Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan Kekuatan dan Kelenturan Adalah

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan Kekuatan dan Kelenturan Adalah - Seperti yang kita tahu bahwa senam dalam olahraga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya saja senam artistik dan senam lantai. Senam artistik dan senam lantai sendiri merupakan jenis senam yang memerlukan adanya gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan. Setiap gerakan pada kedua jenis senam tersebut diwajibkan untuk menggunakan konsep keseimbangan dan kekuatan, hingga kemudian prinsipnya dilanjutkan dengan adanya elastisitas tubuh.

Apa itu senam lantai? Pengertian senam lantai adalah salah satu cabang senam akrobatik yang pelaksanaaanya berada di atas matras untuk menghindari adanya benturan keras atau cedera. Adapula pengertian senam artistik adalah olahraga senam yang menggabungkan sistem akrobatik dengan estetika, kreativitas, dan ekspresi. Lantas senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelenturan adalah apa?

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan Kekuatan dan Kelenturan Adalah
Gerakan Senam Lantai

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang jenis jenis gerakan senam lantai. Senam lantai dan senam artistik secara sederhana memang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun sehingga tergolong mudah untuk dilakukan. Maka dari itu senam artistik dan senam lantai sering dijadikan sebagai jenis olahraga sehari hari. Sebelum memulai olahraga senam tentunya kita harus menguasai beberapa unsur dan gerakannya terlebih dahulu. Gerakan yang dimaksud adalah mengguling, meloncat, menumpu, berputar, dan melompat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelenturan adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan Kekuatan dan Kelenturan Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa senam lantai dan senam artistik dilakukan diatas alas seperti matras. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cedera karena benturan langsung maupun hal lainnya. Selain itu senam ini juga membutuhkan adanya gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan. Jenis jenis bentuk latihan keseimbangan tersebut telah saya jelaskan sebelumnya. Maka dari itu anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai materi tersebut.

Kemudian adapula beberapa jenis bentuk latihan kekuatan yang juga dapat anda pelajari lebih lanjut. Senam lantai memang termasuk jenis olahraga yang berguna untuk menjaga kesehatan mental dan kebugaran tubuh. Senam ini dapat tergolong ekstrem meskipun kelihatannya aman untuk dilakukan. Namun di dalamnya membutuhkan ketrampilan ekstra yang menonjolkan gerakan indah, seimbang, lentur, rumit luwes, dan seimbang. Lantas senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelenturan adalah apa saja?

Jika membahas lebih lanjut tentang materi senam lantai tersebut, tentunya kita akan menemukan salah satu jenis soal seperti di bawah ini:

Senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelenturan adalah . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah senam lantai.

Senam lantai memang merupakan jenis senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan. Gerakan senam lantai yang dimaksud dapat berupa push up, sit up, back up, dan lain sebagainya. Kemudian gerakan senam lantai juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh yaitu diantaranya:

  • Menjaga tubuh tetap sehat. 
  • Membuat bentuk tubuh menjadi lebih proporsional.
  • Membuat otot punggung lebih kuat.
  • Membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Membuat kelenturan tubuh meningkat.
  • Membuat otot kaki dan lengan menjadi kuat.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa senam yang membutuhkan gerakan keseimbangan kekuatan dan kelenturan adalah senam lantai. Senam lantai ini merupakan jenis senam yang berhubungan dengan gerakan terpilih dan terencana yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung diblog ini.

Belum ada Komentar untuk "Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan Kekuatan dan Kelenturan Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel