Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap

Advertisement

Sejarah Permainan Bola Voli LengkapSejarah Permainan Bola Voli Lengkap – Bola voli ialah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan oleh dua regu berlawanan. Masing masing regu beranggotakan 6 orang dengan beberapa pemain cadangan. Biasanya pemain cadangan diperlukan untuk menggantikan pemain inti di lapangan. Permainan bola voli dapat dilakukan dipantai. Permainan bola voli pantai dimainkan oleh dua tim. Setiap tim memiliki jumlah pemain 2 orang. Permainan bola voli memiliki organisasi resmi bernama FIVB atau Federation Internationale de Volleyball. Sama halnya dengan permainan lain, olahraga ini juga memiliki sejarah sendiri. Sejarah bola voli mempunyai berbagai perkembangan dari dulu sampai sekarang. Untuk organisasi resmi bola voli di Indonesia bernama PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Permainan bola voli termasuk jenis olahraga yang cukup digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Para atletpun memperoleh banyak penghargaan di berbagai kejuaraan bola voli dunia. Maka dari itu para generasi muda juga harus mengetahui sejarah bola voli yang telah berkembang dari jaman dahulu sampai sekarang. Dengan mengetahui mengenai sejarahnya akan membuat setiap pemain lebih mengerti perjuangan dalam penciptaan olahraga tesebut. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai sejarah permainan bola voli lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap

Sejarah bola voli dulunya memiliki nama mintonette. Nama tersebut mengawali sejarah bola voli yang kita mainkan sampai sekarang. Permainan ini merupakan kombinasi beberapa olahraga seperti baseball, bola tangan/handball, tenis dan bola basket. Jaman dahulu bola voli ditemukan oleh William G. Morgan dengan nama Mintonette. William G. Morgan lahir pada tahun 1870 serta meninggal tahun 1942. Beliau berprofesi sebagai instruktur pendidikan jasmani atau Director of Phycal Education di negara YMCA. Pada tanggal 9 Februari 1895, William G. Morgan berhasil menemukan jenis olahraga Mintonette di negara Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Organisasi bola voli mulai berkembang dinegara YMCA. YCMA atau Young Men’s Cristian Association merupakan jenis organisasi yang mengajarkan ajaran Agama Kristen bagi pemuda pemuda disana.
Penemu Bola Voli (William G. Morgan)
Sejarah bola voli tersebut diawali oleh organisasi YCMA. Organisasi tersebut berdiri pada tanggal 6 Juni 1884 di negara London, Inggris. YCMA didirikan oleh George William. Organisasi ini juga menyajikan beberapa fasilitas seperti penginapan, pendidikan luar sekolah maupun sarana olahraga. Olahraga bola voli mendapatkan inspirasi dari permainan bola basket yang ditemukan oleh James Naismith. Bahkan penemuan bola voli setelah pertemuan William G. Morgan dengan James Naismith. James Naismith tersebut berhasil menemukan olahraga baru bernama bola basket. Beliau lahir tanggal  6 November 1861 dan pada tanggal 28 November 1939 beliau meninggal dunia. James Naismith memiliki profesi yang sama dengan William G. Morgan yaitu sebagai instruktur pendidikan jasmani. Setelah pertemuan tersebut, 4 tahun kemudian William G. Morgan menemukan olahraga baru dengan nama Mintonette.
Baca juga : 4 Formasi Terbaik Dalam Permainan Bola Voli
Sejarah bola voli ini pada awalnya diperuntukkan untuk anggota YCMA karena sudah tidak muda. Namun tahun itu permainan bola voli tidak seaktif bola basket. Peraturan permainan bola voli juga pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan. Ia membuat lapangan voli dengan ukuran 7,6 meter x 15,2 meter dan jaring net dengan tinggi 1,98 meter. Jaring tersebut dipasang ditengah tengah lapangan. Untuk waktu permainannya selama 9 sesi dengan 3 kali servis disetiap sesinya. Kemudian pada tahun 1896 olahraga Mintonette diubah menjadi olahraga bola voli. Perubahan tersebut berawal ketika pertandingan pertamanya di YMCA Training School. Sejarah bola voli tidak berhenti begitu saja. William G. Morgan diberikan undangan oleh Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA bernama Dr. Luther Halsey Gulick pada awal tahun 1896.

Dr. Luther Halsey Gulick sengaja mengundang G. Morgan di konferensi stadion kampus YCMA untuk memberikan demonstrasi atas penemuan olahraga barunya. Sejarah bola voli ini juga menjelaskan lebih lanjut perkembangan olahraga tersebut. Pada demontrasi bola voli itu dilakukan oleh dua tim dengan masing masing anggota 5 orang. William G. Morgan sengaja membuat tim sendiri untuk ditunjukkan ke seluruh instruktur pendidikan jasmani yang hadir. Dalam pertemuan tersebut, Morgan menjelaskan bahwa olahraga yang ia ciptakan dapat dilakukan di lapangan luas maupun didalam ruangan. Kemudian permainan tersebut dapat dimainkan oleh banyak orang karena tidak ada standar pembatasan pemainnya. Permainan bola voli bertujuan untuk menjaga bola agar bergerak melewati net menuju daerah lawan.

Sejarah bola voli ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. Semakin majunya jaman membuat permainan bola voli mengalami perubahan aturan permainan. Tahun 1916, muncullah teknik baru bernama teknik smash atau spike. Pada tahun 1920 terciptalah peraturan yang berupa 3 kali sentuhan serta perubahan nilai dari 15 poin menjadi 21 poin. Permainan bola voli ini juga masuk ke Kanada, Amerika pada tahun 1900. Sampai pada akhirnya menyebar diberbagai negara dan dibentuk Federation Internationale de Volleyball (FIVB) atau Federasi Internasional Bola Voli pada tahun 1947. Pada tahun 1949, kejuaran bola voli dunia diselenggarakan pertama kali.
Baca juga : 4 Teknik Dasar Bola Voli Beserta Cara Melakukannya
Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia
Sejarah bola voli di Indonesia berawal pada penjajahan Belanda. Permainan bola voli mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1928 yaitu pada jaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu bola voli hanya dimainkan oleh bangsawan Belanda dan orang Belanda. Hal tersebut dikarenakan guru pendidikan jasmani didatangkan langsung dari Belanda untuk membuat kemajuan dibidang olahraga, termasuk permainan bola voli. Perkembangan bola voli di Indonesia juga terdapat peran aktif dari tentara tentara pula. Para tentara sering melakukan pertandingan bola voli dilapangan terbuka serta melakukan kompetisi antar kompeni. Dengan berkembangan jaman membuat permainan bola voli ikut berkembang. Disitulah mulai berdiri klub klub voli di berbagai kota di Indonesia. Pada tanggal 22 Januari 1955, berdirilah organisasi bola voli bernama PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertempat di Jakarta. Organisasi PBVSI yang semakin aktif memberikan dampak positif bagi kegiatan bola voli di indonesia, baik diluar negeri maupun didalam negeri. Sampai sekarang perkembangan tersebut dapat bertahan.
Logo PBVSI
Sejarah bola voli ini berlanjut sampai sekarang. Bahkan permainan voli semakin melambung ketika digelarnya Asian Games IV tahun 1962 dan Ganefo I tahun 1963. Pada tahun 1951 bulan Oktober, petandingan bola voli secra resmi diadakan di Pekan Olahraga Nasional atau PON II yang bertempat di Jakarta. Sampai sekarang permainan bola voli resmi tergabung dalam cabang olahraga atletik di Indonesia.


Demikianlah penjelasan mengenai sejarah bola voli lengkap. Bagi generasi muda memang penting untuk mengetahui dan memahami sejarah permainan olahraga yang ada. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda dibidang olahraga. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Sejarah Permainan Bola Voli Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar