Peraturan dan Ukuran Lapangan Lontar Martil Lengkap

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lontar Martil Lengkap - Lontar martil termasuk dalam salah satu cabang nomor lempar dalam olahraga atletik. Sama seperti cabang lainnya kalian akan menjumpai beberapa aturan dasar yang menyangkut berat martil, ukuran lapangan, keabsahan teknik,dan lain sebagainya.

Dalam konteks pendidikan olahraga ini memang sangat jarang diajarkan pada siswa. Resiko cidera tinggi serta minimnya peralatan dan lapangan menjadi penyebab utama mengapa guru hanya mengajarkan secara teori. Ditambah, kita hanya akan menjumpainya ketika menginjak bangku SMA sehingga membuat lontar martil seolah kurang familiar.
Peraturan dalam Olahraga Lontar Martil

Godam yang digunakan dalam lontar martil pada tahun 1900an mengalami perubahan dalam versi modern yaitu menggunakan bola baja yang beratnya 16 pon atau diujung kawatnya sebesar 7,26 kg. Di kala itu lempar martil sudah masuk dalam olimpiade kejuaraan bagi pria. Kemudian pada tahun 2000, baru masuk ke dalam kejuaraan lontar martil untuk wanita. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan lontar martil dan ukuran lapangan lontar martil lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Lontar Martil Lengkap

Lontar martil sebenarnya merupakan olahraga yang cukup menyenangkan. Olahraga ini bisa dimainkan oleh anak remaja hingga kalangan orang tua sekalipun. Di sekolahan kita bisa memperlajari olahraga lontar martil di jenjang SMA dan sederajat. Materi yang mencakup peraturan lontar martil dan ukuran lapangan lontar martil pun juga bisa dengan mudah kita temukan di Internet. Selain itu terdapat juga buku pedoman siswa yang membahas materi ini.
Baca juga : Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya
Misalnya saja dalam peraturan lontar martil tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena terdapat teknik khusus. Dalam peraturan lontar martil terdapat beberapa hal yang termasuk di dalamnya seperti teknik melontarkan dan berat martil yang digunakan. Gender antara putra dan putri pun turut serta mempengaruhi berat yang akan kalian gunakan. Inilah alasan mengapa dalam artikel kali ini saya ingin membahas peraturan lontar martil secara mendalam.

Teknik Dasar Lontar Martil

Secara garis besar olahraga satu ini memiliki perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan cabang atletik lain seperti lempar lembing maupun tolak peluru. Meski memiliki gerakan hampir sama tapi secara konsep lontar martil sangat berbeda. Kuncinya terletak pada gerakan melontarkan bukannya melempar atau melakukan tolakan.

Maka dari itu, kalian harus bisa membedakan antara teknik dasar lontar martil dan jenis olahraga atletik cabang lempar. Karena sedikit banyak pengetahuan tersebut bisa membantu kita ketika menghadapi soal ujian. Tak jarang siswa mengalami kesulitan ketika diminta menyebutkan ukuran lapangan maupun peraturan lontar martil sesuai ketetapan yang berlaku.

Cara melontarkan martil sebenarnya cukup mudah yakni memutarkan martil terlebih dahulu agar sebelum melakukan lemparan sudah tercipta kecepatan tertentu. Terciptanya kecepatan sebelum melepaskan martil tersebut akan menentukan panjang dari lemparan itu sendiri. Namun anda juga harus memperhatikan kebenaran dari titik pelepasnya.

Berat Martil Putra dan Putri

Peraturan lontar martil selanjutnya membahas tentang berat martil yang digunakan. Pada olahraga lontar martil biasanya menggunakan martil yang disusun oleh bagian pegangan (handle), kepala dan kawat. Bentuk kepala martil adalah bola dengan bahan dasar besi padat. Ukuran berat titik grafitasinya kurang dari 6 mm dibandingkan pusat titik bolanya.

Ketika membicarakan berapa berat martil putra dan putri satuan yang dipakai sudah tak lagi menggunakan kilogram. Tapi memakai satuan lb yang notabenya menyatakan massa pon. Adapun berat martil putra dan putri yang digunakan yaitu:
  • Berat martil putra sebesar 7,26 kg atau 16 lb dengan panjang kawat 121,3 cm (3 feet 11 3/4 inches) dan diamater sebesar 110 - 130 mm.
  • Berat martil putri sebesar 4 kg atau 8,82 lb dengan panjang kawat 119,4 cm (3 feet 11 inches) dan diamater sebesar 95 - 110 mm.
Baca juga : Gambar Lapangan Tolak Peluru Beserta Keterangan Lengkap

Ukuran Lapangan Lontar Martil

Ukuran lapangan lempar martil pada dasarnya termasuk dalam peraturan lontar martil. Olahraga lontar martil sendiri memiliki fasilitas lapangan yang terdiri dari sektor pendaratan, lingkaran lempar dan kandang pelindung. Bentuk lapangan lempar martil tersebut lebih kecil sedikit dibandingkan lempar cakram, meskipun sebenarnya memiliki perpaduan dalam hal fasilitas yang digunakan. Untuk olahraga lempar martil memiiki permukaan pada lingkaran akhir beton yang lebih halus sedikit dibandingkan lempar cakram. 

Pada lapangan lempar martil terdapat jaring yang mengelilinginya untuk memastikan keamanan dari para penonton, atlit dan para pejabatnya. Di bawah ini terdapat gambar lapangan lontar martil beserta ukurannya yaitu sebagai berikut:
Gambar dan Ukuran Lapangan Lontar Martil
Sekian penjelasan mengenai peraturan lontar martil dan ukuran lapangan pada lontar martil lengkap. Pengertian lempar martil secara umum ialah salah satu cabang nomor lempar dalam olahraga atletik yang menggunakan martil untuk dilemparkan sejauh jauhnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Belum ada Komentar untuk "Peraturan dan Ukuran Lapangan Lontar Martil Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel