4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya - Teknik dasar pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satu teknik pencak silat ialah sikap pasang. Apabila dipecah lagi kita bisa mengklasifikasikan sikap pasang pencak silat kembali. Cara melakukan sikap pasang tersebut pun memiliki perbedaan dari segi gerakan dan manfaat. Semua itu adalah teknik dasar yang wajib dikuasai oleh semua atlet beladiri tradisional agar pola serangan maupun pertahanan dapat berhasil.

Seperti yang kita ketahui bahwa pencak silat termasuk olahraga sekaligus seni beladiri yang lumayan ekstrim. Tanpa diberitau pun harusnya kita sudah bisa membedakan aliran pencak silat dengan ilmu bela diri yang lain. Gerakan patah-patah menjadi ciri khusus pencak silat yang cukup melekat di tengah masyarakat. Salah satunya adalah gerakan serta sikap pasang pencak silat yang harus kalian kuasai sebagai seorang siswa. 

Sikap Pasang Dalam Pencak Silat
Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) menjadi wadah organisasi resmi yang berdiri sejak lama. Bahkan di setiap wilayah  memiliki sebutan tersendiri bagi olahraga pencak silat ini, misalnya pencak, silek, silat dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa sikap pasang dalam pencak silat beserta cara melakukan sikap pasang dalam pencak silat yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

Sekilas melihat pertandingan pencaksilat memang sangat menegangkan. Karena peserta akan beradu teknik dan strategi untuk saling mengalahkan satu sama lain. Agar serangan dapat dilancarkan secara efektif maka atlet harus memiliki kecapakan dalam mengatur sikap pasang. Sayangnya tak semua siswa mengetahui pentingnya teknik dasar tersebut.

Sikap pasang dalam pencak silat merupakan gabungan dari kuda kuda ataupun tanpa kuda kuda dengan sikap kaki tangan. Gerakan tersebut juga harus disertai kesiagaan indera dan mental yang kuat. Sikap pasang dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan penggunaannya yaitu sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka ialah sikap pasang dalam melindungi tubuh dengan menggunakan tangan dan dada.
Baca juga : Jenis Jenis Pukulan Pencak Silat dan Cara Melakukannya
Sedangkan sikap pasang tertutup memiliki tujuan untuk melindungi tubuh menggunakan lengan dan tangan. Pengetahuan dasar dalam pencak silat tersebut perlu kalian kuasai baik dalam aspek teori maupun praktek. Berikut penjelasan dan cara melakukan sikap pasang dalam pencak silat yang baik dan benar.
 

Sikap Pasang Satu

Secara garis besar ada banyak sekali gerakan sikap pasang dalam pencak silat yang harus kita ketahui. Menariknya, tak ada nama atau penyebutan spesifik untuk masing-masing jenis. Sehingga para atlet maupun pemula yang ingin belajar pun jadi kesusahan.
Maka dari itu, saya pun berinisiatif untuk menamainya sesuai nomor urut saja. Sikap pasang dalam pencak silat yang pertama yaitu sikap pasang satu. Adapun cara melakukan sikap pasang satu yaitu:
  1. Lakukan sikap kuda kuda tengah belakang.
  2. Posisikan berat badan ditengah tengah kanan dan kiri.
  3. Letakkan kedua tangan didepan dada dengan posisi telapak tangan terbuka.

Sikap Pasang Dua

Sikap pasang dalam pencak silat selanjutnya yaitu sikap pasang dua. Adapun cara melakukan sikap pasang dua yaitu:
  1. Lakukan sikap kuda kuda tengah serong.
  2. Letakkan tangan kiri didepan dada dengan posisi telapak tangan terbuka.
  3. Letakkan tangan kanan didepan dada dengan posisi telapak tangan mengepal.
  4. Buka kedua kaki selebar bahu.
Baca juga : 6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

Sikap Pasang Tiga

Sikap pasang dalam pencak silat selanjutnya yaitu sikap pasang tiga. Adapun cara melakukan sikap pasang tiga yaitu:
  1. Lakukan sikap kuda kuda samping.
  2. Posisikan kaki kiri lurus dan kaki kanan ditekuk.
  3. Letakkan tangan kanan kesamping lurus dengan posisi telapak tangan terbuka.
  4. Letakkan tangan kiri menyilang didepan dada dengan posisi telapak tangan terbuka atau sebaliknya.

Sikap Pasang Empat

Sikap pasang dalam pencak silat yang terakhir yaitu sikap pasang empat. Adapun cara melakukan sikap pasang empat yaitu:
  1. Lakukan sikap kuda kuda depan.
  2. Posisikan kaki kiri lurus dan kaki kanan ditekuk.
  3. Letakkan salah satu tangan didepan dada dengan posisi telapak tangan mengepal.
  4. Letakkan tangan yang lainnya menyilang didepan dada dengan posisi telapak tangan terbuka.
Sekian penjelasan mengenai beberapa jenis sikap pasang dalam pencak silat beserta cara melakukan sikap pasang dalam pencak silat yang baik dan benar. Sikap pasang adalah teknik pencak silat yang menggabungkan sikap kuda kuda ataupun tanpa kuda kuda dengan sikap kaki tangan yang disertai dengan kesiagaan indera dan mental yang kuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Posting Komentar untuk "4 Sikap Pasang Dalam Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya"