6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau

Advertisement

6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau - Lompat harimau adalah salah satu jenis senam lantai yang sudah diajarkan ketika masih dibangku sekolah. Lompat harimau ini memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai sehingga dapat dilakukan dengan baik dan benar. Namun terkadang pelaksanaan lompat harimau tidak berjalan dengan benar karena memiliki beberapa kesalahan didalamnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau? Untuk melakukan lompat harimau tentunya diperlukan alat keamanan yang mendukung pelaksanaan kegiatan olahraga tersebut. Apa saja alat keamanan lompat harimau?

Olahraga Lompat Harimau
Alat keamanan dalam lompat hariau dapat berupa kasur ataupun matras. Dengan alat ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan ataupun cedera. Maka dari itulah anda harus mengikui beberapa teknik dasar lompat harimau yang ada agar gerakan yang dilakukan benar dan tidak menimbulkan cedera. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau

Pengertian lompat harimau adalah jenis olahraga senam yang menggunakan gerakan diatas matras. Lompat harimau memiliki gerakan yang menyerupai hewan harimau saat melompat. Maka dari itulah nama olahraga senam lantai ini ialah lompat harimau. Gerakan lompat harimau dimulai dengan gerakan melompat dilanjutkan gerakan gulingan arah depan untuk gerakan akhirannya. Terkadang gerakan yang dilakukan memiliki kesalahan yang tanpa disengaja. Dibawah ini terdapat beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau yaitu meliputi?
Baca juga : Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar
Menggunakan Tumpuan Kuat
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau yang pertama ialah dengan tumpuan yang kuat. Biasanya tumpuan yang kurang kuat dapat menimbulkan beberapa kesalahan hingga membuat badan menjadi jatuh karena tidak seimbang. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan penopangan berat badan tubuh menggunakan tenaga yang ada ketika melaksanakan guling depan.

Menyeimbangkan Tubuh
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan menyeimbangkan tubuh. Kegagalan melakukan lompat harimau terkadang banyak dialami karena tubuh tidak seimbang. Maka dari itu menjaga tubuh agar tetap seimbang ketika melakukan lompat harimau sangat penting untuk diperhatikan. Apabila keseimbangan tubuh tidak ada, maka rolling depan akan gagal dilakukan dan tubuh akan mudah jatuh.

Memposisikan Bahu dengan Tepat
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan memposisikan bahu yang tepat. Bahu atau pundak diharuskan untuk menempel pada matras agar dapat melakukan rolling depan. Apabila posisinya kurang tepat, maka rolling depan akan sulit untuk dilakukan. Bahu harus memiliki posisi yang menempel di atas matras dengan baik saat gerakan rolling depan dilakukan. Gunakan tangan sebagai tenaga pendorong ketika melaksanakan rolling depan saat bahu sudah menempel pada matras.
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar
Mendorong Tubuh Menggunakan Tangan
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan mendorong tubuh menggunakan tangan. Gerakan rolling depan pada lompat harimau harus disertai dengan dorongan tangan agar tubuh dapat berguling ke depan. Gerakan rolling akan sulit dilakukan, jika tangan tidak digunakan untuk mendorong berat tubuh. Maka dari itu ketika bahu telah menempel pada matras, tangan digerakkan dengan mendorong tubuh ke arah depan. Setelah itu kaki ditekuk dan akhiri dengan gerakan sikap siap. Tangan tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong ke arah depan. Hal ini dikarenakan jika tangan tidak berperan serta maka bagian leher dapat mengalami cedera.

Kepala Ditekuk
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan kepala ditekuk. Kegagalan pelaksanaan rolling sering diakibatkan oleh kesalahan ketika menekuk bagian kepala. Bahkan jika kepala dipaksa dan tidak ditekuk ketika rolling depan, maka akan menyebabkan cedera. Maka dari itu ketika melakukan rolling, bagian kepala harus ditekuk.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau. Lakukan latihan lompat harimau serutin mungkin untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi nantinya. Lompat harimau merupakan jenis olahraga senam yang menggunakan gerakan diatas matras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar