2 Fase Gerakan Lengan Renang Gaya Dada dan Penjelasannya

2 Fase Gerakan Lengan Renang Gaya Dada dan Penjelasannya - Teknik renang gaya dada biasanya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak berada di bangku smp. Pada jenjang yang lebih tinggi kita akan disuguhkan sajian materi yang lebih kompleks secara teori. Misalnya menyebutkan ciri ciri, menjelaskan fase gerakan lengan renang gaya dada dan lain sebagainya.

Fase Gerakan Lengan Renang Gaya Dada
Cara melakukan lengan renang gaya dada

Tapi ternyata tak sedikit yang mengalami kesulitan menjawab model pertanyaan tersebut. Padahal baik teknik gerakan lengan renang gaya dada bisa dibaca dalam buku pedoman penjasorkes. Di lain sisi, guru pasti menjelaskan teori itu secara lengkap karena tahapan mengayunkan lengan renang gaya dada pasti menjadi soal tes.

Apakah kalian salah satunya? jika iya maka tak perlu risau akan problematika tersebut. Sebab saya akan menjelaskan seperti apa tahapan fase gerakan lengan renang gaya dada secara lengkap. Daripada menerka dan menebak teori yang tak pasti alangkah baiknya kalian simak artikel di bawah sampai selesai.

2 Fase Gerakan Lengan Renang Gaya Dada dan Penjelasannya

Renang menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat. Selain menyehatkan, berenang juga memberikan kesan rileks dan segar kepada pada pelakunya. Sesuai gerakannya, ada beberapa jenis gaya renang yang bisa kita pakai untuk mengoptimalkan gerakan di air. Salah satunya adalah renang gaya dada yang notabenya sangat mudah dipelajari bahkan oleh pemula.

Bagaimana gerakan lengan renang gaya dada sering kali dipertanyakan oleh siswa. Pasalnya, banyak siswa yang kesulitan menghafal secara fase gerakan lengan maupun bagian tubuh lain secara teori. Saat praktek pun mereka cenderung melakukan gerakan ayunan tangan renang gaya dada yang kurang sesuai. Sehingga akselerasi yang diperoleh di permukaan air jadi tidak optimal.

Setelah sebelumnya kita membahas pengertian renang gaya dada dan teknik dasarnya pada artikel sebelumnya. Kini di sesi ini mari kita perdalam pemahaman dengan belajar tahapan serta teknik gerakan lengan dalam renang gaya dada.

Gerakan Lengan Renang Gaya Dada

Secara garis besar fase gerakan lengan renang gaya dada terbagi dalam dua tahapan. Yakni gerakan menarik serta istirahat yang notabenya memiliki fungsinya masing-masing. Meski sering muncul sebagai soal tapi sayangnya guru kurang mengelaborasi materi tersebut.

Akibatnya siswa jadi kesulitan saat mendapat pertanyaan perintah jelaskan tahapan gerakan lengan renang gaya dada. Maka dari itu, cobalah kalian simak dua fase yang menurut saya penting berikut,.

Fase Menarik Lengan

Fase menarik mengacu pada teknik menarik kedua tangan ke belakang sekuat mungkin sampai sejajar bahu dengan posisi siku tinggi. Teknik gerakan lengan renang gaya dada satu ini memiliki peranan penting untuk menghasilkan dorongan serta akselerasi di air. Fase ini terjadi ketika lengan atlet bergerak dari posisi horizontal ke depan menuju ke samping tubuh.

Tahapan dan fase gerakan lengan renang gaya dada
fase tarikan

Singkatnya, fase gerakan lengan renang gaya dada yakni menarik ditandai dengan mengayunkan tangan ke samping. Dari ayunan itu akan muncul gaya tarikan yang akhirnya menjadi akselerasi untuk melesat di air. Maka tidak berlebihan apabila kita tetapkan fase menarik menjadi kunci utama untuk dari teknik renang gaya dada.

Fase Istirahat Lengan

Lain halnya tahapan istirahat mengacu pada posisi dimana kedua tangan serta siku sedang merapat. Fase gerakan lengan renang gaya dada lalu dilanjutkan dengan mendorong kedua tangan lurus ke depan. Ketika posisi lengan membuat garis horizontal maka kita sedang masuk ke fase istirahat sejenak.

Fase gerakan lengan renang gaya dada satu ini memungkinkan kita untuk beristirahat sejenak memulihkan kekuatan. Tujuannya tak lain agar lengan memiliki kekuatan yang cukup untuk melakukan tarikan berikutnya.

Secara tak langsung, teknik ayunan lengan tersebut membantu atlet mempertahankan konsistensi serta kecepatan dalam berenang. Selain itu, kalian dapat mengombinasikannya dengan teknik pernapasan renang gaya dada agar optimal. Lewat latihan rutin serta pembiasaan yang tepat maka kalian akan bisa mengatur tempo gerakan dengan baik.

Gerakan Ayunan Tangan

Saking populernya bahkan renang gaya dada menjadi salah satu nomor yang diperlombakan tak hanya di dalam Negeri, tapi juga taraf Internasional. Tak heran apabila para atlet benar-benar mengasah kemampuan mereka dengan belajar teknik dasar dan teorinya. Salah satunya yakni menguasai teknik gerakan lengan renang gaya dada yang baik dan benar.

Lalu apa saja fase gerakan lengan renang gaya dada yang wajib kita hafal? simaklah di bawah:

  1. Posisikan kedua lengan lurus membentuk garis horizontal ke depan.
  2. Tarik kedua tangan ke samping sampai sejajar bahu.
  3. Lalu tarik kembali kedua tangan ke depan dada.
  4. Terakhir, luruskan kembali kedua tangan ke depan.
  5. Ulangi siklus tersebut secara berulang.

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang teknik gerakan lengan renang gaya dada yang dapat saya sampaikan. Berenang memang jadi hobi sebagian masyarakat yang mendambakan hidup sehat. Untuk menggapai harapan itu kalian perlu mempelajari berbagai teknik serta gaya berenang yang baik.

Apabila dalam prakteknya kalian mengalami kesulitan tak usah sungkan mengajukan pertanyaan lewat kolom komentar. Atau jika memang ada kesalahan pada fase gerakan lengan renang gaya dada di atas silahkan kalian koreksi.

Posting Komentar untuk "2 Fase Gerakan Lengan Renang Gaya Dada dan Penjelasannya"