Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja

Advertisement

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja - Tenis meja merupakan salah satu jenis permainan yang menggunakan bola kecil dari celluloid dan memiliki lapangan yang berupa meja serta net (jaring) sebagai pembatasnya. Dalam permainan ini juga menggunakan bet yakni pemukul bola tenisnya. Permainan tenis meja bertujuan untuk membuat bola agar melewati net dan menuju daerah lawan. Dalam permainan ini juga terdapat pola penyerangan tenis meja dan pola pertahanan tenis meja sebagai strategi dan taktik untuk memenangkan pertandingannya. Lantas bagaimana pola penyerangan dalam tenis meja itu? Bagaimana pola pertahanan dalam tenis meja itu?

Strategi Serangan dan Pertahanan Tenis Meja
Pengertian strategi ialah siasat yang pelaksanaannya sesudah, sebelum dan saat pertandingan dilakukan. Kemudian taktik ialah siasat yang berlangsung ketika permainan dimulai. Dalam permainan tenis meja tersebut terdapat taktik dan strategi yang berupa pola penyerangan tenis meja dan pola pertahanan tenis meja. Setiap pola penyerangan dalam tenis meja dan pola pertahanan dalam tenis meja untuk masing masing tim memiliki perbedaan satu sama lain. Hal ini dikarenakan kemenangan dalam pertandingan didasarkan pada strategi dan taktik timnya sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pola penyerangan dan pertahanan dalam tenis meja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja

Pola penyerangan tenis meja bertujuan untuk mencetak angka, menggunakan ruang dengan baik, menguasai/memiliki bola, dan menciptakan ruang. Sedangkan pola pertahanan tenis meja bertujuan untuk mempertahankan daerah tim dengan baik. Pada dasarnya kedua strategi dan taktik permainan tenis meja ini akan mendukung tim tersebut menuju kemenangan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pola penyerangan dalam tenis meja dan pola pertahanan dalam tenis meja yaitu meliputi:
Baca juga : Macam Macam Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Pola Peyerangan Dalam Permainan Tenis Meja

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pola penyerangan dalam tenis meja. Pemain tenis meja memang diharuskan untuk mempunyai taktik dan menguasai strategi penyerangan agar pukulan bola menuju daerah lawan dapat dilakukan dengan keras dan cepat sehingga pertahanan lawan dapat dihancurkan. Maka dari itu sebaiknya pemain tenis meja sering memiliki inisiaif untuk gencar melakukan serangan kepada lawan. Hal tersebut tentunya menggunakan berbagai jenis pukulan yang tepat, cepat, keras dan kuat.

Pada dasarnya pola penyerangan dalam tenis meja mengggunakan taktik serangan yang berupa berbagai jens pukulan seperti backhand dan forehand dalam bola bola spin. Selain itu adapula beberapa jenis pukulan tenis meja lainnya seperti:

Push
Pola penyerangan tenis meja yang pertama dapat berupa pukulan push. Push ialah teknik memukul bola yang dilakukan dengan cara mendorong bolanya. Hasil pukulan ini dapat berupa bola polos yang hampir tidak menggunakan putaran. Sebenarnya pukulan push ini termasuk dalam pola pertahanan tenis meja namun dapat berguna untuk menyerang balik juga. Untuk itu penggunaan pukulan push biasanya untuk mengembalikan pukulan chop dan push pada lawan. Jenis pukulan tenis meja ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu backhand push dan forehand push.

Drive
Drive juga termasuk dalam pola penyerangan dalam tenis meja. Drive ialah jenis pukulan yang tidak terlalu keras dalam menggunakan tenaga dan sedikit berputar hasil pukulan bolanya. Jenis pukulan ini memang tergolong pukulan serangan, bahkan kita dapat mengontrol pukulan dirve sesuai dengan keinginan. Pukulan drive dapat dibagi menjadi dua jenis yakni backhand drive dan forehand drive.

Chop
Pola penyerangan tenis meja selanjutnya dapat berupa pukulan chop. Chop ialah jenis pukulan bola yang memiliki gerakan menyerupai gerakan penebangan pohon menggunakan kapak. Kegunaan pukulan chop ialah untuk membalikkan macam macam pukulan bola yang datang. Adapun jenis jenis pukulan chop yaitu backhand chop dan forehand chop.

Service
Pola penyerangan dalam tenis meja selanjutnya dapat berupa pukulan service. Servis ialah teknik penyajian bola yang pertama dengan cara mengukulnya, namun sebelumnya harus dipantulkan di atas meja service terlebih dahulu. Pukulan service tersebut harus dilakukan dengan benar agar bola dapat melewati net dan memantul di daerah meja lawan.

