6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau

6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau - Senam lantai dan ketangkasan menjadi salah satu materi yang wajib dikuasai oleh siswa. Meski demikian, kita tak bisa menampik fakta bahwa banyak yang masih mengalami kesulitan ketika melakukan gerakan tertentu. Misalnya tidak bisa meroda, praktek roll depan belakang,

Lompat harimau mengandung gerakan berbahaya dan komplek daripada jenis senam lantai maupun ketangkasan lain. Tak sedikit yang gagal ketika melakukan lompat harimau karena berbagai alasan tertentu. Mulai dari rasa takut cidera sampai miskonsepsi dalam memahami teori sehingga mengalami kesulitan ketika kegiatan praktikum.

Olahraga Lompat Harimau

Dalam konteks pendidikan, materi lompat harimau sudah diajarkan bahkan semenjak siswa berada di bangku sekolah menengah. Cakupan pembahasan terkait teknik dasar dan berbagai kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan lompat harimau dijelaskan pula oleh guru. Di lain sisi, siswa pun juga bisa mempelajarinya secara mandiri bersumber dari buku pedoman penjas serta LKS.

6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau

Pada dasarnya teknik dasar lompat harimau cukup sederhana dan mudah untuk kita pahami. Konsepnya adalah melompat melewati rintangan layaknya harimau yang akan menerkam mangsa. Gerakan mendarat mengombinasikan teknik roll depan sehingga membuat tubuh tidak cidera. Namun, ketika kegiatan praktikum banyak siswa yang gagal dan melakukan kesalahan fatal.

Akibatnya pun tak main-main karena mampu menimbulkan cidera dan luka ringan sampai berat. Inilah mengapa guru mengajarkan apa saja kesalahan yang sering terjadi dalam lompat harimau. Sementara itu, siswa juga harus mengevaluasi diri dan memperbaiki kesalahan tersebut. Tujuannya tak lain agar gerakan kita lebih sempurna dan mendapatkan nilai terbaik ketika ujian praktek.
Baca juga: Teknik Dasar Loncat Harimau yang Baik dan Benar
Masalah lain timbul ketika ujian tertulis berlangsung. Beberapa siswa tak mengetahui ketika diminta jelaskan kesalahan dalam lompat harimau. Problematika ini terjadi karena kurangnya analisa dan pemahaman terkait materi senam lantai tersebut. Oleh karenanya, pada artikel kali ini kita akan membahasnya lebih dalam.

 

Menggunakan Tumpuan Kuat

Tumpuan adalah salah satu faktor penting yang harus kita perhatikan sebelum masuk ke tahap melompat. Kesalahan dalam lompat harimau yang paling dasar terjadi karena siswa gagal menciptakan tumpuan yang kuat. Penyebabnya pun beragam, bisa karena mental yang belum siap sampai salah memperhitungkan langkah.

Karena kurang kuat, maka lompatan yang dihasilakan pun menjadi tidak maksimal. Apa yang terjadi setelahnya? bisa saja kalian tak akan bisa melewati rintangan. Atau jatuh ketika masuk ke tahap mendarat menggunakan teknik roll depan.
Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menciptakan tumpuan kuat. Melalui tahap ini siswa dapat menjaga keseimbangan agar tidak mudah jatuh. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan penopangan berat badan tubuh menggunakan tenaga yang ada ketika melaksanakan guling depan.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kesalahan yang sering terjadi pada lompat harimau lainnya adalah karena tak bisa menjaga tubuh tetap seimbang. Meski terdengar sepele tapi faktanya keseimbangan memberi dampak besar pada tahap pendaratan. Banyak yang jatuh saat berguling ke depan dan keluar dari jalur atau matras.

Cara memperbaiki kesalahan lompat harimau karena tak bisa menjaga keseimbangan tubuh sebenarnya cukup sederhana. Selain giat berlatih, kita juga wajib menguasai tahapan sebelumnya yakni saat melakukan lompatan. Usahakan untuk memperkuat tumpuan sehingga posisi melayang di udara bisa tetap seimbang hingga mendarat dengan baik sesuai teknik dasar.

Memposisikan Bahu dengan Tepat

Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan memposisikan bahu yang tepat. Bahu atau pundak diharuskan untuk menempel pada matras agar dapat melakukan rolling depan. Apabila posisinya kurang tepat, maka rolling depan akan sulit untuk dilakukan. Bahu harus memiliki posisi yang menempel di atas matras dengan baik saat gerakan rolling depan dilakukan. Gunakan tangan sebagai tenaga pendorong ketika melaksanakan rolling depan saat bahu sudah menempel pada matras.
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Mendorong Tubuh Menggunakan Tangan

Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan mendorong tubuh menggunakan tangan. Gerakan rolling depan pada lompat harimau harus disertai dengan dorongan tangan agar tubuh dapat berguling ke depan. Gerakan rolling akan sulit dilakukan, jika tangan tidak digunakan untuk mendorong berat tubuh.

Maka dari itu ketika bahu telah menempel pada matras, tangan digerakkan dengan mendorong tubuh ke arah depan. Setelah itu kaki ditekuk dan akhiri dengan gerakan sikap siap. Tangan tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong ke arah depan. Hal ini dikarenakan jika tangan tidak berperan serta maka bagian leher dapat mengalami cedera.

Kepala Ditekuk

Cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau selanjutnya ialah dengan kepala ditekuk. Kegagalan pelaksanaan rolling sering diakibatkan oleh kesalahan ketika menekuk bagian kepala. Bahkan jika kepala dipaksa dan tidak ditekuk ketika rolling depan, maka akan menyebabkan cedera. Maka dari itu ketika melakukan rolling, bagian kepala harus ditekuk.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki kesalahan dalam lompat harimau. Lakukan latihan lompat harimau serutin mungkin untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi nantinya. Lompat harimau merupakan jenis olahraga senam yang menggunakan gerakan diatas matras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Memperbaiki Kesalahan Dalam Lompat Harimau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel