Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap

Advertisement

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap - Cabang olahraga Atletik dapat di bagi menjadi beberapa kategori. Atletik memiliki pengertian ialah induk seluruh cabang dalam olahraga. Setiap cabang olahraga atletik sendiri memiliki nomor perlombaannya masing masing. Salah satunya ialah nomor lari. Nomor perlombaan lari dapat di kategorikan menjadi beberapa jenis.

Lantas apa saja nomor yang diperlombakan dalam lari? Pada dasarnya seluruh cabang olahraga mempunyai dasar atau unsur atletik yang tidak jauh berbeda. Bahkan di dunia terdapat organisasi induk atletik bernama IAAF atau International Amateur Athletic Federation. Namun untuk organisasi induk atletik yang terdapat di Indonesia bernama PASI atau Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

Nomor Perlombaan Lari
Pengertian Ateltik secara umum ialah gabungan beberapa olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lompat, lari, jalan dan lempar. Setiap kategori masih dapat di bagi lagi menjadi beberapa jenis nomor perlombaan. Seperti halnya nomor lari yang terdiri dari nomor perlombaan pada lari jarak jauh, lari jarak pendek, lari jarak menengah dan lain lain. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nomor nomor yang diperlombakan dalam lari lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap

Pada umumnya nomor perlombaan lari jarak pendek berbeda dengan nomor lari lainnya. Meskipun sebenarnya sama sama termasuk nomor cabang atletik kategori lari, tetapi tetap saja terdapat perbedaan didalamnya. Hal ini dikarenakan setiap jenis perlombaan lari memiliki lintasan (fields) dan lapangan (track) yang ukurannya berbeda beda. Di bawah ini terdapat nomor nomor yang diperlombakan dalam lari. Berikut pejelasan selengkapnya:

Lari Jarak Pendek
Nomor perlombaan lari yang pertama saya jelaskan ialah kategori lari jarak pendek. Nomor lari jarak pendek antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari jarak pendek yaitu sebagai berikut:
  • Lari jarak pendek putra terdiri dari nomor perlombaan 100 m, 200 m, dan 400 m.
  • Lari jarak pendek putri terdiri dari nomor perlombaan 100 m, 200 m, dan 400 m.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)
Lari Jarak Menengah
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari jarak menengah. Nomor lari jarak menengah antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari jarak menengah yaitu sebagai berikut:
  • Lari jarak menengah putra terdiri dari nomor perlombaan special chosse 800 m, 1.500 m, dan 3.000 m.
  • Lari jarak menengah putri terdiri dari nomor perlombaan 800 m, 1.500 m, dan 3.000 m.

Lari Jarak Jauh
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari jarak jauh. Nomor lari jarak jauh ini ditujukan untuk atlet putra saja. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari jarak jauh putra yaitu 5.000 m dan 10.000 m.

Jalan Cepat
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori jalan cepat. Nomor lari kategori jalan cepat antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari kategori jalan cepat yaitu sebagai berikut:
  • Jalan cepat putra memiliki nomor perlombaan 10 km dan 20 km.
  • Jalan cepat putri memiliki nomor perlombaan 5 km dan 10 km.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Estafet
Lari Estafet
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari estafet. Nomor lari estafet antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari estafet yaitu sebagai berikut:
  • Lari estafet putra terdiri dari nomor perlombaan 4 x 100 m dan 4 x 400 m.
  • Lari estafet putri terdiri dari nomor perlombaan 4 x 100 m dan 4 x 400 m.
Lari Gawang
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari gawang. Nomor lari gawang antara putra dan putri memiliki perbedaan satu sama lain. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari gawang yaitu sebagai berikut:
  • Lari gawang putra terdiri dari nomor perlombaan 110 m dan 400 m.
  • Lari gawang putri terdiri dari nomor perlombaan 100 m dan 400 m.
Lari Marathon
Nomor perlombaan lari yang akan saya jelaskan selanjutnya ialah kategori lari marathon. Nomor lari marathon antara putra dan putri memiliki kesamaan. Adapun nomor yang diperlombakan dalam lari marathon putra/putri yaitu 42,195 km.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa nomor yang diperlombakan dalam lari lengkap. Nomor perlombaan lari tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti nomor lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari marathon dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi nomor perlombaan dalam lari di atas.

Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar