Pada Saat Akan Menolak Peluru Sikap Badan yang Tepat Adalah

Pada Saat Akan Menolak Peluru Sikap Badan yang Tepat Adalah - Dalam olahraga tolak peluru pada umumnya harus memperhatikan salah satu hal seperti sikap badan ketika sedang menolakkan peluru. Sikap badan yang tepat ketika menolak peluru adalah dengan memutarkan bahu kanan ke arah belakang. Lalu apa yang dimaksud tolak peluru itu? Pengertian tolak peluru adalah sebuah gerakan mendorong atau menolakkan peluru (satu alat bundar) yang berasal dari logam dengan berat tertentu. Tolak peluru ini merupakan salah satu olahraga atletik untuk kategori nomor lempar. Olahraga tolak ini dapat dilakukan dengan cara mendorong atau menolak peluru sehingga bukan hanya sekedar melemparkannya saja.

Olahraga ini menggunakan peluru yang beratnya 4 kg untuk putri dan 7,25 kg untuk putra. Cara melakukan tolakan dalam olahraga tolak peluru adalah dengan menggunakan satu tangan sehingga dapat mencapai jarak tolakan sejauh mungkin. Dalam melakukan tolak peluru terdapat salah satu hal penting yang perlu diperhatikan seperti sikap badan saat menolak peluru tersebut. Lantas pada saat akan menolak peluru sikap badan yang tepat adalah bagaimana? Sikap badan ketika akan menolak peluru dengan tepat adalah dengan memutarkan bahu kanan ke arah belakang.

Pada Saat Akan Menolak Peluru Sikap Badan yang Tepat Adalah
Gerakan Tolak Peluru

Dari penjelasan ini tentunya anda sudah paham tentang pada saat akan menolak peluru sikap badan yang tepat adalah bagaimana. Selain memahami bagaimana sikap badan tersebut, anda harus memahami beberapa teknik dasar tolak peluru lainnya yaitu teknik menolak peluru, teknik memegang peluru, dan teknik meletakkan peluru di bagian leher.

Pada Saat Akan Menolak Peluru Sikap Badan yang Tepat Adalah

Tolak peluru (shot put) merupakan sebuah olahraga yang tujuannya untuk menolakkan bola logam dengan jarak sejauh jauhnya. Meskipun termasuk dalam cabang olahraga nomor lempar, tetapi tolak peluru memiliki gerakan yang tidak benar benar melempar. Oleh karena itu cabang olahraga tolak peluru tersebut tidak sama dengan cabang atletik nomor lempar lainnya.

Lantas pada saat akan menolak peluru sikap badan yang tepat adalah bagaimana? Seperti yang kita tahu bahwa olahraga tolak peluru memiliki beberapa gaya di dalamnya seperti gaya menyamping (gaya ortodoks) dan sebagainya. Teknik dasar tolak peluru gaya menyamping atau ortodoks tersebut dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya. Biasanya dalam olahraga tolak peluru lebih mengandalkan tenaga atau kekuatan salah satu tangan yang maksimal agar memperoleh jarak tolakan sejauh mungkin. Maka dari itu gerakan dorongan atau tolakan bola logamnya harus dilakukan dengan benar. 

Kemudian untuk penilaian tolak peluru tersebut didasarkan pada jarak pelempar dan peluru atau bolanya. Poin atau nilai tersebut akan semakin besar jika jarak lemparan bola logam atau pelurunya semakin jauh. Setelah memahami apa itu tolak peluru tersebut, coba kerjakan salah satu soal seperti di bawah ini:

Pada saat akan menolak peluru sikap badan yang tepat adalah . . .
A. Badan sedikit membungkuk
B. Badan tegak
C. Bahu kanan mendekat lutut kaki kanan
D. Bahu kanan diputar ke belakang
E. Membelakangi sektor tolakan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan D. Bahu kanan diputar ke belakang.

Dari jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa pada saat akan menolak peluru sikap badan yang tepat adalah dengan memposisikan bahu kanan diputar ke arah belakang. Kemudian kita juga dapat membuat tolakan peluru menjadi lebih jauh dengan cara menolakkan peluru menggunakan tenaga yang ekstra. Tetapi posisi tangan kanan atau salah satu tangan yang memegang peluru di pundak (bahu) dan didekatkan ke lutut kanan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Pada Saat Akan Menolak Peluru Sikap Badan yang Tepat Adalah"