Spin
Pola penyerangan tenis meja selanjutnya dapat berupa pukulan spin. Spin ialah jenis pukulan yang menghasilkan putaran bola ketika sudah dipukul. Pelaksanaan pukulan spin tersebut memang kurang menggunakan sentuhan sehingga hasil pukulan bolanya akan berputar cukup cepat. Adapun jenis pukulan spin yaitu backhand spin (pelaksanaan spin di sebelah kiri badan) dan forehand spin (pelaksanaan spin di sebelah kanan badan).
Baca juga : Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap
Lob
Pola penyerangan dalam tenis meja selanjutnya dapat berupa pukulan lob. Lob ialah jenis pukulan yang mengarahkan bola ke belakang meja lawan dengan jauh. Hasil pukulan bolanya akan memiliki arah berbentuk parabola dan jatuh di lapangan lawan bagian belakang pinggir. Pukulan lob dapat dinamakan dengan pukulan bola putar.

Smash
Pola penyerangan tenis meja selanjutnya dapat berupa pukulan smash. Smash ialah jenis pukulan bola yang pelaksanaannya secara tajam dan keras. Pelaksanaan pukulan smash menggunakan kecepatan maksimal dan tenaga yang penuh sehingga hasil pukulan bolanya dapat berputar atau bergerak dengan cepat.

Hal hal di atas merupakan beberapa pola penyerangan dalam tenis meja yang berbentuk pukulan. Sebagian serangan dibuka dengan mengarahkan pandangan menuju datangnya bola. Selain itu pemain juga harus dapat melakukan serangan dekat net jika jatuhnya bola mendekati net yang dapat dijangkau. Namun apabila jatuhnya bola di luar jangkauan serangan, maka pemain terlebih dahulu harus mendekati atau mengejar bola dari net tersebut. Setelah itu serangan jarak jauh dapat dilakukan. Serangan jarak jauh dalam permainan tenis meja memiliki keuntungan untuk mempersiapkan banyak waktu dan mengontrol bola dengan mudah. Biasanya serangan jarak jauh berguna untuk melaksanakan counter attack maupun menghadang gerakan cut defensive.

Pola Pertahanan Dalam Permainan Tenis Meja

Setelah membahas tentang pola penyerangan dalam tenis meja. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pola pertahanan dalam tenis meja. Pola pertahanan tenis meja ini pada umumnya dapat dilaksanakan ketika tidak ada kesempatan dalam menjalankan serangan. Hal ini dikarenakan datangnya bola dari meja lebih redah ketika akan dipukul dengan serangan balik. Maka dari itu pukulan serangan akan lebih sulit dilakukan. Di bawah ini terdapat beberapa teknik pertahanan dalam permainan tenis meja yaitu meliputi:

Blok
Pola pertahanan tenis meja yang pertama dapat berupa teknik blok. Blok ialah jenis teknik yang dilakukan ketika pemukulan bola dilaksanakan mendekati net. Hasil pukulan blok ini berupa bola polos yang tidak memiliki putaran. Blok tergolong dalam taktik bertahan yang menggunakan jarak cukup dekat dengan meja. Blok menggunakan semua tenaga yang berguna untuk membalikkan bola dengan teknik desakan yang dipinjam atau digunakan oleh serangan lawan. Taktik blok tersebut berguna untuk memperlemah, menyerap dan mengurangi tenaga pada pantulan bola lawan. Penggunaan teknik blok yang cukup efektif dilakukan ketika letak lawan berada jauh dari meja.
Baca juga : Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana
Kemampuan Pengembalian Servis Lawan
Pola pertahanan dalam tenis meja selanjutnya dapat berupa kemampuan pengembalian servis lawan. Jika servis lawan tidak dapat dikembalikan dengan baik, maka lawan dapat menyerang dengan mudah, permainan akan dikendalikan oleh lawan dan konsentrasi anda akan goyah dalam permainan tenis meja ini. Setiap pemain memang harus dapat mengembalikan servis dengan baik sehingga tidak hanya mahir melakukan servis saja. Usahakan anda berlatih kuda kuda dengan baik agar lebih siap serta cara pukulan lawan juga harus diperhatikan sehingga arah putaran bolanya dapat diketahui. Selain itu pemain juga harus memberikan keputusan dalam mengembalikan servis ketika pemain tersebut telah memahami konsep pukulan top spin, side spin dan chop.

Pada umumnya pola penyerangan tenis meja merupakan siasat setiap tim yang digunakan untuk memenangkan pertandingan dan mencetak angka semaksimal mungkin. Taktik penyerangan tersebut dapat dilakukan secara tim ataupun kelompok. Sedangkan pola pertahanan tenis meja merupakan usaha dalam kondisi pasif agar bertahan dari serangan lawan. Sekian penjelasan mengenai pola penyerangan dalam tenis meja dan pola pertahanan dalam tenis meja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah membaca materi pola penyerangan dan pertahanan dalam tenis meja di atas.

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar