8 Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap

8 Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap - Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang didalamnya memuat gerakan harmonis serta dinamis. Kita bisa menjumpai contohnya dalam bentuk lompat tinggi, lempar galah, lempar cakram, renang dan lain sebagainya. Inilah alasan mengapa dalam kancah olimpiade terdapat nomor perlombaan atletik yang berbeda beda.

Nomor Perlombaan Lari
Ada berapa nomor yang diperlombakan dalam lari? Pertanyaan tersebut sering diajukan siswa. Fakta bahwa tak semua orang tau nomor lari merupakan hal biasa. Meski kalah dengan jenis olahraga berbasis permainan seperti volly dan sepak bola. Tapi nyatanya lari merupakan salah satu cabang perlombaan bergengsi di kancah olimpiade.

Kita tak bisa menampik fakta bahwa jenis nomor lari telah ditetapkan oleh IAAF atau feredasi yang menaungi cabang olahraga atletik. Seperti halnya nomor lari yang terdiri dari nomor perlombaan pada lari jarak jauh, lari jarak pendek, lari jarak menengah dan lain lain. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nomor nomor yang diperlombakan dalam lari lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap

Lari menjadi salah satu jenis olahraga yang gencar diajarkan ketika siswa berada di bangku sekolah. Banyak sekali materi yang dapat kita bahas dari cabang atletik tersebut. Mulai dari teknik start, cara masuk finish, peraturan, jenis jenis nomor perlombaan lari, dan lain sebagainya. Tak jarang kita menjumpai materi di atas menjelma sebagai butir soal saat ujian yang menyulitkan.

Dalam konteks kehidupan nyata, banyak orang melakukan olaharga lari karena segudang manfaat. Selain menyehatkan aktivitas tersebut bisa dilakukan di waktu senggang untuk mengisi kegiatan. Sedangkan pada acara resmi cabang atletik satu ini menjelma menjadi olahraga yang kompetitif.

Ada berapa nomor yang diperlombakan dalam lari saat olimpiade menjadi pertanyaan yang sering diajukan siswa. Karena banyaknya variasi serta jenis lari akhirnya membuat sebagian orang menjadi bingungn cara membedakannya. Padahal perbedaanya sangat simpel hanya terletak pada jarak tempuh untuk masing-masing atlet.

Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek menjadi salah satu jenis nomor yang diperlombakan pada saat olimpiade berlangsung. Kategori lari jarak pendek putra dan putri memiliki ketentuan yang menurut saya sama jika ditinjau dari jaraknya.

Dalam konteks pendidikan, siswa telah diajarkan materi satu ini hampir di semua jenjang. Cakupan pembahasan tentang nomor perlobaan lari jarak pendek pun bisa kita jumpai pada buku LKS. Ditambah penjelasan guru secara teori serta praktikum harusnya membuat kalian memiliki bekal pengetahuan.

Namun, sayangnya tak semua mampu menghafalkannya. Maka dari itu dalam sesi kali ini saya ingin menjabarkan nomor yang diperlombakan dalam lari jarak pendek putra dan putri berikut:
  • Lari jarak pendek putra terdiri dari nomor perlombaan 100 m, 200 m, dan 400 m.
  • Lari jarak pendek putri terdiri dari nomor perlombaan 100 m, 200 m, dan 400 m.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Lari Jarak Menengah

Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari jarak menengah. Nomor lari jarak menengah antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari jarak menengah yaitu sebagai berikut:
  • Lari jarak menengah putra terdiri dari nomor perlombaan special chosse 800 m, 1.500 m, dan 3.000 m.
  • Lari jarak menengah putri terdiri dari nomor perlombaan 800 m, 1.500 m, dan 3.000 m.

Lari Jarak Jauh

Tak seperti dua nomor yang diperlombakan dalam lari sebelumnya. Pada kategori ini hanya peserta putra saja yang diperbolehkan mengikuti jalannya lomba. Hal ini disebabkan karena jarak tempuh yang terbilang sangat jauh sehingga tak memungkinkan untuk putri.

Syarat dan ketentuan lari jarak jauh mengharuskan pesertanya untuk menempuh jarah yakni 5.000 dan 10.000 meter. Lintasan yang dipakai biasanya berbentuk bulat atau oval seperti pada lapangan standar untuk perlombaan.

Mempertimbangkan jarak sejauh itu tentunya membuat atlet harus berlatih dengan giat. Pasalnya tak sembarang orang mampu berlari menempuh jarak tersebut. Berbagai program latihan khususnya untuk meningkatkan stamina pun harus dijalani secara teratur.

Jalan Cepat

Siapa sangka ternyata berjalan menggunakan tempo cepat juga merupakan salah satu nomor yang diperlombakan dalam lari. Mengapa bisa demikian? kita harus ingat kembali konsep dari berlari yang sama artinya dengan berjalan cepat. Dalam buku pedoman penjas dijaskan bahwa nomor lomba lari jalan cepat memiliki dua kategori yakni putra dan putri.

Masing-masing tentunya memiliki perbedaan signifikan dari segi jarak. Karena tak terlalu menguras stamina dan memforsir kinerja otot akhirnya asosiasi atletik menetapkan standar untuk keduanya.
  • Jalan cepat putra memiliki nomor perlombaan 10 km dan 20 km.
  • Jalan cepat putri memiliki nomor perlombaan 5 km dan 10 km.

Lari Estafet

Sebagai siswa tentunya kita sudah mengenal baik apa itu lari estafet. Ciri khas dari jenis nomor perlombaan lari ini terletak pada media serta banyaknya peserta dalam satu tim. Jika ditinjau dari peraturan, setiap tim terdiri lebih dari tiga pelari yang akan berlari secara bergantian. Satu tongkat estafet akan dipakai sebagai media yang harus dibawa ketika atlet berlari.
  • Lari estafet putra terdiri dari nomor perlombaan 4 x 100 m dan 4 x 400 m.
  • Lari estafet putri terdiri dari nomor perlombaan 4 x 100 m dan 4 x 400 m.

Lantas apa itu lari estafet? menurut buku pedoman penjas kita bisa mengartikannya sebagai lari sambung. Karena dilakukan secara tim maka peraturannya pun berbeda dari jenis nomor yang dilombakan dalam lari lainnya. 

Ketika masuk materi maka kalian akan bertemu pembahasan terkait cara start, zona pergantian tongkat, jarak antar pelari, dan lain sebagainya. Karena dianggap penting guru pun juga mengajarkannya secara praktikum agar siswa memiliki gambaran jelas tentang olahraga tersebut.

Lari Gawang

Ketika membicarakan lari gawang maka sangat erat kaitannya dengan materi kombinasi gerak dasar lari, jalan, dan lompat. Mengapa demikian? karena jenis nomor perlombaan lari satu ini mengkombinasikan ketiganya. Tak hanya melakukan sprint, peserta dituntut harus melompat untuk menghindari rintangan. Dalam beberapa kasus, orang lebih famiiar menyebutnya sebagai lari halang rintang.

Ada berapa nomor yang diperlombakan dalam lari halang rintang? inilah pokok pertanyaanya. Meski pembahasan berfokus pada teknik dasar dan peraturan. Tapi tak serta merta kita mengabaikan jarak yang harus ditempuh oleh sang atlet. Tak sedikit siswa gagal mengerjakan soal ketika mendapat pertanyaan demikian saat ujian. Oleh karenanya, simaklah nomor lomba untuk putra dan putri di bawah:
  • Lari gawang putra terdiri dari nomor perlombaan 110 m dan 400 m.
  • Lari gawang putri terdiri dari nomor perlombaan 100 m dan 400 m.

Lari Marathon

Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari marathon. Nomor lari marathon antara putra dan putri memiliki kesamaan. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari marathon putra/putri yaitu 42,195 km.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa nomor yang diperlombakan dalam lari lengkap. Nomor perlombaan lari tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti nomor lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari marathon dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi nomor perlombaan dalam lari di atas.

Belum ada Komentar untuk "8 Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel