Suatu Gerak Terencana Terarah Terkoordinasi dan Terkendali Disebut

Suatu Gerak Terencana Terarah Terkoordinasi dan Terkendali Disebut - Seperti yang kita tahu bahwa dalam pencak silat terdapat gerak dasar yang merupakan gerak yang terencana, terarah, terkoordinasi, dan terkendali. Dalam pencak silat sendiri terdapat beberapa aspek yang berupa bela diri, seni budaya, mental, dan olahraga. Aspek aspek tersebut termasuk dalam gerak dasar pencak silat. Maka dari itu, pencak silat termasuk dalam jenis olahraga yang cukup lengkap.

Suatu gerak terencana terarah terkoordinasi dan terkendali disebut apa? Dalam gerak dasar ini terdapat teknik dasar pencak silat yang digunakan untuk melakukan pertandingan, meskipun tidak semuanya. Tetapi teknik dan gerak dasar ini berhubungan dengan taktik, kemampuan gerak, mental dan kondisi fisik. Seperti yang kita tahu bahwa pertama kali olahraga pencak silat ditemukan pada abad ke VII di Riau pada zaman Kerajaan Sriwijaya.

Suatu Gerak Terencana Terarah Terkoordinasi dan Terkendali Disebut
Gerak Dasar Pencak Silat

Setelah itu pencak silat mulai menyebar di semenanjung Malaya, Singapura, dan ke seluruh Indonesia. Pencak silat ini memang berasal dari dua susunan kata yaitu "pencak" bermakna gerak dasar beladiri yang mempunyai peraturan dan kata "silat" bermakna gerakan beladiri dari rohani dan paripurna. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang suatu gerak terencana terarah terkoordinasi dan terkendali disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Suatu Gerak Terencana Terarah Terkoordinasi dan Terkendali Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan pencak silat lebih sering di pulau Jawa bagian timur maupun tengah. Selain itu pencak silat juga mulai digunakan di Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya. Pencak silat tersebut merupakan kombinasi dari keindahan gerakan dan unsur seni. 

Olahraga pencak silat memang termasuk jenis olahraga yang terkenal di Indonesia. Pencak silat ini tidak hanya termasuk dalam jenis olahraga, tetapi juga termasuk jenis bela diri. Jenis bela diri ini tentunya memiliki teknik dasarnya sendiri. Jika membahas tentang pencak silat tersebut tentunya kita akan menjumpai salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Suatu gerak terencana terarah terkoordinasi dan terkendali disebut . . .
A. Teknik dasar pencak silat
B. Gerak dasar pencak silat
C. Pola pencak silat
D. Strategi pencak silat

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Gerak dasar pencak silat.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa suatu gerak terencana terarah terkoordinasi dan terkendali disebut gerak dasar pencak silat. Gerak dasar pencak silat ini dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:
  • Kuda kuda adalah teknik dasar yang memperlihatkan sikap kaki dalam kondisi statis sebagai pendukung sikap pasang.
  • Sikap pasang adalah teknik yang digunakan untuk menghadapi lawan dengan pola menyambut atau menyerang yang dimiliki. Sikap ini berasal dari kombinasi sikap tangan, kuda kuda, dan sikap tubuh. Teknik tersebut digunakan untuk melakukan hindaran pencak silat atau serangan.
  • Pola langkah adalah teknik gerak kaki yang digunakan untuk mengubah dan memindahkan posisi untuk menjauhi atau mendekati lawan agar posisi yang diperoleh dapat menguntungkan kita.
  • Belaan adalah upaya atau usaha untuk bertahan dengan cara menggagalkan serangan lawan. Teknik ini dapat berbentuk hindaran maupun tangkisan.
  • Serangan adalah teknik pencak silat yang digunakan untuk menembus pertahanan lawan menggunakan tangan atau kaki. Teknik ini dapat berbentuk tendangan maupun pukulan.
Sekian penjelasan tentang suatu gerak terencana terarah terkoordinasi dan terkendali disebut apa. Pencak silat termasuk jenis bela diri tradisional yang asalnya dari kepulauan Nusantara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Suatu Gerak Terencana Terarah Terkoordinasi dan Terkendali Disebut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel