lompat jangkit diawali dari ujung balok tumpu menuju titik awal pendaratan kaki pada bak pasir.
  • Jika pelompat keluar bak pasir dengan cara berjalan mundur maka pengukurannya dilakukan menuju jarak tumpuan kaki terakhir pelompat ketika mundur. Maka dari itu pelompat diharuskan untuk melangkah maju. Pada tahap pengukuran harus dilakukan secara teliti karena jarak 1 cm saja akan sangat berpengaruh. Pengukuran lompat jangkit harus menggunakan satu alat saja. Kemudian hasil dari lompatan tersebut dicatat oleh pencatat perlombaan.
  • Apabila dalam perlombaan lompat jangkit terdapat hasil akhir yang sama maka pelompat yang memiliki nilai yang sama diberikan kesempatan melompat lagi. Namun apabila nilai masih sama maka akan dilihat dari prestasi masing masing atlet. Jika hasil masih sama lagi maka akan diadakan undian untuk memperoleh pemenangnya.

Ukuran Lapangan Lompat Jangkit

Setelah membahas mengenai peraturan lompat jangkit selanjutnya, saya akan membahas mengenai ukuran lapangan lompat jangkit. Lompat jangkit memiliki bentuk lapangan yang sama dengan lompat jauh. Didalamnya terdapat bak pasir berukuran 10 x 2,75 m dengan tambahan lintasan lari berukuran 40 sampai 45 m. Setelah itu adapula papan lompat yang berukuran 1,22 x 0,2 x 0,0 5 m. Bak yang digunakan untuk pendaratan diisi dengan pasir halus dan bebas dari kerikil kerikil tajam sehingga ketika pelompat sedang mendarat tidak akan mengalami cidera.

Ukuran lapangan lompat jangkit berawal dari awalan berlari sampai balok tumpuan berukuran ± 45 m. Kemudian dari balok tumpu menuju bak pasir berukuran ± 13 m dengan panjang bak sekitar 9 m, lebar bak 2,75 m dan kedalaman bak pasir ± 10 sampai 20 cm.
Lapangan Lompat Jangkit
Berdasarkan gambar diatas dapat kita lihat bahwa ukuran lapangan lompat jangkit yaitu
1. Lebar bak pasir berukuran 2,75 m.
2. Panjang bak pasir berukuran 7 sampai 9 m.
3. Lebar lintasan lari atau lintasan awal berukuran 1,22 m.
4. Lebar balok tumpu berukuran 20 cm.
5. Panjang balok tumpu berukuran 1,22 m.

Demikianlah penjelasan mengenai peraturan lompat jangkit dan ukuran lapangan lompat jangkit. Sebelum mengikut perlombaan lompat jangkit usahakan untuk memahami peraturan dan ukuran lapangan yang berlaku. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lompat Jangkit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar